Sabtu, 2 Desember 2023

Cara Download Cepat File Besar dengan Download Manager Gratis: Panduan Terlengkap

Cara Download Cepat File Besar 01

Info Menarik –¬†Download file besar dari internet dapat menjadi tugas yang memakan waktu dan melelahkan jika kita mengandalkan kecepatan download standar. Namun, dengan bantuan download manager gratis, Kamu dapat meningkatkan kecepatan unduhan dan menghemat waktu Kamu secara signifikan. Artikel ini akan memandu Kamu melalui langkah-langkah untuk download file besar dengan cepat menggunakan download manager gratis.

Apa itu Download Manager?

Download Manager adalah perangkat lunak atau aplikasi yang dirancang khusus untuk memfasilitasi dan mengoptimalkan proses download file dari internet. Kemudian fungsi utama download manager adalah meningkatkan kecepatan unduhan, mengatur dan mengelola unduhan, serta menyediakan fitur tambahan untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat mengunduh file.

Selanjutnya download manager bekerja dengan cara yang berbeda dari unduhan standar yang dilakukan melalui browser. Ketika Kamu mengunduh file menggunakan browser, biasanya file di unduh secara langsung dari sumbernya. Namun, dengan download manager, file besar dapat dipecah menjadi beberapa bagian yang di unduh secara paralel. Hal ini memungkinkan download manager memanfaatkan kecepatan internet maksimum dan menggabungkan bagian-bagian tersebut menjadi satu file utuh setelah selesai di unduh. Proses ini dapat menghasilkan peningkatan kecepatan download yang signifikan.

Kemudian download manager juga menyediakan fitur pemulihan unduhan. Jika koneksi internet terputus atau terjadi gangguan saat unduhan berlangsung, download manager dapat melanjutkan unduhan dari titik terakhir yang terhenti, tanpa perlu mengulang dari awal. Fitur ini membantu menghindari kehilangan data dan menghemat waktu dengan tidak perlu mengunduh ulang.

Baca Juga: Cara Melanjutkan Download IDM Yang Terputus Karena Error, Terbukti Berhasil

Selanjutnya selain meningkatkan kecepatan dan menyediakan fitur pemulihan, download manager juga biasanya dilengkapi dengan fungsi pengaturan prioritas unduhan. Ini memungkinkan pengguna untuk menentukan prioritas file-file yang kita unduh, memastikan file-file yang lebih penting atau mendesak selesai diunduh terlebih dahulu.

Mengapa Download File Besar Harus Memilih Download Manager?

Download file besar dapat menjadi tugas yang menantang karena kecepatan unduhan standar sering kali lambat dan tidak efisien. Dalam situasi seperti itu, menggunakan download manager menjadi pilihan yang bijaksana. Berikut adalah alasan mengapa Kamu harus memilih download manager saat mengunduh file besar:

1. Kecepatan Unduhan yang Lebih Tinggi

Pertama, download manager menggunakan teknologi yang mengoptimalkan kecepatan unduhan. Mereka dapat memecah file besar menjadi beberapa bagian yang kita unduh secara simultan. Dengan memanfaatkan koneksi internet maksimum Kamu, download manager dapat menggabungkan bagian-bagian tersebut menjadi satu file utuh, mempercepat waktu unduhan secara signifikan.

2. Pemulihan Unduhan yang Handal

Kemudian jaringan internet yang tidak stabil atau gangguan koneksi seringkali dapat menyebabkan unduhan terputus atau terhenti. Download manager memiliki fitur pemulihan unduhan yang dapat melanjutkan proses unduhan dari titik terakhir yang terhenti. Dengan kata lain, jika koneksi internet terputus saat unduhan sedang berlangsung, Kamu tidak perlu mengunduh ulang dari awal. Hal ini menghemat waktu dan bandwidth Kamu.

3. Pengaturan Prioritas Unduhan

Selanjutnya ketika Kamu memiliki beberapa unduhan aktif secara bersamaan, download manager memungkinkan Kamu mengatur prioritas unduhan. Kamu dapat menentukan file mana yang paling penting dan memprioritaskan unduhan tersebut, sehingga file tersebut selesai kita unduh terlebih dahulu. Fitur ini memungkinkan Kamu untuk mengelola unduhan dengan lebih efisien.

4. Manajemen File yang Lebih Baik

Kemudian download manager juga menawarkan fitur manajemen file yang canggih. Kamu dapat memilih lokasi penyimpanan yang Kamu inginkan untuk setiap unduhan, mengorganisasi unduhan berdasarkan kategori atau jenis file, dan bahkan mengatur jadwal unduhan. Fitur ini membantu Kamu mengatur dan mencari file yang diunduh dengan lebih mudah.

5. Integrasi dengan Browser

Selanjutnya sebagian besar download manager memiliki integrasi yang kuat dengan browser web. Mereka dapat mendeteksi tautan unduhan secara otomatis dan menawarkan opsi untuk mengunduh file dengan menggunakan download manager. Hal ini mempermudah dan mempercepat proses unduhan, tanpa perlu menyalin tautan secara manual.

Dalam keseluruhan, download manager merupakan alat yang kuat untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi saat mengunduh file besar. Mereka menawarkan fitur-fitur canggih seperti pemecahan file, pemulihan unduhan, pengaturan prioritas, dan manajemen file yang lebih baik. Dengan memanfaatkan download manager, Kamu dapat menghemat waktu dan mendapatkan pengalaman unduhan yang lebih lancar dan efisien.

Selanjutnya saat ini ada banyak download manager gratis yang tersedia di internet. Contoh adalah Free Download Manager (FDM).

Apa itu Free Download Manager?

Free Download Manager (FDM) adalah salah satu jenis download manager yang populer dan gratis yang tersedia untuk pengguna. FDM dirancang untuk meningkatkan kecepatan unduhan, memberikan kontrol yang lebih baik, dan menawarkan berbagai fitur tambahan yang berguna.

FDM memiliki beberapa fitur kunci yang membuatnya menonjol di antara download manager gratis lainnya. Fitur yang terdapat pada FDM adalah seperti: kecepatan unduhan yang tinggi, dapat memulihkan unduhan, sudah terintegrasi dengan browser.

Kemudian FDM memiliki fitur manajemen file yang kuat. Kamu dapat mengatur folder tujuan untuk setiap unduhan, mengkategorikan unduhan berdasarkan jenis file, dan melihat riwayat unduhan yang lengkap.

Secara keseluruhan, Free Download Manager adalah download manager gratis yang kuat dan dapat kita andalkan. Dengan sejumlah fitur dari FDM membantu pengguna mengunduh file dengan lebih efisien dan nyaman dari internet.

Baca Juga: Cara Mematikan Update Otomatis IDM Secara Permanen di Komputer Windows

Cara Download Cepat File Besar dengan Free Download Manager

Adapun langkah-langkah download file besar menggunakan Free Download Manager (FDM) adalah sebagai berikut:

1. Unduh dan Instal FDM

Pertama, silakan Kamu kunjungi situs resmi Free Download Manager dan unduh versi terbaru. Setelah unduhan selesai, instal FDM dengan mengikuti panduan yang ada.

2. Konfigurasi FDM

Kemudian setelah menginstal FDM, buka aplikasi dan akses pengaturan. Pastikan untuk memeriksa opsi pengaturan yang relevan, seperti pengaturan kecepatan unduhan maksimum dan lokasi penyimpanan file yang Kamu unduh.

Sebagai contoh, saya coba menggunakan FDM dengan kualitas kecepatan unduhan menjadi High.

Cara Download Cepat File Besar 02

Kemudian saya menentukan lokasi file unduhan nanti di komputer atau laptop. Secara default file unduhan akan tersimpan pada My Document > Download. Setelah menemukan tempat yang sesuai kemudian klik pilih tombol Download.

Cara Download Cepat File Besar 03

3. Salin Tautan File yang Akan Diunduh

Selanjutnya buka browser web Kamu dan temukan tautan file besar yang ingin Kamu unduh. Klik kanan pada tautan tersebut dan pilih opsi Salin tautan atau Salin alamat tautan.

4. Tambahkan Tautan ke FDM

Kemudian Kamu kembali ke aplikasi download manager dan temukan opsi Tambahkan URL atau Tambahkan tautan. Untuk menambahkan file download di FDM begitu kita selesai menginstall FDM dan membukanya klik pilih tombol plus (+). Pastikan untuk memilih lokasi penyimpanan yang Kamu inginkan.

Kemudian Kamu tempelkan link URL file download pada kolom yang tersedia, lalu klik OK.

5. Mulai Unduhan

Selanjutnya setelah tautan Kamu tambahkan, klik tombol Mulai unduh. FDM akan mulai mengunduh file besar tersebut dengan memanfaatkan konektivitas dan fitur-fitur optimal yang dimiliki.

Pada artikel ini saya mempunyai bukti kalau download file menggunakan FDM menjadi meningkat sekitar 6 kali lipat. Sebelum menggunakan FDM kecepatan download saya adalah 58,8 KB/s.

Silakan Kamu lihat hasilnya! Kini kecepatan download file saya sudah meningkat, yang semula hanya 58,8 KB/s menjadi 310 KB/s.

6. Monitor dan Kelola Unduhan

Kemudian FDM akan menampilkan progres unduhan, kecepatan unduh, dan waktu yang tersisa. Kamu juga dapat melihat daftar unduhan aktif dan mengelola prioritas unduhan jika perlu.

7. Selesaikan dan Nikmati File Kamu

Selanjutnya setelah unduhan selesai, Kamu dapat menemukan file besar yang telah Kamu unduh di lokasi penyimpanan yang telah Kamu tentukan sebelumnya. Selamat, Kamu berhasil mengunduh file besar dengan cepat menggunakan FDM!

Baca Juga: Cara Menampilkan Tombol IDM di YouTube untuk Browser Chrome dan Firefox

Kesimpulan

Dengan menggunakan FDM gratis, Kamu dapat meningkatkan kecepatan unduhan file besar secara signifikan. Panduan di atas memberikan langkah-langkah dasar untuk mengunduh file besar dengan cepat menggunakan download manager gratis. Ingatlah untuk memilih download manager yang andal dan mengikuti instruksi instalasi yang disediakan oleh pengembang. Dengan cara ini, Kamu akan dapat menghemat waktu dan mengoptimalkan proses unduhan file besar secara efisien.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. bisa di coba nih untuk aplikasi Free Download Manager nya buat gantiin IDM software bajakan yang bahaya buat kesehatan komputer :D

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.