Home / Pendidikan / Undangan PLPG Tahap 6, 7, & 8 Tahun 2015 UIN Jakarta Kemenag

Undangan PLPG Tahap 6, 7, & 8 Tahun 2015 UIN Jakarta Kemenag

Undangan PLPG Tahap 6, 7, & 8 Tahun 2015 – Sebagai pengakuan kedudukan guru profesional, maka guru harus mempunyai sertifikat pendidik. Kemudian diharapkan agar guru bisa meningkatkan peran guru profesional dalam pembelajaran secara berkelanjutan. Bagi guru yang sudah memenuhi persyaratan Sertifikasi, maka harus mengikuti kegiatan PLPG. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) ini adalah syarat wajib yang harus diikuti guru demi untuk mencapai label guru profesional. Jika guru sudah melewati kegiatan PLPG, maka guru akan menerima tunjangan profesi tambahan agar bisa meningkatkan kompetensinya.

Baca Juga : Download Modul PLPG Sertifikasi Guru (Sergur) Kemenag 2015 Semua Mapel

Sertifikasi guru (sergur) dimulai sejak tahun 2007 yang tertuang dalam Peraturan Mendiknas Nomor 18 Tahun 2007. Setiap guru se-Indonesia baik dibawah naungan Kemdiknas dan Kemenag diwajibkan mengikuti kegiatan Sertifikasi. Semua itu jika semua persyaratan mengikuti Sertifikasi sudah terpenuhi oleh guru. Dan untuk mencapai peringkat guru profesional atau lulus Sertifikasi, maka guru harus melewati kegiatan PLPG.

Undangan-PLPG-Tahap-6,-7,-&-8-Tahun-2015-UIN-Jakarta-Kemenag

Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan guru yang sudah berhasil dalam pelaksanaan Ujian Kompetensi Awal (UKA). PLPG adalah kegiatan pengganti portofolio yang dinilai tidak maksimal dalam menjaring guru proses Sertifikasi. PLPG dilaksanakan selama 9 (sembilan) hari di tempat yang sudah ditentukan atas kerjasama Pemerintah dengan Universitas/Perguruan Tinggi.

Pada tahun 2015 ini bagi guru yang bekerja dibawah naungan Kemenag meski bersyukur. Karena tahun ini Kemenag telah mengangkat guru untuk mengikuti kegiatan Sertifikasi secara besar-besaran. Kemenag telah menyeleksi guru RA, MI, dan MTs di seluruh Madrasah se-Indonesia. Program Sertifikasi Guru Kemenag tidak melihat status guru PNS atau Honorer. Syarat utama mengikuti Sertifikasi Guru Kemenag adalah minimal telah membaktikan sebagai guru di Madrasah selama 10 tahun dan pendidikan minimal S1 atau DIV.

Saat ini bagi peserta Sertifikasi guru Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, kegiatan PLPG sudah terselesaikan sampai dengan tahap V. Setiap tahap peserta PLPG rata-rata berjumlah 300 peserta. Rencananya kegiatan PLPG Sertifikasi guru Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta akan selesai sampai dengan tahap 12. Sangat jelas kalau program Sertifikasi guru Kemenag tahun ini diselenggarakan dalam jumlah besar. Karena jumlah tersebut hanya Sertifikasi guru Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta saja, belum di Universitas-Universitas lainnya.

Berikut Undangan PLPG Tahap 6, 7, & 8 Tahun 2015 UIN Jakarta Kemenag

Untuk memantau perkembangan informasi seputar Sertifikasi guru Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bisa dilihat di www.fitk.uinjkt.ac.id. Karena ketika artikel ini diterbitkan, undangan pelaksanaan kegiatan PLPG Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sudah diumumkan untuk tahap 6, 7, dan 8. Namun jika Anda kesulitan untuk download undangan PLPG tahap 6, 7, dan 8 disini saya akan berbagi filenya.

File undangan PLPG berikut daftar peserta yang akan mengikuti kegiatan PLPG ini adalah format PDF.

Sebaiknya sebelum Anda menghadiri undangan PLPG tersebut, persiapkan dulu hal-hal berikut :

  1. Kegiatan PLPG adalah kegiatan yang akan menguras tenaga dan mental karena padatnya jadwal kegiatan dan banyak tugas yang harus diselesaikan saat itu juga. Maka dari itu persiapkan fisik dan mental Anda jangan sampai pada kegiatan PLPG nanti, Anda tidak mampu menyelesaikannya karena kesehatan Anda terganggu.
  2. Bawa buku atau materi pelajaran yang sesuai dengan pelajaran yang Anda ampuh baik softcopy atau hardcopy. Intinya kegiatan PLPG itu memperdalam materi pelajaran dan penyusunan perangkat pembelajaran lalu dipresentasikan (peer teaching / micro teaching).
  3. Banyak tuntutan yang harus diselesaikan saat itu juga yang harus melibatkan printer. Maka dari itu sebaiknya Anda membawa printer dan laptop pada saat kegiatan PLPG. Tidak perlu membawa modem, karena biasanya jika tempat kegiatan PLPG di Hotel sudah tersedia sarana WiFi.
  4. Bawa juga kertas A4, F4, dan perangkat-perangkat pendukung pembelajaran lainnya seperti karton, kertas warna/origami, spidol, penggaris, dan lain-lain.

Mungkin hanya itu saja tulisan singkat tentang undangan PLPG tahap 6,7, & 8 khusus bagi peserta Sertifikasi Guru Rayon LPTK 201 FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Semoga tulisan ini ada manfa’atnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *