Senin, 20 September 2021

Cara Menambah Akun Google di Laptop Berikut Manfaat dan Fungsi Produk Google

Cara Menambah Akun Google di Laptop 01

Info Menarik – Saat ini mungkin hampir setiap orang di dunia sudah tahu apa itu Google. Terlebih jika Kamu yang setiap harinya menggunakan internet. Selanjutnya disamping kepopuleran Google, tidak menutup kemungkinan juga jika sekarang masih ada yang belum tahu cara menambah akun Google di laptop. Atas dasar itu, pada artikel ini saya akan coba membahasnya.

Baca Juga: Cara Praktis Menambah Akun Gmail Tanpa Harus Keluar Akun

Banyaknya layanan internet yang disediakan oleh Google sehingga dapat kita pastikan hampir semua orang memiliki akun Google. Apalagi jika kita pengguna smartphone Android, agar HP bisa kita gunakan maka kepemilikan akun Google menjadi syarat utama.

Apa itu Akun Google?

Akun Google adalah sejumlah data yang tersimpan di database Google untuk bisa mengakses semua layanan Google. Akun Google merupakan master info masuk yang terdiri dari alamat email dan kata sandi (password).

Seperti akun Facebook atau akun Twitter, jika kita memiliki atau sudah terdaftar di akun ini dengan hak akses akun maka kita akan bisa menggunakan semua fitur yang terdapat di Facebook dan Twitter.

Meskipun layanan Google dapat kita nikmati tanpa memiliki akun, namun tentu saja kita hanya dapat menikmati fitur Google dalam kapasitas terbatas. Sehingga agar kita dapat menikmati semua fitur yang ada di Google, kita meski memiliki akun Google terlebih dahulu.

Manfaat Memiliki Akun Google

Banyak sekali manfaat jika kita memiliki akun Google, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Secara otomatis kita akan memiliki email Google secara gratis;
  2. Satu akun dapat kita gunakan untuk mengakses seluruh layanan Google. Artinya kita tidak perlu daftar berulang-ulang untuk mengakses puluhan layanan Google;
  3. Seluruh layanan Google dapat kita nikmati tanpa harus membayar;
  4. Khusus pengguna smartphone dapat kita gunakan untuk keperluan backup data penting yang tersimpan di HP;
  5. Syarat utama untuk menjalankan HP Android;
  6. Membantu menyelesaikan tugas penting sehari-hari bahkan bisa menghasilkan uang;
  7. Untuk smartphone dapat kita gunakan untuk menyimpan kontak yang tersimpan di server database Google. Jika kita ganti HP, cukup restore kontak dari akun Google maka seluruh kontak akan kembali tersimpan di HP baru;
  8. Dapat kita gunakan untuk mengakses hampir seluruh akun-akun di internet selain Google;
  9. Bisa kita gunakan juga untuk mengakses game-game online;
  10. Dengan memiliki akun Google di smartphone Android maka dapat kita gunakan untuk download aplikasi di Play Store;
  11. Akun Google dapat kita gunakan untuk mencari smartphone yang hilang dengan mengakses situs My Find Device.

Macam-macam Layanan Google serta Fungsinya

Sebetulnya banyak sekali layanan Google itu. Saya rasa jika kita bahas semua pada artikel ini akan kepanjangan. Kali ini saya hanya akan membahas layanan Google yang sering kita gunakan saja.

1. Chrome

Kamu pasti sering mendengar bahkan sering menggunakan Chrome bukan? Aplikasi ini merupakan salah satu dari layanan Google juga. Chrome merupakan aplikasi peramban (browser) yang memiliki fungsi untuk keperluan menjelajah dunia maya/internet seperti Firefox, Opera, dan Microsoft Edge.

Chrome merupakan aplikasi peramban yang ringan ketika kita jalankan di komputer atau laptop dan smartphone. Banyak sekali fitur-fitur unggulan Chrome, seperti: Chrome sudah mendukung untuk penggunaan Java script, CSS 2.1, dan HTML 5. Chrome juga memiliki fitur untuk mengubah tampilan (tema) serta ekstensi plugin dari pihak ketiga. Terdapat juga pilihan bahasa sehingga memudahkan kita dalam menggunakannya.

2. Docs

Seperti Microsoft yang memiliki Microsoft Word Online, Google juga memiliki aplikasi serupa yaitu Docs. Fungsi Google Docs adalah aplikasi online untuk membuat serta mengubah dokumen. Aplikasi pengolah kata ini memiliki fitur yang mirip dengan Office Word.

Meskipun dari tampilan hampir mirip dengan Office Word, Google Docs memiliki kelebihan tertentu. Google Docs memiliki fitur kolaborasi, artinya pengerjaan dokumen di Docs dapat kita selesaikan secara bersama-sama dan tentu saja masing-masing sudah memiliki akun Google.

Kamu tidak takut kehilangan data di Google Docs, secara otomatis setiap perubahan yang Kamu lakukan di Google Docs maka akan tersimpan otomatis di server Google menggunakan fitur Auto Save.

3. Drive

Google Drive merupakan layanan Google yang memiliki fungsi untuk penyimpanan data secara online. Drive pertama kali beredar di internet yaitu tanggal 24 April 2012. Google Drive termasuk layanan cloud storage seperti OneDrive dan DropBox.

Selain di desktop, Drive juga dapat kita akses di mobile dengan download aplikasi di Play Store. Bahkan pada ponsel tertentu, Drive ini menjadi aplikasi bawaan yang tidak dapat kita hapus.

Untuk menikmati versi gratis Google Drive kita dapat menggunakan kapasitas maksimal hingga 15GB. Jika space tersebut tidak cukup, maka kita bisa melakukan upgrade ke versi premium.

4. Gmail

Gmail adalah layanan email gratis dari Google. Saat ini layanan email Gmail memiliki jumlah pengguna terbanyak. Di tahun 2018 saja sudah tercatat sekitar 1,5 milyar pengguna email Gmail di seluruh dunia. Tentu saja angka tersebut akan terus bertambah seiring perkembangan teknologi terus berkembang pesat.

Adapun kelebihan Gmail dengan layanan email lainnya adalah, Gmail memiliki media penyimpanan cukup besar, yaitu 15GB untuk setiap akun. Layanan email Gmail juga merupakan layanan paling aman dari serangan kejahatan di internet seperti virus dan malware.

Layanan email Gmail memiliki sumber daya yang cukup besar sehingga sangat jarang sekali mengalami down. Kamu juga dapat melakukan login lebih dari satu akun. Artinya Kamu bisa beralih dari satu akun Gmail ke akun lainnya.

5. Google Classroom

Google Classroom adalah aplikasi gratis untuk mempermudah kegiatan pembelajaran. Pada umumnya aplikasi Classroom akan digunakan di sekolah dan universitas. Classroom merupakan aplikasi untuk menunjang media pembelajaran secara daring.

Untuk mempermudah pengguna dalam menggunakan Classroom, aplikasi ini sudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti: Google Docs, Gmail, Meet, Google Calendar, dan Google Forms.

Fitur Google Classroom disesuaikan dengan fungsi-fungsinya. Untuk guru di Classroom dapat memberikan tugas, membuat kelas, serta bisa melakukan penilaian hasil pekerjaan siswa.

Untuk siswa bisa mengetahui secara langsung tugas-tugas yang sudah guru berikan. Siswa juga dapat mengetahui hasil penilaian guru pada mata pelajaran tertentu.

6. Google Play

Pengguna ponsel Android tentu saja sudah tidak asing lagi dengan Google Play. Aplikasi ini merupakan layanan Google khusus untuk pengguna Android. Di Google Play Store pengguna Android dapat mengunduh beberapa aplikasi dari pihak ketiga seperti: Game, Film, Sosial Media, M-Banking, dan masih banyak lagi.

Google Play Store ini merupakan toko aplikasi khusus untuk pengguna Android. Di Play Store Kamu dapat mencari aplikasi-aplikasi yang Kamu butuhkan. Selain aplikasi-aplikasi gratis, di Play Store juga Kamu akan menemukan aplikasi berbayar.

7. Maps

Maps adalah layanan Google yang terasa sangat besar manfaatnya terutama jika kita akan bepergian ke suatu tempat yang belum pernah kita ketahui arah dan lokasinya. Google Maps ini merupakan aplikasi peta berbasis digital yang dapat kita gunakan secara gratis.

Untuk mengakses Maps dapat kita lakukan dari peramban atau browser dan juga dari aplikasi Maps yang kita unduh dari Play Store. Di Maps kita dapat mengetahui arah suatu tempat secara detail serta mencari informasi tentang bisnis tertentu. Pokoknya jika Kamu menggunakan Maps ketika bepergian maka dijamin Kamu tidak akan tersesat tanpa harus bertanya langsung kepada orang sekitar.

8. Sheets

Selain Docs, di Google juga tersedia layanan aplikasi pengolah data online layaknya Office Excel yaitu Google Sheets. Seperti Office Excel, di Google Sheets juga kita bisa membuat perhitungan, membuat tabel, serta pengolahan data lainnya.

Seperti Google Docs, sesama akun Google di Sheets dapat bekerja secara kolaborasi yaitu mengerjakan data secara bersama-sama. Di aplikasi ini juga tersedia fitur Auto Save yang secara otomatis data akan tersimpan di Drive Google.

9. Translate

Google translate merupakan layanan Google untuk menerjemahkan bahasa asing ke bahasa yang kita inginkan. Selain aplikasi online, Google translate juga tersedia fitur offline. Sebelumnya Kamu harus sudah mengunduh bendahara kosakata yang akan tersimpan di aplikasi.

Dengan adanya Google translate maka telah menggantikan posisi buku kamus yang dulu kita pakai untuk menerjemahkan kata. Hal ini tentu saja lebih praktis daripada Kamu harus membuka lembaran demi lembaran kamus terlebih dahulu.

10. YouTube

YouTube adalah aplikasi berbasis website untuk memfasilitasi pengguna dalam mengunggah dan berbagi video. Hampir semua format video dapat kita unggah ke aplikasi YouTube.

Di aplikasi YouTube kita dapat memperoleh sejumlah informasi yang kita butuhkan. Bahkan, aplikasi YouTube dapat kita jadikan perusahaan untuk menghasilkan uang dengan membuat channel YouTube.

Sebetulnya layanan Google itu masih banyak dan selebihnya Kamu bisa mencari tahu di internet.

Cara Menambah Akun Google di Laptop

Setelah mengetahui banyak sekali layanan Google yang bermanfaat, sekarang Kamu pasti penasaran bagaimana cara menambah atau membuat akun Google. Akun Google dapat kamu buat di Android dan juga di laptop.

1. Masuk Akun Google

Untuk menambah akun Google di laptop, pertama silakan Kamu masuk ke akun Google lalu klik Buat akun.

Cara Menambah Akun Google di Laptop 02

2. Buat Akun Google

Langkah selanjutnya adalah membuat akun Google. Ada 7 poin penting dalam pembuatan akun Google, yaitu: Nama Depan, Nama Belakang, Nama pengguna, Sandi, Konfirmasi, Tampilkan sandi, dan tombol Berikutnya.

Saya rasa pada tahap ini tidak perlu dijelaskan lagi. Silakan Kamu isi semua kolom tersebut. Di kolom nama pengguna biasanya akan otomatis sesuai dengan pengisian nama depan dan nama belakang. Jika nama tersebut sudah ada yang menggunakan, maka Google biasanya akan menyarankan nama pengguna lainnya.

Kolom konfirmasi Kamu isi dengan kata sandi yang telah Kamu buat di kolom Sandi (samakan). Sedangkan untuk perintah Tampilkan sandi berfungsi untuk menampilkan kata sandi yang telah Kamu buat. Hal ini berguna agar pengisian kata sandi tidak salah atau sekadar untuk memastikan kata sandi yang telah Kamu tentukan.

Jika semua kolom sudah Kamu isi, klik tombol Berikutnya.

Cara Menambah Akun Google di Laptop 03

3. Selamat datang di Google

Silakan isi sejumlah kolom tersebut dengan data-data Kamu. Untuk kolom Nomor telepon itu hanya pilihan (opsional) saja. Artinya jika Kamu tidak mau menggunakan nomor telepon maka kolom ini bisa Kamu lewatkan.

Jika sudah Kamu isi semua kolom tersebut, silakan klik tombol Berikutnya.

Cara Menambah Akun Google di Laptop 04

4. Privasi dan Persyaratan

Pada tahap ini tidak ada yang harus Kamu lakukan, di sini Kamu cukup membaca semua privasi dan persyaratan Google.

Cara Menambah Akun Google di Laptop 05

Silakan Kamu geser ke bawah dan jika Kamu menyetujui semua privasi dan persyaratan Google, silakan klik tombol Saya setuju.

5. Selesai

Begitu mudah menambah akun Google di laptop bukan? Untuk tahap selanjutnya Kamu bisa menambahkan foto profil dengan klik ikon c di foto profil default Google.

Unggah foto profil yang sudah tersimpan di laptop atau bisa langsung mengambil dari kamera laptop.

Selanjutnya pada langkah ini Kamu bisa mengubah identitas yang sudah Kamu tentukan ketika pendaftaran tadi, seperti: Nama Depan, Nama Belakang, Kata Sandi, dan Tanggal Lahir dengan memilih Info pribadi.

Penutup

Sekarang Kamu sudah bisa menambah akun Google di laptop dan silakan akun tersebut bisa Kamu gunakan untuk mengakses semua layanan Google. Kamu cukup memasukkan User dengan email Gmail dan Kata Sandi. Semoga bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.