Sabtu, 24 September 2022

Cara Kompres File Sekecil Mungkin Menggunakan Aplikasi WinRAR di Komputer

Cara Kompres File Sekecil Mungkin 01

Info Menarik – Untuk menghemat ruang penyimpanan di komputer, maka kita meski membuat ukuran file menjadi sekecil mungkin. Yang saya maksud disini adalah mengarsipkan atau kompres file menjadi format rar atau zip. Karena dengan kompres file menjadi sekecil mungkin merupakan satu-satunya cara efektif agar ruang penyimpanan komputer tidak cepat penuh. Bagi yang belum tahu caranya, pada artikel ini saya akan membahas cara kompres file agar menjadi sekecil mungkin.

Baca Juga: Cara Membersihkan Drive C yang Penuh di Windows 10 Agar Komputer Ngebut

Ketika kita memiliki file yang jarang kita gunakan namun masih diperlukan maka sebaiknya kita kompres. Karena dengan melakukan kompres maka ukurannya akan berubah menjadi lebih kecil. Meskipun telah kita kompres, namun ketika kita perlukan masih bisa dapat kita gunakan.

Sebetulnya kompres file itu bukan hanya untuk menghemat ruang penyimpanan di komputer, namun banyak sekali keuntungan dari mengarsipkan file menjadi format zip atau rar. Kegunaan lainnya adalah ketika kita ingin kirim file lewat email agar bisa menghemat kuota internet ketika upload dan download, silakan Kamu kompres dulu menjadi format zip atau rar.

Cara Kompres File Menjadi Sekecil Mungkin Untuk Menghemat Space PC

1. Download dan Instal Aplikasi

Saat ini banyak sekali aplikasi yang khusus untuk pengarsipan file, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Namun pada artikel ini saya tidak akan membahas semua aplikasi tersebut. Pada artikel ini saya hanya akan merekomendasikan aplikasi dari WinRAR.

Aplikasi WinRAR sudah banyak digunakan pengguna komputer dan termasuk aplikasi wajib instal. Banyak kelebihan dari aplikasi WinRAR. Silakan Kamu download aplikasi dari situs resmi WinRAR. Kemudian selesai download, silakan Kamu instal di komputer.

2. Lakukan Kompres File dengan WinRAR

Selesai download dan instal WinRAR di komputer, sekarang saatnya mengkompres file-file agar kapasitas fileRAR menjadi sekecil mungkin.

Kamu kumpulkan file-file yang akan Kamu kompres. Silakan buka file Explorer komputer untuk mengetahui semua file yang tersimpan di komputer. Jadi agar memudahkan ketika Kamu suatu saat memerlukan file silakan Kamu kumpulkan ke dalam satu folder.

Sebagai contoh, disini saya mempunyai folder yang bernama Kompres memiliki kapasitas sebelum di kompres 332 MB.

Cara Kompres File Sekecil Mungkin 02

Setelah file-file Kamu kumpulkan dalam satu folder, untuk kompres folder tersebut caranya sangat mudah. Kamu tinggal klik kanan pada folder kemudian klik pilih Add to Archive.

Cara Kompres File Sekecil Mungkin 03

Dan setelah saya kompres, ukuran folder tersebut menjadi 163 MB. Luar biasa bukan?

Cara Kompres File Sekecil Mungkin 04

3. Pengaturan WinRAR Agar Menghasilkan File Sekecil Mungkin

Sebelum Kamu melakukan kompres, pada tab General silakan lakukan pengaturan seperti gambar berikut:

Cara Kompres File Sekecil Mungkin 05

Keterangan:

  1. Archive name = Tentukan nama arsip hasil kompres nanti. Secara default akan mengikuti nama folder yang sudah kita tentukan;
  2. Archive format = Pilih file format yang Kamu inginkan. File format yang tersedia adalah format RAR, RAR4, dan ZIP;
  3. Compression method = Pada opsi ini agar menghasilkan file sekecil mungkin, silakan Kamu pilih Best;
  4. Archiving options = Silakan Kamu centang pada Create solid archive;
  5. Ok = Jika semua pengaturan di atas sudah Kamu tentukan, silakan klik tombol Ok.

Tunggu beberapa saat hingga proses kompres selesai dengan sempurna. Proses lamanya pengarsipan tergantung dari besar kapasitas file.

4. Menentukan Password

Agar file kompres aman dari sesuatu hal yang tidak kita inginkan seperti pembobolan data penting, silakan proteksi file kompres dengan password. Karena hingga saat ini tingkat pembobolan pengarsipan file dengan WinRAR sangat sulit dilakukan.

Untuk memberikan password pada file, sebelum melakukan kompres pada tab General silakan Kamu klik tombol Set password.

Buat password yang memiliki tingkat keamanan tinggi atau tidak mudah orang lain tebak. Saya memiliki artikel khusus tentang cara membuat password yang aman dan kuat.

5. Membagi File Menjadi Beberapa Bagian

Dalam pembuatan file kompres menggunakan aplikasi WinRAR, kita bisa menjadikan ke beberapa bagian atau part. Biasanya hal ini kita lakukan jika sebuah file tersebut memiliki kapasitas lumayan besar.

Untuk membagi file kompres menjadi beberapa bagian masih di tab General silakan Kamu tentukan di Split to volume, size. Misal, disini saya akan membagi folder kompres yang memiliki ukuran 332 MB menjadi per 100 MB.

Setelah saya kompres, otomatis folder tersebut akan menjadi 4 bagian/part. Dan ketika nanti kita akan melakukan ekstrak file, Kamu cukup ekstrak pada part 1 aja. Otomatis untuk part-part lain akan menyatu kembali ke dalam satu folder.

Ok mungkin artikel cara kompres file menjadi sekecil mungkin ini saya cukupkan sekian saja. Semoga dengan adanya artikel ini kapasitas penyimpanan komputer Kamu menjadi lebih hemat karena file-file penting sudah Kamu kompres. Salam sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.