Rabu, 30 November 2022

Cara Membuat Sketsa Foto di Photoshop Menggunakan Filter Charcoal

Info Menarik – Pernahkah Kamu melihat gambar atau foto sketsa yang sengaja dipajang orang lain? Kemudian Kamu penasaran bagaimana proses cara membuatnya. Tenang, pada artikel ini saya akan membagikan cara membuat sketsa foto menggunakan program pengolah gambar yang sudah tidak asing lagi yaitu Photoshop. Silakan simak saja artikel ini sampai selesai!

Baca Juga: Cara Membuat Foto Fokus Dengan Efek Radial Blur di Photoshop

Sebetulnya apa sih sketsa itu? Sketsa atau dalam bahasa Inggris sketch adalah gambar yang masih kasar atau lukisan yang belum selesai. Para pelukis sebelum membuat sebuah gambar maka biasanya langkah awal akan membuat sebuah rancangan dulu yaitu yang kita kenal dengan nama sketsa.

Pembuatan sketsa bukan hanya pada sebuah foto saja, namun apapun jenis gambarnya seperti seorang arsitektur sebelum memulai menggambar bangunan maka akan diawali dengan pembuatan sketsa dulu.

Dengan kata lain bahwa sketsa itu adalah sebuah gambar pendahuluan atau bisa kita sebut juga sebuah rancangan yang sifatnya masih kasar.

Pada artikel ini saya tidak akan membahas lebih jauh tentang sketsa. Kemudian pada artikel ini saya bukan memberikan contoh pembuatan gambar rancangan. Namun di artikel ini saya akan berbagi cara mengubah foto yang sudah jadi menjadi seolah-olah seperti gambar sketsa.

Contoh gambar atau foto yang sudah saya ubah menjadi seolah-olah sketsa foto adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Sketsa Foto di Photoshop 2

Jika tertarik ingin membuat foto Kamu menjadi seperti foto yang saya contohkan di atas, silakan lanjutkan untuk membaca artikel ini sampai selesai!

Cara Membuat Sketsa Foto di Photoshop

1. Download Foto untuk Membuat Sketsa

Untuk memudahkan dalam mengikuti tutorial ini sebaiknya silakan Kamu gunakan foto yang sama persis dengan artikel ini. Untuk itu silakan Kamu download foto tersebut pada tombol yang sudah saya sediakan di bawah ini:

Download Foto

2. Buka Program Photoshop

Setelah sukses download foto di atas, selanjutnya silakan Kamu buka program Photoshop yang sudah terinstall di komputer atau laptop. Dalam artikel ini saya menggunakan Photoshop CS3.

Selanjutnya silakan Kamu buka foto di Photoshop dengan cara klik menu File kemudian Open atau dengan menekan kombinasi Ctrl + O pada keyboard.

3. Duplikat Layer Foto

Setelah foto terbuka di Photoshop, kemudian duplikat Layer Foto dengan cara tekan tombol Ctrl + J pada keyboard. Otomatis nanti akan terbentuk sebuah layer baru dengan Layer 1.

Cara Membuat Sketsa Foto di Photoshop 3

4. Aktifkan Pallet Warna Swatches

Langkah selanjutnya adalah Kamu harus mengaktifkan Pallet Warna Swatches. Silakan klik menu Windows kemudian Swatches kemudian tentukan warna yang ingin kita gunakan pada sketsa foto, contoh saya menentukan warna merah dengan nilai #ed1c24.

5. Buat Efek Sketsa pada Foto

Setelah melakukan sejumlah pengaturan seperti yang sudah saya terangkan di atas, kini saatnya Kamu membuat efek sketsa pada foto. Dalam tutorial ini saya menggunakan efek Filter Charcoal. Silakan Kamu klik menu Filter kemudian Sketch lalu Charcoal.

Pada jendela Charcoal silakan tentukan nilai Charcoal Thickness menjadi 3, Detail 5, dan Light/Dark Balance menjadi 50.

Pengaturan tersebut hanyalah contoh saja. Jadi silakan Kamu sesuaikan sendiri dan temukan pengaturan yang paling tepat dengan kondisi foto.

Selesai melakukan pengaturan pada jendela Charcoal, selanjutnya Kamu ubah Blending Mode pada Pallet Layer (Layer 1) yang semula Normal menjadi Hard Light.

Selesai! Sekarang lihat hasilnya dan tentunya sekarang foto yang kita edit di Photoshop sudah berubah menjadi seolah-olah gambar belum selesai atau foto sketsa.

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba dan semoga artikel bermanfaat. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. Muhammad Nuhan Nahidl

    jujur gan saya masih bingung dengan tutorial di atas. mungkin karena saya jarang utak atik photoshop… Terima Kasih Tutorialnya Salam Blogger

    • ko bingung gan? sebaiknya langsung dipraktekkan, dan bisa sharing dalam hal yang tidak jelas dengan tulisan ini …

  2. langsung tak coba mas, maklum suka dengan desain ni :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.