Selasa, 27 Februari 2024

Cara Charge HP yang Benar Agar Baterai HP Awet dan Tidak Mudah Terkuras atau Cepat Habis

Cara Charge HP yang Benar Agar Baterai HP Awet

Info Menarik – Baterai adalah salah satu komponen paling penting pada perangkat ponsel pintar (HP). Namun, seringkali kita tidak menyadari bahwa kebiasaan kita dalam mengisi daya (charge) HP dapat mempengaruhi masa pakai dan kinerja baterai tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara charge HP yang benar agar baterai tetap awet dan tidak mudah terkuras. Mengikuti langkah-langkah ini akan membantu Kamu memperpanjang umur baterai HP dan menghindari masalah umum seperti penurunan kinerja dan kapasitas baterai.

Baca Juga: Jangan Lakukan Hal Berikut Karena Bisa Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak

Cara Charge HP yang Benar Agar Baterai HP Awet dan Tidak Mudah Ngedrop

Berikut beberapa hal yang harus Kamu lakukan dalam charge HP agar kekuatan baterai tetap awet tidak mudah ngedrop:

1. Gunakan Charger Asli atau Berkualitas Tinggi

Pertama, penting untuk selalu menggunakan charger yang asli atau berkualitas tinggi yang direkomendasikan oleh produsen HP Kamu. Pasalnya charger yang tidak berkualitas dapat menghasilkan tegangan atau arus yang tidak stabil, yang dapat merusak baterai. Kemudian hindari menggunakan charger palsu atau charger yang tidak cocok dengan spesifikasi HP Kamu.

2. Jangan Biarkan Baterai HP Kamu Kosong Sepenuhnya

Kemudian dengan mengosongkan baterai HP Kamu sepenuhnya sebelum pengisian daya penuh sebenarnya dapat merugikan baterai. Baterai lithium-ion (Li-ion), yang digunakan pada sebagian besar HP saat ini, memiliki siklus pengisian daya terbatas. Oleh karena itu, saya sarankan untuk charge HP Kamu ketika tingkat baterainya mencapai sekitar 20-30% daripada mengosongkannya sepenuhnya.

Baca Juga: Inilah Alasan Penting Kenapa Baterai Smartphone Jangan Dibiarkan Sampai 0%

3. Hindari Charge Terlalu Lama

Selanjutnya meskipun seringkali kita cenderung membiarkan HP terhubung dengan charger semalaman, ini dapat berdampak buruk pada baterai. Setelah baterai HP mencapai kapasitas penuh, proses pengisian daya harus Kamu hentikan. Kemudian mengisi daya setelah mencapai kapasitas penuh dapat meningkatkan suhu baterai, yang pada akhirnya dapat merusak kinerja dan masa pakai baterai.

4. Jauhkan HP dari Suhu Ekstrem

Kemudian juga baterai HP rentan terhadap suhu ekstrem. Hindari pengisian daya atau menggunakan HP Kamu dalam suhu yang sangat panas atau dingin. Paparan suhu ekstrem dapat menyebabkan penurunan kinerja baterai dan bahkan kerusakan permanen. Selanjutnya pastikan HP Kamu tidak terkena sinar matahari langsung atau Kamu letakkan di dekat sumber panas seperti radiator atau oven.

5. Matikan Pengisian Daya Cepat Saat Tidak Diperlukan

Selanjutnya saat ini banyak HP yang sudah dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat, yang memungkinkan baterai terisi lebih cepat. Meskipun fitur ini sangat berguna dalam situasi darurat, pengisian daya cepat secara terus-menerus dapat mempengaruhi umur baterai. Gunakan pengisian daya cepat hanya ketika kita perlukan dan kembali ke pengisian daya normal sehari-hari untuk menjaga kesehatan baterai.

Baca Juga: Cara Pengisian Baterai HP Android Super Cepat Hingga 75% Bahkan Lebih

6. Hindari Menggunakan HP Saat Dalam Proses Pengisian Daya

Kemudian menggunakan HP Kamu saat sedang di charge dapat meningkatkan suhu baterai secara signifikan. Hal ini dapat menyebabkan stres panas yang berlebihan pada baterai dan mempercepat degradasi. Untuk menjaga kesehatan baterai, saya sarankan untuk tidak menggunakan HP saat dalam proses pengisian daya. Biarkan baterai mengisi daya dengan tenang tanpa adanya beban penggunaan yang berat.

7. Pastikan Penghubung Charger Tepat dan Bersih

Selanjutnya saat charge HP, periksa apakah penghubung charger terpasang dengan baik dan bersih. Debu, kotoran, atau korosi pada penghubung dapat mengganggu aliran listrik dan mengurangi efisiensi pengisian daya. Bersihkan penghubung charger secara teratur dengan lembut menggunakan lap yang bersih atau kain mikrofiber untuk memastikan koneksi yang baik.

8. Gunakan Mode Hemat Daya atau Mode Pesawat

Kemudian jika Kamu sedang dalam situasi di mana daya baterai HP sangat terbatas, menggunakan mode hemat daya atau mode pesawat dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai. Mode ini akan membatasi beberapa fitur dan fungsi HP yang membutuhkan daya tinggi, sehingga mengurangi konsumsi baterai. Dengan mengaktifkan mode hemat daya atau mode pesawat saat baterai sedang kritis, Kamu dapat menjaga HP tetap hidup lebih lama.

9. Lakukan Siklus Pengisian Penuh secara Berkala

Selanjutnya meskipun disarankan untuk menghindari pengosongan baterai sepenuhnya, melakukan siklus pengisian penuh (charge hingga 100% dan kemudian mengosongkannya sampai sekitar 20-30%) secara berkala dapat membantu menjaga akurasi indikator baterai dan memperpanjang umur baterai. Lakukan siklus pengisian penuh ini sekitar satu atau dua bulan sekali untuk menjaga baterai dalam kondisi optimal.

10. Perhatikan Indikator Pengisian Daya

Terakhir, sebagian besar HP modern dilengkapi dengan indikator pengisian daya yang menunjukkan status pengisian baterai. Perhatikan indikator ini saat Kamu charge HP. Ketika baterai mencapai kapasitas penuh, cabut charger dari HP untuk menghindari pengisian daya berlebihan. Jika indikator menunjukkan masalah atau ketidaksesuaian dengan pengisian daya, segera hubungi layanan pelanggan produsen HP Kamu.

Baca Juga: Punya Android Tapi Boros Baterai? Inilah 7 Cara Menghemat Baterai Android

Kesimpulan

Menjaga kesehatan baterai HP Kamu adalah langkah penting untuk memastikan umur panjang dan kinerja yang optimal. Dengan mengikuti langkah-langkah yang saya sebutkan di atas, Kamu dapat charge HP dengan benar dan mencegah baterai terkuras dengan cepat. Jangan lupa untuk menggunakan charger asli atau berkualitas tinggi, menghindari mengosongkan baterai sepenuhnya, tidak charge terlalu lama, menjauhkan HP dari suhu ekstrem, dan mengurangi penggunaan pengisian daya cepat yang berlebihan.

Kemudian hindari penggunaan HP saat kita isi daya, pastikan penghubung charger bersih, dan gunakan fitur-fitur seperti mode hemat daya untuk mengoptimalkan penggunaan baterai. Dengan perawatan yang baik, Kamu dapat menikmati pengalaman penggunaan HP yang lebih baik dan meminimalkan masalah terkait baterai.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

7 comments

  1. masalah charge kalau sudah rusak, susah banget dapet charge yang sama atau original. kira-kira rekomendasi nya gimana mas kalau begini ?

    • Rekomendasinya bisa coba tanyakan ditempat pembelian saja mas. Iya sih memang sulit mas untuk mencari charge original jika yang asli sudah rusak.

  2. penggunaan soft case atau hard case pada smartphone saat proses charging, itu dilepas atau dibiarkan terpasang ya min ?

    • Tidak juga mas biarkan saja terpasang dan yang paling penting adalah hindari ngecas sambil digunakan HP-nya.

  3. Terima kasih Informasinya jadi nambah ilmu baru.. Selama ini kalo saya mencharce HP ya hanya tinggal sambung saja ndak mikir yang lain-lain lagi. Nice Sharing

  4. Thanks infonya sangat bermanfaat. Ditunggu update terbarunya ya. Saya selalu minjem charger temen soalnya charger saya hilang. Kalau misalkan baterainya baterai tanam gimana ya? Thank you

  5. Makasih infonya min, biasanya ane sering lupa ngechas sampai seharian. pantesan hp ane yang satu baterainya cepet banget drop…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.