Senin, 20 September 2021

Trik Bekerja Cepat Di Excel Yang Sering Digunakan Untuk Menghemat Waktu Kamu

Trik Bekerja Cepat di Excel 1

Trik Bekerja Cepat di Excel – Bagi sebagian orang bukan perkara yang sulit mengerjakan pekerjaan di Office Excel. Pasalnya mereka sudah paham benar dengan berbagai trik cara bekerja cepat di Office Excel. Lain cerita dengan pemula atau yang baru mengenal Office Excel. Pekerjaan di Office Excel menjadi tugas yang sangat menjemukan. Mereka meski mengulang sejumlah perintah dengan cara manual.

Baca Juga: Simak! Cara Membuat Rumus Otomatis di Excel Yang Akan Memudahkan Hidup Kamu

Sebetulnya untuk mengerjakan pekerjaan di Office Excel bisa kita selesaikan dengan cepat. Office Excel atau yang akan kita sebut Excel saja memiliki sejumlah fitur untuk membantu pekerjaan Kamu menjadi lebih cepat selesai. Hal ini tentu saja dapat menghemat waktu Kamu dalam pengolahan angka di Excel.

Selain rumus atau fungsi, Excel juga memiliki sejumlah jalan pintas atau disebut dengan shortcut untuk memudahkan Kamu ketika mengerjakan pekerjaan di aplikasi ini. Trik-trik apa saja untuk mempercepat pekerjaan Kamu di Excel? Silakan Kamu simak artikel ini sampai selesai …

Trik Bekerja Cepat di Excel Dengan Memahami Sejumlah Perintah Shortcut

1. Membuka Banyak File Excel Sekaligus

Kamu bisa membuka beberapa file Excel sekaligus tanpa harus klik satu persatu. Silakan kumpulkan file-file Excel yang akan Kamu kerjakan dalam satu folder, kemudian tekan Ctrl+A di keyboard untuk blok/memilih semua file. Setelah itu tekan Enter di keyboard, maka otomatis semua file Excel akan terbuka.

Trik Bekerja Cepat di Excel 2

Kemudian jika dalam satu folder berisi tidak hanya file Excel saja atau campur dengan file-file lain, silakan tekan Ctrl di keyboard sambil klik file Excel. Pilih setiap file Excel yang akan Kamu buka sambil menekan Ctrl di keyboard. Jika semua file sudah Kamu pilih, lepas Ctrl lalu tekan Enter.

Trik Bekerja Cepat di Excel 3

2. Trik Cepat Ketika Memilih Semua Lembar Kerja

Ketika Kamu ingin memilih semua lembar kerja di Excel, cukup dengan satu klik saja. Kamu cukup klik sudut kiri atas tempat bertemu Column dan Row.

Trik Bekerja Cepat di Excel 4

3. Trik Cepat Ketika Memindahkan Antar Jendela File Excel

Ketika Kamu mengerjakan file Excel lebih dari satu file, terdapat trik cepat untuk pindah dari satu jendela ke jendela Excel lain. Kamu tidak perlu menggunakan klik mouse untuk sekedar pindah jendela. Langkah cepat untuk pindah jendela cukup dengan menekan tombol Ctrl+Tab di keyboard.

Trik Bekerja Cepat di Excel 5

4. Menentukan Batasan Minimal dan Maximal Jumlah Karakter

Untuk antisipasi kesalahan ketika input data di Excel, kita bisa mengatur jumlah batasan karakter pengetikan. Kita dapat menentukan jumlah minimal dan maksimal karakter yang kita input. Hal ini bisa kita terapkan pada data yang sudah pasti jumlah karakter dari data tersebut. Contoh input data NIK, karena NIK ini sudah pasti memiliki 16 karakter atau angka. Dengan begitu, jika Kamu isi data kurang atau lebih dari 16 angka maka sistem akan menolak.

Untuk membuat pengaturan sistem batasan jumlah karakter atau angka setelah memilih baris atau kolom kemudian klik menu Data. Langkah selanjutnya klik Data Validation dan pilih Settings. Pada Allow jika Kamu ingin menentukan batasan jenis angka, silakan pilih Whole Number. Kamu isi juga jumlah Minimum dan Maximum batasan yang ingin Kamu tentukan, contoh kali ini 16.

Trik Bekerja Cepat di Excel 6

Kamu juga bisa menentukan pesan peringatan jika nanti pengisian data tidak sesuai dengan yang sudah Kamu setting. Masih di jendela Data Validation, klik tab Error Alert. Untuk Style silakan Kamu sesuaikan saja, contoh saya pilih Style Stop. Title isi dengan judul informasi, misalkan Peringatan. Lalu untuk Error Message silakan isi dengan pesan dari error tersebut. Contoh saya mengisi dengan “Maaf, data yang Kamu isi tidak sesuai. Silakan isi dengan angka sebanyak 16 karakter!”.

Trik Bekerja Cepat di Excel 7

Jika pengisian salah, maka akan tampil informasi peringatan seperti ini:

Trik Bekerja Cepat di Excel 8

5. Membuat Garis Diagonal dalam Tabel

Bukan perkara sulit ketika Kamu memerlukan garis diagonal di Excel. Kamu bisa dengan mudah membuat garis diagonal dalam Tabel di Excel. Kamu tidak perlu menggunakan bantuan Shapes seperti di Office Word.

Untuk membuat garis diagonal di Excel pada menu Home kemudian klik Font. Atau langkah cepat lagi bisa menekan Ctrl+Shift+F pada keyboard.

Trik Bekerja Cepat di Excel 9

Pada jendela Font, Kamu pilih tab Border lalu klik pilih jenis border diagonal.

Trik Bekerja Cepat di Excel 10

6. Mengaktifkan Quick Access Toolbar

Supaya tombol-tombol yang sering Kamu gunakan lebih mudah ketika Kamu akses, silakan tampilkan dalam bentuk Shortcut. Seperti tombol Save, New, dan Print ini sangat sering kita gunakan. Untuk mengaktifkan tombol-tombol ini, Kamu cukup mencentang pada Quick Access Toolbar Excel.

7. Menambahkan Baris dan Kolom di Tengah Tabel

Ketika Kamu akan menambahkan baris atau kolom di tengah-tengah tabel, dapat Kamu lakukan dengan mudah dan cepat di Excel. Contoh saya akan menambahkan 3 baris di tengah tabel yang sudah saya buat. Sorot atau blok posisi dan jumlah baris yang akan kita tambah.

Kemudian pilih Insert di menu Home kemudian klik pilih Insert Cells dan selesai. Maka 3 baris akan bertambah otomatis di tengah-tengah tabel. Cukup mudah bukan?

Begitupun jika Kamu ingin menambah kolom di tengah tabel, Kamu bisa melakukan cara seperti langkah tadi.

8. Trik Cepat Menghapus Tabel Kosong

Ketika Kamu mencari data kosong secara manual, tentu saja hal ini akan memerlukan waktu lama. Langkah cepat untuk mencari dan menghapus data kosong di baris atau kolom tabel adalah dengan menentukan Filter terlebih dahulu.

Silakan Kamu blok baris atau kolom yang ingin Kamu cari data yang kosong. Selanjutnya klik menu Data kemudian Filter. Setelah muncul ikon Filter, klik ikon tersebut dan centang pada opsi Blank lalu klik Ok. Untuk proses menghapus data kosong ini, dari menu Home klik Delete.

9. Cara Cepat Memindahkan Data ke Baris Lain

Ketika Kamu akan memindahkan sejumlah data ke baris lain di Excel, bisa Kamu lakukan dengan cepat. Hal ini seperti Kamu melakukan Copy Paste saja. Namun dengan melakukan cara ini bisa sedikit lebih cepat.

Untuk memindahkan data ke baris lain, cukup Kamu blok data yang akan Kamu pindahkan. Kemudian arahkan pointer mouse ke sudut kanan bawah (posisi akhir blok data) hingga tampil tanda . Kemudian pada posisi itu Kamu double klik (klik ganda) mouse. Maka sejumlah data yang sudah Kamu blok tadi akan pindah ke baris bawah.

10. Mencari Data yang Masih Samar

Kamu akan kesulitan ketika mencari data samar jika hanya menggunakan fitur Find and Replace saja. Agar data yang masih samar dapat Kamu temukan dengan mudah dan cepat, silakan Kamu tambahkan simbol  (~) di kolom pencarian.

Trik Bekerja Cepat di Excel Dengan Menggunakan Perintah Keyboard Shortcut

Sebagai pelengkap artikel, saya akan menyajikan beberapa perintah keyboard shortcut. Perintah-perintah ini tentu saja dapat mempercepat pekerjaan Kamu ketika melakukan pengolahan angka di Excel.

Umumnya orang-orang bekerja di komputer menggunakan mouse dan keyboard digunakan hanya untuk pengetikan saja. Untuk mempercepat pekerjaan, keyboard bisa kita gunakan untuk perintah tertentu. Contoh kecil saja, untuk mencetak/print hasil kerja kita cukup menekan Ctrl+P saja di keyboard. Perintah ini berlaku di hampir seluruh aplikasi atau software komputer.

Tentu saja tingkat keefisienan keyboard shortcut jauh lebih cepat dibanding perintah manual. Menggunakan kombinasi tombol keyboard jauh lebih cepat kita akses dibanding harus menggerak-gerakkan mouse.

Berikut Daftar Keyboard Shortcut untuk Mempercepat Pekerjaan di Excel

Perintah Keyboard Shortcut Fungsi Keyboard Shortcut
Ctrl+S Menyimpan hasil pekerjaan
Ctrl+C Menyalin pekerjaan
Ctrl+V Menempel yang sudah disalin
Ctrl+Z Membatalkan proses terakhir
Ctrl+Y Mengulangi perintah terakhir
Ctrl+F Mencari data
Ctrl+O Membuka file
Ctrl+N Membuat workbook baru
Ctrl+P Mencetak hasil kerja
Ctrl+F2 Menampilkan Print Preview
F12 Membuat kotak dialog Save As
Ctrl+W Menutup layar kerja workbook
Ctrl+F4 Menutup layar kerja Excel
Alt+F1 Membuat chart baru
F1 Mengakses bantuan (Help)
F2 Mengedit sel
F4 Membuat fungsi absolute
Ctrl+$ Membuat format mata uang
Ctrl+# Membuat format tanggal
Ctrl+! Membuat format angka desimal
Ctrl+; Memunculkan tanggal saat ini
Ctrl+: Memunculkan waktu saat ini
Ctrl+% Membuat format persentase
Ctrl+B Membuat cetak tebal pada tulisan
Ctrl+I Memiringkan tulisan
Ctrl+U Membuat garis bawah pada tulisan
Ctrl+A Memblok semua tulisan dan tabel
Ctrl+D Menghapus tulisan
Ctrl+9 Menyembunyikan baris yang dipilih
Ctrl+0 Menyembunyikan kolom yang dipilih
Ctrl+1 Membuka kotak dialog Format Cells
Ctrl+Panah Kiri/Kanan Memindahkan sel terjauh kiri dan kanan
Ctrl+Panah Atas/Bawah Memindahkan sel terjauh atas dan bawah
Ctrl+Home Memindahkan ke halaman awal
Shift+Spasi Memilih satu deret baris
Ctrl+Spasi Memilih satu deret kolom
Ctrl+Shift+Spasi Memilih seluruh sel di lembar kerja
Shift+F2 Menambahkan komentar sel
Ctrl+X Memotong sel data yang dipilih
Esc Membatalkan entri sel
Ctrl+’ Memunculkan semua rumus/fungsi
Ctrl+Shift+F3 Memberi nama sel yang aktif
Alt+H+A+C Meratakan tulisan tengah
Alt+H+A+L Meratakan tulisan kiri
Alt+H+A+R Meratakan tulisan kanan
Crtl+Shift+B Format sains
Crtl+R Memenuhi sel dari kanan
Crtl+K Membuat hyperlink
Alt+Enter Membuat garis baru di sel yang sama
Crtl+Spasi Memilih kolom tabel

Baca Juga: Cara Mengetahui Tanggal Lahir Lengkap Dari Data NIK Di Excel Dengan Cepat

Ok mungkin hanya itu saja pembahasan berbagai trik bekerja cepat di Office Excel. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu siapa saja yang membutuhkan. Silakan bantu share informasi ini agar yang lain dapat terbantu juga. Sampai bertemu lagi pada artikel keren dan menarik selanjutnya …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.