Rabu, 20 September 2023

Panduan Lengkap Membuat Keyboard Shortcuts di Photoshop untuk Produktivitas Maksimal

Cara Membuat Keyboard Shortcuts di Photoshop 01

Info Menarik –¬†Photoshop adalah salah satu perangkat lunak pengeditan gambar yang paling populer di dunia, digunakan oleh profesional kreatif di berbagai bidang. Untuk membantu mengoptimalkan waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengedit gambar, Adobe Photoshop menyediakan fitur yang kuat yang disebut keyboard shortcuts atau pintasan keyboard. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat keyboard shortcuts yang dapat kita sesuaikan sesuai dengan kebutuhan Kamu di Photoshop.

Apa itu Keyboard Shortcuts di Photoshop?

Keyboard shortcuts di Photoshop adalah kombinasi tombol yang dapat Kamu tekan pada keyboard untuk melakukan tindakan atau mengakses fungsi tertentu secara cepat dalam perangkat lunak Photoshop. Kemudian dengan menggunakan keyboard shortcuts, Kamu dapat menghindari penggunaan mouse secara berlebihan dan menghemat waktu dengan langsung mengaktifkan perintah atau alat yang Kamu butuhkan.

Selanjutnya Adobe Photoshop menyediakan banyak keyboard shortcuts bawaan yang mencakup berbagai fungsi dan alat yang tersedia di dalamnya. Misalnya, Kamu dapat menggunakan keyboard shortcuts untuk mengaktifkan alat penghapus, mengganti ukuran kuas, mengubah mode tampilan, atau membatalkan perubahan yang kita lakukan. Keyboard shortcuts ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi kerja Kamu dan mempercepat proses pengeditan gambar.

Kemudian Kamu juga memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan atau membuat pintasan keyboard baru di Photoshop. Kamu dapat mengubah keyboard shortcuts bawaan yang ada atau membuat kombinasi tombol khusus sesuai dengan preferensi Kamu sendiri. Ini memungkinkan Kamu untuk mengoptimalkan penggunaan Photoshop dan mengatur alur kerja Kamu agar sesuai dengan gaya dan kebutuhan pribadi Kamu.

Penggunaan keyboard shortcuts secara konsisten dapat membantu Kamu menjadi lebih terampil dan efisien dalam menggunakan Photoshop. Selanjutnya semakin sering Kamu menggunakannya, semakin familiar Kamu akan dengan kombinasi tombol yang umum digunakan, dan ini akan meningkatkan produktivitas Kamu saat mengedit gambar.

Baca Juga: Perlunya Menggunakan Keyboard Shortcut Ketika Kamu Posting Artikel di WordPress

Mengapa Keyboard Shortcuts Penting dalam Photoshop?

Keyboard shortcuts di Photoshop memiliki berbagai manfaat yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas Kamu saat mengedit gambar. Berikut ini beberapa manfaatnya sehingga penting Kamu kuasai:

1. Efisiensi dan Kecepatan

Pertama, dengan menggunakan keyboard shortcuts, Kamu dapat menghemat waktu dengan mengakses perintah dan alat secara langsung tanpa harus mencari melalui menu atau mengklik ikon dengan mouse. Kemudian dalam jangka panjang, penggunaan keyboard shortcuts dapat mengurangi waktu yang Kamu habiskan untuk mencapai hasil yang Kamu inginkan.

2. Akses Cepat ke Fungsi Penting

Kemudian keyboard shortcuts memungkinkan Kamu untuk dengan cepat mengakses fungsi penting dan alat-alat yang sering Kamu gunakan dalam Photoshop. Kamu dapat memanggil perintah dan alat secara instan, seperti zoom in/zoom out, potong gambar, memilih area, mengubah mode tampilan, atau mengganti warna kuas, dengan hanya beberapa ketukan tombol.

3. Aliran Kerja yang Lancar

Selanjutnya dengan mengandalkan keyboard shortcuts, Kamu dapat mengalihkan perhatian dari perangkat input (mouse) ke keyboard. Ini membantu menjaga aliran kerja yang lancar tanpa gangguan, karena Kamu tidak perlu menggeser tangan dari keyboard ke mouse dan sebaliknya. Kemudian Kamu dapat tetap fokus pada pengeditan gambar tanpa terganggu oleh transisi antarperangkat.

4. Mengurangi Kelelahan Fisik

Kemudian terlalu sering menggunakan mouse secara berlebihan dapat menyebabkan kelelahan fisik pada tangan dan pergelangan tangan Kamu. Dengan menggunakan keyboard shortcuts, Kamu dapat mengurangi kebutuhan untuk menggerakkan mouse dan mengklik secara berulang-ulang. Ini dapat mengurangi stres pada bagian tubuh tersebut dan membantu mencegah cedera yang disebabkan oleh penggunaan mouse yang berlebihan.

5. Mengingat Kombinasi Tombol yang Umum

Selanjutnya dengan menggunakan keyboard shortcuts secara konsisten, Kamu akan mengingat kombinasi tombol yang umum digunakan dalam Photoshop. Ini akan membantu Kamu mengedit gambar dengan lebih lancar dan tanpa gangguan. Mengingat keyboard shortcuts yang umum juga dapat mempercepat aliran kerja Kamu, karena Kamu tidak perlu memikirkan tombol mana yang harus Kamu tekan.

6. Kustomisasi Sesuai Kebutuhan

Kemudian salah satu keuntungan besar menggunakan keyboard shortcuts di Photoshop adalah kemampuan untuk menyesuaikannya sesuai dengan preferensi Kamu sendiri. Kamu dapat mengubah keyboard shortcuts bawaan yang ada atau membuat kombinasi tombol khusus untuk alat-alat atau perintah yang paling sering Kamu gunakan. Dengan membuat pengaturan yang dapat Kamu sesuaikan, Kamu dapat mengoptimalkan Photoshop agar sesuai dengan gaya kerja dan kebutuhan pribadi Kamu.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Tampilan Workspace Photoshop ke Pengaturan Awal

Cara Membuat Keyboard Shortcuts di Photoshop untuk Produktivitas Maksimal

Dengan memanfaatkan keyboard shortcuts di Photoshop, Kamu dapat menghemat waktu, meningkatkan efisiensi, mengurangi kelelahan fisik, dan mengoptimalkan aliran kerja pengeditan gambar Kamu. Praktek yang konsisten dengan keyboard shortcuts akan membantu Kamu menjadi lebih terampil dan efisien dalam menggunakan Photoshop.

Berikut langkah-langkah dalam membuat keyboard shortcuts di Photoshop untuk meningkatkan produktivitas yaang maksimal:

1. Buka Pengaturan Keyboard Shortcuts

Pertama, silakan Kamu buka Adobe Photoshop dan pergi ke menu Edit. Pilih opsi Keyboard Shortcuts atau gunakan pintasan keyboard sendiri Alt+Shift+Ctrl+K.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts di Photoshop 02

2. Pilih Set Alat yang Dapat Disesuaikan

Kemudian dalam jendela Keyboard Shortcuts, Kamu akan melihat daftar Set di bagian atas. Set adalah kumpulan keyboard shortcuts yang terorganisir berdasarkan alat yang Kamu gunakan dalam Photoshop. Pilih Set yang sesuai dengan kebutuhan Kamu, seperti Photoshop Defaults atau Custom jika Kamu telah membuat set sendiri sebelumnya.

3. Pilih Alat yang Akan Dikustomisasi

Selanjutnya setelah memilih Set yang tepat, Kamu akan melihat daftar alat Photoshop di bagian tengah jendela. Cari alat yang ingin Kamu kustomisasi dengan keyboard shortcut baru.

Sebagai contoh saya mempunyai plugin Noiseware dari Imagenomic untuk menghilangkan noise pada foto. Plugin tersebut biasanya akan tampil di menu Filter.

Kemudian karena kita akan membuat keyboard shortcut di menu Filter, maka saya mengarahkan tab pada menu Filter tersebut.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts di Photoshop 03

Selanjutnya silakan Kamu ketikkan keyboard shortcuts yang ingin Kamu buat! Misalnya saya membuat tombol kombinasi keyboard Alt+Shift+Ctrl+W.

4. Simpan dan Gunakan Keyboard Shortcut Kamu

Setelah menyesuaikan keyboard shortcut sesuai keinginan Kamu, klik tombol OK untuk menyimpan perubahan. Sekarang, Kamu dapat langsung menggunakan keyboard shortcut tersebut untuk mengakses alat dengan cepat.

Contoh pembuatan keyboard shortcut yang tadi saya lakukan:

Tips Tambahan untuk Meningkatkan Penggunaan Keyboard Shortcuts

1. Pelajari Keyboard Shortcuts yang Umum

Beberapa keyboard shortcuts yang umum dan sering digunakan di Photoshop adalah Ctrl + C (Salin), Ctrl + V (Tempel), Ctrl + Z (Membatalkan), dan Ctrl + T (Transformasi). Mengingat kombinasi tombol ini akan sangat berguna dalam mengedit gambar.

2. Buat Set Sendiri

Kemudian selain mengubah keyboard shortcut dalam Set yang ada, Kamu juga dapat membuat Set sendiri yang sesuai dengan preferensi Kamu. Dengan membuat Set kustom, Kamu dapat mengatur keyboard shortcuts berdasarkan kebiasaan kerja atau alat yang paling sering Kamu gunakan.

3. Praktekkan Konsistensi

Selanjutnya cobalah untuk menggunakan keyboard shortcuts secara konsisten dalam pekerjaan sehari-hari Kamu. Semakin sering Kamu menggunakannya, semakin cepat Kamu akan mengingat kombinasi tombol dan semakin efisien Kamu dalam mengedit gambar.

Baca Juga: 5 Pengaturan Photoshop yang Wajib Ditampilkan untuk Memudahkan Desain

Kesimpulan

Keyboard shortcuts adalah alat yang sangat berguna dalam meningkatkan produktivitas Kamu dalam menggunakan Adobe Photoshop. Dengan mengganti kombinasi tombol standar atau menambahkan keyboard shortcut baru sesuai kebutuhan Kamu, Kamu dapat menghemat waktu, mengurangi kelelahan, dan menguasai Photoshop dengan lebih baik.

Kemudian jangan ragu untuk bereksperimen dengan pengaturan keyboard shortcuts dan menyesuaikannya dengan preferensi Kamu sendiri. Praktek yang konsisten dan kebiasaan penggunaan keyboard shortcuts akan membantu Kamu menjadi lebih efisien dan produktif dalam mengedit gambar dengan Photoshop.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Ads Blocker Image Powered by Code Help Pro

Pemblokir Iklan Terdeteksi!

Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan ekstensi untuk memblokir iklan. Tolong dukung kami dengan menonaktifkan pemblokir iklan ini!