Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS Madrasah Tanpa Harus Menghubungi Admin Kabupaten

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS 01

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS – Untuk mengubah tempat lahir siswa di EMIS Madrasah tidaklah sulit. Kamu tidak perlu menghubungi admin Kabupaten atau Pusat. Kamu bisa melakukannya sendiri seperti layaknya mengubah NISN, NIS Lokal, Tanggal Lahir, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara Menambahkan Siswa Baru Di EMIS Pendis Online ~ Emis Madrasah

Untuk mengubah tempat lahir siswa di EMIS Madrasah harus Kamu lakukan secara manual. Kamu tidak bisa melakukannya menggunakan fitur unggah template Excel. Meskipun hanya bisa dilakukan dengan cara manual, namun prosesnya tidak rumit. Cukup beberapa detik saja jika koneksi internet atau server lancar maka tempat lahir siswa sudah berhasil Kamu ubah.

Mungkin Kamu berfikir bahwa untuk mengubah tempat lahir siswa harus dilakukan oleh admin Kabupaten atau Pusat. Pasalnya di EMIS Madrasah sekilas tidak ditemukan fitur untuk mengubah tempat lahir. Ketika kursor mouse diarahkan, tempat lahir siswa seperti dikunci.

Berikut Cara Mengubah Tempat Lahir Siswa di EMIS Madrasah

1. Login di EMIS dan Cari Siswa yang Akan di Edit

Hanya beberapa langkah saja untuk mengubah tempat lahir siswa di EMIS Madrasah. Langkah pertama silakan Kamu login di EMIS menggunakan akun Madrasah masing-masing. Setelah berhasil login di EMIS, klik menu Kesiswaan dan submenu Siswa Aktif.

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS 02

Sebagai contoh disini saya akan mengubah tempat lahir siswa Ai Wafa Nurlaela, yang semula tempat lahirnya Cianjur menjadi Bandung.

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS 03

Langkah selanjutnya adalah, silakan Kamu klik Aksi kemudian Ubah Profil Siswa. Kamu klik Aksi harus tepat pada siswa yang akan diubah tempat lahirnya.

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS 04

2. Edit Tempat Lahir Siswa sesuai Data Seharusnya

Setelah halaman untuk mengubah profil siswa aktif, Kamu klik kanan pada tempat lahir yang akan diubah. Disini saya menggunakan web browser Google Chrome. Setelah klik kanan, untuk Chrome silakan klik Inspeksi. Jika Kamu menggunakan Firefox, silakan pilih Inspeksi Halaman.

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS 05

Sekarang akan tampil halaman inspeksi yang didalamnya berisi baris kode. Dari kode-kode itulah halaman EMIS dapat Kamu akses. Kamu tidak perlu pusing dengan tampilan kode tersebut. Disini Kamu cukup mengubah tempat lahir. Kamu blok tempat lahir yang akan diubah. Ingat, harus tempat lahirnya saja dan tanda petiknya jangan Kamu blok. Lihat gambar dibawah!

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS 06

Setelah tempat lahir Kamu blok, silakan Kamu ubah dengan mengetikkan tempat lahir yang diinginkan. Disini saya mengubah Cianjur menjadi Bandung. Setelah selesai mengetikkan tempat lahir yang sesuai, selanjutnya Kamu Enter di keyboard.

Cara Mengubah Tempat Lahir di EMIS 07

Maka secara otomatis tampilan tempat lahir pada halaman ubah profil siswa sudah berubah. Ini hanya tampilan saja dan belum Kamu simpan agar tempat lahir tersebut menjadi tersimpan permanen di database EMIS.

3. Simpan Hasil Edit Tempat Lahir

Untuk menyimpannya, Kamu cukup klik tombol Simpan yang berada di sudut kanan bawah. Setelah Kamu klik tombol Simpan, maka secara otomatis tempat lahir siswa sekarang sudah berubah sesuai dengan data yang Kamu inginkan.

Kamu bisa lihat hasilnya di halaman Siswa Aktif! Jika langkah-langkahnya benar, maka sekarang tempat lahir siswa sudah berubah dan pada kasus kali ini saya telah mengubah tempat lahir Cianjur menjadi Bandung.

Bagaimana mudah sekali bukan? Silakan selamat mencoba dan jika artikel ini bermanfaat, silakan Kamu share linknya agar Operator Madrasah lain yang belum tahu caranya bisa mempraktikknya sendiri.

Baca Juga : Cara Mengatasi Permasalahan Aplikasi Desktop EMIS Pendis Terlengkap

Mungkin artikel Cara Mengubah Tempat Lahir Siswa di EMIS dicukupkan sekian saja. Sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya dan salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. apa akan berubah di server pusatnya? atau hanya tampilan saja? karena sepengetahuan saya, inspec element hanya merubah smentara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.