Rabu, 30 November 2022

Cara Mengubah Ukuran Foto Sekaligus dalam Jumlah Banyak (Crop dan Resize)

Cara Mengubah Ukuran Foto Sekaligus 01

Info Menarik – Ketika memiliki foto dalam jumlah banyak kemudian ingin memotong serta mengubah ukuran, jika Kamu kerjakan satu persatu tentu akan terasa sangat melelahkan. Contoh kecil, Kamu memiliki ratusan foto yang harus Kamu selesaikan, maka tentu saja sebanyak ratusan kali juga Kamu akan melakukan crop dan resize foto. Selain akan memakan waktu lama dan juga bisa membosankan dalam mengerjakan pekerjaan tersebut. Nah, pada artikel ini saya akan memberikan cara mengubah ukuran serta memotong foto sekaligus dalam jumlah banyak.

Baca Juga: Cara Kompres Gambar Hingga 98% (Resize) Dengan Modal Software Gratis

Agar proses memotong dan mengubah ukuran foto dapat kita selesaikan dengan cepat, maka kita harus menggunakan aplikasi. Aplikasi yang saya maksud adalah aplikasi khusus yang memiliki kemampuan crop dan resize foto dalam jumlah banyak sekaligus.

Kemudian aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut adalah FastStone Photo Resizer. Dengan aplikasi ini kita bukan hanya dapat memotong dan mengubah ukuran foto saja, namun kita juga bisa mengubah nama serta ekstensi foto sekaligus.

Cara Memotong dan Mengubah Ukuran Foto dalam Jumlah Banyak

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya, bahwa untuk memenuhi kebutuhan crop dan resize foto kita akan menggunakan FastStone Photo Resizer. Tentu saja sebelum kita praktek, maka Kamu perlu download dan instal aplikasi FastStone Photo Resizer.

1. Download dan Instal Aplikasi FastStone Photo Resizer

Silakan untuk download aplikasi bisa langsung Kamu lakukan di website resmi FastStone Photo Resizer.

Aplikasi ini sangat ringan, hanya memiliki ukuran kurang dari 2MB saja. Tampilan yang sederhana sehingga sangat mudah kita gunakan. Meskipun demikian, aplikasi FastStone Photo Resizer sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan crop dan resize dengan sistem bulk processing atau mengubah foto dalam jumlah banyak sekaligus.

Selain itu, FastStone Photo Resizer juga memiliki kemampuan untuk rotate, mengubah nama, serta memberikan watermark pada foto. Tentu saja pengubahan ini dapat kita lakukan dalam foto yang berjumlah banyak secara sekaligus.

Setelah selesai download aplikasi, silakan Kamu instal di komputer atau laptop. Untuk cara instal saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi. Menurut saya instal aplikasi ini sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti saja semua instruksi yang ditampilkan.

2. Proses Mengubah Ukuran Foto dengan FastStone Photo Resizer

a. Kumpulkan Foto dalam Satu Folder

Untuk memudahkan dalam proses pengubahan foto, sebaiknya Kamu kumpulkan semua foto tersebut ke dalam satu folder. Kamu bisa menyimpan foto di drive internal komputer atau media eksternal seperti flash disk.

b.  Buka Aplikasi FastStone Photo Resizer

Setelah mengumpulkan foto dalam satu folder, sekarang Kamu buka aplikasi. Langkah ini bisa membuka aplikasi yang tampil otomatis di desktop atau dari Start Menu.

c. Masukkan Foto ke Dalam Aplikasi

Langkah selanjutnya setelah membuka aplikasi, silakan Kamu masukkan foto yang tadi sudah Kamu kumpulkan dalam satu folder ke dalam aplikasi.

Sebagai contoh, saya akan memasukkan foto yang tersimpan di drive R komputer ke dalam aplikasi.

Cara Mengubah Ukuran Foto Sekaligus 02

Selanjutnya agar semua foto masuk ke Input List aplikasi, Kamu klik tombol Add All.

Cara Mengubah Ukuran Foto Sekaligus 03

d. Tentukan Format dan Tingkat Kompresi Foto

Selanjutnya Kamu tentukan format foto yang dihasilkan seperti JPG, PNG, PDF, dan sebagainya. Dalam contoh kali ini saya memilih format JPG saja.

Cara Mengubah Ukuran Foto Sekaligus 04

Selanjutnya klik tombol Settings kemudian Kamu atur kualitas foto sesuai dengan keinginan. Semakin tinggi nilai Quality maka kualitas foto semakin bagus, namun kapasitas foto juga akan semakin besar.

Selesai mengatur kualitas foto, silakan centang pada Optimize Huffman table dan Progressive. Hal tersebut agar kualitas foto tetap terjaga meskipun kapasitas menurun. Jika sudah selesai semua, klik Ok.

Cara Mengubah Ukuran Foto Sekaligus 05

e. Pengaturan Tingkat Lanjutan

Jika Kamu tidak cukup dengan pengaturan yang sudah ditentukan, silakan centang pada Use Advanced Options kemudian klik tombol Advanced Options.

Banyak sekali fitur yang dapat kita gunakan pada pengaturan ini, seperti: Resize, Rotate, Crop, Watermark, dan sebagainya.

Cara Mengubah Ukuran Foto Sekaligus 06

Contoh disini saya akan menggunakan fitur Resize dan Crop. Pertama klik tab Resize dan centang Resize. Kemudian pilih In Pixels untuk menentukan ukuran foto dalam satuan pixel. Contoh saya memberikan ukuran Width 620 dan Height 400. Centang pada Preserve Aspect Ratio dan Smart-Cropping.

Preserve Aspect Ratio berfungsi agar rasio foto tetap seimbang (proporsional). Jika opsi ini tidak Kamu centang maka foto akan menyesuaikan ukuran.

Smart-Cropping berfungsi agar proses memotong (crop) foto secara otomatis mengikuti ukuran width dan height yang sudah kita tentukan.

Selanjutnya aplikasi ini menyediakan fitur lanjutan untuk memotong (crop) otomatis pada pengaturan terpisah. Namun, jika kita sudah menentukan ukuran di tab Resize tadi, kita tidak perlu lagi mengatur pada tab Crop.

f. Menentukan Nama File Foto yang Baru

Jika Kamu tidak ingin mengubah nama file foto menjadi yang baru, silakan lewat saja langkah ini. Namun jika ingin mengubahnya silakan ikuti cara yang akan saya sampaikan.

Pertama silakan Kamu centang pada opsi Rename kemudian ketik manual pada kolom yang disediakan dengan nama foto yang Kamu inginkan. Dalam penentuan nama foto harus menggunakan karakter wildcard aplikasi yang sudah ditentukan.

Berikut adalah beberapa karakter aplikasi FastStone Photo Resizer lengkap dengan fungsi karakter:

  • # = satu digit angka berurutan
  • * = nama file asli
  • $P = nama folder utama
  • $Y = tahun
  • $M = bulan
  • $D = hari
  • $H = jam
  • $N = menit
  • $S = detik

Contoh saya ingin mengubah nama file foto hasil aplikasi menjadi nama Info Menarik diikuti dengan urutan nomor, maka saya ketik Info Menarik#.

g. Tentukan Output Folder dan Mulai Convert Foto

Sekarang kita harus menentukan folder hasil convert dari aplikasi FastStone Photo Resizer. Silakan Kamu klik tombol Browse dan tentukan dimana lokasi penyimpanan hasil convert aplikasi. Contoh saya akan menyimpan hasil convert di Document dengan nama folder Convert Foto.

Jika semua sudah Kamu atur sesuai dengan kebutuhan, sekarang Kamu klik tombol Convert. Secara otomatis aplikasi akan melakukan convert semua foto secara sekaligus sesuai dengan pengaturan yang sudah kita tentukan.

Lama proses convert tergantung dengan jumlah foto yang edit. Tapi biasanya proses ini tidak akan memakan waktu lama.

Jika proses convert sudah selesai dengan sempurna, silakan Kamu cek Output Folder tadi dan lihat hasilnya!

Baca Juga: Cara Resize Gambar Tanpa Merubah Dimensi Pixel

Bagaimana mudah bukan? Semoga artikel cara mengubah ukuran foto secara sekaligus dalam jumlah banyak ini bisa bermanfaat. Sampai bertemu di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.