Home / WordPress / Cara Membuat Website Gratis Selamanya Dan Mudah Cocok Untuk Belajar

Cara Membuat Website Gratis Selamanya Dan Mudah Cocok Untuk Belajar

Cara Membuat Website 1

Cara Membuat Website Gratis Selamanya – Dengan modal web hosting dan domain maka Anda sudah bisa mengelola sebuah website. Sayangnya tidak semua orang mampu membayar biaya langganan web hosting dan domain. Khusus untuk pemula, biaya langganan web hosting dan domain tergolong tinggi. Solusi terbaiknya bagi Anda yang masih dalam tahap belajar atau pemula, pilihlah layanan web hosting dan domain gratis.

Baca Juga : Cara Membuat Website Sekolah/Madrasah Melalui Simpatika Kemenag

Saat ini untuk membuat sebuah website yang memiliki tampilan layaknya website profesional tidaklah sulit. Proses pembuatan website tergolong mudah, cukup dengan adanya layanan web hosting dan domain. Namun itu dia, masalahnya terkendala dengan biaya langganan. Umumnya biaya untuk berlangganan web hosting dan domain itu dibanderol cukup tinggi.

Lalu bagaimana solusinya?

Jalan keluarnya adalah dengan menggunakan layanan web hosting dan domain gratisan. Lalu apakah website gratisan itu aman untuk digunakan?

Jika keperluan Anda membuat website hanya untuk belajar saja, saya sarankan menggunakan layanan web hosting domain gratis. Namun lain lagi jika Anda ingin membuat website profesional, maka tidak disarankan menggunakan layanan serba gratisan.

Layanan web hosting dan domain gratis mempunyai sekumpulan kelemahan yang akan menurunkan reputasi website Anda, diantaranya :

  • Kualitas pelayanan kurang memadai;
  • Tampilan iklan otomatis selalu muncul sehingga dapat mengganggu dan tidak bisa diatur manual;
  • Tingkat downtime tergolong tinggi disebabkan server kurang cukup diandalkan;
  • Sulit transfer domain dan data website jika Anda berniat untuk migrasi ke hosting lainnya;
  • Sewaktu-waktu website Anda dapat dihapus oleh pemilik hosting dan domain tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Silakan pertimbangkan terlebih dahulu sebelum Anda membuat website menggunakan web hosting dan domain serba gratisan. Namun seperti yang sudah saya jelaskan diatas, jika keperluannya hanya untuk belajar atau sekedar coba-coba, maka sah-sah saja.

Berikut Langkah Cara Membuat Website Gratis

Disini saya akan memberikan contoh cara membuat website gratis menggunakan layanan web hosting sekaligus domain gratisan dari 000webhost. Layanan ini mengklaim bahwa web hosting dan domain gratis dari mereka berlaku selamanya. Bahkan Anda nanti bisa upgrade ke layanan berbayar agar performa website lebih maksimal lagi.

Web hosting gratis dari 000webhost memiliki fitur cukup lengkap, yaitu :

  • Storage: 1GB
  • Domain: 1 Subdomain
  • Ads: No ads
  • Bandwith: 10GB
  • Email: 5 email account
  • Website Builder/Design: Tersedia template dan installer WordPress dan Joomla

Web hosting 000webhost juga memiliki kekurangannya, yaitu layanan ini mengharuskan member merasakan mode Sleep, di mana mode ini setiap situs tidak dapat diakses selama 1 jam.

1. Cara Membuat Website Gratis di 000webhost

Untuk membuat website gratis di 000webhost Anda wajib memiliki alamat email. Alamat email ini diperlukan untuk kebutuhan verifikasi.

Silakan akses URL id.000webhost.com/daftar-website-gratis untuk memulai pembuatan website gratis di 000webhost.

Cara Membuat Website 2

Setelah melakukan pendaftaran di halaman 000webhost, silakan periksa alamat email yang telah didaftarkan. Anda akan menerima tautan verifikasi yang telah dikirim 000webhost. Periksa kotak masuk emal atau kotak spam. Klik tautan verifikasi tersebut untuk menyelesaikan proses pembuatan website gratis di 000webhost.

Jika sukses, kini dihadapan Anda akan tampil halaman 000webhost yang menyatakan konfirmasi alamat email telah berhasil. Pada halaman ini silakan klik pilih tombol Get Started.

Cara Membuat Website 3

Website jenis apa yang akan buat di 000webhost? Tentukan pilihan jenis website yang akan Anda buat disini dengan memilih salah satunya. Disini saya memilih kategori Start a Blog.

Cara Membuat Website 4

Seberapa jago Anda dalam membuat website? Begitu pertanyaan yang tampil pada tahap ini. Disini saya memilih Beginner.

Cara Membuat Website 5

Pada tahap ini Anda harus menentukan URL website dengan domain gratis pemberian 000webhost. Nanti URL website Anda akan tampil dengan domain .000webhostapp.com. Saya coba membuat website dengan alamat “websitegratisselamanya” sehingga nanti jika pembuatan website telah selesai alamat keseluruhan website saya menjadi websitegratisselamanya.000webhostapp.com.

Setelah menentukan alamat website, sekarang buat juga kata sandi/password untuk mengakses halaman cPanel 000webhost. Silakan buat password yang mudah Anda ingat nantinya. Klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan proses pembuatan website gratis.

Cara Membuat Website 6

CMS yang direkomendasikan di 000webhost untuk pembuatan website gratis adalah WordPress. Untuk itu silakan Anda pilih gambar yang berlogo WordPress yang bertuliskan Buat Website WordPress.

Cara Membuat Website 7

Disini Anda diminta untuk menentukan Admin username, Admin password, dan Language. Data-data ini akan kita gunakan ketika nanti mau masuk ke halaman Dashboard WordPress. Ini diperlukan ketika nanti akan melengkapi konten website seperti artikel, halaman, tema, plugin, dan sebagainya.

Klik Install jika semua data pada kolom tersedia sudah Anda isi sesuai kebutuhan.

Tunggu hingga waktu maksimal 60 menit, karena saat ini CMS WordPress sedang diinstall otomatis di website gratis Anda.

Selamat, kini website gratis Anda sudah siap untuk di konfigurasi dan digunakan. Silakan untuk melanjutkan klik pilih tombol Go to configuration page.

Berikut adalah contoh tampilan halaman website gratis yang telah saya buat di 000webhost :

2. Cara Konfigurasi Halaman Website Gratis WordPress

Untuk masuk ke halaman Dashboard WordPress silakan akses URL website yang telah Anda tentukan tadi diakhiri /wp-admin atau /wp-login. Contoh websitegratisselamanya.000webhostapp.com/wp-admin atau websitegratisselamanya.000webhostapp.com/wp-login. Masukkan data pengguna yang telah Anda buat kemudian klik Log Masuk/Login.

Langkah selanjutnya silakan isi konten website dengan memulai menulis artikel, membuat halaman, menentukan tema website yang cocok, dan plugin yang diperlukan. Anda bisa coba-coba seluruh fitur website WordPress sebagai sarana belajar sebelum Anda memutuskan untuk membuat website profesional atau tidak gratisan lagi.

Untuk membuat postingan baru, Anda bisa klik menu Pos kemudian Tambah Baru. Disitu Anda juga bisa menentukan Kategori dan Tag Artikel.

Berikut contoh tampilan halaman untuk membuat postingan di WordPress :

Anda juga bisa membuat halaman baru di WordPress dengan memilih menu Laman kemudian Tambah Baru.

Dengan leluasa Anda juga bisa coba-coba tampilan halaman website dengan memilih menu Tampilan kemudian Tema. Selain bisa menggunakan seluruh tema yang terdapat disitu, Anda juga bisa mengupload tema baru yang diperoleh dari pihak ketiga.

Sebetulnya ini tidak sulit! Anda tidak perlu memahami kode atau script apapun, karena Anda tinggal memilih klik sana dan klik sini untuk mencoba semua fitur-fitur yang disediakan. Apalagi jika bahasa antarmukanya menggunakan Bahasa Indonesia tentunya akan mudah dipahami.

Dalam hal belajar jangan takut salah dan error, karena ini merupakan bagian dari tahap pembelajaran. Apalagi jika website yang gunakan ini diperoleh secara cuma-cuma alias gratis.

Baca Juga : Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama

Bagaimana mudah bukan? Mungkin artikel Cara Membuat Website Gratis Untuk Pemula dicukupkan sekian saja. Silakan sampaikan pertanyaan di kotak komentar jika menemui kesulitan dalam mempraktikkan panduan ini. Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

54 comments

  1. Spertinya menarik sekali bisa membuat website grtais,apalgi dengan bimbingan tutorial yang sangat jelas sperti di atas tersebut. Bisa di coba nih. Terimaksaih info menariknya kang…. :D

    • Iya kang kalau yang gratis-gratis kita memang hobinya. Tidak ada salahnya untuk dicoba sebagai pembelajaran kang …

  2. sebelum membuat yang berbayar harus coba yang gratis seperti di atas
    terima kasih sharenya mas

    • Ya betul. Kalau memanfa’atkan yang gratis kita lebih leluasa dalam obrak-obrik seluruh websitenya.

  3. lengkap sekali tutorialnya mas, kalau masalah hosting, saya belum paham, sementara pakai blog dulu saja yang diubah ke domain sendiri.

    • Ya mas itu juga lebih baik. Mungkin untuk keamanan paling kuat jika melakukan seperti itu.

  4. Lengkap sekali tutorialnya Mas.
    Kebetulan saya udah beli domain, hehe.

    • Ok mas, bisa diterapkan nanti jika sudah membutuhkan.

    • eehhh ringgo udah beli domain toh…pantesan kemarin sepi aja….agak telat gentayangannya heheheeee….
      kayaknya masih gak telat…bikin aja lagi buat belajar…sapa tau aja bisa menghasilkan suatu yang bisa bermanfaat bagi semua go…gimana agan info menarik? heheheeee

      • Dulu saya juga sempat aktif di domain dot.tk ini mas selama 2 tahun sambil ngeblog di WordPress.com. Waktu itu itu web dot.tknya saya isi dengan posting-posting blogazine. Karena memang intinya saya berpikir kalau blog dot.tk tersebut hanya untuk pembelajaran mengenal koding saja.

  5. menarik juga nih membuat website gratisnya mas.
    tp seperti seperti pada contoh diatas pakai dot.tk itu kan register setahun gitu,apa selanjutnya bayar atau gratis selamanya ya?

    • Ya kang, untuk selanjutnya jika upgrade karena masa berlakunya sudah habis maka kita harus bayar …

  6. nah ini dia trick jitu untuk dapat domain gratis mas….dan cara ini sebenaranya lebih bagus untuk sekalian kita belajar mengenai web dan aplikasi fitur yang kadang membuat pusing. walau tahun berikutnya bayar, lumayan juga kan buat belajar…
    ada cerita menarik mas…saya pernah dengar seorang kawan cerita tentang kawannya punya kawan…kayak lagu iwan fals….
    begini ceritanya…
    kawannya kawan itu bikin .tk lalu pake domain gratis seperti apa yang diterangkan di atas…kalau udah habis satu tahun dia tidak memperpanjang, tapi bikin baru lagi dengan cara yang sama….sekitar 3 atau 4 tahun kawannya kawan itu malah jago desain web mas….akhirnya dia bisa dapat penghasilan yang lumayan dari keahliannya itu…sekarang ish dia udah beli hosting dan domain sendiri…itu kawan saya…terlepas benar atau gaknya…sebenarnya semua fasilitas di internet bisa aja membuat orang biasa menjadi luar biasa dan menguntungkan untuk hidupnya…walau itu masih pake yang gratisan….iya gak agan info menarik?

    ok makasih infonya…saya CTRL + D ya gan….lumayan buat ikutin langkah kawannya kawan itu gan…heheheheee

    • Wah hebat ya dengan modal gratisan tapi bisa sukses mas. Sangat jarang sekali itu mas. Saya juga dengan modal berbayar belum tentu bisa menghasilkan. Tapi jujur sejujurnya mengharap juga sih dengan blog alakadarnya ini kedepannya bisa menghasilkan.

  7. tips ini sangat membantu sekali bagi yang ingin belajar dan membuat website secara gratis/free. Waktu pertama kali membuat website scara gratis saya juga pake idhostinger juga mas :D

  8. Unuk hosting gratis pada idhostinger ada fasilitas Fantastico gag ya mas?? Soalnya biasanya saya pakai hosting gratis di 000webhost.com. Thanks

  9. asiik detil banget ya mempermudah panduannya, saya coba panduanya ya, pake yang dot tk, kalau bagus ya dibayar, kalau ngga pun ga rugi ya pokoknya buat aja dulu kan gratis hehe..

  10. tutornya jelas banget mas, namun sayangnya sesuai pengalaman menggunakan hostinger, saya tidak pernah mendapatkan yang gratisan padahal daftarnya udah gratis..

    • Masa sih? Saya pernah 2 tahun dengan hostinger dan domain dot.tk juga tapi aman-aman saja mba.

  11. sekarang enak ya gan, bikin web sudah ada gratisannya, tanpa modal kita bisa berkreasi dengan mudah

  12. langsung coba deh gan mau buat web gratisan, hehehehe

  13. Friska Nirwana

    Kalau blog gratis saya cuma percaya sama blogspot saja.

  14. Dwi Oetami Satyarini

    Jika saya pindah server hosting , contoh dari idwebhost ke idhostinger , apakah file atau gambar akan hilang ?

  15. Sundul gan… sangat jelas tutorialnya.

  16. kalau saya lagi coba membuat blog di WP org mas, soalnya penasaran mau berpusing-pusing ria ni, sedang dalam proses. Tapi hostingnya masih gratisan tu saya gunakan, ya karena mau coba aja ilmu di WP, nanti kalau sudah biasa, barulah mau membuat yang serius :D

    • Akhirnya mas Ibrahim mau coba WordPress juga ya? Bisa dicoba trik diatas mas kalau untuk pembelajaran. Kan diatas juga menggunakan CMS WordPress.org dengan domain dot.tk.

  17. Terima kasih informasinya, dicoba dulu yaa :)

    Oh iya, visit back ya, terima kasih :)

  18. Wahaha gak kepikiran pake domain gratis :D

  19. tutorial ini sangat lengkap dan detail untuk pemula dalam membuat website pertama terimakasih sangat bermanfaat

    • Iya gan sengaja saya buat tutorialnya seperti ini. Dengan maksud mudah-mudahan ada manfa’atnya.

  20. hosting dan domainnya gratis gan, yang benar aja ni….untuk migrasi blog yang udah ada bisa nggak ni gan?

    • Sekedar untuk coba-coba bisa saja gan menggunakan fasilitas gratis ini. Itung-itung belajar PHP. Tapi untuk blog serius jangan deh. Karena yang namanya gratis, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan kita tidak bisa menuntut apapun.

  21. tutorial menarik nih gan, dari kemarin2 nyari buat ngeblog, pilihannya cuman wp doang ya?
    izin bookmark

  22. gan waktu saya mw log in dgn sosmed,kagak bisa kan,tulisannya Auto.Blank trus bagaimana dgn sign up secara manual di tampilan awalnya ga ada tulisan sign up gan tlong bantuannya egera

    • Sudah saya tes login dengan menggunakan akun Facebook di URL my.dot.tk/cgi-bin/login01.taloha hasilnya tidak ada masalah.

  23. Thanks infonya sangat bermanfaat sekali. Gak sabar nih min, nyoba saran dan tipsnya nih. Yang gratis gratis memang nikmat yah min,wkwkwk

  24. aku nyoba sesuai dengan angkah-langkah diatas, sampai daftar hosting. tapi kok g ada yg gratis ya di idhostinger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.