Komputer Anda Lelet Kinerjanya? Lakukan 5 Tips Berikut Agar Kinerja Komputer Meningkat

5 Tips Agar Kinerja Komputer Meningkat – Kinerja komputer menurun bukan berarti spesifikasi komputer rendah. Walaupun spesifikasi komputer termasuk alasan bahwa penyebab kinerja komputer lambat, namun bukan hanya itu saja alasannya. Ada penyebab lainnya yang bisa menimbulkan kinerja komputer melambat. Bahkan spesifikasi komputer tinggi-pun jika dalam penggunaannya salah kaprah bisa menyebabkan kinerjanya menurun. Dan tentunya percuma saja mempunyai komputer atau laptop yang spesifikasinya tingkat tinggi tapi kinerjanya tidak sesuai dengan spesifikasi tersebut. Untuk itu coba lakukan beberapa trik dan tips yang akan saya bahas disini yang bisa menyebabkan kinerja komputer Anda lebih kencang lagi.

Baca Juga : Cara Mempercepat Kinerja Komputer Paling Mujarab

Mempunyai komputer yang kinerjanya cepat tentunya akan sangat membantu dalam penyelesaian tugas komputer. Kita bisa lebih menghemat waktu yang ada dan tentunya tidak akan terlalu menghabiskan beban tagihan listrik. Sebelum Anda memutuskan dan mempunyai anggapan bahwa komputernya yang rusak, sebaiknya simak dulu artikel cara agar kinerja komputer meningkat ini sampai selesai.

5 Tips Agar Kinerja Komputer Meningkat (1)

Komputer spesifikasi rendah jika kita gunakan dengan tepat maka kinerjanya akan maksimal. Lalu bagaimana cara memastikan bahwa penggunaan komputer sudah benar atau belum?

Berikut 5 Cara Agar Kinerja Komputer Meningkat Walaupun Spesifikasi Komputer Rendah

1. Pastikan Selalu Menggunakan Software Yang Update

Alasan pertama kenapa kinerja komputer kita bisa menurun adalah karena komputer telah menggunakan software usang (off out date). Sebaiknya Anda selalu mengupdate software yang telah diintruksikan pihak developernya. Sebagai contoh software yang harus selalu diupdate adalah Anti Virus. Waktu update setiap Anti Virus selalu berbeda-beda, ada yang seminggu sekali, sebulan sekali, bahkan ada yang setiap hari. Kenali dan pelajari waktu update Anti Virus yang Anda gunakan. Anti Virus yang sudah kadaluarsa masa berlakunya maka tidak akan efektif lagi dalam menjaga komputer dari serangan virus. Sedangkan jika komputer sudah terkena virus maka tentunya bisa menyebabkan kinerja komputer menurun.

Apalagi jika komputer Anda tidak dipasang Anti Virus, maka sangat beresiko mudahnya terinfeksi virus. Sebagai pilihan Anda bisa menggunakan Anti Virus gratis seperti AVG, Avira, atau Microsoft Security Essentials.

Contoh lain software yang meski diupdate adalah driver-driver. Gunakan driver komputer terbaru agar kinerja komputer Anda meningkat. Sedangkan untuk sistem operasi seperti Windows Anda sesuaikan dengan spesifikasi komputer saja. Pelajari apakah spesifikasi komputer Anda sudah mendukung OS Windows 7, Windows 8, atau Windows 10 belum. Jika ketiga OS tersebut tidak mendukung apa salahnya menggunakan OS Windows XP saja, jangan memaksakan kehendak.

2. Pasang Aplikasi CCleaner

5 Tips Agar Kinerja Komputer Meningkat (2)

Apa itu apliaksi CCleaner? CCleaner adalah software gratis yang fungsinya untuk membersihkan file history komputer hingga membersihkan file regsitry. CCleaner juga bisa kita gunakan untuk membersihkan cache saat kita berselancar di internet. Semua file-file sampah tidak penting secara otomatis akan dibersihkan oleh aplikasi CCleaner. File tidak berguna selain akan menyesakkan space hardisk dan juga bisa menyebabkan kinerja komputer kurang optimal.

Aplikasi CCleaner mempunyai ukuran yang sangat kecil sehingga memungkinkan tidak akan menghabiskan resource komputer Anda. Tampilan yang sederhana sehingga aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Aplikasi CCleaner mempunyai 4 menu utama untuk meningkatkan kinerja komputer, yaitu : Cleaner, Registry, Tools, dan Options.

Selain versi gratis, aplikasi CCleaner juga tersedia yang berbayar (pro). Ada dua jenis aplikasi CCleaner pro, yaitu : CCleaner Profesional dan CCleaner Profesional Plus. Untuk CCleaner Profesional kita cukup mengeluarkan budget $24.95 sedangkan untuk CCleaner Profesional Plus dibandrol seharga $39.95. Lebih jelasnya lagi Anda bisa langsung melihatnya sendiri di situs resmi aplikasi CCleaner.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.