Manfaat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Apabila Berhasil Diterapkan Di Indonesia

Manfaat Pendidikan Profesi Guru (PPG) – Dalam pendidikan Indonesia masih sering kali dijumpai praktik pendidikan yang belum sesuai dengan ketentuan pendidikan seharusnya. Misalnya, masih terdapat banyak guru yang belum profesional dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya. Kualitas pendidikan di Indonesia pun masih rendah dikarenakan kurangnya profesionalitas guru tadi. Tapi, itu semua bukan kesalahan sepenuhnya dari seorang guru, melainkan terdapat juga berbagai elemen yang mempengaruhinya.

Baca Juga : Perbandingan Gaji Guru PNS Tertinggi Indonesia Dengan Gaji Guru Di ASEAN

Setidaknya jika profesionalisme guru ditingkatkan, paling tidak akan menaikkan kualitas pendidikan di Indonesia juga. Oleh karenanya, sesuai dengan UU No. 14 tahun 2005 bahwa prospek profesi guru adalah professional, terlindungi dan sejahtera. Telah diatur juga dalam UU Guru yang berisi perlindungan hukum, termasuk perlindungan profesi, kesejahteraan, jaminan sosial, hak dan kewajiban.

Supaya peran guru professional bisa terwujud, maka perlu diwujudkan juga peran LPTK dan peran pemerintah yang akan saling berkesinambungan.  Maka dibentuklah program Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang secara efektif memberikan bimbingan kepada guru-guru Indonesia untuk lebih profesional sebagai tindakan nyata peran dari berbagai pihak tadi yang dilaksanakan oleh LPTK. Berikut beberapa manfaat PPG apabila berhasil diterapkan.

Manfaat Pendidikan Profesi Guru (PPG) Apabila Berhasil Diterapkan

1. Bagi Guru

Seorang guru akan mendapatkan berbagai pengalaman mengenai berfikir dan bekerja secara disiplin sehingga bisa memahami keterkaitan ilmu-ilmu saat terjadi suatu permasalahan pendidikan di lingkungan sekolah. Memberikan penguatan guru dalam menalar suatu pemecahan masalah pendidikan di lingkungan sekolah. Manfaat PPG yang berhasil diterapkan akan menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, penindaklanjutan dari hasil penilaian, melakukan pembimbingan, pelatihan peserta didik, penelitian serta mampu mengembangkan profesionalitas secara berkala dan berkelanjutan.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.