Minggu, 14 Agustus 2022

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Harus Kehilangan Data

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format 01

Info Menarik – Jangan dulu panik ketika flashdisk minta format, karena permasalahan tersebut ada solusinya. Flashdisk tiba-tiba minta format karena terdapat masalah di file sistem. Masalah ini belum tentu kalau flashdisk rusak dan menurut pengalaman hal ini dapat kita selesaikan tanpa harus kehilangan data.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Terbaca Datanya Sama Sekali Tanpa Software

Masalah tersebut biasanya terjadi ketika kita mencolokkan flashdisk di USB komputer atau laptop lalu tiba-tiba tampil jendela pop-up yang berisi:

You need to format the disk in drive E: before you can use it. Do you want to format it?

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format 02

Pada jendela pop-up tersebut hanya terdapat dua pilihan, yaitu: tombol Format disk dan Cancel.

Jika kita menekan tombol Format disk maka semua data yang tersimpan di flashdisk akan hilang. Kemudian jika menekan tombol Cancel maka jendela pop-up tersebut akan hilang, namun permasalahan tidak terselesaikan.

Lalu bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Karena Windows telah mendeteksi terdapat kesalahan pada sistem flashdisk, maka otomatis akan menampilkan pesan error tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut kita diharuskan untuk melakukan format pada flashdisk. Namun jika hal itu kita lakukan maka semua data akan hilang.

Penyebab Flashdisk Tiba-tiba Minta Format

Flashdisk minta format ketika dicolokkan ke USB tentu ada penyebabnya. Karena mungkin sebelumnya flashdisk normal-normal saja. Hal tersebut mungkin sering dialami oleh setiap orang yang biasa menggunakan flashdisk untuk media penyimpanan eksternal.

Terdapat beberapa faktor kenapa flashdisk minta format ketika kita gunakan. Pada umumnya permasalahan tersebut terjadi karena:

  1. Terjadi interupsi ketika proses transfer file tidak selesai sempurna karena komputer atau laptop tiba-tiba mati;
  2. Telah menggunakan format file sistem pada flashdisk yang tidak dikenali oleh sistem operasi. Misalnya telah menggunakan format file sistem operasi Linux sedangkan flashdisk kita gunakan di Windows;
  3. Kamu mencabut flashdisk secara paksa tanpa melakukan eject/remove ketika flashdisk selesai Kamu gunakan;
  4. Sebelumnya sudah melakukan format flashdisk namun tidak selesai secara sempurna;
  5. Terjadi bad sector pada flashdisk sehingga menimbulkan kerusakan pada file sistem;
  6. Flashdisk sudah terinfeksi oleh virus;
  7. Kondisi fisik flashdisk telah rusak.

Baca Juga: Cara Sederhana Dan Singkat Melindungi Flashdisk Dari Virus Tanpa Software (Kebal Virus)

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format dan Data Terselamatkan

Karena pilihan yang tampil pada jendela pop-up hanya dua yaitu format disk dan cancel, silakan lakukan cara-cara berikut agar data di dalam flashdisk terselamatkan.

1. Aktifkan Command Prompt (CMD)

Untuk mengatasi permasalahan flashdisk yang tiba-tiba minta format adalah melalui perintah Command Prompt atau CMD. Setelah flashdisk Kamu colokkan ke USB, selanjutnya silakan Kamu aktifkan CMD dari pencarian Windows yang di taskbar kemudian buka dengan Run as administrator.

Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format 03

2. Jalankan Perintah Check Disk dari CMD

Sekarang Kamu ketahui terlebih dahulu drive letter flashdisk. Adapun drive letter adalah huruf yang melabeli drive penyimpanan seperti drive C, D, E, F, dan sebagainya.

Untuk mengetahui drive letter flashdisk, silakan Kamu buka file Explorer. Untuk mengaktifkan file Explorer bisa dari folder Explorer yang ada di taskbar atau dengan menekan Windows + E di keyboard.

Contoh drive letter flashdisk di komputer saya berada di drive E:

Setelah mengetahui drive letter flashdisk kita kembali ke jendela CMD. Silakan Kamu ketik perintah check disk dengan format:

chkdsk E: /f

Kemudian tekan Enter di keyboard!

Sekarang CMD akan melakukan proses scan dan silakan Kamu tunggu hingga selesai. Dan jika proses scan dan perbaikan pada flashdisk telah selesai, maka di jendela CMD akan terlihat seperti gambar berikut:

3. Cek Flashdisk dan Copy Data dari Explorer

Sekarang seharusnya flashdisk sudah bisa Kamu gunakan. Dan biasanya pop-up minta format akan terselesaikan.

Coba Kamu cek data-data yang tersimpan di flashdisk dari file Explorer. Apakah data-data Kamu masih utuh seperti sedia kala?

Jika tidak ditemukan masalah, sekarang Kamu copy semua data yang tersimpan di flashdisk ke media penyimpanan lainnya, misal ke drive komputer atau laptop. Hal ini untuk melakukan backup data karena nanti kita akan melakukan format pada flashdisk.

4. Format Flashdisk

Setelah semua data yang tersimpan di flashdisk Kamu simpan di media lain, sekarang tugas Kamu adalah melakukan format flashdisk. Hal ini kita lakukan agar flashdisk kembali normal seperti sebelum terjadi masalah.

Untuk melakukan format flashdisk silakan kembali buka file Explorer kemudian klik kanan pada drive letter flashdisk dan Format.

Agar proses format dapat dilakukan secara cepat, silakan Kamu centang pada Quick Format kemudian klik tombol Start.

Baca Juga: 3 Cara Format Flashdisk Write Protected (Tidak Bisa Diformat) Teruji 99,99% Berhasil

5. Copy Ulang Seluruh Data ke Flashdisk

Selesai melakukan format flashdisk, sekarang Kamu copy ulang data-data tadi yang telah di backup di media lain.

Sebagai tambahan, jika data-data yang tersimpan di flashdisk sudah terlanjur terhapus silakan lakukan recovery data. Untuk mengembalikan data, Kamu bisa menggunakan software EaseUS. Untuk caranya, saya sudah menulis artikel khusus di cara mengembalikan data yang terformat.

Ok, mungkin hanya itu saja pembahasan tentang cara mengatasi flashdisk yang tiba-tiba minta format ketika kita colokkan ke USB komputer. Semoga artikel ini dapat membantu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.