Selasa, 27 Februari 2024

Panduan Lengkap: Cara Membuat Logo Secara Online yang Menarik dan Profesional

Cara Membuat Logo Secara Online yang Menarik dan Profesional 01

Info Menarik – Memiliki logo yang menarik dan profesional adalah kunci untuk membangun citra merek yang kuat. Logo yang unik dan mudah diingat dapat membantu bisnis Kamu membedakan diri dari pesaing, menarik perhatian pelanggan potensial, dan membangun kepercayaan. Jika Kamu ingin membuat logo untuk bisnis Kamu tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk menyewa seorang desainer, Kamu dapat memanfaatkan berbagai alat online yang tersedia. Dalam artikel ini, kami akan memandu Kamu melalui langkah-langkah praktis untuk membuat logo online yang menarik dan profesional.

Apa itu Logo?

Logo adalah sebuah simbol grafis atau gambar yang dirancang khusus untuk mewakili identitas suatu entitas, seperti bisnis, organisasi, produk, atau merek. Biasanya, logo kita gunakan untuk mengidentifikasi dan membedakan entitas tersebut dari yang lainnya. Kemudian logo dapat berupa kombinasi elemen visual, seperti gambar, simbol, teks, dan warna, yang kita gunakan untuk menciptakan citra yang mudah diingat dan terkait erat dengan entitas yang mewakilinya.

Kemudian logo memiliki peran penting dalam membangun identitas merek. Selanjutnya dengan desain yang unik, logo dapat membantu entitas membedakan dirinya dari pesaing, membangun kesan yang konsisten, dan meningkatkan kesan profesionalisme. Logo juga dapat menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran, karena sering kita gunakan dalam berbagai media dan saluran komunikasi, termasuk situs web, media sosial, materi promosi, kemasan produk, dan banyak lagi.

Selanjutnya logo yang efektif harus mencerminkan nilai-nilai dan kepribadian entitas yang mewakilinya. Desainnya harus sederhana, mudah diingat, dan dapat dengan jelas mengkomunikasikan pesan yang ingin kita sampaikan. Selain itu, logo harus fleksibel dan dapat kita adaptasi untuk kita gunakan dalam berbagai ukuran dan format, baik di media cetak maupun digital.

Kemudian dalam bisnis, logo sering kali menjadi elemen yang sangat berharga dalam membangun kesadaran merek. Mengingat logo yang kuat dapat memberikan kesan yang langgeng dalam pikiran konsumen. Seiring waktu, logo dapat menjadi salah satu aset berharga bagi sebuah entitas dan menjadi simbol yang terkenal di kalangan masyarakat.

Secara keseluruhan, logo adalah representasi visual yang khas dari identitas suatu entitas, dan memiliki peran penting dalam membangun merek, menciptakan kesan yang kuat, dan membedakan diri di pasar yang kompetitif.

Baca Juga: Cara Membuat Tanda tangan Barcode Lengkap dengan Logo Instansi Secara Online

Manfaat Logo dalam Konteks Bisnis dan Pemasaran

Logo memiliki berbagai manfaat penting dalam konteks bisnis dan pemasaran. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari memiliki logo yang kuat dan efektif:

1. Identifikasi dan Diferensiasi

Logo membantu mengidentifikasi suatu entitas, seperti bisnis, merek, produk, atau organisasi. Logo yang unik dan berbeda membantu entitas membedakan dirinya dari pesaing dan membuatnya lebih mudah dikenali oleh konsumen.

2. Membangun Citra Merek

Kemudian logo adalah bagian penting dari identitas merek. Desain dan elemen visual yang ada dalam logo membantu membangun citra merek yang konsisten dan mencerminkan nilai-nilai, kepribadian, dan visi perusahaan. Logo yang kuat dapat memberikan kesan profesionalisme, kepercayaan, dan kualitas kepada konsumen.

3. Kesadaran Merek

Selanjutnya logo yang terkenal dan mudah diingat dapat membantu membangun kesadaran merek di kalangan konsumen. Kemudian saat logo Kamu secara konsisten muncul di berbagai saluran komunikasi, seperti situs web, media sosial, iklan, dan materi promosi, konsumen akan semakin mengenali merek Kamu dan memperkuat asosiasi merek dengan produk atau layanan yang Kamu tawarkan.

4. Komunikasi Visual

Kemudian logo dapat menyampaikan pesan dan informasi secara visual. Desain dan elemen dalam logo dapat memberikan petunjuk tentang industri, bidang usaha, atau karakteristik produk atau layanan yang ditawarkan. Sebuah logo yang kita rancang dengan baik dapat mengkomunikasikan nilai unik dan menarik perhatian target pasar yang tepat.

5. Memperkuat Loyalitas Pelanggan

Selanjutnya logo yang kuat dan dikenali oleh pelanggan dapat membantu membangun hubungan dan loyalitas pelanggan yang lebih baik. Logo yang menghadirkan pengalaman positif dan memicu emosi yang baik akan mengingatkan pelanggan tentang merek Kamu dan menciptakan ikatan yang kuat antara mereka dan produk atau layanan Kamu.

6. Daya Ingat yang Kuat

Kemudian logo yang unik dan menarik memiliki daya ingat yang tinggi. Konsumen yang memiliki pengalaman positif dengan merek Kamu cenderung mengingat logo Kamu dengan mudah. Daya ingat yang kuat memudahkan konsumen untuk mengenali merek Kamu di masa depan dan meningkatkan kemungkinan mereka untuk memilih produk atau layanan Kamu.

7. Legal dan Perlindungan Merek

Selanjutnya logo yang telah kita daftarkan dan kita lindungi secara hukum memberikan perlindungan terhadap penggunaan yang tidak sah oleh pihak lain. Melalui perlindungan merek dagang, Kamu dapat memastikan bahwa logo Kamu adalah aset yang diakui secara hukum dan tidak dapat digunakan oleh orang lain tanpa izin.

Langkah-langkah Membuat Logo Secara Online yang Menarik dan Profesional

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat logo secara online yang menarik dan profesional:

1. Tentukan Identitas Merek Kamu

Sebelum Kamu mulai membuat logo, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang identitas merek Kamu. Pertimbangkan nilai-nilai merek Kamu, target pasar, dan pesan yang ingin Kamu sampaikan melalui logo. Ini akan membantu Kamu memilih elemen desain yang tepat, seperti warna, bentuk, dan gaya.

2. Cari Platform Pembuat Logo Online

Kemudian saat ini ada banyak platform online yang menyediakan alat pembuat logo. Beberapa di antaranya bahkan menawarkan template siap pakai yang dapat kita sesuaikan sesuai dengan kebutuhan Kamu. Beberapa platform populer yang bisa Kamu coba antara lain Canva, DesignEvo, Looka, Hatchful by Shopify, dan Tailor Brands. Telusuri platform-platform ini dan cari yang paling cocok dengan preferensi Kamu.

3. Pilih Template atau Mulai dari Nol

Selanjutnya setelah Kamu memilih platform yang sesuai, Kamu dapat memilih untuk memulai dengan template yang disediakan atau membuat logo dari nol. Jika Kamu memiliki ide yang jelas tentang logo yang Kamu inginkan, mulai dari nol bisa menjadi pilihan terbaik. Namun, jika Kamu membutuhkan panduan visual, template bisa menjadi titik awal yang baik.

4. Sesuaikan Desain Logo Kamu

Kemudian setelah Kamu memilih template atau mulai dari nol, saatnya untuk menyempurnakan desain logo Kamu. Tambahkan teks merek Kamu, eksperimen dengan kombinasi warna yang berbeda, dan pertimbangkan gaya font yang sesuai dengan identitas merek Kamu. Penting untuk memastikan bahwa logo Kamu mudah terbaca dan menarik perhatian.

5. Eksplorasi Simbol atau Gambar

Selanjutnya jika logo merek Kamu membutuhkan simbol atau gambar tambahan, cari elemen yang relevan dengan industri atau bidang usaha Kamu. Beberapa platform pembuat logo online menyediakan database simbol atau gambar yang dapat Kamu gunakan secara gratis atau dengan biaya tambahan.

6. Simpan dan Unduh Logo Kamu

Kemudian setelah Kamu puas dengan desain logo Kamu, simpan proyek Kamu dan unduh logo dalam format yang sesuai. Pastikan untuk menyimpan logo dalam format yang mendukung penggunaan di berbagai saluran, baik online maupun offline. Format yang umum digunakan adalah PNG, JPG, dan SVG.

7.  Evaluasi dan Revisi

Selanjutnya setelah Kamu memiliki logo final, evaluasi dan revisi secara berkala adalah hal yang penting. Periksa apakah logo Kamu masih mencerminkan identitas merek Kamu dan apakah ada perubahan yang perlu Kamu lakukan untuk tetap relevan dengan perkembangan bisnis Kamu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Mudah Membuat Watermark Menggunakan Adobe Photoshop

Cara Membuat Logo Secara Online di Berbagai Situs

Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, untuk membuat logo secara online tentunya kita harus menggunakan platform online. Saat ini banyak platform online yang khusus untuk pembuatan logo. Contohnya seperti: Canva, DesignEvo, Looka, Hatchful by Shopify, dan Tailor Brands.

Sekilas saya akan menjelaskan pembuatan logo secara online pada situs-situs tersebut, yaitu:

1. Cara Membuat Logo Online di Canva

Canva adalah platform desain grafis yang sangat populer. Selain menyediakan berbagai template dan alat untuk membuat desain secara umum, Canva juga menawarkan opsi untuk membuat logo dengan mudah. Kemudian Kamu dapat memilih dari berbagai template, menyesuaikan warna, font, ikon, dan elemen lainnya untuk membuat logo yang unik.

Cara Membuat Logo Secara Online yang Menarik dan Profesional 02

Langkah-langkah Membuat Logo Online di Canva

Pertama: Kunjungi situs web Canva dan buat akun pengguna (jika belum memiliki akun).

Kedua: Setelah masuk ke akun Canva Kamu, klik tombol Buat desain di pojok kanan atas halaman.

Ketiga: Di halaman berikutnya, Kamu akan melihat berbagai opsi desain. Di bagian Logo, pilih kategori yang sesuai dengan bisnis atau merek Kamu atau gunakan kotak pencarian untuk mencari Logo.

Keempat: Canva akan menampilkan berbagai template logo yang dapat kita sesuaikan. Pilih template yang Kamu sukai dengan mengkliknya untuk melihatnya dalam tampilan yang lebih besar.

Kelima: Setelah memilih template, Kamu dapat mulai menyesuaikan logo Kamu. Canva menyediakan berbagai alat desain yang mudah kita gunakan di panel sisi kanan. Beberapa hal yang dapat Kamu lakukan termasuk:

  • Mengganti teks: Klik pada teks di logo dan ganti dengan nama bisnis atau kata-kata yang relevan dengan merek Kamu. Kamu dapat memilih gaya font, ukuran, dan warna teks yang sesuai dengan preferensi Kamu.
  • Mengganti warna: Pilih elemen logo dan klik pada opsi Warna di panel sisi kanan untuk mengganti warna elemen tersebut. Kamu dapat memilih warna dari palet yang tersedia atau menyesuaikan warna sesuai dengan merek Kamu dengan menggunakan kode warna.
  • Mengganti ikon: Jika ada ikon dalam template yang ingin Kamu ganti, klik ikon tersebut dan pilih opsi Ganti di panel sisi kanan. Kamu dapat mencari ikon baru dalam berbagai kategori dan memilih yang sesuai dengan merek Kamu.
  • Menambahkan elemen tambahan: Canva menyediakan berbagai elemen desain, seperti bentuk, garis, garis bingkai, dan banyak lagi. Kamu dapat menambahkan elemen ini untuk memperkaya desain logo Kamu.

Keenam: Setelah Kamu selesai menyesuaikan logo Kamu, klik tombol Unduh di pojok kanan atas halaman untuk mengunduh logo dalam format yang Kamu inginkan (misalnya, PNG, JPG, atau PDF). Canva juga menawarkan opsi untuk berbagi langsung ke media sosial atau mengunduh dalam kualitas cetak yang lebih tinggi dengan berlangganan Canva Pro.

2. Cara Membuat Logo Online di DesignEvo

DesignEvo adalah platform khusus untuk membuat logo. Mereka menyediakan ratusan template logo yang dapat Kamu sesuaikan dengan mudah. Kemudian Kamu dapat memilih ikon, menyesuaikan teks, mengubah warna, dan menyesuaikan elemen lainnya untuk membuat logo yang sesuai dengan merek Kamu.

Cara Membuat Logo Secara Online yang Menarik dan Profesional 03

Langkah-langkah Membuat Logo Online di DesignEvo

Pertama: Kunjungi situs web DesignEvo.

Kedua: Di halaman utama DesignEvo, Kamu akan melihat kotak pencarian dan beberapa kategori template logo. Kamu dapat mencari template logo berdasarkan kata kunci atau memilih salah satu kategori yang sesuai dengan bisnis atau merek Kamu.

Ketiga: Setelah memilih template atau mencari kata kunci yang sesuai, DesignEvo akan menampilkan berbagai opsi logo yang dapat Kamu sesuaikan. Pilih template yang Kamu sukai dengan mengkliknya untuk melihatnya dalam tampilan yang lebih besar.

Keempat: Setelah memilih template, Kamu dapat mulai menyesuaikan logo Kamu. DesignEvo menyediakan berbagai alat desain yang mudah Kamu gunakan di sebelah kiri layar. Beberapa hal yang dapat Kamu lakukan termasuk:

  • Mengganti teks: Klik pada teks di logo dan ganti dengan nama bisnis atau kata-kata yang relevan dengan merek Kamu. Kamu dapat memilih gaya font, ukuran, warna, dan efek teks yang sesuai dengan preferensi Kamu.
  • Mengganti ikon: Jika ada ikon dalam template yang ingin Kamu ganti, klik ikon tersebut dan pilih opsi Ganti di panel kanan. Kamu dapat mencari ikon baru dalam berbagai kategori dan memilih yang sesuai dengan merek Kamu.
  • Mengganti warna: Pilih elemen logo dan klik pada opsi Warna di panel kanan untuk mengganti warna elemen tersebut. Kamu dapat memilih warna dari palet yang tersedia atau menyesuaikan warna sesuai dengan merek Kamu.
  • Menambahkan elemen tambahan: DesignEvo menyediakan berbagai elemen desain, seperti bentuk, latar belakang, garis, dan banyak lagi.

Kelima: Setelah Kamu selesai menyesuaikan logo Kamu, klik tombol Preview untuk melihat logo dalam tampilan penuh. Kamu juga dapat mengganti ukuran, rotasi, dan posisi elemen logo dengan menggunakan alat desain yang tersedia.

Keenam: Klik tombol Download di pojok kanan atas halaman untuk mengunduh logo dalam format yang Kamu inginkan (misalnya, PNG atau JPG). DesignEvo juga menyediakan opsi untuk membagikan langsung ke media sosial atau membeli versi resolusi tinggi jika Kamu memilih paket premium.

3. Cara Membuat Logo Online di Looka

Looka adalah platform pembuat logo online yang menawarkan desain logo otomatis menggunakan kecerdasan buatan (AI). Kamu cukup memasukkan nama merek dan menjawab beberapa pertanyaan tentang preferensi desain Kamu, dan Looka akan menghasilkan opsi logo yang dapat Kamu sesuaikan. Kemudian Kamu dapat menyesuaikan logo tersebut dengan memilih warna, font, dan ikon yang sesuai.

Langkah-langkah Membuat Logo Online di Looka

Pertama: Kunjungi situs web Looka.

Kedua: Di halaman utama Looka, klik tombol Mulai untuk memulai proses pembuatan logo.

Ketiga: Kamu akan diminta untuk memasukkan nama bisnis atau merek Kamu. Ketikkan nama yang sesuai dan klik tombol Mulai.

Keempat: Selanjutnya, Kamu akan diminta untuk memilih industri atau kategori bisnis Kamu. Pilih salah satu kategori yang paling relevan dengan bisnis atau merek Kamu.

Kelima: Setelah memilih kategori, Looka akan menampilkan beberapa opsi logo yang telah dibuat dengan menggunakan kecerdasan buatan (AI). Pilih logo yang Kamu sukai dengan mengkliknya untuk melihatnya dalam tampilan yang lebih besar.

Keenam: Setelah memilih logo, Kamu dapat mulai menyesuaikan desainnya. Looka menyediakan berbagai alat desain yang mudah Kamu gunakan di sebelah kanan layar. Beberapa hal yang dapat Kamu lakukan termasuk:

  • Mengubah teks: Klik pada teks di logo dan ganti dengan nama bisnis atau kata-kata yang relevan dengan merek Kamu. Kamu dapat memilih gaya font, ukuran, warna, dan efek teks yang sesuai dengan preferensi Kamu.
  • Mengubah ikon: Jika ada ikon dalam logo yang ingin Kamu ganti, klik ikon tersebut dan pilih opsi Ganti Ikon di panel kanan. Kamu dapat mencari ikon baru dalam berbagai kategori dan memilih yang sesuai dengan merek Kamu.
  • Mengubah warna: Pilih elemen logo dan klik pada opsi Warna di panel kanan untuk mengubah warna elemen tersebut. Kamu dapat memilih warna dari palet yang tersedia atau menyesuaikan warna sesuai dengan merek Kamu.
  • Menambahkan elemen tambahan: Looka juga menyediakan opsi untuk menambahkan elemen tambahan, seperti bentuk, latar belakang, garis, dan banyak lagi.

Ketujuh: Klik tombol Simpan di pojok kanan atas halaman untuk menyimpan desain logo Kamu.

Kedelapan: Looka akan menawarkan beberapa paket harga untuk mengunduh logo Kamu. Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, dan ikuti langkah-langkah pembayaran yang tersedia untuk mengunduh logo dalam format yang Kamu inginkan.

4. Cara Membuat Logo Online di Hatchful by Shopify

Hatchful adalah alat pembuat logo online yang dikembangkan oleh Shopify. Kamu dapat memilih industri atau bidang usaha Kamu, dan Hatchful akan menghasilkan beberapa opsi logo yang dapat Kamu sesuaikan. Kemudian Kamu dapat menyesuaikan warna, font, dan ikon untuk membuat logo yang sesuai dengan merek Kamu.

Langkah-langkah Membuat Logo Online di Hatchful by Shopify

Pertama: Kunjungi situs web Hatchful by Shopify.

Kedua: Di halaman utama Hatchful, Kamu akan melihat beberapa kategori bisnis yang dapat Kamu pilih. Pilih kategori yang paling sesuai dengan bisnis atau merek Kamu atau gunakan kotak pencarian untuk mencari kategori spesifik.

Ketiga: Setelah memilih kategori, Kamu akan diminta untuk memasukkan nama bisnis atau merek Kamu. Ketikkan nama yang sesuai dan klik tombol Next (Selanjutnya).

Keempat: Selanjutnya, Kamu akan diminta untuk memilih gaya desain yang Kamu inginkan. Kamu dapat memilih gaya yang lebih abstrak, ikonik, teks berat, atau kombinasi dari semuanya. Pilih gaya yang paling sesuai dengan preferensi Kamu.

Kelima: Setelah memilih gaya, Hatchful akan menampilkan beberapa opsi logo yang telah dibuat berdasarkan preferensi yang Kamu pilih. Pilih logo yang Kamu sukai dengan mengkliknya untuk melihatnya dalam tampilan yang lebih besar.

Keenam: Setelah memilih logo, Kamu dapat mulai menyesuaikan desainnya. Hatchful menyediakan berbagai opsi untuk menyesuaikan teks, ikon, dan warna logo Kamu. Beberapa hal yang dapat Kamu lakukan termasuk:

  • Mengganti teks: Klik pada teks di logo dan ganti dengan nama bisnis atau kata-kata yang relevan dengan merek Kamu. Kamu dapat memilih gaya font, ukuran, warna, dan efek teks yang sesuai dengan preferensi Kamu.
  • Mengganti ikon: Jika ada ikon dalam logo yang ingin Kamu ganti, klik ikon tersebut dan pilih opsi Ganti Ikon di panel sebelah kanan. Kamu dapat mencari ikon baru dalam berbagai kategori.
  • Mengubah warna: Pilih elemen logo dan klik pada opsi Warna di panel sebelah kanan untuk mengubah warna elemen tersebut.

Ketujuh: Klik tombol Next (Selanjutnya) di bagian bawah layar.

Kedelapan: Hatchful akan menawarkan beberapa opsi penggunaan logo. Pilih opsi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.

Kesembilan: Selanjutnya Hatchful akan menampilkan logo akhir Kamu dan memberikan opsi untuk mengunduh dalam berbagai format file. Pilih format yang Kamu inginkan dan klik tombol Download untuk mengunduh logo Kamu.

5. Cara Membuat Logo Online di Tailor Brands

Tailor Brands adalah platform pembuat logo yang menggunakan kecerdasan buatan untuk menghasilkan desain logo yang unik. Kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan tentang bisnis Kamu, preferensi desain, dan merek Kamu, dan Tailor Brands akan membuat beberapa opsi logo yang dapat Kamu sesuaikan. Kemudian Kamu dapat menyesuaikan logo tersebut dan mengunduhnya dalam format yang Kamu inginkan.

Langkah-langkah Membuat Logo Online di Tailor Brands

Pertama: Kunjungi situs web Tailor Brands.

Kedua: Di halaman utama Tailor Brands, klik tombol Mulai untuk memulai proses pembuatan logo.

Ketiga: Kamu akan diminta untuk memasukkan nama bisnis atau merek Kamu. Ketikkan nama yang sesuai dan klik tombol Mulai.

Keempat: Selanjutnya, Kamu akan diminta untuk memilih kategori bisnis Kamu. Pilih salah satu kategori yang paling relevan dengan bisnis atau merek Kamu.

Kelima: Setelah memilih kategori, Tailor Brands akan menampilkan beberapa pertanyaan singkat untuk memahami preferensi desain Kamu. Kamu dapat memberikan jawaban atau memilih opsi Skip (Lewati) jika Kamu tidak ingin menjawab.

Keenam: Berdasarkan jawaban Kamu dan informasi yang diberikan, Tailor Brands akan menghasilkan beberapa opsi logo. Pilih logo yang Kamu sukai dengan mengkliknya untuk melihatnya dalam tampilan yang lebih besar.

Ketujuh: Setelah memilih logo, Kamu dapat mulai menyesuaikan desainnya. Tailor Brands menyediakan beberapa opsi untuk menyesuaikan teks, ikon, dan warna logo Kamu. Beberapa hal yang dapat Kamu lakukan termasuk:

  • Mengganti teks: Klik pada teks di logo dan ganti dengan nama bisnis atau kata-kata yang relevan dengan merek Kamu. Kamu dapat memilih gaya font, ukuran, warna, dan efek teks yang sesuai dengan preferensi Kamu.
  • Mengganti ikon: Jika ada ikon dalam logo yang ingin Kamu ganti, klik ikon tersebut dan pilih opsi Ganti Ikon di panel sebelah kanan. Kamu dapat mencari ikon baru dalam berbagai kategori dan memilih yang sesuai dengan merek Kamu.
  • Mengubah warna: Pilih elemen logo dan klik pada opsi Warna di panel sebelah kanan untuk mengubah warna elemen tersebut.

Kedelapan: Setelah selesai menyesuaikan logo Kamu, klik tombol Simpan di pojok kanan atas halaman.

Kesembilan: Tailor Brands akan menawarkan beberapa paket harga untuk mengunduh logo Kamu. Pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, dan ikuti langkah-langkah pembayaran yang tersedia untuk mengunduh logo dalam format yang Kamu inginkan.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Kamu dapat membuat logo online yang menarik dan profesional tanpa harus bergantung pada keterampilan desain yang kompleks. Jangan lupa untuk melibatkan tim atau teman dalam proses ini untuk mendapatkan umpan balik yang berharga. Dengan logo yang kuat, Kamu siap untuk membangun merek yang berhasil!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

4 comments

  1. yoga

    Makasih gan ,sangat membantu….
    Bisa di buat di hp andro /hanya di komputer saja gan?
    Tadi saya daftar di hp soalnya

  2. Ya bener kata mas toga..Kalau pakai android bagaimana ?
    Terimakasih jawabannya

    Dan kalau situs lain apa ye gan ?

  3. Lumayan gampang ya, gratis lagi. tapi menurut saya kalo untuk olshop mendiing nyewa jasa desain logo aja biar lebih profesional. Kan logo ibarat wajah olshop kita. hehe :)

  4. keren gan, siap meluncur untuk buat logo thanks gan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.