Selasa, 27 Februari 2024

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store untuk HP Android

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store 01

Info Menarik – Update otomatis aplikasi di Google Play Store dapat menjadi fitur yang bermanfaat untuk memastikan Kamu selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi favorit Kamu. Namun, terkadang pembaruan ini dapat menjadi merepotkan, terutama ketika Kamu ingin menjaga kendali atas pembaruan yang terjadi di perangkat Android Kamu. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mematikan update otomatis aplikasi di Google Play Store untuk HP Android Kamu.

Mengapa Harus Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store?

Mematikan update otomatis aplikasi di Google Play Store bisa menjadi pilihan yang bijaksana, tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memilih untuk mematikan fitur update otomatis:

1. Kontrol Lebih

Pertama, dengan mematikan update otomatis, pengguna memiliki kendali penuh atas aplikasi yang akan kita perbarui. Ini memungkinkan pengguna untuk meninjau perubahan yang akan terjadi sebelum memutuskan untuk menginstal pembaruan.

2. Kemungkinan Masalah

Kemudian terkadang, pembaruan aplikasi dapat memperkenalkan masalah baru atau inkompatibilitas dengan perangkat atau versi Android tertentu. Dengan mematikan update otomatis, pengguna dapat menunggu ulasan dari pengguna lain sebelum memutuskan untuk melakukan pembaruan.

3. Batasan Kuota Data

Selanjutnya pembaruan otomatis dapat menghabiskan kuota data seluler dengan cepat, terutama jika beberapa aplikasi besar diperbarui secara bersamaan. Mematikan update otomatis dapat membantu menghemat kuota data bagi mereka yang memiliki batasan kuota.

4. Ruang Penyimpanan

Kemudian update aplikasi biasanya menghasilkan penggunaan ruang penyimpanan tambahan. Dengan mematikan update otomatis, Kamu dapat menghemat ruang penyimpanan hingga Kamu memutuskan untuk memperbarui aplikasi tertentu.

5. Konsistensi Antarmuka

Selanjutnya beberapa pembaruan aplikasi mengubah antarmuka pengguna yang telah Kamu terbiasa gunakan. Dengan mematikan update otomatis, Kamu dapat mempertahankan konsistensi antarmuka yang Kamu sukai.

6. Kontrol Biaya

Kemudian jika Kamu khawatir tentang penggunaan data dan biaya yang terkait dengan pembaruan otomatis, mematikannya dapat membantu menghindari biaya tak terduga.

7. Keamanan

Selanjutnya meskipun pembaruan umumnya berfokus pada perbaikan keamanan, ada beberapa kasus di mana pembaruan itu sendiri dapat menjadi pintu masuk potensial bagi ancaman keamanan. Dengan mengontrol pembaruan, Kamu dapat memeriksa pembaruan sebelum menginstalnya.

8. Keterbatasan Fitur Baru

Kemudian beberapa pembaruan mungkin mengubah atau menghilangkan fitur yang Kamu sukai atau membutuhkan. Dengan mematikan update otomatis, Kamu dapat mempertahankan fitur yang sesuai dengan preferensi Kamu.

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store untuk HP Android

Sebelum saya lanjutkan, penting untuk Kamu ingat bahwa mematikan update otomatis juga memiliki sisi negatif. Mematikan update otomatis berarti Kamu mungkin melewatkan pembaruan penting yang mencakup perbaikan keamanan atau fitur baru yang berguna. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur memeriksa Google Play Store untuk memastikan Kamu tidak melewatkan pembaruan yang signifikan. Setiap pengguna harus memutuskan apakah mematikan update otomatis sesuai dengan kebutuhan dan preferensinya.

Jika Kamu tetap ingin mematikan fitur update otomatis ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Buka Google Play Store

Pertama, buka aplikasi Google Play Store pada perangkat Android Kamu. Aplikasi ini biasanya memiliki ikon berwarna segitiga berwarna-warni.

Langkah 2: Buka Menu Pengaturan

Kemudian di bagian kiri atas tampilan, ketuk tiga garis horizontal atau hamburger menu untuk membuka menu.

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store 02

Langkah 3: Buka Pengaturan

Selanjutnya scroll ke bawah dan temukan opsi Pengaturan. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan Play Store.

Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi di Google Play Store 03

Langkah 4: Pilih Pembaruan Aplikasi Otomatis

Kemudian di dalam pengaturan Play Store, pilih opsi Auto-update apps.

Langkah 5: Pilih Opsi yang Diinginkan

Selanjutnya Kamu akan diberikan beberapa pilihan untuk pembaruan aplikasi otomatis:

  • Otomatis dalam Wi-Fi saja: Pilih opsi ini jika Kamu hanya ingin aplikasi diperbarui secara otomatis saat perangkat terhubung ke jaringan Wi-Fi.
  • Selalu diperbarui otomatis: Pilih opsi ini jika Kamu ingin aplikasi diperbarui otomatis tanpa memperhatikan jenis jaringan.

Langkah 6: Pilih “Do not auto-update apps”

Kemudian untuk mematikan update otomatis sepenuhnya, pilih opsi Do not auto-update apps. Dengan opsi ini, Kamu akan menerima pemberitahuan tentang pembaruan aplikasi dan dapat memutuskan kapan akan melakukan pembaruan.

Langkah 7: Selesai

Setelah Kamu memilih opsi yang diinginkan, tekan tombol Selesai atau Simpan untuk menyimpan perubahan pengaturan.

Baca Juga: Cara Update Secara Manual Aplikasi atau Game HP Android di Google Play Store

Kesimpulan

Mematikan update otomatis aplikasi di Google Play Store adalah langkah yang bijaksana jika Kamu ingin memiliki kendali penuh atas pembaruan yang terjadi pada perangkat Android Kamu. Dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di atas, Kamu dapat dengan mudah mengubah pengaturan pembaruan aplikasi otomatis sesuai dengan preferensi Kamu. Ingatlah bahwa memperbarui aplikasi secara manual memungkinkan Kamu untuk meninjau perubahan sebelum menginstal pembaruan, yang dapat berdampak positif pada pengalaman pengguna Kamu.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.