Cara Mudah Menghubungkan ARD Madrasah Operator Dengan Guru Melalui Wifi

Cara Menghubungkan ARD Madrasah Operator 01

Cara Menghubungkan ARD Madrasah Operator – Ketika ARD Madrasah sudah bisa dijalankan di komputer operator, muncul pertanyaan bagaimana cara menghubungkan ARD Madrasah operator dengan komputer guru? Terhubungnya ARD Madrasah operator dengan guru banyak sekali manfaatnya. Diantaranya beban operator dalam mengisi data ARD akan terbantu. Dalam hal ini operator cukup mengisi data yang seharusnya diisi oleh operator saja. Selebihnya data yang harus diisi guru seperti nilai bisa diselesaikan oleh guru. Namun sebelumnya ARD Madrasah harus sudah terhubung antara komputer operator dengan komputer guru.

Banyak cara untuk menghubungkan ARD operator dengan guru. Namun, disini saya hanya akan membahas cara menghubungkan ARD operator dengan komputer melalui jaringan Wifi saja.

Untuk guru, ARD Madrasah bisa dijalankan juga menggunakan HP Android. Guru dapat mengakses ARD Madrasah untuk mengisi nilai siswa cukup di HP Android saja. Hal ini tentunya dapat meringankan jika memang guru tidak mempunyai komputer atau laptop.

Cara Menghubungkan ARD Madrasah Operator Dengan Guru

Syarat utama untuk menghubungkan ARD Madrasah operator dengan guru adalah adanya jaringan yang akan digunakan. Komputer operator dengan perangkat yang akan digunakan oleh guru harus berada dalam satu jaringan. Dengan demikian pengerjaan ARD Madrasah tidak bisa dihubungkan dengan lokasi yang saling berjauhan. Misal, operator di sekolah sedangkan guru di rumah.

1. Install Aplikasi VDI ARD Madrasah Di Komputer Operator/Server

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi VDI ARD di komputer operator atau server. Untuk install ARD di komputer operator agar bisa dijalankan, disini saya tidak akan membahasnya lagi. Untuk penjelasan langkah-langkah ini, sebelumnya saya sudah menulis artikel di cara menjalankan ARD Madrasah.

2. Isi Data ARD Madrasah Di Komputer Operator/Server

Cara Menghubungkan ARD Madrasah Operator 02

Setelah ARD bisa dijalankan di komputer operator, langkah selanjutnya adalah mengisi semua data ARD. Untuk operator silakan login dengan NPSN Sekolah/Madrasah dan Password yang sudah diberikan oleh Kemenag.

Isi semua data yang harus diisi oleh operator, seperti : Profil Sekolah/Madrasah, Konfigurasi Tahun Pelajaran dan Semester, Mata Pelajaran, Data Guru, Data Siswa, Data Rombel, dan sebagainya.

3. Siapkan Komputer, Laptop, atau Android Untuk Guru

Selesai operator mengisi seluruh data ARD Madrasah dengan lengkap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan komputer, laptop, atau HP Android guru yang akan dihubungkan. Aplikasi ARD Madrasah tidak perlu diinstall di komputer atau laptop guru. ARD cukup diinstall di komputer operator saja. Setelah terhubung, nanti guru dapat mengakses ARD melalui browser Chrome atau Firefox. Semua data akan sinkron otomatis ke ARD operator layaknya layanan online.

Pastikan komputer, laptop, atau HP Android yang akan dihubungkan tidak mempunyai masalah dengan koneksi Wifi. Kunci dasar agar ARD operator dan guru terhubung adalah jaringan koneksi Wifi berjalan lancar.

4. Jaringan Wifi atau Tethering

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas bahwa alat untuk menghubungkan ARD Madrasah ini adalah Wifi, maka di sekolah harus sudah tersedia jaringan Wifi. Wifi disini bisa menggunakan hotspot Wifi yang dimiliki sekolah atau bisa juga dengan menggunakan jaringan tethering HP Android. Intinya perangkat yang akan digunakan harus terhubung ke Wifi pada jaringan yang sama.

Wifi disini hanya alat penghubung antara komputer operator dan guru saja. Disini bukan Wifi untuk menghubungan jaringan secara online. VDI ARD Madrasah digunakan secara offline tanpa harus memiliki koneksi internet.

5. Periksa IP Address Komputer Operator/Server

Jika persiapan-persiapan diatas sudah Kamu selesaikan, langkah selanjutnya Kamu harus mengetahui IP Address komputer yang digunakan operator atau server. IP Address ini sebagai penghubung ARD Madrasah. Nantinya guru dapat mengakses ARD Madrasah secara offline melalui IP Address.

Untuk mengetahui IP Address komputer caranya cukup mudah. Silakan Kamu akses Command Prompt (CMD) komputer operator. Untuk membuka halaman CMD, Kamu bisa masuk ke Run dengan cara menekan tombol Logo Windows di keyboard dengan huruf R. Tekan bersamaan dan akan muncul dialog Run, ketik cmd kemudian Enter.

Pada kotak dialog cmd, silakan Kamu ketik ipconfig kemudian Enter. Sekarang Kamu sudah mengetahui IP Address komputer operator dan silakan catat. Contoh IP Address komputer yang saya gunakan setelah dicek adalah 192.168.43.120.

Cara Menghubungkan ARD Madrasah Operator 03

6. Hubungkan ARD Madrasah Operator Dengan Guru

Terdapat tambahan pengaturan di Aplikasi VirtualBox agar ARD dapat terhubung melalui jaringan Wifi atau LAN. Silakan di VirtualBox Kamu klik Settings > Network > Adapter 2 > Port Forwarding.

Cara Menghubungkan ARD Madrasah Operator 04

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. siip pk moga barkah

  2. Saya sudah coba cara di atas pak, tapi saya juga mencoba dengan cara menggunakan Ip dari laptop/server dengan diakhiri :1000, ternyata bisa juga. Tutorial dari kemenag pusat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.