Home / Teknologi / Inovasi Teknologi Komunikasi, Ini Dia Beberapa Kelebihan Jaringan 5G Dibanding 4G

Inovasi Teknologi Komunikasi, Ini Dia Beberapa Kelebihan Jaringan 5G Dibanding 4G

Jaringan 5G Dibanding 4G

Beberapa Kelebihan Jaringan 5G Dibanding 4G – Salah satu bidang yang tidak bisa dipungkiri memiliki kemajuan yang sangat pesat adalah bidang telekomunikasi. Hari demi hari seolah tidak ada hentinya tawaran kemajuan dan peningkatan kualitas dari bidang ini termasuk dalam hal jaringan yang digunakan untuk internet. Hal ini terbukti dengan hadirnya inovasi baru yaitu jaringan 5G yang diklaim memiliki kelebihan yang jauh lebih besar dan banyak daripada pendahulunya yaitu 4G.

Baca Juga : Cara Membuka Internet Positif Secara Mudah Dan Cepat, Silakan Praktikkan!

Klaim ini memang tidak mungkin tanpa alasan, bagaimana tidak, uci coba sudah dilakukan dibeberapa negara besar di dunia dan hasil yang ditampilkan memang demikian. Jaringan 5G terbukti memiliki jaringan yang jauh lebih baik daripada jaringan 4G. Lalu seperti apa sih sebenarnya kelebihan dari jaringan ini? Berikut ulasan informasi selengkapnya untuk Anda.

Mengenal Jaringan 5G, Peningkatan dari 4G

Jika kita telaah lebih jauh, maka nama 5G merupakan sebuah cerminan bahwa teknologi ini merupakan upgrade atau peningkatan kelima dari generasi jaringan sebelumnya yaitu adalah 4G. Jaringan 5G tentu dibuat untuk semakin mempermudah dan mempercepat segala macam hubungan jaringan telekomunikasi yang tersebar di seluruh dunia.

Pada jaringan sebelumnya, tidak dapat dipungkiri masih banyak ditemui ketidak stabilan jaringan atau hilangnya koneksi yang dirasa sangat mengganggu bagi banyak pihak. Dan hal inilah yang akan dipecahkan dan dijawab dengan adanya jaringan 5G tersebut. Jaringan ini diklaim akan lebih mampu untuk menampung atau menerima lebih banyak perangkat atau jaringan yang terhubung dan terintegrasi dengannya.

Dengan lebih banyaknya kemungkinan itulah, maka berbagai permasalahan lama seperti putusnya koneksi internet, lemot karena kelebihan beban jaringan, batasan volume data, akan bisa dikurangi dengan sangat tinggi karena jaringan 5G akan menggunakan gelombang rafio sebagai basic atau dasarnya.

Dalam proses penerapannya, jaringan 5G akan menggunakan antenna atau pemancar gelombang yang bisa terpasang dibeberapa titik dengan jarak dan radius tertentu, dan inilah yang akan memancarkan jaringan gelombang di area sekitar pemancar atau antena tersebut. Hal ini tentunya akan jauh berbeda dengan jaringan sebelumnya yaitu 4G yang belum menggunakan teknologi wireless atau tanpa kabel ini.

Dengan teknologi wireless atau tanpa kabel yang dibawa oleh 5G, maka jaringan ini akan jauh lebih memiliki banyak manfaat dan keuntungan dari pada jaringan 4G. Kita tentu saja sebagai pemakai akan sangat dimanjakan dengan kecanggihan yang ditawarkan oleh 5G, walaupun memang tidak dapat dipungkiri bahwa kelemahan dari 5G adalah biayanya yang sangat besar untuk mewujudkan penerapannya.

Berikut Beberapa Kelebihan 5G Dibanding 4G

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa dengan teknologi tanpa kabel yang dibawa oleh jaringan 5G, maka akan banyak kelebihan yang ditawarkan daripada jaringan sebelumnya atau jaringan 4G. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah:

1. Kecepatan yang Jauh Lebih Baik

Kelebihan pertama yang tentu saja tidak bisa dipungkiri adalah bahwa koneksi jaringan 5G akan memberikan kecepatan internet atau koneksi yang jauh lebih cepat dari pada jaringan sebelumnya dan hal inilah yang menjadi daya tarik utama dari jaringan ini.

2. Biaya Mahal tetapi Efisien

Telah disinggung sebelumnya jika memang kelemahan dari jaringan 5G ini adalah mahalnya atau besarnya biaya yang harus dikeluarkan jika menggunakan jaringan ini, akan tetapi hal ini juga akan diikuti dengan efesiensi biaya dikemudian hari yang akan sangat dirasakan oleh provider jaringan ataupun pengguna jaringan. Biaya akan lebih efisien dari jaringan 4G.

3. Hemat Daya

Kemudian, jika menggunakan jaringan terbaru, maka akan berdampak pada konsumsi daya yang lebih rendah dan hemat dibandingkan jaringan 4G. Memang 4G mengkonsumsi daya baterai yang sudah cukup efisien akan tetapi dengan jaringan terbaru atau 5G maka konsumsi daya baterai akan jauh lebih sedikit dan efisien dibandingkan jaringan 4G.

Baca Juga : Coba Praktekkan 5 Tips Berikut Agar Paket Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis

Dan itulah 3 kelebihan dari jaringan 5G yang akan kita rasakan jika benar-benar berhasil diterapkan di Indonesia dibandingkan dengan jaringan sebelumnya atau jaringan 4G. Jaringan terbaru ini memang masih dalam tahapan pengembangan yang terus menerus dilakukan diberbagai negara di dunia termasuk di Indonesia. Mari kita tunggu saja hasil akhir dari perkembangan ini dan ketika sudah siap digunakan di Indonesia.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.