Home / WordPress / Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads Dan Cara Memasangnya Di WordPress

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads Dan Cara Memasangnya Di WordPress

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads – Salah satu fitur terbaru Google AdSense adalah adanya jenis iklan yang diberi nama Page-level Ads. Walaupun sebetulnya Page-level Ads ini sudah agak lama keluarnya, namun jujur untuk akun Google AdSense saya baru kemarin mendapatkan notifikasinya. Hadirnya fitur terbaru Google AdSense Page-level Ads adalah salah satu bukti kalau Google mengikuti perkembangan teknologi smartphone saat ini. Jenis tampilan iklan Page-level Ads memang dirancang khusus untuk ditampilkan hanya di smartphone. Sebelum ini Google AdSense telah mengeluarkan jenis tampilan iklan responsive, dimana tampilan ini juga untuk menyesuaikan tampilan iklan diberbagai layar terutama smartphone.

Baca Juga : Cara Paling Baru Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non Hosted

Saat ini jenis iklan Page-level Ads masih berstatus Beta atau percobaan. Namun walalupun demikian iklan Page-level Ads ini memang terbukti mampu meningkatkan pendapatan AdSense dari biasanya. Betapa tidak saat ini hampir semua orang yang mengakses internet menggunakan smartphone. Dengan begitu hadirnya jenis iklan Page-level Ads tentunya akan memberikan keuntungan bagi Developer Google AdSense, Advertise, dan juga Publishernya.

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (1)

Lalu Sebenarnya Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Page-level Ads Google AdSense?

Diatas sudah disinggung kalau jenis iklan Page-level Ads adalah jenis iklan terbaru Google AdSense yang dikhususkan untuk ditampilkan hanya di smartphone. Ya memang benar jenis iklan ini hanya akan bisa dilihat bagi pengguna internet smartphone saja. Setiap publisher AdSense bisa mencoba menggunakannya asalkan sudah mendapatkan pemberitahuan atau sudah muncul notifikasi di akun Google AdSense.

Jenis iklan Google AdSense Page-level Ads dirancang khusus dan dioptimalkan untuk device resolusi sedang hingga minimal. Device ini hanya dimiliki oleh pengguna internet tablet, handphone, dan smartphone. Artinya jenis iklan Page-level Ads hanya akan tampil di perangkat mobile saja bukan komputer atau laptop.

Baca Juga : Hanya Butuh Waktu 3 Hari Daftar Google AdSense Melalui Youtube ~ Terbukti

Page-level Ads Google AdSense dibagi menjadi dua macam. Pertama jenis iklan Anchor/Overlay ads. Jenis iklan ini nantinya akan tampil di bagian bawah layar smartphone atau handphone.

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (2)

Kedua jenis iklan Vignette ads, dimana jenis iklan ini akan tampil penuh hingga menutupi layar smartphone/handphone. Namun walaupun jenis iklan Vignette ads bisa menutupi layar tampilan blog, nanti pengunjung akan bisa melakukan Skip Ad untuk menghilangkannya.

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (3)

Bagaimana Cara Memasang Jenis Iklan Page-level Ads di Blog WordPress?

Bukan hanya blog platform WordPress saja yang bisa mempraktikkan cara ini, untuk blog Blogspot dan sebagainya pada intinya masih sama saja. Yang beda mungkin cara menerapkan script kodenya saja.

Baca Juga : Kunci Utama Menjadi Publisher Google AdSense Sukses

Disini saya hanya akan memberikan contoh pemasangan iklan Google AdSense Page-level Ads di WordPress saja. Sebelum melakukan cara ini sebaiknya akun Google AdSense Anda sudah mendapatkan sebuah notifikasi dari Google AdSense. Pemberitahun ini akan muncul pada menu Optimization akun Google AdSense.

Silakan login di akun Google AdSense Anda dan Anda klik pilih menu My ads > Page-level Ads. Atau jika Anda sudah mendapatkan notif dari Google AdSense nanti dari menu Optimization juga akan muncul sebuah link untuk menuju ke halaman Page-level Ads.

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (4)

Disini Anda tinggal mengaktifkan kedua format jenis iklan Page-level Ads. Silakan Anda aktifkan Ad format Anchor/overlay ads dan Vignette ads.

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (5)

Anda geser scroll mouse kebawah hingga menemukan notifikasi untuk mengambil kode iklan. Disini Anda klik pilih Get code untuk menampilkan script kode iklan Page-level Ads.

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (6)

Dan inilah script yang nantinya harus Anda pasang di blog WordPress. Silakan Anda copy saja script tersebut dan sementara simpan dulu di Notepad.

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (7)

Dimana kita harus menempatkan script Page-level Ads di WordPress? Kode Page-level Ads kita pasang didalam Editor WordPress tepatnya didalam tag <head>. Silakan Anda login di akun WordPress untuk masuk ke Dashboard. Kemudian klik pilih menu Appearance dan sub-menu Editor.

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (8)

Biasanya blog WordPress tag <head> itu terletak di header.php, maka dari itu silakan Anda buka halaman header.php. Tempatkan atau paste kode Page-level Ads yang tadi telah Anda copy diantara tag <head> dan </head>. Lebih jelasnya lagi silakan Anda lihat contoh gambar di bawah ini :

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (9)

Ok sampai langkah ini Anda sudah selesai memasang Page-level Ads di blog WordPress. Sekarang Anda bisa lihat hasilnya dengan membuka blog menggunakan smartphone. Atau bahkan untuk sekedar mencoba apakah kode Page-level Ads ini berfungsi atau tidaknya maka di layar komputer atau laptop juga Anda bisa mengeceknya. Caranya silakan tambahkan #googleads diakhir URL blog Anda. Misal untuk URL blog ini adalah info-menarik.net maka nanti jadinya adalah info-menarik.net/#googleads. Otomatis jika kode Page-level Ads berfungsi maka akan tampil seperti pada gambar di bawah ini :

Yang Dimaksud Dengan Page-Level Ads (10)

Dan perlu diketahui juga kalau jenis iklan Page-level Ads ini hanya akan berfungsi pada layar smartphone untuk Android 4.0 dan juga menggunakan browser Google Chrome. Semoga kedepannya peraturan ini diubah kembali hingga menjadi iklan Page-level Ads bisa dilihat disemua layar smartphone dan juga web browser apapun.

Sebagai referensi untuk diperlajari lebih lanjut tentang Page-level Ads, silakan bisa Anda simak pada halaman Support Google. Dan untuk pemasangan kode Page-level Ads lebih lengkapnya lagi bisa dilihat pada halaman ini.

Ok mungkin untuk tulisan penjelasan tentang Apa Yang Dimkasud Dengan Page-level Ads dan juga Bagaimana Cara Memasang Page-level Ads di blog WordPress dicukupkan sekian saja. Punya pengalaman lain tentang Page-level Ads? Silakan Anda sampaikan di kolom komentar. Terima kasih dan salam sukses.

About InfoMenarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Seputar EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. asyik nih mas, kalau ada tipe iklan baru .. dikhususkan untuk ditampilkan hanya di smartphone. jadi lebih optimal nanti earning nya :D

  2. Sama bro punya saya juga baru muncul kemaren, setelah mengikut saran mas bro akhirnya iklan nya udah muncul di smartphone, tank’s ya

  3. terimakasih mas infonya, tapi saya punya masalah, saya sudah 3 hari pasang iklan jenis ini, saat saya coba periksa di hp, tapi iklan pop under saat klik link itu gk pernah muncul sekali pun, itu bagaimana mas solusinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *