Jumat, 30 September 2022

Tidak Banyak, Hanya 5 Tips Memilih Printer Terbaik: Apa Saja Yang Harus Dicek?

Tips Memilih Printer Terbaik 01

Info Menarik – Printer terbaik seharusnya memiliki kualitas cetak yang bagus serta fitur yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, jika kalian memperhatikan jenis printer yang dijual di pasaran, biasanya akan ada 2 kategori besar, yaitu inkjet dan ink tank. Biasanya, printer ink tank ini disebut juga dengan printer infus.

Lalu, apa sebenarnya perbedaan antara printer inkjet dan ink tank?

Baca Juga: Perbedaan Tinta Printer Pigment dan Art Paper, Mana yang Terbaik untuk Percetakan?

Perbedaan Printer Inkjet dan Ink Tank

Perbedaan mendasar antara kedua jenis printer ini adalah pada print head-nya. Print head ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan tinta ketika dokumen sedang dicetak. Misalnya saja, print head pada printer ink tank biasanya dapat kita lepas-pasang sehingga memudahkan bagi pengguna printer untuk melakukan perawatan ataupun penggantian.

Nah, jika ingin tahu lebih banyak tentang apa saja yang harus Kamu ketahui sebelum memilih printer terbaik, simak info di bawah ini agar selanjutnya Kamu tidak salah pilih.

Tips Memilih Printer Terbaik Saat Ini

1. Perhatikan Biaya Tinta dan Cara Pengisian Tinta Printer

Tips Memilih Printer Terbaik 02

Banyak yang belum tahu bahwa biaya tertinggi ketika kita memiliki printer bukanlah saat kita pertama kali membeli produk tersebut dari toko, tapi biaya pengoperasian selama kita menggunakan printer tersebut. Setelah kita membeli printer, kita juga harus mempertimbangkan biaya yang akan kita keluarkan untuk membeli kertas dan tinta. Biasanya, biaya tinta inilah yang paling besar, terutama pada printer inkjet.

Baca Juga: Jenis dan Fungsi Tinta Printer yang Paling Sering Digunakan untuk Bisnis Percetakan

Jika Kamu ingin memiliki biaya operasional yang lebih hemat, sebaiknya pilih printer ink tank yang memang memiliki desain lebih hemat dalam penggunaan tinta. Selain itu, cara refill tinta pada ink tank juga jauh lebih mudah daripada inkjet, karena ink tank sudah memiliki fitur pengisian botol tinta anti tumpah. Menarik bukan?

2. Pastikan Tangki Tinta Sudah Anti Guncang

Tips Memilih Printer Terbaik 03

Khusus untuk Kamu yang sering bepergian ke beberapa tempat karena kesibukan atau pekerjaan dan mengharuskan Kamu untuk membawa printer. Ingatlah bahwa setiap printer memiliki wadah tinta. Jika tidak hati-hati, tinta ini bisa saja bocor ke mana-mana ketika Kamu membawa printer dalam perjalanan.

Untungnya, saat ini sudah ada printer yang memiliki pengaturan untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh. Khusus untuk seri printer Pixma Gxx20, Gxx70 dan GMxx70, Kamu tidak perlu khawatir karena ada tuas yang dapat Kamu putar untuk mengunci posisi agar tinta tidak tumpah ketika terkena guncangan.

3. Pastikan Printer Dapat Mencetak Tanpa Tepi Atau Borderless

Tips ini khusus untuk Kamu yang ingin mengabadikan momen dengan membuka studio foto sendiri. Kamu harus lebih teliti ketika akan membeli produk printer untuk jenis kebutuhan ini. Karena untuk mencetak foto akan lebih bagus jika terlihat full. Silakan pilih printer yang mampu mencetak foto secara borderless atau tanpa tepi seperti printer dari Canon.

Cara ini cukup mudah. Pertama, siapkan dahulu foto yang akan Kamu cetak. Kemudian ketika akan mencetak, masuk ke Pengaturan > Pilih Jenis Kertas (misalnya Glossy Photo Paper) dan Ukuran Kertas (printer foto terbaik dari Canon bisa mencetak borderless A4) > Gunakan kertas foto Canon Glossy Paper A4 > Cetak.

4. Pilih Printer yang Sudah Wireless

Di zaman yang sudah serba canggih seperti ini, dengan adanya Mobile Cloud Printing Kamu bisa melakukan pencetakan dari jarak jauh. Jadi, tidak perlu lagi repot-repot menyalakan PC atau laptop dan menyambungkan printer dengan kabel.

Sekarang, dengan adanya printer wireless, Kamu dapat melakukan pencetakan yang praktis langsung dari HP, laptop, dan tablet Android maupun iOS. Bahkan tidak hanya print saja, Kamu juga bisa melakukan proses scanning dokumen dari HP juga. Kunjungi aplikasi Print Inkjet/Selphy yang ada di Play Store dan App Store. Kemudian sambungkan koneksi smartphone dengan printer, lalu pilih scan.

5. Sudah Bergaransi Resmi

Supaya lebih aman, pastikan Kamu memilih merk printer yang sudah menjamin produk printer dengan garansi. Garansi 3 tahun dari Canon untuk produk PIXMA G Series misalnya. Bahkan tidak hanya meliputi service saja namun juga termasuk suku cadang seperti print head. Jadi, selama 3 tahun Kamu tidak perlu khawatir akan printer yang sudah Kamu beli, karena ada after sale service yang bisa Kamu klaim kapan saja.

Kesimpulan

Pertanyaan sekarang adalah, sebaiknya pilih printer yang seperti apa?

Jadi, printer mana yang lebih baik untuk Kamu gunakan? Jawaban ini tergantung dengan bagaimana Kamu akan menggunakan printer itu ke depan.

Misalnya, kalau kalian membutuhkan printer yang oke untuk digunakan dalam pencetakan printer dalam jumlah yang banyak, maka sebaiknya gunakan printer ink tank. Kenapa? Karena printer ink tank biasanya memiliki desain agar mampu menampung volume tinta yang jauh lebih tinggi di setiap “tangki tinta”. Kemudian yang lebih penting lagi adalah karena tinta yang akan Kamu gunakan akan jauh lebih hemat daripada tinta yang akan kalian habiskan jika menggunakan inkjet.

Baca Juga: Cara Merawat Printer Agar Tetap Awet Meskipun Printer Digunakan Setiap Hari

Jika Kamu memang memiliki keterbatasan biaya, jangan khawatir! Kamu tetap bisa membeli printer inkjet seperti Pixma MP287 yang bisa melakukan print, scan, copy dan memiliki harga produk yang terjangkau. Dengan segala jenis perbandingan yang sudah saya sebutkan di atas, wajar saja jika harga printer inkjet jauh lebih terjangkau daripada printer ink tank. Namun, tentu saja harga ini sebanding dengan fitur yang dimiliki oleh masing-masing printer.

Jika Kamu sudah menentukan akan membeli printer terbaik jenis apa, pastikan produk tersebut memiliki garansi resmi ya!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.