Home / Kesehatan / 7 Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Mudah Hanya Modal Bahan Alami

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Mudah Hanya Modal Bahan Alami

Cara Merawat Wajah Berjerawat Dengan Mudah – Kecantikan wajah merupakan salah satu aset utama yang dimiliki oleh setiap orang. Namun, seringkali banyak masalah yang bisa terjadi pada wajah kita. Mulai dari kulit berminyak, komedo, jerawat pasir hingga jerawat batu yang membandel. Oleh karena itu, sebagian orang bahkan rela mengeluarkan jumlah uang yang cukup banyak hanya untuk melakukan perawatan kulit wajah mereka.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Paling Mujarab

Cara merawat wajah berjerawat pun bisa dilakukan secara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami yang bisa didapatkan dari alam ataupun melakukan perawatan dengan produk-produk kecantikan. Semua ini dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang cantik dan bersih.

Cara Merawat Wajah Berjerawat

Pada dasarnya, perawatan wajah dapat kita lakukan secara alami ataupun instan dengan menggunakan produk-produk kecantikan. Berikut ini cara merawat wajah berjerawat yang bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami ataupun produk kecantikan.

1. Madu

Salah satu bahan herbal yang dapat digunakan sebagai cara merawat wajah berjerawat adalah madu. Hal ini karena madu memiliki sifat asam yang sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Sehingga, kulit yang berjerawat akan terhindar dari peradangan dan proses penyembuhan jerawat dapat berlangsung lebih cepat.

Selain itu, madu juga dapat digunakan sebagai pelembab kulit alami dan juga bermanfaat untuk menghilangkan kotoran ataupun sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Berikut ini cara menggunakan madu untuk merawat kulit berjerawat.

  • Siapkan madu murni
  • Oleskan madu ke seluruh area kulit wajah.
  • Oleskan madu pada malam hari sebelum tidur, dan bilas pada pagi hari setelah bangun tidur.
  • Gunakan masker madu setiap hari, sehingga wajah berjerawat Anda akan selalu terhindar dari peradangan jerawat.

2. Jeruk Nipis

Selain madu, jeruk nipis juga merupakan bahan alami yang sudah dipakai oleh banyak orang karena keampuhannya dalam menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada jeruk nipis dapat memicu produksi kolagen di kulit. Dimana manfaat kolagen yaitu dapat menghaluskan kulit dan juga menyembuhkan jerawat.

Selain itu, jeruk nipis juga mengandung asam sitrat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di wajah. Jeruk nipis juga mengandung zat astringent yang dapat menyingkirkan minyak berlebih pada kulit wajah, sehingga kulit akan terlihat lebih kencang.

Cara penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah jeruk nipis dan mengoleskan airnya ke wajah Anda. Diamkan selama 30 menit dan selanjutnya bilas dengan air bersih. Gunakan masker ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

3. Air Mawar

Bagi Anda yang menyukai pemakaian kosmetik, menggunakan air mawar akan sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat Anda agar tidak semakin parah. Sebagai pelembab alami, air mawar juga dapat digunakan untuk mencegah munculnya jerawat di wajah Anda.

Baca Juga : 6 Langkah Ampuh Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Baking Soda

4. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda. Di bawah ini merupakan keuntungan yang Anda dapatkan dari mengkonsumsi air putih.

Dengan konsumsi air putih, nutrisi yang Anda dapatkan dari makanan dapat langsung disalurkan ke kulit.

Air putih sangat membantu memperlancar peredaran darah.

Air putih dapat mendetoksifikasi tubuh Anda dari segala racun yang dapat menyebabkan jerawat.

5. Gunakan Pelembab Wajah

Pelembab wajah bermanfaat untuk menjaga kulit agar tidak kering dan terhindar dari bahaya yang ditimbulkan oleh polutan. Jangan lupa selalu gunakan pelembab wajah sehabis mandi atau saat akan melakukan aktivitas di luar ruangan, agar kulit wajah Anda dapat terhindar dari debu, kotoran dan bakteri yang dapat memicu timbulnya jerawat.

6. Gunakan Sabun Muka Yang Sesuai

Menggunakan sabun muka yang tidak sesuai juga dapat memicu timbulnya jerawat di wajah Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih sabun muka yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Apabila kulit Anda memiliki tipe berminyak dan berjerawat, maka sebaiknya Anda menggunakan produk sabun wajah yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat dapat mengangkat kotoran dan debu yang dapat menimbulkan jerawat.

Selain itu, gunakan sabun wajah yang mengandung oil control, karena kulit yang berjerawat biasanya juga ditimbulkan oleh produksi minyak yang berlebih. Kandungan oil control yang ada pada sabun wajah akan menjaga kadar minyak di kulit wajah Anda.

7. Mencuci Muka Secara Rutin

Ini merupakan langkah sederhana tetapi memiliki manfaat yang luar biasa. Seringkali, kulit wajah berjerawat dikarenakan Anda malas untuk mencuci muka. Padahal, mencuci muka secara rutin sangat penting untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di wajah. Selain itu, mencuci muka juga bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebih. Untuk mencegah timbulnya jerawat, Anda harus mencuci muka secara rutin 2 kali sehari.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.