Sabtu, 26 November 2022

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat di Photoshop Menggunakan Patch Tool

Info Menarik – Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial cara tercepat menghilangkan jerawat di Photoshop. Kenapa tercepat? Karena di Photoshop itu banyak sekali tool yang dapat kita gunakan untuk manipulasi foto seperti menghilangkan noda atau jerawat di wajah. Namun dari banyaknya tool Photoshop, hanya satu tool yang bisa edit wajah secara cepat seperti jerawat yaitu Patch Tool. Penasarana seperti bagaimana caranya? Silakan simak artikel ini sampai selesai!

Baca Juga : Mudahnya Membuat Huruf Efek Air Dengan Photoshop

Beberapa tool selain Patch Tool di Photoshop yang dapat kita gunakan untuk manipulasi foto pada bagian wajah adalah: Spot Healing Brush Tool, Healing Brush Tool, dan Clone Stamp Tool. Dari masing-masing tool tersebut mempunyai kegunaan masing-masing dan semunya bisa kita gunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Namun dari beberapa tool tersebut menurut saya yang hasilnya bisa rapih dan tidak terlihat manipulasinya adalah hanya Patch Tool.

Berikut contoh foto yang sudah saya hilangkan jerawatnya dengan bantuan Patch Tool di Photoshop:

Cara Menghilangkan Jerawat di Photoshop 1

Kemudian Photoshop yang saya gunakan dalam tutorial ini adalah Photoshop CS3. Dan saya menggunakan Patch Tool dengan memberikan sedikit penerangan pada foto menggunakan Curves.

Supaya mudah untuk mengikuti tuorial ini, silakan Kamu download gambar yang saya jadikan praktik pada tombol di bawah ini:

Cara Menghilangkan Jerawat di Photoshop

1. Buka Program Photoshop

Setelah download foto di atas, silakan Kamu buka program Photoshop yang sudah terinstall di komputer. Kemudian Kamu klik menu File > Open dan cari lokasi foto yang akan kita jadikan praktik.

Cara Menghilangkan Jerawat di Photoshop 2

2. Duplikat Foto

Jika foto yang akan kita hilangkan jerawatnya terbuka di Photoshop, selanjutnya Kamu duplikat foto dengan cara klik kanan pada layers Background lalu pilih Duplicate Layer… Sekedar contoh, beri nama Jerawat.

Untuk memudahkan dalam melakukan duplikat layers, Kamu bisa tekan tombol Ctrl + J pada keyboard secara bersamaan.

Cara Menghilangkan Jerawat di Photoshop 3

3. Aktifkan Patch Tool

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa trik menghilangkan jerawat pada foto ini saya menggunakan Patch Tool. Untuk itu setelah melakukan duplikat layers silakan aktifkan Patch Tool. Dan jangan lupa pilih Source pada Toolbar.

Selengkapnya lihat gambar di bawah ini:

Cara Menghilangkan Jerawat di Photoshop 4

Adapun fungsi dari Patch Tool itu sendiri adalah sebuah tool untuk menyesuaikan warna kulit dengan kulit hasil seleksi secara otomatis. Dengan demikian hasil manipulasi dengan Patch Tool maka akan terlihat rapih tidak terlihat hasil edit di Photoshop.

4. Hilangkan Jerawat Menggunakan Patch Tool

Kini saatnya menghilangkan jerawat denngan Patch Tool. Untuk menggunakan Patch Tool adalah silakan Kamu seleksi bagian yang ingin ditutup dengan objek lain. Karena pada tutorial kali ini kita akan mengilangkan jerawat, maka pertama yang kita seleksi adalah jerawatnya.

Silakan lihat contoh seleksi pada gambar di bawah ini:

Cara Menghilangkan Jerawat di Photoshop 5

Selanjutnya Kamu cari bagian kulit yang masih mulus bersih untuk menutup jerawat yang kita seleksi tadi. Caranya, setelah Kamu melakukan seleksi pada bagian jerawat, klik lalu tahan dan geser posisi kursor mouse arahkan pada bagian kulit yang masih bersih dari jerawat.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat contoh gambar di bawah ini:

Lakukan hal serupa pada bagian wajah yang masih ada jerawatnya. Begitu seterusnya sampai kulit wajah benar-benar mulus tanpa ada jerawat sedikitpun.

5. Gunakan Curves Untuk Memberikan Efek Terang pada Foto

Jika sudah selesai melakukan edit foto dengan Patch Tool, karena photo ini agak sedikit gelap maka Kamu harus melakukan sedikit penerangan.

Sebetulnya teknik penerangan pada Photoshop itu lebih dari satu Tool, namun pada artikel ini saya menggunakan penerangan dengan Curves. Cara mengaktifkan Curves klik menu Image > Adjusments > Curves.

Silakan Kamu sesuaikan sendiri hingga menemukan cahaya pada foto yang tepat. Pada gambar ini saya memberikan nilai Output 75 dan Input 55.

Selesai sudah tutorial menghilangkan jerawat di Photoshop menggunakan Patch Tool. Bagaimana mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga sukses. Jika menemui kesulitan, silakan bisa Kamu sampaikan pada kolom komentar di bawah ini.

Baca Juga: Daftar Ukuran Foto dan Pas Foto Lengkap dalam Satuan Cm, Mm, Inci, dan Pixel

Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Mantap Pak jerawatna janten hilang nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.