Home / Teknologi / Yuk, Cari Tahu Definisi Teknologi Blockchain dan Manfaatnya Untuk Apa Saja!

Yuk, Cari Tahu Definisi Teknologi Blockchain dan Manfaatnya Untuk Apa Saja!

Definisi Teknologi Blockchain dan Manfaatnya

Definisi Teknologi Blockchain dan Manfaatnya – Tidak dapat kita pungkiri bahwa perkembangan teknologi dewasa ini semakin menunjukkan taringnya. Mulai dari teknologi yang berkaitan dengan alat komunikasi, hingga ke teknologi data base yang digunakan sebagai dasar di internet. Dan salah satu teknologi yang tidak luput dari perbincangan adalah teknologi blockchain.

Baca Juga : Keren, Berikut 6 Teknologi Pertanian Jepang Paling Mutakhir Saat Ini

Mungkin banyak orang akan masih merasa awam dengan istilah blockchain tersebut karena memang hanya orang yang benar-benar tertarik dengan dunia mata uang digital atau teknologi data base internet saja yang mengetahui tentang blockchain ini. Maka dari itulah bagi Anda yang belum mengetahui mengenai teknologi blockchain, berikut ini merupakan ulasan selengkapnya untuk Anda.

Berikut Definisi Teknologi Blockchain!

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa teknologi blockchain ini memang masih sangat awam ditelinga kita semua. Padahal yang tidak kita ketaui, bahwa teknologi ini sangatlah berguna dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita dimasa depan. Inovasi masa depan yang sangat bernilai dan brilian.

Pada masa sebelumnya, segala macam aktivitas kita yang memanfaatkan digital, akan secara otomatis dalam sebuah server atau buku besar yang memakai sistem terpusat atau sistem desentralisasi. Nah, akan tetapi sistem sentralisasi atau terpusat ini lama kelamaan menimbulkan kekhawatiran banyak pihak akan keamanannya yang rapuh.

Dan muncullah teknologi blockchain ini sebagai solusi dari kekhawatiran rapuhnya sistem sistem terpusat tersebut. Sistem blockchain hadir dengan menawarkan terobosan yang menekankan lebih pada tingkat keamanan yang diklaim sangat jauh lebih baik dari pada sistem lama yang tersentralisasi atau terpusat.

Jadi, teknologi blockchain memungkinkan semua pencatatan mengenai segala transaksi atau aktivitas digital kita diletakkan dalam sebuah buku besar atau general ledger yang memiliki enskripsi data yang terbilang sangat kuat dan ditulis dalam blockchain tersebut dengan menggunakan sistem tersebar atau desentralisasi yang akan meningkatkan tingkat keamanan dari data digital yang kita miliki.

Tentu dengan sistem desentralisasi yang diterapkan oleh teknologi blockchain maka segala data digital kita yang telah tertulis di buku besar atau general ledger tersebut hanya bisa dibaca ataupun ditambahkan saja dan sangat sulit untuk dirubah. Karena untuk merubah data tersebut akan memerlukan proses yang sangat rumit dan panjang karena sistem yang ter-desentralisasi itu tadi.

Teknologi blockchain ini diperkenalkan secara umum pada sekitar tahun 2009 oleh sekelompok orang yang menyebut diri mereka dengan sebutan Satoshi Nakamoto yang mana ide mengenai blockchain ini hadir bersamaan dengan ide mata uang digital yang saat ini juga menjadi fenomena luar biasa yaitu adalah Bitcoin.

Apa Manfaat dari Blockchain?

Dengan teknologi blockchain yang menawarkan kebaruan dan inovasi yang sangat brilian, maka dapat dipastikan bahwa teknologi ini memiliki banyak manfaat yang sayangnya banyaknya manfaat ini belum diketahui oleh banyak orang. Banyak yang menganggap bahwa blockchain hanya akan bermanfaat dibidang keuangan digital padahal nyatanya sama sekali tidak.

Memang bidang keuangan digital merupakan bidang pertama yang menggunakan manfaat dari teknologi blockchain ini, namun bukan berarti manfaat dari teknologi ini hanya bisa dirasakan dalam bidang keuangan digital saja.

Seperti contohnya adalah dalam bidang perbankan yang saat ini mulai mengembangkan sistem mereka dengan sistem teknologi blockchain yang dapat dipastikan jika hal ini berhasil maka akan meningkatkan tingkat keamanan dari segala sistem transaksi dan pencatatan yang dilakukan oleh bank yang mana selama ini masih dianggap rawan dari hilangnya atau rapuhnya data transaksi.

Selain dalam bidang keuangan, blockchain juga bermanfaat pada bidang pendidikan dan juga bidang kesehatan. Dalam bidang pendidikan misalnya, sebuah perusahaan yang bergerak pendidikan mulai mengembangkan adanya sistem ijazah yang datanya ditulis atau diletakkan pada jaringan blockchain yang nantinya akan mencegah terjadinya pemalsuan ijasah, kerusakan ijazah, atau kehilangan ijazah.

Baca Juga : 5 Teknologi Medis Terbaru Berhasil Diciptakan Yang Membuat Takjub Siapapun

Sementara itu, pada bidang kesehatan teknologi blockchain juga bisa sangat bermanfaat. Bahkan blockchain ini sudah diterapkan pada bidang kesehatan di beberapa negara di Eropa yang mana akan sangat berguna dalam proses pencatatan atau rekam medis pasien-pasien. Tentu akan sangat mempermudah proses pencatatan dan menurunkan tingkat hilangnya data rekam medis pasien suatu rumah sakit.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.