Home / Teknologi / Cara Membuat Channel Youtube di Laptop dan Android Agar Bisa Menghasilkan Uang

Cara Membuat Channel Youtube di Laptop dan Android Agar Bisa Menghasilkan Uang

Cara Membuat Channel Youtube di Laptop dan Android 1

Info Menarik – Kamu tentu sudah pada tahu siapa itu Atta Halilintar, Ria Ricis, Bayuk Skak, dan Jess No Limit. Banyak orang yang bermimpi menjadi kreator atau Youtuber sukses seperti mereka. Untuk menjadi Youtuber seperti mereka ini, Kamu wajib mempunyai channel Youtube. Untuk itu disini saya akan memberikan tutorial cara membuat channel Youtube sebagai jalan menuju kesuksesan seperti jejak Youtuber yang sukses.

Baca Juga : Cara Download Video Youtube Tanpa Menggunakan Software (Install Aplikasi)

Sebetulnya cara membuat channel Youtube itu sangatlah gampang. Kamu tidak akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyelesaikan pembuatan channel Youtube. Hal tersulit jika Kamu ingin jadi Youtuber adalah cara agar channel Youtube bisa menghasilkan banyak uang.

Tidak semudah membalikkan tangan jika Kamu bercita-cita ingin mempunyai penghasilan melimpah dari channel Youtube. Tapi bukan hal yang tidak mungkin juga, apalagi jika Kamu belum mencobanya. Untuk motivasi, boleh-boleh saja jika Kamu mempunyai angan-angan tinggi dan mengambil contoh penghasilan Youtuber sukses. Namun jangan lupa Kamu juga harus konsistensi dalam berkarya karena ini menjadi kunci utama keberhasilan dalam menggeluti profesi Youtuber.

Baca Juga : Cara Menjadi Youtuber Sukses Bisa Menghasilkan Uang Cocok Untuk Pemula

Untuk mencoba menjadi Youtuber seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, dan yang lainnya sebagai modal awal Kamu meski memiliki channel Youtube. Selanjutnya untuk menggapai impian kesuksesan, Kamu harus bekerja keras dan konsisten dalam mengupload video. Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat channel Youtube sekaligus tips sederhana agar channel Youtube Kamu bisa menghasilkan uang.

Berikut Langkah-langkah Cara Membuat Channel Youtube

Untuk membuat channel Youtube disini saya membaginya menjadi dua bagian. Pertama penjelasan membuat channel Youtube di Laptop atau komputer dan kedua membuat channel Youtube di Android. Sebetulnya pada dasarnya masih sama, namun untuk memperjelas supaya Kamu tidak bingung maka saya akan bahas kedua-duanya.

1. Cara Membuat Channel Youtube di Laptop

1. Membuat Akun Google

Syarat utama untuk membuat channel Youtube adalah Kamu harus memiliki akun Google. Youtube masih dikelola oleh Google. Jika Kamu sudah memiliki alamat email di Google (GMail) atau layanan Google lainnya maka tidak perlu lagi membuat akun Google. Satu akun Google bisa digunakan di seluruh layanan Google. Karena Youtube masih layanan Google, maka Kamu cukup menggunakan akun yang sudah ada.

Namun jika Kamu belum memiliki akun Google, silakan caranya bisa dilihat pada artikel berikut.

2. Login ke Youtube dengan Akun Google

Jika akun Google telah Kamu siapkan dan login di akun Google langkah selanjutnya adalah masuk atau login ke Youtube. Kamu bisa masuk ke URL youtube.com atau dari browser Chrome langsung klik Simbol Google Aplikasi di kanan atas. Silakan pilih aplikasi Youtube!

Cara Membuat Channel Youtube 2

3. Membuat Channel Youtube

Jika sudah berhasil masuk ke halaman Youtube, sekarang Kamu klik foto profil Akun Google dan klik Buat Channel. Langkah ini adalah awal pembuatan channel Youtube.

Cara Membuat Channel Youtube 3

Pada tahap ini silakan Kamu pilih tombol Mulai. Kamu jangan memilih link Tidak, Terima kasih! Dengan memilih tombol Mulai maka Kamu akan diarahkan secara otomatis pembuatan channel Youtube.

Cara Membuat Channel Youtube 4

Terdapat dua pilihan dalam membuat channel Youtube, yaitu : menggunakan nama yang sudah ada dan menggunakan nama kustom. Silakan Kamu tentukan saja sendiri sesuai keperluan. Pembuatan nama channel ini nanti juga jika Kamu sudah selesai membuat channel Youtube bisa diubah. Dalam contoh kali ini saya memilih opsi Gunakan nama Anda atau nama yang sudah ditentukan sebelumnya dalam pembuatan akun Google.

Cara Membuat Channel Youtube 5

Selesai! Channel Youtube Kamu sudah dibuat. Bagaimana mudah bukan? Langkah selanjutnya Kamu perlu menyelesaikan langkah-langkah tertentu agar channel Youtube bisa bekerja secara optimal.

Cara Membuat Channel Youtube 6

4. Kustomisasi Channel Youtube

Lakukan kustomisasi channel Youtube agar channel Youtube Kamu memiliki tampilan yang profesional. Tentunya jika channel Youtube Kamu memiliki tampilan yang bagus maka akan dipercaya oleh penikmat video sehingga Kamu akan mempunyai langganan (subscriber) yang tetap dan banyak.

a. Upload Gambar Profil

Silakan upload gambar profil channel Youtube Kamu sebagai petunjuk identitas terhadap subscriber nantinya. Gambar profil akan muncul di sebelah video yang Kamu upload di Youtube. Gambar profil juga akan muncul di komentar Kamu.

Cara Membuat Channel Youtube 7

b. Mengisi Deskripsi Channel

Isi deskripsi channel Youtube Kamu. Berikan deskripsi atau penjelasan singkat tentang channel Youtube Kamu terhadap penonton. Beri tahu penonton tentang apa atau siapa yang ditampilkan dalam video channel Youtube Kamu. Deskripsi ini akan muncul di Google Penelusuran (Search Engine). Tentunya ini akan menguntungkan Kamu agar channel Youtube mudah ditemukan orang lain di pencarian Google.

Cara Membuat Channel Youtube 8

c. Menambahkan Link ke Channel

Tambahkan link sosial media atau website Kamu di channel Youtube. Hal ini akan menguntungkan Kamu, selain Kamu akan memperoleh backlink link yang Kamu tautkan juga akan memperoleh trafik dari penonton channel Youtube.

Cara Membuat Channel Youtube 9

d. Sesuaikan Channel Youtube

Sesuaikan channel Youtube yang baru saja Kamu buat! Disini Kamu nanti bisa mengubah tampilan header channel Youtube. Tentunya channel Kamu akan terlihat semakin menarik dan dipercaya penonton.

Cara Membuat Channel Youtube 10

Silakan klik pilih tombol Tambahkan header channel! Upload gambar header yang bisa mewakili keseluruhan channel Youtube Kamu. Supaya memperoleh hasil terbaik, silakan upload gambar yang memiliki ukuran 2560 x 1440 piksel atau 2048 x 1152 piksel.

5. Mulai Upload Video dan Menerbitkannya

Selesai membuat channel Youtube dan ngengkustomisasinya, kini saatnya Kamu mengisi channel dengan video. Ini adalah kunci utama kesuksesan menjadi Youtuber. Buat konten video yang unik, menarik, dan belum pernah diupload oleh channel orang lain.

Untuk upload video, silakan klik ikon plus pada gambar video lalu klik Upload Video.

Klik tombol Pilih File dan cari video yang akan Kamu upload di channel Youtube. Hampir semua format video dapat Kamu upload di Youtube.

Jika proses upload sudah selesai, jangan lupa untuk mengatur Visibilitas dan pilih Publik. Hal ini langkah agar video Kamu bisa ditonton oleh orang lain. Terakhir klik Publikasikan dan kini video Kamu sudah berada di Youtube dan siap ditonton oleh orang lain.

2. Cara Membuat Channel Youtube di Android

Langkah berikutnya bagaimana cara membuat channel Youtube di Android. Untuk langkah-langkah pembuatan channel Youtube di laptop atau komputer sudah selesai.

1. Membuat Akun Google

Langkah pertama membuat channel Youtube di Android caranya sama dengan pembuatan di laptop yaitu meski memiliki akun Google. Untuk itu disini saya tidak perlu menjelaskannya lagi. Kamu bisa menyimak cara diatas!

2. Login ke Youtube dengan Akun Google

Setelah akun Google sudah siap, silakan buka Aplikasi Youtube di Android. Biasanya aplikasi Youtube merupakan aplikasi bawaan HP Android. Namun jika tidak ditemukan, silakan Kamu install lagi aplikasi Youtube dari Google Play Store.

Jika aplikasi Youtube sudah Kamu pasang di Android, silakan Login di Youtube menggunakan akun Google yang telah Kamu siapkan! Tap ikon atau gambar profil lalu tap Channel Anda.

3. Membuat Nama Channel Youtube

Tentukan nama channel Youtube Kamu yang akan dibuat. Secara otomatis akan muncul nama depan dan belakang akun Google Kamu. Jika Kamu tidak menginginkan nama tersebut, silakan ubah. Setelah selesai silakan tap Buat Channel.

4. Kustomisasi Channel Youtube

Lakukan kustomisasi di channel Youtube yang baru saja Kamu buat. Untuk kustomisasi channel Youtube di Android tidak selengkap di laptop atau komputer. Jika Kamu ingin lebih lengkap lagi, silakan kustomisasi channel Youtube menggunakan laptop.

Untuk kustomisasi channel Youtube di Android, silakan tap ikon roda gigi (settings). Kemudian tentukan Deskripsi Channel Youtube lalu atur juga Privasinya.

5. Mulai Upload Video dan Menerbitkannya

Selesai melakukan kustomisasi, silakan sekarang Kamu upload video ke channel Youtube! Tap ikon video lalu cari video yang akan Kamu upload yang tentunya video sebelumnya sudah tersimpan di Android. Terdapat 3 pilihan dalam mengupload video di Android : upload Video dari merekam langsung, video live streaming, dan mengupload video yang sudah tersimpan di Android.

Tentukan Judul, Deskripsi, dan Privasi video yang akan Kamu upload di channel Youtube. Silakan tunggu proses upload hinggal muncul notifikasi berhasil …

3. Cara Agar Channel Youtube Bisa Menghasilkan Uang

Terdapat beberapa hal yang harus Kamu perhatikan agar channel Youtube Kamu bisa menghasilkan uang. Hal terpenting agar channel Youtube bisa di monetisasi dengan AdSense adalah channel Kamu harus sudah memiliki subscriber (pelanggan) 1000. Sebelum mencapai 1000 subscribe channel Youtube Kamu tidak akan menghasilkan uang.

Selanjutnya syarat utama agar subscribe channel Kamu bisa mencapai 1000 pelanggan, maka teruslah upload video yang unik dan menarik. Promosikan terus channel Youtube Kamu melalui media sosial, WhatsApp, dan lain-lain.

Selain 1000 subscribe, channel Kamu juga harus memiliki jam tayang minimalnya 4000 jam dalam 12 bulan sebelumnya. Ini berarti video Kamu harus sudah banyak menonton. Jadi banyaknya subscribe tidak cukup jika ternyata video memiliki jumlah views sedikit.

Lebih lengkapnya agar channel Youtube Kamu bisa menghasilkan uang adalah sebagai berikut :

1. Buat Konten Video yang Berkualitas

Konten video berkualitas disini bukan artinya konten video belum pernah ada yang membahasnya di channel orang lain. Lebih bagusnya memang seperti itu, namun saat ini sepertinya sulit. Hampir setiap materi sudah ada yang membahas di channel Youtube.

Solusinya silakan buat konten video dengan gaya Kamu sendiri meskipun materi tersebut sudah ada di channel orang lain. Intinya video yang Kamu unggah tidak pernah melanggar hak cipta serta sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan pihak Youtube.

2. Gunakan kata “Video” dalam Membuat Judul

Terlihat sepele namun akan berdampak luar biasa terhadap channel Youtube Kamu. Banyak orang yang mencari konten di pencarian Google dengan menambahkan kata “Video” diawalnya. Untuk itu silakan tambahkan kata “Video” di judul video yang Kamu upload di Youtube. Contoh “Video Cara Membuat Channel Youtube di Laptop dan Android”.

3. Buat Judul Video yang Menarik

Judul merupakan adalah kunci utama agar video Kamu di klik orang lain. Silakan buat judul video yang menarik dan unit agar orang lain penasaran ingin menonton video di channel Kamu. Hindari membuat judul video yang menipu orang lain. Sesuaikan judul dengan video yang Kamu upload di channel Youtube. Gunakan judul yang interakif serta tidak membingungkan orang lain.

4. Tambahkan Deskripsi Video yang Jelas

Yang tidak kalah penting lainnya adalah Kamu harus menentukan deskripsi atau penjelasan lebih rinci lagi video yang Kamu upload. Banyak penonton tidak akan memutar video sebelum membaca deskripsi dulu. Jika deskripsi tidak diisi atau tidak jelas, mungkin penonton akan kabur dari channel Youtube Kamu.

5. Tambahkan Tag dan Gambar Thumbnails

Untuk melengkapi konten video Kamu di channel Youtube, silakan tentukan dan tambahkan juga tag dan gambar thumbnails. Orang lain sebelum klik video pertama yang akan dilihat adalah Judul dan Gambar Thumbnails. Untuk itu silakan buat semenarik mungkin gambar thumbnails yang mewakili konten video Kamu. Kamu bisa membuat thumbnails menggunakan program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop atau CorelDRAW. Buat thumbnails dengan dimensi ukuran 2560 x 1440 piksel.

6. Sisipkan Keyword di Judul, Deskripsi, dan Tag

Pengaruh kata kunci (keyword) di video Youtube akan berdampak positif pada hasil pencarian. Untuk itu jangan asal ketika membuat judul, deksripsi, dan tag. Sebaiknya Kamu sisipkan kata kunci yang Kamu bidik disitu.

Akhirnya selesai sudah artikel Cara Membuat Channel Youtube di Laptop dan Android. Semoga dengan adanya artikel ini masalah Kamu bisa terselesaikan. Bukan hanya pembuatan channel Youtube saja, namun usahakan channel Kamu bisa menghasilkan uang.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.