Home / Teknologi / 5 Website Keren Untuk Mencari Jenis Font Secara Otomatis Dari Gambar

5 Website Keren Untuk Mencari Jenis Font Secara Otomatis Dari Gambar

5 Website Pencari Jenis Font Otomatis – Karena banyaknya jenis font maka seringkali kita merasa kesulitan untuk mengetahui namanya. Bahkan banyak jenis font yang satu dengan yang lainnya benar-benar mirip. Namun dengan menggunakan website khusus untuk mencari jenis font maka permasalahan tersebut dapat kita atasi dengan mudah. Di jaman serba canggih seperti saat ini banyak sekali situs online yang dapat kita manfaatkan fiturnya untuk memenuhi kebutuhan mencari jenis font. Website ini mampu mendeteksi jenis font dari sebuah gambar secara otomatis. Kita tidak perlu pusing-pusing lagi mencari jenis font dari sebuah gambar. Tinggal upload, jalankan, dan selesai. Anda tertarik? Silakan simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : 200+ Download Gratis Fonts Arabic Tanpa Ribet Langsung Pakai

Bagi Anda yang bekerja dibidang desain grafis tentunya agar tampilan desainnya bagus maka perlu memiliki banyak koleksi font. Namun bukan hanya banyaknya koleksi jenis font, desainer juga harus tahu nama dari masing-masing jenis font itu. Untuk jenis font yang sering digunakan seperti, Times New Roman, Arial, Tahoma mungkin kita akan hapal betul dengan modal melihat tulisan yang tertera pada gambar. Tapi lain lagi jika font yang terdapat dalam gambar tersebut jarang digunakan atau belum pernah kita gunakan walaupun sebenarnya jenis font tersebut ada didalam koleksi font kita. Maka solusi satu-satunya kita meski mencari jenis font tersebut dengan menggunakan aplikasi khusus.

Cara Mencari Jenis Font Secara Otomatis 1

Kadang juga seorang desainer akan terinspirasi dengan melihat hasil karya orang lain, dimana dalam desain tersebut akan terdapat jenis font. Jika kita melihat font yang ada di website tentunya kita akan mudah mengetahui jenisnya dengan melihat script web tersebut. Atau misal jika kita melihat desain dalam bentuk file softcopy akan lebih mudah lagi tahu jenis fontnya. Tapi bagaimana jika desain tersebut hanya berupa gambar format .jpg, .png, .gif, dan sebagainya? Maka untuk mengetahuinya gunakan website yang akan saya bahas dalam artikel ini.

Baca Juga : Cara Mudah Cek Jenis Font Dari Gambar

Inilah 5 Website Keren Untuk Mencari Jenis Font Secara Otomatis Dari Sebuah Gambar

Dari banyaknya website yang tersebar di internet, disini saya hanya akan merekomendasikan 5 website saja. 5 website ini sudah teruji kehandalannya dalam mendeteksi jenis font dari gambar. Bahkan ada diantaranya yang menyediakan link download dari font yang kita cari. Dengan begitu selain akan menambah pengetahuan, koleksi font kita juga akan bertambah.

Baca Juga : Cara Membuat Menampilkan Font Awesome Di Post Meta WordPress

1. WhatTheFont

Cara Mencari Jenis Font Secara Otomatis 2

Website pertama yang berfungsi bisa mencari jenis font secara otomatis dari gambar adalah situs WhatTheFont. Untuk membantu menyelesaikan pekerjaan Anda, maka Anda bisa memanfaatkan fitur layanan dari WhatTheFont. Di website ini Anda bisa mencari font-font baru dari gambar yang sebelumnya kita upload.

Baca Juga : Inilah Cara Menggunakan Font Face Di WordPress

Aplikasi situs online ini memang canggih dapat mengenali jenis font dari gambar. Tentunya hal ini dapat kita manfaatkan jika kita menemukan gambar dimanapun dan kita merasa tertarik dengan jenis font yang digunakan dalam gambar tersebut. Namun kita sama sekali tidak tahu jenis font apa yang digunakan dalam gambar. Kita tinggal memotonya dan upload di website WhatTheFont. Jika tidak ditemukanpun jenis font dalam situs WhatTheFont, nanti situs ini akan memberikan jenis font lain yang mirip dengan font yang kita maksud. Silakan untuk lebih jelasnya Anda bisa segera mengunjungi website WhatTheFont.

2. IdentiFont

Cara Mencari Jenis Font Secara Otomatis 3

Situs kedua yang dapat kita manfaatkan fiturnya untuk mencari jenis font tertentu dari gambar adalah IdentiFont. Situs online yang dapat kita nikmati secara gratis ini dapat mengidentifikasi jenis font dari gambar dengan menjawab serangkaian pertanyaan sederhana dari tampilan yang ada di situs IdentiFont. Di situs IdentiFont ini kita bisa memesan jenis huruf setelah situs ini dapat mengidentifikasi font yang kita ajukan. Untuk mencoba ketangguhan situs ini silakan Anda kunjungi saja website IdentiFont di situs resminya.

3. Font Matcherator

Cara Mencari Jenis Font Secara Otomatis 4

Website selanjutnya yang tidak kalah keren dan menarik dari dua situs diatas adalah Font Matcherator. Bukan hal yang sulit untuk tahu jenis font dari gambar jika kita menggunakan website Font Matcherator. Nanti situs ini akan memberikan keterangan secara otomatis jenis font apa yang digunakan dalam gambar yang kita upload. Jika tidak percaya silakan Anda coba sendiri dengan mengakses website resmi Font Matcherator.

4. WhatFontIs

Cara Mencari Jenis Font Secara Otomatis 5

Pernahkan Anda melihat tulisan dalam gambar atau website yang menurut Anda tulisan tersebut sangat indah? Mungkin Anda akan berpikir jenis font apa yang digunakan dalam gambar atau website tersebut. Untuk di website seperti yang sudah saya jelaskan diatas kita bisa mengetahuinya dengan melihat script website tersebut. Namun jika font yang kita lihat dalam gambar memang sangat sulit untuk mengetahuinya. Kecuali jika kita tahu siapa yang membuat karya desain tersebut dengan menanyakannya langsung kepada si-pembuat jenis font apa yang digunakan. Jika gambar tersebut entahlah siapa yang membuatnya maka jika tertarik silakan Anda scan atau foto dengan handphone kemudian upload di website WhatFontIs. Karena nanti situs WhatFontIs ini akan mendeteksi secara otomatis dari gambar yang kita upload untuk diketahui jenis fontnya. Dan pada akhirnya kita akan diberi link download jenis fontnya. Langsung saja ke situs WhatFontIs untuk mencoba kehandalan situs ini.

5. FontFaceNinja

Cara Mencari Jenis Font Secara Otomatis 6

Ini adalah website terakhir yang mempunyai kemampuan bisa mencari jenis font secara otomatis. Website terakhir ini adalah FontFaceNinja. Apa itu FontFaceNinja? FontFaceNinja adalah website berupa extension atau sebuah plugin browser yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis font. FontFaceNinja dapat kita gunakan hampir disemua web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari.

Baca Juga : Cara Cepat Mengganti Font Blog WordPress

Karena aplikasi ini dapat kita pasang di web browser, maka kegunaan website ini untuk mendeteksi jenis font dari sebuah website. Selain dapat kita ketahui jenis fontnya kita juga dapat melihat ukuran font (size font). Bukan hanya dapat mengetahui saja, kita juga nantinya dapat download jenis font tersebut secara gratis. Sehingga koleksi font kita akan bertambah untuk lebih memperindah lagi karya desain kita.

FontFaceNinja diciptakan oleh perusahaan studio kreatif negara Paris. Cukup mudah menggunakan plugin FontFaceNinja di web browser. Anda cukup menginstall plugin FontFaceNinja dan nanti akan muncul icon FontFaceNinja di toolbar sebelah kanan atas. Jika Anda ingin menggunakannya Anda tinggal klik icon ninja tersebut. Silakan Anda coba sendiri untuk membuktikannya dengan mengunjungi situs FontFaceNinja.

Ok mungkin hanya itu saja artikel pembahasan tentang 5 Website Untuk Mencari Jenis Font Secara Otomatis. Semoga tulisan ini ada manfaatnya dan salam sukses sampai bertemu diartikel keren lainnya.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *