Selasa, 20 Februari 2024

Cara Backup Semua Konten WordPress Lengkap dan Cocok Untuk Pemula

Info Menarik – Untuk Kamu sebagai pengelola blog atau website wajib mengetahui cara backup semua konten WordPress. Segala kemungkinan yang sebelumnya tidak terpikirkan mungkin saja bisa terjadi pada WordPress Kamu. Seperti website error atau alasan lain yang menimbulkan website tidak bisa diakses. Dengan memiliki file backup, maka kemungkinan tersebut akan cepat teratasi. Kamu tidak akan takut lagi dengan kehilangan data penting yang sudah capek-capek membangun website WordPress.

Baca Juga: Cara Install WordPress di Localhost Menggunakan Laragon Lengkap Gambar

Jika Kamu saat ini belum tahu bagaimana cara backup seluruh konten website WordPress, silakan simak artikel ini sampai selesai. Pada artikel ini saya akan membahas data-data apa saja yang penting dan harus kita backup atau kita amankan. Karena dari banyaknya konten WordPress, kita tidak perlu backup semuanya. Cukup beberapa data penting saja yang harus kita simpan atau backup.

Selanjutnya backup WordPress ini akan kita perlukan ketika kita ingin pindah layanan hosting. Agar semua data dari WordPress lama dapat pindah ke yang baru maka tentu saja kita harus melakukan backup data di hosting lama kemudian restore WordPress di hosting baru.

Apa itu Backup WordPress?

Seperti yang sudah saya singgung di atas bahwa website WordPress itu terdiri dari beberapa file serta database. Untuk membangun sebuah website tentu saja membutuhkan waktu yang lama dan tidak semudah membalikkan tangan. Terlebih jika website berisi ribuan konten yang tentunya pembuatan konten ini menghabiskan waktu yang cukup lama juga.

Kemudian dengan melakukan backup WordPress artinya kita akan membuat salinan kedua dari seluruh data yang ada di layanan hosting. Salinan kedua ini dapat kita simpan secara online seperti di Google Drive, DropBox, dan layanan penyimpanan online lainnya. Atau juga bisa kita simpan secara offline di komputer atau laptop.

Kenapa Harus Melakukan Backup?

Pada awal paragraf artikel ini saya telah menyinggung bahwa melakukan backup WordPress itu wajib hukumnya. Mungkin saat ini website Kamu tidak sedang mengalami masalah apapun. Namun apakah Kamu sudah tahu pasti bahwa seterusnya atau kedepannya kondisi website akan sama seperti saat ini juga?

Tentu tidak tahu bukan?

Nah, atas dasar ketidakpastian tersebut maka memiliki backup atau cadangan kedua seluruh konten WordPress itu sangat penting sekali. Kecuali jika Kamu sudah merelakan jika website yang sudah susah payah Kamu bangun nantinya hilang atau tidak bisa Kamu akses.

Terlebih lagi di era canggih seperti saat ini bisa saja website Kamu terkena serangan malware, hacker, atau error-error lainnya. Dengan memiliki file backup maka kemungkinan-kemungkinan tersebut akan cepat teratasi. Meskipun layanan hosting memiliki fitur backup otomatis, namun Kamu jangan mudah percaya begitu saja. Sebaiknya Kamu harus tetap waspada dengan melakukan backup manual yang Kamu lakukan sendiri.

Lakukan backup seluruh konten penting WordPress setidaknya 1 kali dalam sebulan.

Cara Backup Semua Konten Blog / Website WordPress

Untuk backup WordPress ini saya bagi ke dalam dua bagian, yaitu WordPress.com (gratisan) dan WordPress hosting sendiri (berbayar). Meskipun keduanya memiliki kesamaan fitur dalam halaman Dashboard WordPress, namun ada perbedaan juga.

Cara Ekspor Data di WordPress.com

Untuk Kamu yang masing menggunakan WordPress.com dan ingin melakukan backup seluruh konten blog silakan ikuti cara berikut ini:

1. Login di WordPress

Pertama silakan login di WordPress untuk masuk ke halaman Dashboard. Biasanya untuk masuk ke Dashboard yaitu URL ditambah dengan wp-admin. Kemudian masukkan username dan password yang Kamu miliki.

2. Masuk ke Menu Ekspor

Pada halaman Dashboard silakan masuk ke menu Perangkat kemudian sub-menu Ekspor.

Cara Backup Semua Konten WordPress 2

Kamu perhatikan halaman Ekspor Konten yang terdapat di jendela sebelah kanan. Disitu akan terlihat dua opsi untuk backup atau ekspor konten WordPress yaitu Ekspor Konten dan Ekspor Pustaka Media.

Cara Backup Semua Konten WordPress 3

3. Tentukan Konten yang Akan di Ekspor

Pada opsi Ekspor Konten kita bisa mengatur konten apa saja yang akan kita backup. Karena konten itu terdiri dari Pos atau tulisan artikel, Laman, dan Umpan Balik. Kalau Kamu ingin backup semua konten, silakan lewati tahapan ini dan tinggal klik tombol Ekspor Semua.

Cara Backup Semua Konten WordPress 4

Cara Backup di WordPress Self Hosting

Selanjutnya bagi Kamu yang saat ini sedang mengelola website WordPress menggunakan hosting sendiri atau yang berbayar, silakan lakukan langkah-langkah berikut.

1. Backup Folder WP-Content

Di atas saya sudah membahas bahwa meskipun website itu terdiri dari beberapa file dan database, namun kita tidak perlu harus melakukan backup semuanya. Kita cukup melakukan backup pada file yang berada di folder wp-content dan database MySQL saja.

Untuk backup WordPress yang masih menggunakan layanan hosting silakan login di cPanel menggunakan username dan password yang Kamu miliki. Jika Kamu tidak tahu akun cPanel, silakan bisa Kamu tanyakan pada CS layanan hosting.

Dari halaman cPanel silakan klik File Manager yang berada di deretan File.

Cara Backup Semua Konten WordPress 5

Kemudian klik folder public_html kemudian pilih folder wp-content. Di dalam folder wp-content ini berisi sejumlah data-data penting website Kamu yaitu: postingan artikel, halaman, plugin, dan tema.

Sebaiknya Kamu backup seluruh data yang terdapat di dalam folder wp-content dengan cara klik kanan pada folder kemudian klik pilih Compress.

Cara Backup Semua Konten WordPress 6

Selanjutnya pilih tipe file compress, disini saya memilih type Zip Archive. Kemudian setelah memilih type compress klik tombol Compress Files.

Kamu tunggu hingga proses compress file selesai dengan sempurna. Lama proses compress ini tergantung dari jumlah file yang terdapat pada wp-content. Semakin besar atau semakin banyak file yang ada di dalam folder wp-content maka semakin lama juga proses compress ini.

Setelah proses compress selesai maka nanti akan terbentuk sebuah file zip baru dengan nama wp-content.zip. Silakan klik kanan pada file zip tersebut dan klik pilih Download.

Secara otomatis file zip wp-content akan tersimpan ke komputer atau laptop dan sekarang Kamu sudah memiliki file atau data penting website yaitu folder wp-content.

2. Backup File Database MySQL

Setelah memiliki folder wp-content yang harus Kamu backup selanjutnya adalah file database MySQL. Masih di halaman cPanel silakan Kamu klik Backup Wizard yang masih terdapat di deretan file.

Terdapat tiga opsi file backup yang terdapat di backup wizard, yaitu Home Directory, MySQL Databases, dan Email Formarders & Filters. Dalam hal ini kita cukup backup MySQL Databases saja.

Pada tahap selanjutnya silakan klik tombol Back Up.

Silakan pilih database mana yang akan Kamu backup. Jika di cPanel terinstall beberapa domain atau database maka disitu akan terdapat lebih dari satu database.

Setelah klik database maka otomatis database akan tersimpan di komputer atau laptop. Dan sekarang Kamu sudah memiliki dua file penting website yaitu file wp-content dan database MySQL.

Silakan Kamu simpan dan amankan kedua file penting tersebut untuk jaga-jaga jika nanti terjadi hal yang tidak kita inginkan pada website WordPress.
Ok, mungkin artikel ini saya cukupkan sekian saja. Terima kasih sudah menyimak artikel ini sampai selesai dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

71 comments

  1. dani

    gan ane numpang copas ya,soalnya ane baru tahu info ne..

    • InfoMenarik

      silakan gan coba dipraktekkan saja, semoga bermanfa’at …

  2. Pas banget lagi butuh materi ini. Pengen backup tulisan di webku yang berbayar. Jaga-jaga kalau suatu saat nggak kuat bayar lagi :)

    • InfoMenarik

      Sebagai webmaster, memang diantaranya harus rajin backup semua data-data wordpress kita. Untuk mengantisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan …

  3. terimakasih atas totorialnya, sudah saya coba dan bisaaa. sekali lagi terima kasih dan salam kenal gan. antisipasi kalau kena hack, agar database kita selamat.

    • InfoMenarik

      Salam kenal juga gan, terimakasih sudah berkunjung.

    • Kalo kena hack, ribet juga ya kalo ternyata data backup nya udah lama. Misal ke hack Desember, data backup nya januari. Gimana solusinya menurut agan?

  4. Ramdani

    Mas, saya udah coba back up. Setelah di ekspor, size nya cuma 236 kb. Padahal konten web yang saya buat banyak memuat foto. Apakah memang seperti itu? ato ada kesalahan? Terimakasih mas

    • InfoMenarik

      Coba eksport filenya di dashboard WordPress saja mas, seperti langkah pertama yang di WordPress.com.

  5. Terimakasih gan, ini tutor sangat detail dan mudah difahami terutama bagi newbie seperti saya, oh… yaa… tutorial Cara Restore File WordPress Hasil Backup. mana gan…? Hee..he…

    • InfoMenarik

      Karena blog ini gado-gado, jadi terlalu banyak tuntutan harus membuat artikel sesuai dengan tema blog ini. Ok ditunggu saja ya mas … :)

  6. ilmudes

    mantap, kapan2 saya mau coba juga kalau mau backup.hehe

  7. Ferly

    Bro, saya setelah backup dari domain A mau restore ke hosting dan domain yg beda nama misalnya B. Sudah berhasil dan databasenya juga sdh connect, kendalanya semua link di dalam web B sekarang mengarah ke web A. Gimana biar semua linknya jadi ke web B ya? Tks Gan :)

    • InfoMenarik

      Kalau migrasi menggunakan sistem redirect mas di .htaccess, coba cari diinternet sudah banyak yg membahas masalah redirect …

      • cara lain bisa direplace url lamanya ke yg baru langsung dari mysql, dulu sy pernah coba & banyak tutorialnya ko

        • InfoMenarik

          Maksudnya replace gimana mas? Bukankah kita tujuan utamanya untuk backup seluruh data blog, untuk menghindari kejadian yang tidak kita inginkan.

  8. Luvia

    makasih gan, sudah saya praktekkan dan bisaaaa. Semoga agan di beri panjang umur, rejeki yg berlimpah ruah dan turah- turah. salam kenal dari saya bajumuslimah.co.id

    • InfoMenarik

      Ok sama-sama gan dan terimakasih atas kunjungannya. Salam kenal balik dan semoga agan juga sukses …

  9. Iqbal

    gan kalo pindah hosting ke vps cara itu bisa digunakan atau tidak ?
    plugin dll. apakah sudah termasuk backup

    • InfoMenarik

      Ini Backup seluruh data mas. Dengan melakukan backup seperti ini maka kita tidak khawatir data akan hilang lagi karena kita sudah mempunyai backupannya … :)

  10. isnaazmut

    gan kalo blog yang kena suspended itu masih bisa gunain export/import post gak, soalnya udah 500 post kan mubazir ;-) . mohon penjelasannya.

    • InfoMenarik

      Sepertinya ga bisa gan. Coba kirim email ke tim WordPress untuk dibukakan kembali suspendnya! Mungkin hanya itu saja caranya agar data bisa diselamatkan.

  11. arif indoplastik semarang

    maaf mau tnya gan,OOT gpp y gan,
    misal kita mau ganti theme di wordpress, itu nnti pengaruh sama content isinya yg sdh ada ga ya gan?

    Terimakasih
    salam sukses

    • InfoMenarik

      Tema yang kita pasang biasanya akan berpengaruh terhadap keseluruhan konten blog mas, seperti tampilan posting, widget, halaman, dan lain-lain. Semua berdasarkan layout dari tema yang kita pasang. Masa bisa coba dulu menggunakan WordPress Offline sebelum dionlinekan. Caranya bisa lihat pada tulisan ini.

  12. Firman Herdiansyah

    Nice share gan, untuk yg males backup manual sebenernya bisa pake plugin, malahan udah ada yg support untuk simpen hasil backup di cloud kaya dropbox atau google drive.

  13. Terimakasih Gan, artikelnya sangat membantu dan mudah diikuti bagi saya yang masih belajar.
    semoga penulis mendapat pahala yang berlipat ganda atas anmalan ilmunya…..,

  14. Alam Wisata.Com

    Bingung mau backup data, ketemu artikel ini. Soalnya setiap mau update WP disarankan backup data dulu. Mantaaab..

  15. terima kasih mas kebetulan saya mau update wordpress katanya harus dibackup dulu. nemu artikelnya langsung saya praktek. semoga lancar

  16. maav kak nanya dulu, misal file backup yg dpt 1 bln lalu yg d restore, konten yg selama 1 bln kmrn bakalan ilang apa gimana kak? truz kalo misal caranya backup artikelnya aj d wordpress jg gmna kak? :( mohon bantuannyaa ea :( mksh sblmnya..

    • InfoMenarik

      File baru tidak akan hilang ketika kita melakukan restore data. Jika takut terjadi apa-apa silakan Anda coba menggunakan versi offlinenya.

  17. Mas kalau cara mengembalikan konten yang tiba-tiba terhapus semua bagaimana ya ?
    Padahal file di manager masih utuh, mohon bantuanya.
    Terima kasih

  18. raja

    benar juga nie mas harus segera back up
    untuk keamanan website terimaksaih atas info menariknya ….
    semoga bisa bermanfaat buat yang lainnya

  19. terimakasih untuk infonya, saya pernah kejadian ketika hosting suspen dan tidak bisa diaktipkan kembali.dan lupa tidak dibackup. sedihnya minta ampun. dan skrg harus posting lagi dari awal hiks.

  20. umar

    good tutorial i’ve ever met. sangat detil dan jelas tutorialnya. sangat membantu bagi yang masih belajar ini. good luck

  21. makasih gan infonya tak bokmark dulu karena sudah mualai pagi mending tidur dulu,,, maklum baru belajar wp hehehe

  22. Kalo untuk WordPress yang baru di dashboard nya gak menu tools nya ya mas? Soalnya serem nih, temen saya kena suspend dan gak bisa backup.
    Makasih mas bantuannya.

  23. ini ilmu baru, karena website saya bermasalah, mau ta’ pindah ke server lain.
    thanks info nya bermanfaat sekali

  24. coba ah,, terima kasih infonya sangat membantu.
    semoga saya dapat melakukannya, soalnya belum pernah sama sekali, hehehhe…. salam..

  25. Mau tanya mas. Kan kita sudah backup yg di wp-content sama mysql.
    Terus nanti kalau mau mindahin ke web baru nya yang dipakai wp-conten atau yg mysql nya?
    dan terus cara mindahin ke web baru nya gimana gan? atau ada artikellnya? hehe

    Thank You Maz

  26. Berkunjung sambil belajar secara runut dan benar untuk melakukan backup konten di wordpress dengan info yang menarik dan bermanfaat di sini. Salam sapa untuk admin sukses selalu kang.

  27. kalau buat cloud hosting gimana gan,, saya pakai digital ocean dan harus bayar 2$ perbulan untuk backup data. apa tidak ada cara lain.

    • Belum pernah belajar gan menggunakan cloud hosting, dan rencananya baru mau mencoba cloud atau VPS. Nanti kalau sudah paham akan saya share disini.

  28. Terimakasih gan…saya sangat terbantu sekali dengan artikel ini…baru saja saya cadangkan semua data wordpress saya dengan mengikuti arahan di artikel ini…baik yang gratisan dan berbayar semua sudah terback up dengan lancar… sukses untuk kita semua

  29. alhamdulillah..akhirnya terbeckup jg websiteq. thank y mas semoga tambah exist. mau beckup website yyg lain lg deh

  30. terima kasih gan atas infonya, sangat membrantu saya dalam membackap website.
    langsung saya coba,
    kalo sudah di backap dan nanti di restor kembali, apa akan mempengaruhi SEO website tersebut gan?

  31. thanks sangat bermanfaat sekali, mulai skrng harus rajin2 backup nih.. kemarin sempat kena deface 2 web sekaligus :'(…………….

  32. Artikelnya sangat bermanfaat gan, yang saya mau tanyakan berkaitan dengan backup, nanti cara restore-nya bagaimana kalau seandainya terjadi masalah saat update wordpress ? karena saya kalau backup hanya tahu melalui FTP. tapi ternyata setelah baca artikel ini ada beberapa yang harus di backup semua. tidak pada satu konten. jadi malah agak sedikit bingung. terimakasih atas jawaban dan pencerahannya gan..

    • Untuk melakukan restore semua konten WordPress mas bisa lihat artikel ini. Semua sudah dibahas lengkap disana! Yang perlu kita amankan hanya file wp-content dan database SQL saja.

  33. Info menarik gan ijin copas ya untuk tambahan ilmu trims ..dan Artikelnya sangat bermanfaat gan, yang saya mau tanyakan berkaitan dengan backup, nanti cara restore-nya bagaimana kalau seandainya terjadi masalah saat update wordpress ? karena saya kalau backup hanya tahu melalui FTP. tapi ternyata setelah baca artikel ini ada beberapa yang harus di backup semua. tidak pada satu konten. jadi malah agak sedikit bingung. terimakasih atas jawaban dan pencerahannya gan..trims

  34. makasih banyak kak untuk infonya, ini yang aku cari-cari dari dulu, biar hasil postingan sama semua gambar vidio yang di upload ke web gak tiba2 ilang.

  35. Gan, nanya. File hasil compress kan udah didownload. Trus yang masih ada di folder wp-content itu dihapus ya ?

    • Kalau file compress sudah didownload, silakan hapus saja gan. File compress hanya file sementara agar nantinya bisa didownload.

  36. Gan mau nanya kalau backup yang ada dimenu backup wizard itu belum semua terbackup ya gan apakah harus backup bagian2 penting lainnya..?

    Tks atas pencerahannya

    Salam,
    www[.]in4-lin[.]web[.]id

  37. mas mengapa yang di backup hanya wp-content saja? direktori wp-admin, wp-include belum lagi api dari search engine, robot dan file wp2 lain nya, tidak ikut di backup? ooh ya mas saya mau tanya apakah di website info-menarik.net ini ada tutorial untuk pindah dari shared hosting ke VPS?

  38. wah artikel yang sangat membantu, kebetulan saja saya lagi mencari cara backup nya, terimakasih sekali mas

  39. Setelah ubek-ubek akhirnya ketemu juga yang dicari..makasih banget kak info dan sharingnya..Bokmark dulu kak..

  40. artikelnya sangat bermanfaat sekali mas. Mantavv..
    oya mas, klo misalkan storage host kita sudah penuh dan kta ingin backup data wp-content ad cara alternatifnya gk mas selain cara di atas? soalnya saya backup ternyata gk bisa karena memang sorage servernya sdh penuh..
    Makasih mas..

  41. Sangat membantu nih artikelnya bagi saya yang baru belajar, kalo saya nemu di website lain sih susah, tapi ini mudah caranya. sukses buat semua bro

  42. gampang si cuma pas pindahan wp-content upload ny suka gagal mulu. bikin nangis………………… ;(

  43. I would like to thank you for the efforts you have made in. The game is best known for its dark sense of humor and its graphic violence

  44. wah terimkasih gan solusinya, dulu saya khawatir content ilang karena gak tau caranya, sekarang jadi lebih tenang setelah baca artikel ini.

  45. Sipp terimakasih mas, alhamdulillah jadi tiap minggu backup wp. Tapi saya lebih pilih plugin wp untuk backup wp mas, lebih mudah…

  46. Kebetulan saya sedang asik main di WordPress ini jadi bisa jaga2 dengan backup menggunakan tutorial lengkapnya disini. Makasih bro.

  47. Terima Kasih Gan , Sangat Bermanfaat .!!! its Works. sering sering diupdate webnya gan agar saya bsa dapat ilmu ilmu baru tentang SEO

  48. maaf sedikit melenceng mas, tetapi kalau wordpress ering error databse connection gimana ya, sedih visitor lari.

    • Kemungkinan dari plugin yang terpasang mas! Kalau plugin tidak bermasalah, coba mas upgrade WordPressnya …

  49. Your article makes me more experienced and impressed, I hope you will have more good posts in the near future to share with readers.

  50. Untung nemu ini artikel. hampir mau bodo amat sama websiteku. terima kasih ilmunya

  51. Asep Rohimat

    Ini sangat penting dilakukan apabila jika kita dalam keadaan darurat, backup konten itu perlu,

  52. lebih tepatnya file postingan artikel dalam wp-content itu yang mana ya? saya gak menemukan file penting selain gambar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.