Home / Teknologi / Mengenal Teknologi Panel Surya, Sumber Energi Terbarukan Kelebihan & Kekurangnnya

Mengenal Teknologi Panel Surya, Sumber Energi Terbarukan Kelebihan & Kekurangnnya

Mengenal Teknologi Panel Surya – Masalah sumber energi memang menjadi suatu hal yang sangat krusial. Tidak hanya di Indonesia saja akan tetapi juga diseluruh dunia. Kebutuhan akan energi yang semakin meningkat setiap harinya sementara sumber energi yang terbatas mau tidak mau membuat manusia menjadi aleternatif yang bisa mereka gunakan sebagai sumber energi. Dan salah satunya adalah dengan teknologi panel surya.

Baca Juga : Manfaat Sinar Matahari Untuk Mencegah Penyakit Jantung Koroner, Wajib Tahu!

Teknologi panel surya memang bukan merupakan hal baru. Akan tetapi penerapan dari teknologi ini masih dirasa sangat kurang di berbagai negara. Padahal jika teknologi ini diterapkan maka akan banyak sekali keunggulan yang didapatkan dari pada sumber energi lainnya. Dan berikut ini merupakan informasi selengkapnya untuk Anda.

Mengenal Teknologi Panel Surya

Didalam hidupnya, manusia memiliki berbagai macam sumber energi dari alam yang sebenarnya bisa digunakan bagi kehidupannya. Termasuk matahari. Sinar matahari yang secara konstan bisa kita nikmati bisa menjadi sumber energi yang dimanfaatkan akan tetapi pemanfaatan dari sinar matahari ini belum terlalu maksimal. Untuk itulah perlu adanya pemanfaatan sinar matahari yang nantinya akan menjadi tugas dari teknologi panel surya.

Matahari sebagai sumber energi terbesar di bumi memang bisa menjadi suatu sumber energi yang memang bisa dimanfaatkan bagi seluruh umat manusia. Indonesia sendiri yang merupakan negara tropis dan memang terletak di kawasan garis khatulistiwa memiliki potensi yang sangat besar mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun. Inilah yang dibutuhkan oleh teknologi panel surya.

Teknologi panel surya atau juga yang disebut sebagai solar panel, merupakan sebuah alat atau pembangkit listrik yang bisa mengkonversi sinar matahari menjadi energi listrik. Teknologi ini menjadi sebuah wujud nyata usaha manusia untuk mencari alternatif energi terbarukan yang memanfaatkan alam.

Teknologi panel surya ini dianggap sebagai teknologi masa depan karena sifatnya yang sanagt ramah lingkungan dan juga sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Semakin banyalnya sinar matahari yang diserap oleh panel surya ini maka akan semakin banyak pula energi listrik yang akan dihasilkan.

Didalam teknologi panel surya tersebut terdapat sebuah kawat yang diikatkan ke sirkuit pusat dan ketika sinar cahaya yang ditangkap oleh panell surya tersebut mengenai semikonduktor yang ada maka sinar cahayq tersebut akan secara otomatis terubah menjadi sebuah energi listrik yang ramah lingkungan.

Teknologi panel surya ini sebenarnya bukan hal baru dalam bidang teknologi, buktinya adalah negara Jepang yang ternyata sejak tahun 1980-an sudah mencoba mengembangkan teknologi ini sebagai suatu bentuk energi alternatif yang terbarukan dan sangat ramah lingkungan.

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan panel surya bukannya tidak ada sama sekali. Dibeberapa daerah seperti Bali misalnya, sudah banyak ditemui rumah yang menggunakan panel surya sebagai sumber energi listrik  utama bagi rumah mereka. Kesadaran masyarakat Indonesia akan terbatasnya sumber energi juga sudah mulai masuk dalam tahapan yang cukup tinggi.

Kelebihan Panel Surya dan Kekurangannya

Dengan sifatnya yang sangat ramah lingkungan, teknologi panel surya ini juga memiliki banyak manfaat yang bisa digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini disebabkan panel surya yang memiliki sifat fleksibel dan bisa diletakkan dimanapun membuatnya mudah digunakan pada berbagai macam komponen benda yang sering kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kelebihan inilah yang menjadikan teknologi panel surya semakin berpotensi menjadi teknologi masa depan yang akan sangat berguna bagi kehidupan kita dimasa depan. Penerapan teknologi ini seperti contohnya digunakan pada kendaraan dengan tenaga panel surya, seperti motor ataupun mobil. Kemudian jaket dengan tenaga panel surya, drone dengan tenaga panel surya, dan juga yang terpenting adalah PLTS atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya.

Di Indonesia sendiri kegunaan panel surya juga sudah merambah di berbagai bidang. Namun, ada satu kekurangan dari teknologi ini yaitu adalah biaya penerapannya yang cukup mahal jika dibandingkan dengan sumber energi lainnya.

Baca Juga : 7 Teknologi Masa Depan Yang Perlu Anda Ketahui Sebagai Ilmu Pengetahuan

Jika dibandingkan dengan batu bara misalnya, Pembangkit Listrik Tenaga Surya akan membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal dibandingkan Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang diproduksi oleh batu bara, dan mungkin memang karena alasan inilah penerapan tenaga surya di Indonesia masih belum dilakukan secara masif.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.