Home / Teknologi / Mungkinkah Ini Terjadi Karena Antivirus Tidak Mendeteksi Beberapa Virus Berbahaya?

Mungkinkah Ini Terjadi Karena Antivirus Tidak Mendeteksi Beberapa Virus Berbahaya?

Antivirus Tidak Mendeteksi Virus Berbahaya – Yakin komputer Anda terbebas dari virus berbahaya? Yakin kalau Antivirus yang Anda gunakan saat ini dapat bekerja secara optimal? Terpasangnya Antivirus di komputer belum tentu kalau Antivirus tersebut dapat mendeteksi beberapa virus berbahaya. Karena saat ini banyak sekali Antivirus yang tersedia di pasaran. Baik itu Antivirus gratis hingga Antivirus berbayar. Namun dari segi kualitasnya dalam mendeteksi beberapa virus di komputer, tidak semua Antivirus bisa diandalkan sesuai kebutuhan. Dalam hal ini, Anda harus melakukan pengujian sendiri secara komprehensif.

Baca Juga : Yakin AntiVirus Yang Anda Gunakan Handal? Test Dulu Dengan 3 Cara Ini!

Di era digital seperti saat ini, maka komputer menjadi salah satu kebutuhan penting. Dalam berbagai hal, kehadiran komputer telah banyak membantu manusia dalam menyelesaikan tugas-tugasnya. Dibalik banyak membantu kebutuhan manusia, komputer memiliki sifat yang rentan terhadap serangan virus, trojan, dan malware. Tentunya jika komputer sudah terinfeksi virus, trojan, dan malware maka kinerja komputer akan berkurang. Bahkan komputer bisa mati total tidak berfungsi.

Seiring perkembangan teknologi, saat ini banyak sekali jenis virus, trojan, dan malware berbahaya. Solusi tepat agar komputer Anda dapat bekerja terus menerus sesuai kebutuhan tanpa gangguan virus, trojan, dan malware adalah dengan memasang Antivirus di komputer. Selain itu Anda juga harus rajin melakukan update sistem operasi dan memasang firewall. Untuk Antivirus, sangat direkomendasikan untuk memasang Antivirus berkualitas.

Sebelum membahas ke Antivirus berkualitas, sebaiknya Anda pahami dulu beberapa kasus berikut ketika komputer Anda mengalami penurunan performanya. Jika komputer mengalami penurunan performa ketika komputer sudah berusia lebih dari 5 tahun, maka itu bisa dikatakan wajar. Namun bagaimana halnya jika usia komputer baru beberapa bulan atau mungkin baru seminggu Anda membelinya. Kemungkinan jika komputer baru berusia beberapa minggu namun komputer mengalami penurunan performa seperti lemot dan sering hang, hal ini bisa saja karena ulah virus yang sudah bersarang di komputer Anda.

Tahukah Anda bahwa virus itu memiliki beragam jenis. Saat ini setidaknya terdapat kurang lebih 13 jenis virus yang memiliki kemampuan merusak sistem jaringan komputer Anda. Virus-virus apakah itu?

  1. Trojan
  2. Worms
  3. Web Scripting virus
  4. Multipartite Virus
  5. FAT Virus
  6. Companion Virus
  7. Polymorphic Virus
  8. Directory Virus

Dan masih banyak lagi. Silakan Anda cari saja di Google beberapa jenis virus lain yang dapat membahayakan komputer. Umumnya virus bisa masuk ke komputer karena Anda telah membuka email yang dikirim dari orang yang tidak dikenal, menginstall aplikasi bajakan, membuka sebuah web yang terdapat virusnya, dan menyalin data dari orang lain melalui media eksternal seperti flashdisk.

Berikut Adalah Ciri-ciri Komputer Anda Sudah Terkena Virus

Ketika komputer mengalami penurunan performa, mungkin saja komputer Anda sudah terkena virus. Hal ini dapat Anda rasakan sendiri ketika sedang mengoperasikan komputer. Berikut adalah ciri-ciri komputer terkena virus :

1. File Komputer Mengalami Banyak Kerusakan (Corrupt)

Ketika file di komputer mendadak banyak yang corrupt ini adalah salah satu ciri kalau komputer Anda sudah terinfeksi virus. Virus memiliki kemampuan menghilangkan atau mereplace file default di komputer Anda. Dengan begitu maka file Anda mengalami corrupt atau missing files. Jika kejadian file corrupt karena ulah virus, maka sebenarnya file masih bisa dikembalikan dengan merestore komputer. Namun jika akar permasalahan belum tuntas yakni virus, maka hal ini tidak bisa teratasi dengan melakukan restore saja. Anda meski melakukan scanning file di komputer menggunakan Antivirus berkualitas.

2. Memory Drive Menyusut Dengan Tiba-tiba

Ciri-ciri komputer terkena virus selanjutnya adalah secara mendadak memory drive komputer Anda menyusut. Hal ini padahal Anda sebelumnya tidak melakukan copy file dari media eksternal atau menginstall aplikasi baru. Bisa saja hal ini karena ulah virus juga. Karena beberapa jenis virus tertentu memiliki kemampuan untuk memperbanyak dirinya di komputer. Virus telah berkembang biak secara sendirinya sehingga menimbulkan memory drive kapasitasnya mengecil.

3. Kinerja Komputer Menjadi Menurun

Kinerja komputer Anda bisa menurun jika komputer sudah terinfeksi virus. Penyebabnya karena virus telah memakan memory komputer Anda. Karena sebagian ruang sudah dimakan virus, maka sisa space memory dan juga harddisk menjadi semakin sedikit. Dengan begitu akan berpengaruh terhadap kinerja komputer. Virus juga bisa menyebabkan CPU komputer cepat panas disebabkan komputer telah bekerja secara berlebihan.

4. File Komputer Banyak Yang Hilang (Hidden)

Sebetulnya virus itu tidak memiliki kemampuan untuk menghapus file sampai hilang tidak bisa dikembalikan. Virus komputer hanya memiliki kemampuan menyembunyikan file saja (hidden). Ketika file komputer hilang maka seolah-olah file telah hilang, padahal sebenarnya hanya hidden saja. Anda bisa melakukan restore file untuk menampilkannya lagi. Namun itu dia, sebelum Anda melakukan restore data maka virus di komputer harus sudah hilang. File akan kembali hilang jika virusnya masih beroperasi di komputer.

5. Program Komputer Tidak Bisa Berjalan

Tanda selanjutnya virus sudah hinggap di komputer Anda adalah terdapat sebagian program tidak bisa berjalan seperti biasanya. Virus memiliki kemampuan membuat program atau aplikasi komputer tidak bisa berjalan dengan sempurna sehingga mengalami corrupt. Software yang bersangkutan telah mengalami missing files karena infeksi virus di komputer Anda.

Sebetulnya masih banyak tanda-tanda komputer sudah terinfeksi oleh virus. Namun 5 tanda diatas adalah tanda yang paling sering dialami ketika komputer terindikasi virus didalamnya. Selebihnya bisa Anda cari sendiri di internet.

Lalu bagaimana cara pencegahan yang tepat agar komputer kebal dari virus apapun sehingga performa komputer tidak menurun? Terdapat beberapa hal sebagai usaha untuk mencegah masuknya virus ke komputer Anda, diantaranya adalah :

  1. Menggunakan software Antivirus berkualitas;
  2. Melakukan update Antivirus secara rutin;
  3. Selalu lakukan scan virus ketika ingin menggunakan portable device;
  4. Hindari melakukan download file dari internet yang asing;
  5. Gunakan fitur internet security.

Bicara software Antivirus berkualitas, disini saya merekomendasikan TotalAV untuk menjadi security komputer Anda.

TotalAV adalah perangkat lunak Antivirus berfitur lengkap yang cukup baru. TotalAV  menyediakan dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Untuk menjalankan TotalAV menggunakan sedikit kekuatan pemrosesan operasi sistem komputer, hal ini adalah manfaatnya di depan pesaing. TotalAV memiliki sejumlah fitur yang membedakan dari produk serupa lainnya di pasar, terutama fakta bahwa ia menyediakan VPN.

Software Antivirus TotalAV kompatibel dengan semua sistem operasi utama serta dijual dengan biaya yang sangat kompetitif, jadi mungkin lebih baik untuk mempertimbangkan membeli perangkat lunak anti-spyware yang dapat diandalkan seperti Total AV.

Baca Juga : Cara Melindungi Komputer Dari Serangan Virus

Pilihlah Antivirus yang memiliki perlindungan total secara real-time, mampu melakukan pemeriksaan seluruh files di komputer secara rinci. TotalAV memiliki fitur pemindaian secara otomatis dan terjadwal. Untuk itu, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur ini. Dengan begitu TotalAV akan bekerja terus menerus tanpa Anda melakukannya sendiri.

TotalAV juga memberikan jaminan uang kembali jika ternyata TotalAV kurang maksimal dalam mendeteksi komputer dari Virus. TotalAV memberikan jaminan uang kembali selama 30 hari jika Antivirus tidak bekerja dengan maksimal.

Perlu dipahami juga, bukan berarti Antivirus gratis itu jelek. Namun tentunya agar lebih maksimal dalam mendeteksi komputer dari virus sebaiknya Anda memilih Antivirus berbayar. Karena Antivirus berbayar akan kaya fitur dibanding Antivirus gratis.

Ok, mungkin artikel bahaya Antivirus Tidak Mendeteksi Virus di Komputer dicukupkan sekian saja. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. mantaps pak
    terimakasih tipsnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.