Selasa, 27 Februari 2024

Panduan Lengkap: Cara Mengubah Metode Pembayaran AdSense Menjadi Transfer Bank

Cara Mengubah Metode Pembayaran AdSense Menjadi Transfer Bank 01

Info Menarik – Pada era digital saat ini, berbagai platform iklan online telah memberikan peluang bagi individu dan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan melalui konten yang mereka hasilkan. Salah satu platform iklan paling populer adalah Google AdSense, yang memungkinkan pemilik situs web dan pembuat konten untuk mendapatkan penghasilan melalui iklan yang ditampilkan di situs mereka. Metode pembayaran adalah bagian penting dari proses ini, dan Google AdSense menawarkan berbagai pilihan pembayaran seperti Transfer Bank. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk mengubah metode pembayaran AdSense menjadi Transfer Bank.

Kelebihan Metode Pembayaran AdSense Melalui Transfer Bank

Google AdSense menyediakan beberapa pilihan metode pembayaran bagi para penerbit iklan, dan salah satunya adalah melalui Transfer Bank. Metode ini memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya menjadi pilihan populer bagi para pembuat konten. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari metode pembayaran AdSense melalui Transfer Bank:

1. Keamanan Finansial yang Lebih Tinggi

Pertama, dibandingkan dengan opsi seperti cek fisik, metode pembayaran melalui transfer bank jauh lebih aman. Kamu tidak perlu khawatir tentang potensi kehilangan atau pencurian cek, karena pendapatan Kamu ditransfer langsung ke rekening bank yang aman.

2. Efisiensi dan Kecepatan

Kemudian metode pembayaran melalui transfer bank jauh lebih cepat daripada metode lainnya. Begitu Google AdSense memproses pembayaran, dana akan segera masuk ke rekening bank Kamu. Kamu tidak perlu menunggu pengiriman cek atau pergi ke lokasi pencairan uang.

3. Pemrosesan Otomatis

Selanjutnya setelah Kamu mengatur metode pembayaran transfer bank, pembayaran akan diproses secara otomatis pada setiap periode pembayaran. Ini menghilangkan kerumitan dan kebutuhan untuk mengajukan permintaan pembayaran setiap kali.

4. Biaya Rendah atau Tidak Ada Biaya

Kemudian biasanya, metode pembayaran transfer bank memiliki biaya yang lebih rendah daripada opsi metode pembayaran lainnya. Beberapa bank bahkan dapat menawarkan layanan transfer dengan biaya nol atau sangat terjangkau.

5. Kemudahan Pengaturan Awal

Meskipun mungkin memerlukan beberapa langkah untuk mengatur transfer bank awal, begitu semua detail rekening bank Kamu diatur, Kamu tidak perlu melakukan intervensi manual lebih lanjut. Ini memungkinkan Kamu untuk fokus pada konten dan bisnis Kamu tanpa khawatir tentang pembayaran.

6. Fleksibilitas Lokasi

Selanjutnya metode transfer bank memungkinkan Kamu menerima pembayaran dari mana pun Kamu berada di dunia. Kamu tidak perlu khawatir tentang kendala geografis atau pembayaran lintas negara yang kompleks.

7. Mudah Dilacak

Kemudian setiap transaksi yang melibatkan transfer bank biasanya terekam dalam riwayat transaksi rekening bank Kamu. Ini membuatnya mudah untuk melacak pendapatan Kamu dan mencocokkannya dengan laporan AdSense.

8. Pilihan Mata Uang

Selanjutnya jika Kamu beroperasi di negara yang menggunakan mata uang yang berbeda dengan mata uang default AdSense, metode transfer bank memungkinkan Kamu menerima pembayaran dalam mata uang lokal, menghindari biaya konversi yang tinggi.

Baca Juga: Panduan untuk Sukses Menjadi Publisher Google AdSense: Menayangkan Iklan di Blog

Cara Mengubah Metode Pembayaran AdSense Menjadi Transfer Bank

Metode pembayaran AdSense melalui transfer bank memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menjadi opsi yang nyaman, aman, dan efisien bagi para penerbit iklan. Kecepatan, keamanan finansial, dan kemudahan pengaturan membuatnya menjadi pilihan yang bijak untuk mengelola pendapatan yang Kamu hasilkan melalui platform AdSense.

Berikut langkah-langkah cara menentukan pembayaran AdSense menjadi transfer bank:

Langkah 1: Masuk ke Akun AdSense Anda

Langkah pertama adalah masuk ke akun AdSense Kamu. Buka peramban web dan akses halaman AdSense di https://www.google.com/adsense. Setelah itu, masukkan informasi akun Google Kamu untuk mengakses dasbor AdSense.

Langkah 2: Masuk ke Pengaturan Pembayaran

Kemudian setelah masuk ke dasbor AdSense, carilah opsi Tampilkan Pembayaran atau View Payments di menu utama. Biasanya, Kamu dapat menemukannya dengan mengklik pada ikon akun atau gambar profil Kamu di pojok kanan atas layar.

Cara Mengubah Metode Pembayaran AdSense Menjadi Transfer Bank 02

Langkah 3: Pilih Metode Pembayaran Baru

Selanjutnya di halaman Pengaturan Pembayaran, Kamu akan melihat metode pembayaran yang saat ini Kamu gunakan. Klik pada opsi Mengelola Metode Pembayaran.

Cara Mengubah Metode Pembayaran AdSense Menjadi Transfer Bank 03

Pada tahap ini kita cukup klik pilih Tambahkan Metode Pembayaran.

Cara Mengubah Metode Pembayaran AdSense Menjadi Transfer Bank 04

Langkah 4: Pilih Opsi Transfer Bank

Kemudian dalam daftar opsi pembayaran yang tersedia, carilah dan pilih Tambahkan detail transfer kawat baru. Ini adalah opsi yang akan memungkinkan Kamu untuk mengatur transfer langsung ke rekening bank Kamu.

Cara Mengubah Metode Pembayaran AdSense Menjadi Transfer Bank 05

Langkah 5: Masukkan Informasi Bank Kamu

Selanjutnya setelah memilih Transfer Bank, Kamu akan diminta untuk memasukkan detail rekening bank Kamu. Ini termasuk nama bank, nomor rekening, alamat bank, kode SWIFT/BIC, dan informasi lain yang mungkin AdSense perlukan. Pastikan Kamu memasukkan informasi yang akurat dan tepat untuk menghindari masalah pada proses pembayaran.

Pada metode pembayaran Transfer Bank, terdapat 5 form yang wajib Kamu isi, yaitu:

  1. Nama pemegang akun = Kamu isi dengan nama Kamu atau nama yang telah Kamu daftarkan pada akun AdSense. Supaya prosesnya lancar, sebaiknya Kamu gunakan nama yang sama dengan akun AdSense yang telah Kamu daftarkan;
  2. Nama bank = Kamu isi dengan nama Bank yang akan Kamu jadikan tempat pembayaran penghasilan AdSense;
  3. SWIFT-BIC = Silakan isi dengan kode SWIFT-BIC pada Bank Kamu.
  4. Nomor rekening = Isi dengan nomor rekening Bank yang akan Kamu daftarkan;
  5. Ketik ulang Nomor rekening = Silakan ketik ulang nomor rekening sesuai dengan nomor rekening sebelumnya.

Jika semuanya sudah Kamu isi dengan benar, selanjutnya klik Simpan.

Langkah 6: Verifikasi dan Konfirmasi

Kemudian setelah Kamu memasukkan informasi bank dengan benar, biasanya Google AdSense akan melakukan verifikasi. Ini bisa melibatkan pengiriman sejumlah kecil uang atau kode verifikasi ke rekening bank Kamu. Kamu harus mengikuti petunjuk yang diberikan untuk menyelesaikan proses verifikasi ini.

Selanjutnya silakan Kamu tentukan bahwa metode transfer Bank adalah sebagai pembayaran Utama AdSense.

Langkah 7: Tunggu Persetujuan

Kemudian setelah verifikasi selesai, Google AdSense akan memeriksa dan meninjau informasi yang Kamu berikan. Ini mungkin memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada kebijakan dan prosedur AdSense yang berlaku.

Langkah 8: Terima Pembayaran ke Rekening Bank

Setelah pengaturan pembayaran Kamu disetujui, pendapatan yang Kamu hasilkan melalui AdSense akan di transfer langsung ke rekening bank yang Kamu daftarkan pada tanggal pembayaran yang Kamu tentukan oleh AdSense.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Mengubah Akun Google AdSense Hosted Menjadi Non-Hosted

Daftar SWIFT-Code Bank yang Ada di Indonesia

SWIFT-Code adalah kode unik yang fungsinya untuk membedakan identitas Bank satu dengan Bank lainnya. Setiap Bank di Indonesia akan memiliki SWIFT-Code baik itu BRI, BNI, BCA, Mandiri, dan sebagainya. Kemudian SWIFT-Code akan kita perlukan ketika kita ingin transaksi secara internasional. Selanjutnya karena transfer penghasilan AdSense itu dari luar negeri, maka SWIFT-Code kita butuhkan.

Berikut adalah daftar SWIFT-Code Bank yang ada di negara Indoensia:

No. Nama Bank SWIFT-Code
1 ABN AMRO Bank ABNAIDJA
2 HagaBank HAGAIDJA
3 Bank Artha Graha ARTGIDJA
4 Bank Bumiputera Indonesia BUMIIDJA
5 Bank Bumi Arta Indonesia BBAIIDJA
6 Bank Buana Indonesia BBIJIDJA
7 Bank Danamon BDINIDJA
8 Bank Mandiri BEIIIDJA
9 Bank Syariah Mandiri BSMDIDJA
10 Bangkok Bank BKKBIDJA
11 Bank Niaga BNIAIDJA
12 Bank Negara Indonesia (BNI) BNINIDJA
13 Bank BNP Paribas Indonesia BNPAIDJA
14 Bank Resona Perdania BPIAIDJA
15 Bank Rakyat Indonesia (BRI) BRINIDJA
16 Bank Bukopin BBUKIDJA
17 Bank Central Asia (BCA) CENAIDJA
18 Deutsche Bank AG DEUTIDJA
19 Bank Mizuho Indonesia MHCCIDJA
20 Hongkong and Shanghai Banking (HSBC) HSBCIDJA
21 Bank Internasional Indonesia (BII) IBBKIDJA
22 Bank Indonesia INDOIDJA
23 Lippo Bank LIPBIDJA
24 Bank NISP NISPIDJA
25 Pan Indonesia Bank PINBIDJA
26 Bank RaboBank International Indonesia RABOIDJA
27 Bank UFJ Indonesia (formerly Bank Sanwa Indonesia) SAINIDJA
28 Bank Swadesi SWBAIDJA
29 Bank Tabungan Negara (BTN) BTANIDJA
30 Bank UOB Indonesia UOBBIDJA
31 Bank Permata BBBAIDJA
32 Bank MayBank Indocorp MBBEIDJA
33 Bank Chinatrust Indonesia CTCBIDJA
34 Woori Bank Indonesia HVBKIDJA
35 Bank Sumitomo Mitsui Indonesia SUNIIDJA
36 Bank Finconesia FINBIDJA
37 Bank OCBC Indonesia OCBCIDJA
38 Bank Kesawan AWANIDJA
39 Bank Commonwealth BICNIDJA
40 Bank Ekonomi Raharja EKONIDJA
41 Bank DBS Indonesia DBSBIDJA
42 Bank CIC International (Bank Century Intervest Corp) CICTIDJA
43 Bank Ekspor Indonesia BEXIIDJA
44 Bank Mega MEGAIDJA
45 Bank of China, Jakarta Branch BKCHIDJA

Baca Juga: Cara Mengatasi Penurunan Penghasilan AdSense dan Meningkatkan Pendapatan

Kesimpulan

Mengubah metode pembayaran AdSense menjadi Transfer Bank adalah langkah penting dalam memastikan Kamu dapat dengan mudah mengakses pendapatan yang Kamu hasilkan. Dengan mengikuti panduan ini secara seksama dan memastikan informasi yang Kamu masukkan akurat, Kamu dapat memastikan bahwa proses pembayaran berjalan lancar dan efisien. Terlebih lagi, transfer bank merupakan metode pembayaran yang lebih aman dan cepat, memungkinkan Kamu untuk mengelola pendapatan Kamu dengan lebih baik.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

10 comments

  1. Terima kasih info-nya.
    Ternyata lewat kawat bisa lebih cepat sampainya ya.

    Dibandingkan dengan cara-cara atau metode pembayaran mana yang paling efektif dan aman?
    Lalu berapa biaya yang dikenakan bank?

    Terima kasih
    salam

  2. Salam Min..misal dari WU pin verif belum sampai terus diganti ke WTgimana ya..soalnya menu TAMBAKAN METODE PEMBAYARAN blank
    Saya udh nunggu verif pin hampir 2minggu blum datang juga,terima kasih

  3. Terima kasih gan sangat insightful.. Hari ini saya iseng2 buka payment method di adsense ternyata ada option wired transfer.. Btw, apakah proses pembayarannya google ke transfer bank lebih cepat dari western union ? saya sempat baca di support google official kalau prosesnya butuh waktu 1 bulan ?

    • Halo MrGamer …
      Menurut saya mending menggunakan metode pembayaran Western Union. Karena selain lebih cepat dan juga biaya pemotongan administrasinya tidak terlalu besar seperti metode transfer Bank.
      Semoga dapat membantu … :)

  4. ane mah masih lama payment nya gan,, pin aja baru di kirim kemarin… biasanya berapa lama pin akan sampai ke alamat di indonesia ya gan ? semoga lancar jaya

  5. Gan, kalau adsense nya pake Dollar bisa ga metode pembayarannya transfer kawat? Soalnya sebelumnya ane pakai Western Union.

    Terima kasih.

    • Bisa gan! Dulu saya juga ketika mencoba metode pembayaran transfer bank pakai Dollar. Cuma itu dia selain transfernya lama potongan administrasi Bank-nya lumayan besar …

  6. Gan kalo udah lakuin semua petunjuk diatas, apakah ada tahap verifikasi bank spt adsense sekarang? Soalnya ini punya ane akun lama, terus halaman verifikasi bank jg ga ada.

  7. Gan apakah merubah metode pembayaran dari WU Ke transfer bank ada verifikasi lagi alamat lagi ?

  8. Faticha

    Misal saya merubah nama penerima pembayaran apakah bisa min? Misalnya awalnya menggunakan nama ibu kemudian diganti nama saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.