Home / Pendidikan / 3 Hal Penting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Menjalankan ARD Madrasah

3 Hal Penting Yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Menjalankan ARD Madrasah

Menjalankan ARD Madrasah 1

Info Menarik – Untuk Madrasah yang berada di wilayah Cianjur, Tahun Pelajaran 2019-2020 Semester Ganjil sistem penilaian siswa harus menggunakan Aplikasi Rapor Digital (ARD). ARD Madrasah berlaku untuk semua jenjang pendidikan Madrasah seperti Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA).

Baca Juga : Cara Menjalankan Aplikasi Rapor Digital Versi Offline Tahun 2019 Di Komputer

ARD Madrasah adalah aplikasi berbasis virtual untuk penilaian hasil belajar siswa. Aplikasi penilaian ini diberlakukan bagi semua jenjang Madrasah atau Sekolah dibawah naungan Kementerian Agama (Kemenag). Mulai dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA) baik negeri atau swasta harus menggunakan ARD dalam pengelolaan nilai hasil belajar siswa.

ARD Madrasah dapat digunakan oleh setiap Madrasah tanpa harus terhubung ke internet. Karena berbasis virtual, aplikasi dapat dioperasikan secara offline. Adapun spesifikasi komputer yang diperlukan adalah minimal Processor Dual Core dengan RAM 2GB.

Sebelum Menjalankan ARD Madrasah, Lakukan 3 Hal Penting Ini!

Setiap Proktor atau Operator Madrasah agar ARD bisa berjalan secara normal, sebaiknya lakukan dulu 3 hal penting berikut. Sebelum melakukan 3 hal ini, umumnya ARD tidak bisa dijalankan secara maksimal.

1. Nonaktifkan Antivirus

Menjalankan ARD Madrasah 2

Sebelum menjalankan ARD, hal pertama yang harus dilakukan adalah menonaktifkan Antivirus. Antivirus apapun yang terpasang di komputer Kamu harus dinonaktifkan terlebih dahulu. Pasalnya aplikasi ini terkadang suka kedeteksi virus oleh Antivirus, padahal sebenarnya bukan virus. Oleh karena itu Kamu tidak usah khawatir komputer akan bermasalah setelah menonaktifkan Antivirus!

Jika Kamu sudah selesai menjalankan ARD, silakan aktifkan kembali Antivirus. Dan nanti jika ingin menggunakan ARD lagi, nonaktifkan kembali Antivirusnya. Begitu seterusnya …

Untuk menonaktifkan Antivirus caranya berbeda-beda. Hal ini tergantung Antivirus yang Kamu pasang di komputer. Oleh karena itu, disini saya tidak perlu menjelaskan secara rinci langkah-langkah menonaktifkan Antivirus.

2. Nonaktifkan Firewall

Selanjutnya Kamu juga perlu menonaktifkan Firewall Windows sebelum menjalankan ARD Madrasah. Untuk menonaktifkan Firewall, caranya dari Control Panel silakan ketik “Firewall” dalam kolom pencarian.

Silakan nonaktifkan Private network settings dan Public network settings.

3. Settings Enabled pada Virtualization

Karena ARD Madrasah berbasis virtual, maka pengaturan virtual di komputer Kamu harus diaktifkan. Jika ini tidak diaktifkan, maka ARD tidak akan bisa dijalankan. Untuk mengaktifkan virtual di komputer, Kamu harus masuk ke BIOS komputer.

Cara masuk ke BIOS komputer, ketika komputer dinyalakan silakan Kamu tekan Delete atau F2 pada keyboard. Hal ini tergantung dari komputer atau laptop yang Kamu gunakan.

Jika komputer Kamu sedang nyala, silakan Restart dulu untuk masuk BIOS. Ketika komputer atau laptop pertama nyala. Biasanya ketika komputer atau laptop nyala akan terdengar bunyi bip. Nah pada saat itu tekan Delete atau F2 pada keyboard hingga layar komputer masuk ke tampilan BIOS. Terkadang laptop tertentu untuk masuk BIOS sambil menekan F2 harus menekan juga tombol Fn.

Jika kesulitan masuk BIOS, silakan Kamu cari di Google dengan kata kunci Merk dan Tipe komputer atau laptop yang Kamu gunakan!

Setelah berhasil masuk ke BIOS, cari Virtualization dan setting menjadi Enabled. Gambar diatas saya menggunakan komputer Gigabyte dengan tampilan BIOS versi baru.

Terkadang jika Virtualization komputer atau laptop belum diaktifkan, pada aplikasi VirtualBox tidak akan tampil pengaturan untuk system 64bit. Sedangkan ARD Madrasah baru bisa dijalankan pada Operasi Windows 64bit.

Ok, jika ketiga pengaturan diatas sudah Kamu lakukan maka sekarang ARD Madrasah bisa Kamu jalankan secara maksimal.

Mungkin hanya itu saja pembahasan kali ini dan semoga ada manfaatnya. Jika ada kesulitan, silakan sampaikan pada kolom komentar dibawah!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.