Home / Pendidikan / Waspadai 7 Hal Penyebab Utama Nilai UTS Kamu Menjadi Turun

Waspadai 7 Hal Penyebab Utama Nilai UTS Kamu Menjadi Turun

Hal Yang Menyebabkan Nilai UTS Turun – UTS atau yang biasa dikenal dengan istilah Ujian Tengah Semester merupakan salah satu penilaian yang dilakukan oleh seorang guru untuk mengukur pencapaian siswa dalam menempuh pendidikan selama setengah semester atau sekitar 3 bulan lamanya. Tentu saja dengan materi yang hanya 1 sampai 3 bab dan disesuaikan dengan mata pelajarannya, ada beberapa hal yang menyebabkan nilai UTS turun.

Ini Dia Beberapa Hal Yang Menyebabkan Nilai UTS Turun

Dalam hal ini, seseorang yang mendapatkan nilai rendah di pertengahan semester tentu saja dikarenakan oleh suatu sebab. Kecenderungan, penyebab ini berasal dari diri sendiri yang bisa dibilang kurang begitu memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru. Lantas, apa saja hal yang menyebabkan nilai UTS turun? Berikut beberapa hal yang melatarbelakangi permasalahan tersebut.

1. Mengabaikan Petunjuk

Dikatakan bahwa hal yang menyebabkan nilai UTS turun salah satunya adalah tidak mengikuti suatu petunjuk. Dalam hal ini, sering kali sebelum ujian dimulai, seorang guru akan memberikan petunjuk untuk kemudian dijadikan pedoman dalam mengisi lembar jawaban. Namun demikian, beberapa siswa mengabaikan dan terlalu buru-buru dalam mengerjakan soal. Tidak mengherankan jika kemudian banyak siswa mengeluhkan nilai UTS yang mengalami penurunan.

2. Terlalu Berfikir Keras

Tidak dipungkiri lagi jika yang namanya ujian siswa dituntut untuk berfikir dengan keras dalam menjawab setiap soal dengan benar. Sayangnya, beberapa siswa didapati terlalu berlebih dalam memikirkan satu butir soal sehingga mengabaikan beberapa butir soal lainnya. Tentu saja hal yang menyebabkan nilai UTS turun semacam ini harus dihindari karena menyebabkan soal-soal yang dirasa mudah justru ditinggalkan.

3. Belajar Bab Yang Salah

Kejadian ini sering kali dialami siswa yang bisa dibilang tidak terlalu memperhatikan apa yang dikatakan oleh guru. Pada umumnya, seorang guru yang akan melaksanakan ujian tengah semester akan memberitahukan beberapa bab yang harus dipelajari oleh siswa. Akan tetapi, tidak semua siswa memperhatikan hal tersebut sehingga hal yang menyebabkan nilai UTS turun semacam ini sudah pasti akan terjadi di kemudian hari.

4. Mengabaikan Jawaban Kosong

Sering kali siswa yang berusaha membuat waktu ujian terkesan sangat efektif akan menjawab pertanyaan yang sangat mudah terlebih dahulu. Selanjutnya, di menit terakhir ketika semua soal yang dianggap mudah telah terselesaikan, mereka akan berusaha dengan keras menjawab pertanyaan yang sulit. Sayangnya, cara ini nampaknya masuk dalam kategori hal yang menyebabkan nilai UTS turun, pasalnya beberapa siswa justru lupa menjawab soal sehingga beberapa nomer kosong.

5. Terlambat Datang Di Kala Ujian

Yang lebih parah terkait dengan hal yang menyebabkan nilai UTS turun adalah datang terlambat. Jika siswa tersebut datang terlambat 5 menit, bisa jadi dia akan bisa mengejar keterlambatan tersebut. Namun, jika siswa tersebut tiba-tiba datang 30 menit setelah ujian dimulai, sudah pasti yang demikian ini akan menyita waktu pengerjaan. Banyak siswa yang nilainya turun karena permasalahan ini. Untuk itu, pastikan datang tepat waktu agar Kamu bisa mengerjakan dengan tenang dan teliti.

6. Strategi Belajar Yang Salah

Banyak siswa yang berharap bisa mendapatkan nilai sempurna dengan mencoba menghafalkan bagian penting dari sebuah buku dengan baik. Akan tetapi, tanpa disadari tindakan ini tidak terlalu bisa membantu untuk mendapatkan nilai bagus pada UTS. Dengan kata lain, kaitannya hal yang menyebabkan nilai UTS turun, hafalan pasif semacam ini justru tidak terlalu efektif dan membantu dalam menjawab soal. Akan lebih baik jika pemahaman didapatkan dari guru yang menerangkan di papan tulis.

7. Tentukan Nilai Yang Ingin Dicapai

Setiap siswa pastinya memiliki goal dalam mengerjakan ujian. Berkaitan dengan hal yang menyebabkan nilai UTS turun, banyak anak yang hanya akan mengikuti ujian tanpa adanya goal atau nilai yang ingin dicapai. Tentu saja yang demikian ini tidak memberikan dorongan kepada diri sendiri untuk bisa mendapatkan nilai terbaik. Akan lebih baik jika Kamu mencoba untuk menetapkan tujuan besarnya nilai yang dicapai. Dengan cara ini, maka di setiap ujian Kamu akan terpacu.

Baca Juga : 8 Cara Menjawab Ujian Dengan Efektif ~ Strategi Jitu Menjawab Soal Ujian

Banyak hal yang menyebabkan nilai UTS turun yang tidak disadari oleh siswa. Dalam hal ini, kecenderungan mereka mengabaikan sehingga menyebabkan permasalahan tersendiri selama mengerjakan ujian hingga berakhir dengan didapatkannya nilai yang kurang memuaskan. Oleh sebab itu, bagi Kamu yang ingin mendapatkan nilai bagus, pastikan Kamu tidak mengabaikan beberapa hal yang tersebut di atas.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.