Senin, 27 September 2021

Cara Membuat Akun Facebook Lengkap di Komputer dan Android

Cara Membuat Akun Facebook 0

Info Menarik – Cara membuat akun Facebook itu tergolong mudah. Namun tidak menutup kemungkinan sebagian orang masih ada yang kesulitan. Atas dasar itu, pada artikel ini saya akan membahasnya. Silakan Kamu simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga : Cara Membuat Akun Twitter (Daftar Termudah): Terlengkap

Hal penting yang harus Kamu perhatikan, untuk membuat akun Facebook itu Kamu meski memiliki alamat email aktif dulu. Alamat email ini akan kita gunakan untuk melakukan verifikasi data. Meskipun daftar akun Facebook bisa juga dengan menggunakan nomor handphone, namun paling saya rekomendasikan menggunakan alamat email. Sementara, Kamu bisa lihat dulu artikel tentang cara membuat alamat email.

Berikut Cara Membuat Akun Facebook di Komputer dan Android

Setelah Kamu memiliki email aktif, kita lanjut tutorialnya. Untuk membuat akun Facebook di Komputer dan Android secara keseluruhan langkah-langkahnya masih sama. Bedanya untuk Android, Kamu bisa langsung masuk ke aplikasi Facebook yang sudah Kamu download di Google PlayStore. Sebagian smartphone, aplikasi Facebook sudah terpasang otomatis di HP. Kamu hanya perlu memperbarui (update) aplikasi dari PlayStore.

1. Buat Akun Baru di Facebook

Pengguna Komputer bisa mengakses halaman Facebook dari browser dengan mengetikkan URL www.facebook.com untuk memulai proses pendaftaran. Sedangkan pengguna Android silakan langsung tap aplikasi Facebook yang sudah Kamu download.

Berikut adalah tampilan pertama untuk pembuatan akun baru:

Cara Membuat Akun Facebook 1

  1. Nama Depan = Isi dengan nama depan Kamu. Contoh saya mengisi dengan nama depan Rudi;
  2. Nama Belakang = Isi dengan nama belakang Kamu. Contoh saya mengisi Haryanto. Jika nama Kamu pendek, misal hanya Budi saja, nama belakang Kamu kosongkan saja;
  3. Nomor seluler atau email = Silakan isi dengan alamat email aktif yang sudah Kamu buat tadi;
  4. Masukkan ulang email = Pada kolom ini Kamu cukup mengisi ulang kembali alamat email aktif seperti langkah nomor 3;
  5. Kata Sandi Baru = Buat Password yang benar dan unik! Agar tingkat keamanan password akun Facebook kuat, sebaiknya buat password dengan kombinasi angka dan huruf. Contoh 123BurungMawar, dan lain-lain;
  6. Tanggal Lahir = Tinggal memilih angka tanggal lahir yang terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun;
  7. Jenis Kelamin = Sesuaikan saja dengan jenis kelamin Kamu;
  8. Daftar = Jika semua data sudah benar, silakan klik pilih tombol Daftar.

2. Konfirmasi Akun Facebook

Ketika Kamu selesai mengisi form pendaftaran, selanjutnya Kamu harus memeriksa alamat email. Silakan Kamu periksa kotak masuk atau spam alamat email yang telah Kamu daftarkan pada akun Facebook.

Contoh kode konfirmasi Facebook 75018.

Cara Membuat Akun Facebook 2

Selanjutnya Kamu copy atau catat kode konfirmasi tersebut. Biasanya kode konfirmasi dari Facebook berisi 5 angka unik. Kode konfirmasi tersebut Kamu Paste atau ketik ulang di halaman konfirmasi Facebook. Jika sudah benar untuk melanjutkan, silakan klik tombol Lanjutkan.

Cara Membuat Akun Facebook 3

Jika kode konfirmasi tidak Kamu temukan di alamat email, silakan minta ke Facebook untuk dikirim kembali dengan cara klik Kirim Email Lagi. Pastikan Anda sudah memeriksa kotak masuk email dan juga kotak spam.

Selamat! Kini Akun Telah Dikonfirmasi dengan benar. Artinya kode konfirmasi yang Kamu masukkan datanya sudah benar. Selanjutnya klik Oke untuk melanjutkan ke beberapa tahapan lagi sehingga proses pendaftaran di Facebook selesai secara sempurna.

Cara Membuat Akun Facebook 4

3. Tambahkan Teman

Karena Facebook termasuk media sosial, artinya di Facebook kita bisa berinteraksi dengan orang lain yang sama-sama memiliki akun Facebook. Atas dasar itu begitu selesai melakukan proses pembuatan akun, sekarang Kamu harus menambahkan teman yang otomatis tampil.

Proses penambahan teman ini sebetulnya bisa nanti Kamu lakukan jika sudah masuk ke halaman beranda Facebook. Oleh karena itu jika Kamu tidak ingin melakukannya sekarang bisa klik tombol Selanjutnya.

Cara Membuat Akun Facebook 5

Selamat datang di Facebook! Ini artinya pembuatan akun di Facebook sudah Kamu selesaikan dengan sempurna. Bagaimana mudah bukan?

4. Unggah Foto Profil

Pada tahapan ini Kamu bisa menambahkan foto untuk Kamu jadikan sebagai Foto Profil. Ada dua cara untuk menambahkan Foto Profil, Tambahkan Foto dan Ambil Foto.

  1. Tambahkan Foto = Ini berfungsi untuk menambahkan foto dari foto yang sudah tersimpan di komputer/laptop/gallery handphone;
  2. Ambil Foto = Berfungsi untuk mengambil foto secara langsung dari kamera handphone.

Cara Membuat Akun Facebook 6

Saya sarankan agar akun Facebook Kamu dikenali oleh orang lain, maka gunakan Foto Profil dan Profil asli. Namun jika akun Kamu bersifat privasi, silakan sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Untuk mengubah profil akun Facebook, silakan Kamu klik Profil dan klik Edit Profil.

Kamu akan dihadapkan pada sejumlah data kosong yang sudah siap Kamu isi dengan data lengkap. Pada tahap ini Kamu bisa menentukan gambar profil, gambar sampul, foto unggulan, dan biodata diri.

Jika data-data Kamu tidak ingin diketahui oleh orang lain, nanti Kamu bisa mengaturnya menjadi data privasi yang hanya bisa dilihat dan diketahui oleh diri sendiri saja.

Atau jika Kamu tidak ingin mengisi secara lengkap, Kamu kosongkan juga tidak masalah. Namun jika akun Kamu untuk keperluan bisnis, sebaiknya profil ini Kamu isi dengan lengkap dan benar. Hal ini untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang Kamu pasarkan. Tentunya hal ini bisa meningkatkan penjualan atau keuntungan bisnis Kamu di Facebook.

5. Mencari Teman di Facebook

Karena Facebook termasuk media sosial, maka akun Kamu dapat terhubung dengan orang lain baik dengan orang yang kita kenal ataupun orang yang belum kita kenal. Kita bisa berinteraksi dengan orang lain meskipun orang tersebut belum pernah berinteraksi secara langsung di dunia nyata.

Untuk mencari teman di Facebook, bisa mengetik nama teman yang ingin Kamu cari pada kolom pencarian. Namun jika teman Kamu menggunakan nama samaran di akun Facebook, maka akan sulit Kamu temukan. Kecuali jika nama samaran teman Kamu diketahui.

Selanjutnya pencarian teman di Facebook bisa menggunakan fitur Cari Teman. Fitur ini akan menampilkan secara otomatis orang-orang yang berada di sekitar Kamu berdasarkan data lokasi yang sudah Kamu setting di Profil.

Fitur Cari Teman juga akan menampilkan data permintaan pertemanan baru. Artinya jika ada yang meminta pertemanan dari orang lain kepada Kamu, maka akan tampil di halaman ini.

 

6. Keluar dari Akun Facebook

Sebagai tambahan, jangan lupa setiap Kamu selesai menggunakan akun Facebook, sebaiknya selalu Keluar (Logout) dari akun. Terlebih jika Kamu menggunakan Facebook menggunakan komputer/laptop/handphone orang lain.

Baca Juga : Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Facebook Dengan Mudah

Untuk keluar (logout) dari Facebook, caranya silakan Kamu lihat pada gambar di bawah ini:

Mungkin hanya itu saja pembahasan pembuatan akun Facebook. Ternyata mudah bukan? Semoga artikel ini ada manfaatnya dan sampai bertemu lagi di artikel keren dan menarik lainnya. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

26 comments

  1. oh…nembak kata kunci nih ceritanya mas…hehehe…
    saya sudah lama nih nggak aktif di fb mas,buka ngecek aja ada sms apa enggak gitu doang

    • Sayapun sama mas, jarang sekali buka Facebook. Sekarang lebih fokus ke blog saja mas.

  2. Mantabs lengkap banget loh, meski saya jarang buka fb tapi cara ini akan bermanfaat kalo ada yang minta dibuatin akun fb…

    Makasih salam dari Pulau DOllar

    • Iya mas, sengaja bagi mereka yang kesulitan dalam membuat Facebook. Semoga ini bisa bermanfa’at.

  3. sangat bermanfaat nich bagi meraka yang belum tau atau yang belum bisa daftar facebook.
    nice share

  4. wah lama nggak ngecek akun FB,
    cara barunya lebih mudah

  5. tidak terlalu jauh berbeda namun lebih mudah dan lebih lengkap aja katika daftar di facebook dengan cara terbaru. semakin berkembang jaman semakin jauh juga perkembangan sosial media sampai dengan fitur yang ditawarkan di sana. ok makasih mas.

    • Iya mbah. Mungkin karena Facebook ini berkembang pesat sehingga fitur-fiturnya lebih dilengkapkan lagi untuk memanjakan usernya.

  6. ternyata semakin berkembangan jaman semakin banyak hal baru yang ditawarkan oleh sosial media untuk memanjakan penggunanya. ok makasih infonya

    oh ya maaf baru bisa berkunjung…
    saya mengurus jenazah ibu yang telah berpulang kerahmatullah pada tanggal 24 feb 201 5 kemarin. saya mohon doanya ya semoga beliau mendapat tempat terbaik dan berbahagia di sisi Allah SWT, amin.

    • Innaalillahi Wainna Ilaihi Rajiuun. Saya turut berduka cita mbah. Semoga semua amal kebaikannya di terima sama Allah SWT dan dosanya dapat diampuni. Yang ditinggalkan agar tabah menerima taqdir Yang Maha Kuasa ini.

  7. Walaupun Saya sudah punya FB sejak lama, Tapi saya juga pernah membuat akun facebook baru, cuma untuk berlangganan informasi berita. soalnya FB lama hanya untuk pertemanan personal…. informasi ini berguna sekali mas…

  8. Wah, lengkap dan terinci cara membuat facebook terbaru tahun 2015, mas. Ini lebih mempermudah kita membuat facebook baru…

  9. wah lengkap banget tutorialnya, saya akan coba terapkan. Terima kasih ya mas atas ilmunya :D

  10. harus verifikasi kode lewat no telp kalau mau mendaftar, mungkin karena ingin meningkatkan keamanan,

  11. Saya bikin FB dari 2010 kagak ganti ganti akun nih… Wah, baru tahu nih kalau banyak yang gak tahu daftar bikn FB… Tapi masa iya sih ?

  12. laut aao trisha

    An intriguing discussion is worth comment. There’s no doubt
    that that you ought to publish more on this subject, it
    might not be a taboo matter but typically people don’t talk about such
    issues. To the next! All the best!!

  13. Hurrah! At last I got a blog from where I be capable of actually get valuable data regarding my study and knowledge.

  14. dengan cara ini gua berhasil membuat facebook thanks a lot gan jangan lupa mampir ke blog ane blidee.com

  15. makasih infonya, kalau bisa tambahkan dong tips dan trik agar akun facebook baru tidak gampang kena blockir. Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.