Senin, 20 September 2021

Fungsi dan Manfaat Sertifikat Vaksin Covid-19 Yang Harus Kamu Ketahui

Fungsi Sertifikat Vaksin Covid-19

Info Menarik – Guna mencegah penyebaran Covid-19, saat ini pemerintah Indonesia mengharuskan vaksinasi terhadap seluruh warga masyarakat. Kemudian sebagai bukti bahwa masyarakat telah melakukan vaksin maka akan memperoleh sertifikat. Bukan hanya itu saja, sertifikat vaksin memiliki fungsi serta manfaat lainnya lagi.

Baca Juga: Cara Cetak dan Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 1 dan 2 Melalui Website PeduliLindungi

Sertifikat vaksin akan kita peroleh dengan lengkap jika kita sudah melakukan vaksin sebanyak dua kali. Kemudian sertifikat vaksin akan kita terima dalam bentuk elektronik (softcopy) bukan cetakan (hardcopy).

Sertifikat vaksin yang pemerintah keluarkan sudah terintegrasi dengan sistem E-HAC (Electronic-Health Alert Card). Hal ini tentu saja sertifikat vaksin tersebut sudah menggunakan versi modern.

Selain sebagai bukti bahwa seseorang sudah vaksinasi, sertifikat vaksin juga berfungsi sebagai syarat wajib untuk melakukan berbagai kegiatan. Salah satu contohnya adalah sebagai syarat ketika kita ingin bepergian jauh.

Berikut Fungsi dan Manfaat Sertifikat Vaksin Covid-19

Ketika Kamu sudah melakukan vaksinasi, segera Kamu download sertifikat di halaman PeduliLindungi. Kemudian sertifikat elektronik tersebut Kamu simpan di memori ponsel. Jika Kamu membutuhkan bentuk cetakan, sertifikat tersebut tinggal Kamu cetak menggunakan printer.

Sertifikat vaksin tersebut akan sangat berguna untuk melakukan kegiatan:

1. Syarat Melakukan Perjalanan

Ketika Kamu akan bepergian jangan sampai lupa untuk membawa sertifikat vaksin baik itu bentuk elektronik atau cetakan. Pasalnya sertifikat ini memiliki fungsi sebagai syarat agar Kamu bisa melakukan perjalanan.

Perjalanan yang Kamu lakukan menggunakan Pesawat, Bus, Kereta Api, dan sebagainya wajib menunjukkan sertifikat vaksin. Perjalanan Kamu akan terhambat jika tidak melampirkan sertifikat vaksin Covid-19.

2. Sebagai Syarat Masuk Mal

Tidak hanya untuk bepergian saja, sertifikat juga memiliki fungsi sebagai syarat utama agar Kamu bisa masuk mal. Hampir seluruh mal di kota besar saat ini sudah menerapkan sistem ini. Untuk itu sebelum pergi ke mal jangan sampai lupa tidak membawa sertifikat.

Jika Kamu belum melakukan vaksinasi karena masalah kesehatan, Kamu wajib menunjukkan Surat Keterangan dari dokter. Jika syarat-syarat ini tidak Kamu penuhi, maka Kamu tidak akan diizinkan untuk masuk mal.

Selanjutnya meskipun Kamu menunjukkan hasil antigen, tetap saja tidak bisa menggantikan sertifikat atau surat keterangan. Pasalnya bukti antigen hanya valid selama batas waktu maksimal 1×24 jam saja. Sedangkan bukti tes PCR hanya berlaku maksimal 2×24 jam.

3. Syarat Untuk Menghadiri Acara Pernikahan

Selama PKKM level 4, pemerintah sangat membatasi kegiatan yang mengundang kerumunan seperti acara pernikahan. Pemerintah hanya memberi izin tamu undangan berjumlah 30 orang saja. Selain itu orang yang menghadiri acar pernikahan semua harus mempunyai sertifikat vaksin Covid-19.

Sebelum acara pernikahan dimulai maka semua yang menghadiri pernikahan sudah memiliki bukti sudah vaksinasi. Selanjutnya untuk penyediaan makanan hanya boleh dalam tempat tertutup saja kemudian harus dibawa pulang.

Aturan pemerintah ini berlaku untuk semua kegiatan yang mengundang kerumunan. Acara yang Kamu laksanakan di gedung pertemuan atau hotel harus sudah memiliki izin dari pemerintah.

4. Syarat Makan di Restoran atau Kafe

Selanjutnya fungsi sertifikat vaksin Covid-19 adalah syarat untuk bisa makan di restoran dan kafe. Jika Kamu belum mempunyai sertifikat maka jangan harap untuk bisa makan di restoran dan kafe.

Kapasitas pengunjung yang Pemerintah izinkan hanya 25% saja dengan batas waktu makan di tempat maksimal sampai 20 menit.

Jadi selama masa PKKM Kamu tidak bisa lagi berlama-lama duduk di restoran dan kafe. Selan itu juga Kamu harus sudah memiliki sertifikat sebagai bukti telah di vaksinasi.

5. Syarat Mengunjungi Salon

Agar Kamu bisa berkunjung ke salon maka Kamu harus sudah memiliki sertifikat vaksin. Meskipun Kamu datang sudah menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, tanpa sertifikat Kamu tidak akan memperoleh izin masuk.

Selanjutnya salon yang Pemerintah bolehkan hanya yang beroperasi di lokasi sendiri bukan menempel di mal.

6. Syarat Bisa Masuk Pasar

Fungsi selanjutnya adalah sertifikat berguna untuk masuk pasar umum. Bukan hanya pembeli saja, penjual di pasar umum harus sudah memiliki sertifikat vaksin. Penjual dan pembeli harus menunjukkan sertifikat sebagai bukti bahwa kita sudah vaksinasi.

Dengan begitu mempunyai sertifikat vaksin itu sangat penting. Aktivitas sehari-hari Kamu menjadi tersendat jika tidak memiliki sertifikat.

Jangan Menggunakan Sertifikat Vaksin Palsu!

Hindari menggunakan sertifikat palsu karena hal ini Kamu akan memperoleh sanksi sesuai dengan ketentuan Pemerintah dalam undang-undang.

Jika penumpang tidak melakukan ketentuan yang sudah Pemerintah tetapkan maka akan memperoleh sanksi yang telah tertuang dalam UU No. 11 Tahun 2008 tentang Undang-Undang ITE.

Selanjutnya jeratan hukum menggunakan sertifikat palsu tidak hanya kepada orang yang akan bepergian saja. Ketentuan ini berlaku juga untuk penggunaan sertifikat dalam kepentingan lainnya.

Menggunakan sertifikat palsu hanya akan memperoleh pidana serta sanksi penjara. Untuk itu silakan Kamu ikuti program Pemerintah ini. Vaksinasi berfungsi untuk mengatasi dan membantu penyebaran virus Covid-19 yang lebih luas lagi. Vaksinasi juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh Kamu hingga mengurangi angka resiko kematian.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Hilang Indra Penciuman Disebabkan Terkena Covid-19

Sebetulnya dengan hanya melakukan vaksinasi saja itu tidak cukup. Selain itu juga harus menjaga kesehatan diri Kamu secara mandiri termasuk selalu menaati aturan protokol kesehatan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.