Home / Teknologi / Inovasi Sumber Energi Ramah Lingkungan Layak Dicoba: Teknologi Panel Surya

Inovasi Sumber Energi Ramah Lingkungan Layak Dicoba: Teknologi Panel Surya

Inovasi Sumber Energi Ramah Lingkungan – Sumber energi memang menjadi suatu hal yang penting untuk selalu dipikirkan dan dipecahkan masalahnya dalam kehidupan kita. Tidak hanya bagi Indonesia khususnya, akan tetapi untuk seluruh dunia. Kebutuhan energi yang semakin meningkat sementara sumber energi yang ada memiliki sifat terbatas membuat kita harus mencari alternatif lain. Dan bentuk dari inovasi sumber energi terbarukan itu adalah melalui teknologi panel surya.

Apa itu Teknologi Panel Surya?

Matahari menjadi salah satu sumber energi yang tidak terbatas dan selalu tersedia dalam kehidupan kita. Sinar matahari yang secara konstan menerangi dan menyinari kita dapat menjadi suatu sumber energi yang bisa kita manfaatkan secara masif untuk memenuhi kesenjangan sumber energi bagi kehidupan kita. Caranya adalah dengan melalui teknologi panel surya.

Baca Juga : Ini Adalah Fakta : Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Bagi Kehidupan Manusia

Teknologi panel surya sendiri sebenarnya bukan merupakan sebuah hal baru dalam bidang inovasi teknologi. Yang mana teknologi ini sudah dikembangkan sejak tahun 1980-an bahkan jauh sebelum masalah mengenai krisis sumber energi ini mencuat menjadi masalah yang bersifat gllobal.

Pada awal pengembangannya, negara yang mengembangkan teknologi panel surya tersebut adalah Jepang. Jepang mencoba untuk mengembangkan teknologi tersebut sebagai salah satu bentuk inovasi yang bisa dijadikan sebagai bentuk sumber energi alternatif bagi masyarakat dan juga ramah lingkungan.

Teknologi panel surya merupakan sebuah alat yang pada dasarnya adalah sebuah pembangkit listrik ang dapat merubah bentuk atau mengkonversikan sinar matahari menjadi suatu energi listrik atau aliran listrik. Di dalam panel surya tersebut terdapat juga sebuah kawat yang terikat pada sebuah sirkuit pusat di dalam panel surya tersebut.

Ketika panel surya menangkap sinar matahari dan sinar tersebut mengenai semikonduktor yang ada pada panel surya tersebut maka secara otomatis sinar yang telah tertangkap tersebut akan dikonversikan menjadi bentuk energi listrik yang ramah lingkungan serta bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Semakin banyak sinar matahari yang dapat ditangkap oleh panel surya, maka akan semakin banyak pula jumlah energi yang dihasilkan oleh teknologi panel surya tersebut. Indonesia sebagai negara yang memiliki iklim tropis serta disinari oleh matahari sepanjang tahun, sebenarnya memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan panel surya ini karena sumber sinar matahari yang bisa didapat dengan sangat mudah.

Akan tetapi memang kendala yang dihadapi dalam pengembangan teknologi panel surya ini terletak pada biaya yang tidak murah. Bahkan cenderung mahal jika dibandingkan dengan bentuk sumber energi lainnya. Untuk itulah di Indonesia masih belum banyak yang menggunakannya sebagai sumber energi utama bagi kehidupan mereka.

Walaupun begitu, dibeberapa daerah seperti Bali sudah banyak rumah dan warga yang menggunakan teknologi ini sebagai bentuk keperdulian mereka terhadap teknologi yang ramah lingkungan. Mereka akan meletakkan panel surya tersebut di bagian atap atau balkon rumah mereka agar bisa mendapatkan penyinaran matahari yang optimal.

Pemerintah sendiri sebenarnya sudah mengarahkan masyarakat untuk menggunakan teknologi ini, akan tetapi memang terkendala masalah biaya produksi yang mahal dari panel surya tersebut.

Apa Saja Kelebihan Teknologi Panel Surya?

Kelebihan dari teknologi panel surya sendiri terbilang cukup banyak selain dari sifatnya yang sangat ramah lingkungan. Kelebihan tersebut terletak pada fleksibilitasnya untuk digunakan dan dioperasikan dimanapun asalkan terdapat paparan sinar matahari yang cukup sehinga bisa membuatnya berfungsi secara maksimal.

Fleksibilitas itulah yang membuatnya sangat mudah untuk digunakan. Dan tidak memerlukan banyak komponen tambahan sebagai penopang dari teknologi tersebut. Kunci dari penggunaan panel surya ini memang terletak pada paparan sinar matahari yang mengenainya. Karena semakin banyak sinar matahari yang ia tangkap, maka juga semakin besar pula jumlah energi listrik yang bisa dihasilkan oleh panel surya ini.

Baca Juga : Seperti Apakah Teknologi Rumah Masa Depan? Berikut Sedikit Gambarannya

Dengan hal itulah teknologi panel surya sangat berpotensi menjadi suatu teknologi masa depan yang bisa memecahkan masalah mengenai terbatasnya sumber energi yang ada dan menjadi sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan. Namun, hanya saja memang perlu dicari lebih lanjut mengenai pemecahan masalah dari biaya produksi dari panel surya ini yang memang tergolong mahal.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.