Home / WordPress / Ketahui Cara Mengganti Header WordPress Melalui WP Admin Dan C-Panel

Ketahui Cara Mengganti Header WordPress Melalui WP Admin Dan C-Panel


Cara Mengganti Header WordPress – Kadang untuk blogger pemula yang menggunakan platform WordPress, masih mengalami banyak kebingungan dalam menjelajah menu panel yang ada. WordPress menyediakan banyak sekali tema gratis untuk para penggunanya, jika Anda telaten maka Anda akan mendapat tema premium dengan gratis. Namun setelah Anda menemukan tema, malah ada header yang kurang cocok dengan konten blog Anda atau masih terdapat logo bawaan dari pembuatnya.

Baca Juga : Cara Mengganti Theme WordPress Melalui phpMyAdmin cPanel

Lalu bagaimana? Apa yang bisa Anda lakukan? Ada dua pilihan, mencari tema lagi atau mengganti header yang kurang cocok bagi Anda. Pada artikel ini akan dibahas tentang pilihan kedua yaitu, cara mengganti header WordPress pada tema blog.

5 Langkah Mengganti Header WordPress Melalui WP Admin

Cara mengganti header WordPress cukup mudah, Anda sebagai blogger pemula pun pasti bisa melakukannya. Hal itu karena langkah-langkah mengganti WordPress yang akan kami ulas memang sangat mudah dipahami, berikut langkah-langkahnya:

1. Login Ke Akun WordPress Anda

Pastikan Anda bisa login ke akun WordPress Anda, setelah login Anda bisa menuju WP Admin blog Anda.

2. Klik “Tampilan” Pada Drasboard

Pada panel menu yang tersedia, cari menu tampilan, lalu klik “tampilan” agar keluar menu selanjutnya.

3. Pilih Kepala Halaman (Header)

Kemudian akan muncul banyak pilihan, seperti tema, widget, menu, latar belakang, kepala halaman, opsi tema, custom design, mobile dan ipad. Anda harus memilih “kepala halaman (header)”, lalu klik.

4. Ganti Gambar Headernya

Pilih “browse” untuk mencari gambar yang akan dipasang menggantikan header Anda. Biasanya WordPress akan memberikan masukkan gambar yang disarankan, dan Anda bisa memilih yang sesuai konten blog Anda.

5.  Lalu Simpan

Setelah menemukan gambar yang cocok, klik gambar tersebut, lalu klik save/ publish di pojok kiri atas. Kemudian Anda bisa lihat langsung perubahannya

Mungkin kalau dibayangkan saja akan sulit, maka dari itu mulai cobalah, membuka akun WordPress Anda dan cobalah mengganti headernya. Adakalanya mengubah header bisa hanya melalui WP Admin, tapi ada juga yang harus merubah melalui C-Panel. Berikut akan dijelaskan mengubah Header melalui C-Panel.

5 Langkah Mengubah Header Melalui C-Panel Hosting Anda

Berikut adalah cara mengganti header WordPress melalui C-Panel hosting Anda, cermati langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Memilih Template

Pilih template yang berbasis custom domain lalu download template tersebut.

2. Upload Ke WP Admin

Setelah memilih template, Anda bisa upload ke WP admin, tapi jangan langsung diaktifkan.  Preview terlebih dahulu untuk mengetahui, gambar headernya sudah sesuai dengan keinginan Anda atau belum. Jika belum sesuai Anda bisa edit sesuai selera, caranya klik kanan pada header  lalu tekan view gambar, dan ambil gambar, kemudian bisa Anda edit. Setelah mengedit gambar header, simpan dulu untuk di upload lagi.

3. Login Ke C-Panel

Untuk mengganti header template kita, maka login ke C-Panel hosting, kemudian klik manager (home directory). Klik dua kali pada public html, lalu klik dua kali pada WP content, kemudian klik dua kali themes, sehingga akan tampil nama file template yang tadi sudah di upload. Lalu Anda bida klik file tersebut atau nama template itu, maka akan keluar semua nama file yang berada di dalam template itu, seperti background, function, header, images, dan lainnya.

4. Mulai Edit Header

Klik Header dua kali, jika sudah klik upload pada kiri atas halaman C-Panel hosting Anda, dan tunggu prosesnya sampai selesai. Dan sekarang file gambar header baru Anda sudah berada di dalam file header tadi. Jangan lupa klik kanan kemudian rename ambil nama file gambar tersebut.

5. Mengganti Bacaan File Header

Setelah proses di atas selesai, tekan back (tanda panah hijau) klik dua kali agar kembali ke file-file template yang tadi sudah di edit. Klik kanan dan edit kode pada file style CSS, Anda harus mencari nama file gambar header template tadi. Lalu ganti bacaan image bawaan asli template dengan nama file header yang telah Anda buat tadi.

Baca Juga : Cara Mengganti Tampilan Background WordPress

Sekarang saatnya Anda log out dari C-Panel dan log in kembali ke WP Admin, lalu masuk ke pengaturan template. Setelah itu klik aktifkan template yang sudah diubah tadi dan proses panjang ini sudah selesai. Anda bisa melihat langsung hasilnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.