Olahraga Di Rumah Yang Efektif Untuk Menjaga Kesehatan Ketika Wabah Corona Menyebar

Olahraga Di Rumah Yang Efektif

Info Menarik – Kita semua tahu bahwa tidak mudah untuk bisa mengatasi wabah virus Corona saat ini. Virus yang bermula dari negeri tirai bambu China sangat berdampak pada kesehatan ini ternyata mampu menyebar secara global.

Wabah virus ini memang cukup cepat menyebar di tengah aktivitas masyarakat modern. Bahkan, dengan cepat virus ini sehingga merepotkan negara-negara maju di ujung dunia, yakni Amerika Serikat dan Italia.

Baca Juga : Berikut Adalah Olahraga Yang Paling Baik Ketika Anda Sedang Diet Sehat

Rumah sakit dan pelayanan kesehatan penuh sesak. Ditambah lagi, banyak petugas medis yang ikut terjangkit virus Corona. Coba kita bayangkan bagaimana jika ini terjadi di negara tumpah darah kita ini.

Amerika Serikat sebagai negara superpower dengan kecanggihan teknologi kesulitan. Dan lagi, Italia yang memiliki fasilitas kesehatan terbaik di Eropa sampai melakukan lockdown. Pertanyaannya, bagaimana sikap kita untuk mencegah agar kesehatan kita terjaga dari wabah Corona. Karena kita tahu betapa sedikit fasilitas jumlah layanan kesehatan di negara berkembang.

Terlepas dari berbagai dampak wabah Corona yang begitu luas, Kita hanya dapat berusaha dan mencegah wabah Corona mulai dari diri sendiri di lingkungan sekitar. Di antara upaya Kita untuk menjaga kesehatan, Kita dapat melakukan olahraga di rumah untuk menjaga kesehatan kita.

Sebagai warga negara yang baik tentu kita harus tetap produktif di rumah ketika wabah Corona. Berikut ini adalah 10 olahraga di rumah untuk menjaga kesehatan di saat Wabah Corona melanda yang efektif untuk menjaga kesehatan

Berikut Olahraga Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Ketika Wabah Corona Menyebar

1. Catur

Mungkin sebagian orang mengira bahwa olahraga catur terkesan biasa-biasa saja karena hanya mengandalkan penalaran. Dibalik itu semua, olahraga catur memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan kinerja otak.

Di dalam permainan catur, Kita didorong untuk mencari strategi dan taktik yang terencana yang secara spontan menuntut untuk merubah taktik ketika taktik sebelumnya tidak tepat. Di sinilah, olahraga catur dapat meningkatkan kreatifitas dalam memecahkan permasalahan.

Tidak jarang bagi para pemain olahraga catur merasa penat ketika untuk menemukan strategi-strategi baru yang tepat. Jadi, sangat wajar jika Kita ditemani secangkir kopi hangat. Jika di negara kita, biasanya kopi kapal api menjadi kopi favorit untuk mendapatkan inspirasi baru. Selain itu buat pemain catur yang menyukai kopi dalam kondisi hangat atau dingin maka bisa mencoba nescafe gold blend, cocok sekali untuk menemani bermain catur. Setiap pembelian nescafe gold 100g kita bisa mendapatkan mug cantik berwarna merah dari nescafe.

Berdasarkan riset epidemiologi bahwa kopi bermanfaat mencegah penyakit kronis, yakni parkinson, diabetes mellitus tipe 2, dan penyakit hati (karsinoma hepatoselular dan sirosis) yang dilakukan oleh Linus Pauling Institute, Oregon State University (Jane V. Higdon & Balz Frei, 2007).

Untuk lebih jelas terkait manfaat olahraga catur untuk menjaga kesehatan, terutama kesehatan kinerja otak, mari kita simak lebih detail manfaat olahraga catur:

a. Menyegarkan Ingatan

Olahraga catur identik dengan aktifitas mengingat setiap langkah-langkah dalam permainan. Posisi pion, kuda, dan sebagainya menjadi perhatian utama dalam menentukan taktik bermain. Secara tidak langsung, aktifitas ini dapat merangsang daya ingat kita dalam menempatkan suatu objek dalam aktifitas lainnya.

b. Mempertajam Memori

Ketika kita telah setiap gerak dan langkah kita dalam olahraga catur, secara tidak sadar kita selalu mengingat taktik dan resiko pergerakan lawan. Selain itu, kita dapat mengingat hal-hal yang boleh dan tidak dalamm strategi yang kita tentukan. Di sinilah memori kita semakin tajam setelah bermain olahraga catur di rumah.

c. Melatih Cara Berpikir

Logika sangat berkaitan erat dengan cara kita mengidentifikasi, menganalisa, mendiagnosa, dan menetapkan solusi yang tepat. Tanpa kita sadari, aktifitas logika selalu digunakan dalam olahraga catur. Jangan heran jika logika kita mulai terlatih saat kita bermain olahraga catur dan menjadi pilihan olahraga di rumah untuk menjaga kesehatan..

d. Memperkuat Konsentrasi

Jangan lengah adalah kunci dalam olahraga catur. Kita tentu sudah tahu jika kita lengah saat menghadapi strategi lawan karena kita akan kalah. Para pemain catur juga membutuhkan konsentrasi di setiap langkah. Secara perlahan, daya konsentrasi kita akan terlatih ketika bermain.

e. Melatih Kinerja Kedua Belah Otak

Semisal kita pernah belajar mengenai fungsi otak, maka kita akan mengetahui bahwa otak kanan berperan dalam kreatifitas. Sedangkan otak kiri, berfungsi pada setiap aktifitas berkaitan dengan logika. Beruntung bagi kita karena olahraga catur telah mencakup aktifitas otak kanan dan aktifitas otak kiri.

f. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit yang berkaitan dengan penurunan kinerja otak dan daya ingat. Secara perlahan, penyakit ini menyebabkan seorang kesulitan dalam mengingat. Meskipun banyak faktor yang memicu penyakit ini, pola hidup sehat dapat mencegahnya.

Aktifitas dalam olahraga catur secara alami melatih kinerja otak. Oleh karena itu, ketika kita melakukan olahraga di rumah dengan bermain catur maka kita sudah berupa untuk menjaga kesehatan.

Baca Juga : Apa Saja Dampak Positif dan Negatif Jika Tidak Membiasakan Pola Hidup Sehat?

2. Sit Up

Olahraga sit up sudah sangat popular bagi Kita. Olahraga ini sangat sederhana dan murah, namun manfaatnya sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Oleh karena itu, olahraga ini menjadi rekomendasi Kita melakuakan olaraga di rumah untuk menjaga kesehatan ketika wabah Corona memaksa kita harus di rumah saja.

Jadi, apa saja manfaat yang akan kita dapatkan setelah melakukan olahraga sit up. Mari Kita bahas dengan jelas.

a. Melatih Keseimbangan Tubuh

Otot perut selalu menjadi kekuatan utama untuk olahraga sit up. Karena ketika Kita mengangkat tubuh bagian atas, maka secara langsung bagian bawah tubuh kita menahan dengan adanya kontraksi otot perut. Dengan melakukan gerakan sit up, Kita dituntut untuk menjaga keseimbangan tubuh agar Kita mampu melakukan gerakan berulangkali.

b. Melatih Kestabilan Gerakan

Olahraga sit up berguna untuk melatih Kita untuk menjaga kesembangan gerakan saat melakukannya. Ketika terburu-buru melakukan gerakan, maka Kita akan cepat lelah. Namun, ketika melakukan dengan irama gerakan teratur dan tenang, Kita mampu merasakan manfaat kestabilan gerakan olahraga ini.

c. Menjaga Bentuk Tubuh

Banyak orang mendambakan tubuh ideal. Salah satu hal yang didambakan, terutama kaum Adam, adalah perut sixpack. Tentu saja, sit up menjadi alternatif yang tepat dan efisien untuk mewujudkannya.

d. Menjaga Metabolisme

Seiring dengan gerakan sit up, maka oksigen dalam darah meningkat sehingga meningkatkan aktifitas otak. Oleh karena itu, tubuh kita menjadi semakin bugar setelah kita rutin melakukannya.

e. Menguatkan Otot Tubuh

Olahraga sit up yang menuntut kinerja aktifitas otot secara langsung menyebabkan otot-otot tubuh kita bekerja. Seiring dengan banyaknya waktu yang kita luangkan untuk olahraga sit up, maka semakin otot-otot kita menguat dan kekar.

f. Melancarkan Aliran Darah

Setiap olahraga selalu memacu detak jatung untuk memompa, Begitu juga ketika Kita melakukan olahraga sit up. Detak jatung kita juga terpacu untuk memompa sehingga peradaran darah menjadi lebih lancar.

Baca Juga : Tujuan dan Manfaat Pola Hidup Sehat Bagi Tubuh yang Dibiasakan Tiap Hari

Akhirnya, Kita menemukan olahraga yang tepat untuk kebutuhan otak dan tubuh kita sehingga dapat menjaga kesehatan kita ketika di rumah ketika Wabah Corona yang belum mereda. Semoga Kita tetap sehat dan produktif di rumah.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. pas banget sambil maen laptop olahraga dirumah jadi makin mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.