Cara Membuat Blog Gratis Di WordPress Terbaru Paling Lengkap

Cara Membuat Blog 1

Cara Membuat Blog di WordPress – Mungkin saja Anda bingung bagaimana cara membuat blog khusus untuk platform WordPress? Lalu mencoba mencari-cari di mesin pencari seperti Google dan akhirnya terdampar di blog Info Menarik. Tidak salah lagi, kata kunci yang Anda cari memang akan dibahas dalam tutorial kali ini. Dan semoga pembahasan ini bisa dijadikan referensi bagi yang membutuhkan. Terutama bagi Anda yang masih dibilang pemula mengenal dunia internet atau sama sekali Anda bingung harus memulai darimana jika Anda hendak membuat blog baru.

Baca Juga : Perkuat Login Form WordPress Dengan Memasang Captcha

Sebelum dilanjutkan, apa sih keuntungannya jika mempunyai sebuah blog? Keuntungan disini tergantung kebutuhan Anda membuat blog. Misal, blog digunakan untuk pemasaran online, untuk catatan kegiatan sehari-hari, berbagi ilmu pengetahuan, dan lain-lain. Secara garis besar, keuntungan memiliki blog adalah :

  1. Akan bertambahnya jumlah teman di internet. Dengan blog kita bisa saling mengunjungi blog orang lain;
  2. Bisa bertambah ilmu pengetahuan dari membaca artikel yang diterbitkan di blog orang lain;
  3. Anda akan pintar membuat artikel. Kenapa? Karena dalam membangun blog dituntut untuk mengisi konten dengan artikel;
  4. Blog bisa menghasilkan uang. Percaya atau tidak, hanya bermodalkan sebuah blog sudah banyak yang sukses menghasilkan puluhan juta bahkan ratusan juta perbulannya. Namun tentunya bukan WordPress gratis yang digunakan!

Jadi tunggu apalagi, segeralah untuk memulai membuat dan membangun blog dari sekarang …

Untuk itu kesempatan kali ini, saya akan berbagi cara lengkap membuat blog di WordPress. Kenapa yang saya pilih adalah blog CMS WordPress? Alasannya saat ini CMS WordPress paling populer di dunia. Banyak Blogger sukses yang blognya dibangun menggunakan WordPress.

CMS WordPress dibagi menjadi 2, WordPress versi gratis dan berbayar. Disini saya akan bahas tuntas cara membuat blog WordPress gratisan.

Sekedar belajar mengenal blog, platform gratisan seperti WordPress.com juga tidak menjadi masalah. Nanti jika sudah mahir, bisa migrasi ke yang berbayar atau WordPress.org.

Berikut Langkah-Langkah Cara Membuat Blog Di WordPress Gratisan

Ok langsung saja kita bahas keinti permasalahan, yaitu bagaimana caranya membuat blog menggunakan platform WordPress.com? Sebelum dilanjutkan, Anda wajib harus memiliki alamat email. Alamat email ini digunakan untuk melakukan verifikasi akun ketika Anda selesai membuat blog. Jika Anda belum memiliki email, silakan membuat dulu alamat emailnya!

1. Daftar Membuat Blog Gratis di WordPress

Jika semuanya sudah siap, yakni alamat email dan koneksi internet yang stabil, langkah awal silakan buka URL wordpress.com. Pada halaman berikut silakan Anda klik Mulai situs Anda!

Cara Membuat Blog 2

Langkah selanjutnya adalah Anda diperintah untuk mengisi data-data penting seperti alamat email, nama pengguna, dan kata sandi. Semua data-data ini akan Anda perlukan ketika nanti login di akun WordPress. Klik Buat Akun Anda jika semua data yang Anda masukkan benar!

Cara Membuat Blog 3

2. Menentukan Jenis Blog

Terdapat empat jenis kategori blog yang harus Anda pilih salah satunya. Apakah blog yang akan Anda buat memiliki kategori Blog, Bisnis, Profesional, atau Toko Online? Silakan Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan membuat blog. Contoh disini saya memilih kategori Blog.

Cara Membuat Blog 4

Blog yang Anda buat topiknya tentang apa? Anda bisa memilih konten yang relevan sesuai dengan tujuan Anda membuat blog di WordPress. Dalam contoh kali ini saya memilih konten Penulisan Blog.

Cara Membuat Blog 5

Secara otomatis konten yang Anda pilih akan masuk kolom yang tersedia, selanjutnya Anda klik pilih tombol Lanjutkan!

3. Membuat Nama dan Alamat Blog

Langkah selanjutnya Anda diminta untuk membuat nama blog yang akan dibuat. Nama blog ini nantinya akan selalu tampil di bagian atas blog. Untuk itu sebaiknya dalam membuat nama blog jangan sampai asal-asalan, karena ini akan selalu terlihat oleh pengunjung blog.

Sebetulnya nama blog ini nanti ketika Anda sudah selesai membuat akun, Anda masih bisa diperbolehkan untuk mengubah nama blog kapanpun. Contoh disini saya membuat nama blog “Sekedar Belajar Menulis”. Klik Lanjutkan jika nama blog sudah Anda tentukan.

Setelah menentukan nama blog, Anda juga harus menentukan alamat blog. Alamat blog ini akan menjadi link URL blog Anda, Contoh saya membuat alamat “sekedarbelajarmenulis”.

Pilih domain yang akan Anda gunakan. Karena disini kita akan membuat blog gratis, maka tentunya yang kita pilih domain gratis juga. Domain gratis yang tersedia saat ini adalah home.blog. Dengan begitu jika saya membuat alamat “sekedarbelajarmenulis”, maka nanti URL blognya adalah sekedarbelajarmenulis.home.blog.

Pada langkah ini karena kita memilih domain gratis, silakan Anda klik pilih Mulai dengan situs kosong.

Selesai! Ternyata membuat blog gratis di WordPress sangatlah mudah dan cepat.

4. Verifikasi Akun Email Yang Didaftarkan

Untuk menyelesaikan proses pembuatan blog gratis di WordPress, Anda harus memeriksa kotak masuk alamat email. WordPress secara otomatis akan mengirimkan link verifikasi untuk memberikan pembuktian bahwa alamat email yang telah didaftarkan benar Anda pemiliknya.

Silakan login di alamat email yang telah didaftarkan. Periksa kotak masuk email dan kotak sampah. Temukan email otomatis yang dikirim oleh WordPress. Jika link verifikasi sudah ditemukan, silakan klik tombol Klik di sini untuk Konfirmasi Sekarang.

Secara otomatis Anda akan masuk ke halaman WordPress dan kini blog WordPress Anda sudah terverifikasi.

Proses pembuatan blog di WordPress sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah mengisi konten blog sesuai dengan tujuan Anda membuat blog.

Tips Setelah Anda Sukses Membuat Blog di WordPress

1. Login dan Masuk ke Dashboard WordPress

Silakan masuk atau login di URL alamatblog.home.blog/wp-admin

Untuk memulai menulis artikel di WordPress.com, dihalaman Dashboard WP Admin terdapat menu Pos. Anda pilih submenu Tambah Baru. Ini fungsinya untuk membuat catatan atau artikel baru.

Berikut adalah tampilan kotak dialog untuk membuat artikel di WordPress. Tulislah sebuah judul artikel pada kolom yang sudah disediakan. Lalu mulailah untuk mengetik artikel yang Anda kehendaki. Terakhir klik Publikasikan, untuk menerbitkan artikel Anda secara online. Artinya nanti artikel Anda akan dibaca oleh orang lain yang menemukannya dari Mesin Pencari atau langsung menuju URL yang telah Anda buat.

2. Lengkapi Konten Lainnya

Kemudian jika Anda ingin membuat sebuah halaman baru di WordPress, maka caranya mudah saja. Anda tinggal klik menu Laman dan submenu Tambah Baru. Masalah tampilan kotak dialog halaman, sama persis dengan tampilan kotak dialog posting.

Untuk mengubah tampilan blog WordPress, Anda tinggal klik menu Tampilan lalu submenu Tema. WordPress.com ini tidak bisa melakukan upload tema baru dari luar. Anda hanya diperbolehkan menggunakan tema yang sudah disediakan otomatis dalam submenu Tema tersebut. Anda juga tidak akan bisa melakukan modifikasi kode pada tema yang digunakan.

Baca Juga : Begini Cara Menghapus Kategori Uncategorized WordPress

Mungkin hanya itu saja tulisan tentang Cara Membuat Blog Di WordPress Terlengkap. Semoga dengan adanya tulisan ini, sedikitnya Anda dapat terbantu sehingga Anda sekarang mampu membuat blog sendiri tanpa harus mengeluarkan modal sepeserpun.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

11 comments

  1. mantaaap masbro :mrgreen:

  2. Mantap sekali, panduan lengkap bagi yang ingin mengunakan wp.

    Alhamdulillah saya juga baru imigrasi dari blogger ke wordpress dan berjalan lancar
    mantap

  3. Gudang Label – Keren Postingannya. dari sini saya mendapatkan ilmu baru. terima kasih.

  4. Sehr schöner Beitrag! Ich schaue mir sehr gerne Serien im Internet an.
    Vorallem liebe ich Amazon Prime Video.

  5. untuk ganti tema, apa harus mempunyai hosting sendiri ya mas?? sekarang tampilannya pun sangat berbeda dengan tutorilanya

    • Ini tutorial untuk membuat blog WordPress gratisan mas atau WordPress.com. Untuk WordPress gratis tidak perlu punya hosting sendiri, kecuali WordPress.org.

  6. agan kalau pake wordpress.com gabisa tambah plugin yah? kok ngga ada add plugin yah aku ingin nambahin plugin dmca mohon solusinya :D

  7. Alhamdulillah saya juga baru imigrasi dari blogger ke wordpress dan berjalan lancar
    mantap
    makasih mas sharingnyaaaa

  8. kunjungi blog saya juga yah gan. link ada d profile

  9. terimakasih banyak atas artikel yang di berikan sangat jelas dan detail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.