Cara Menghasilkan Uang dari Channel Youtube Cocok Untuk Pemula 2020

Cara Menghasilkan Uang dari Channel Youtube

Info Menarik – Apakah Kamu ingin menghasilkan uang dari channel Youtube? Jika Kamu merasa tidak cocok dengan pekerjaan kantor, ada banyak opsi pekerjaan lain yang tersedia, salah satunya menjadi seorang Youtuber dengan kerjanya membuat konten video Youtube. Ya, dengan modal channel Youtube Kamu dapat menghasilkan uang ratusan juta rupiah!

Baca Juga : Cara Menjadi Youtuber Sukses Bisa Menghasilkan Uang Cocok Untuk Pemula

Artikel ini membahas potensi Youtube sebagai platform untuk menghasilkan uang, membuat channel Youtube, dan cara menghasilkan uang dengan Youtube.

Berikut Alasan Kenapa Yuotube Bisa Menghasilkan Uang

Kamu mungkin telah melihat pembuat konten Youtube seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, Rachel Goddard, Suhay Salim dan masih banyak lagi.

Mungkin Kamu penasaran, apa benar bisa menghasilkan uang dengan modal channel Youtube? Tentu saja bisa! Pembuat konten di atas adalah bukti bahwa Youtube memiliki potensi besar untuk menghasilkan uang. Bagaimana itu bisa terjadi? Berikut ini beberapa alasan :

1. Konsumsi Video Online di Indonesia Lumayan Tinggi

Menurut sebuah survei oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), 69,64 persen orang Indonesia menggunakan internet hanya untuk menonton video. Ini berarti peluang Kamu untuk menjangkau pemirsa melalui video sangat tinggi dan Kamu dapat melakukannya melalui channel Youtube.

2. Youtube Merupakan Platform Video Utama Saat ini

Youtube telah menguasai pangsa pasar platform video di Indonesia. Lagipula, 92 persen pengguna internet Indonesia menyatakan bahwa Youtube adalah platform pertama di mana mereka mencari konten video online hanya di Youtube.

3. Youtube Diasumsikan Telah Menyaingi Keberadaan Televisi

Jumlah pemirsa Youtube Indonesia telah mengimbangi jumlah pemirsa televisi dalam waktu dekat. Menurut survei Kantar pada tahun 2018, 57 persen responden mengatakan mereka menonton TV setiap hari, sementara 53 persen mengatakan mereka menonton Youtube setiap hari.

Persentase di atas menunjukkan bahwa penonton Youtube telah menjadi kebiasaan orang Indonesia dan dapat mengubah popularitas televisi. Ini mungkin karena berbagai konten di Youtube dapat ditonton dalam berbagai situasi dan kondisi asal terdapat jaringan internet.

Selain itu, Youtube memungkinkan pengguna untuk menonton program televisi di platformnya. Hampir semua channel televisi Indonesia memiliki channel resmi di Youtube, sehingga pemirsa dengan mudah dapat menonton program yang disiarkan di televisi.

4. Kamu Tidak Harus Memiliki Jutaan Pelanggan (Subscribe)

Benar, Kamu tidak perlu memiliki jutaan pelanggan untuk menghasilkan uang dengan Youtube. Di Indonesia, banyak pembuat konten dengan jutaan pelanggan telah lahir di Youtube. Sebut saja Atta Halilintar, Ria Ricis, Raditya Dika, Rachel Goddard, Suhay Salim dan masih banyak lagi. Bahkan banyak juga brand yang bekerja sama dengan channel Youtube mereka karena dianggap mereka dapat menjangkau khalayak luas.

Apakah Kamu juga perlu memiliki jutaan pelanggan untuk mendapatkan uang dari Youtube? Idealnya, banyak pelanggan akan membantu Kamu bertahan di area ini.

Bahkan jika itu tidak terbukti maka Kamu tidak dapat menghasilkan uang dari jumlah pelanggan yang tidak banyak. Kamu masih bisa menjadi mitra Youtube jika Kamu memenuhi kriteria yang ditentukan.

Selain itu, Kamu juga memiliki kesempatan untuk bekerja dengan brand. Brand tidak hanya bekerja dengan influencer makro seperti Raditya Dika dan Rachel Goddard. Perusahaan juga membutuhkan influencer mikro yang jangkauannya lebih kecil dari influencer makro.

5. Semua Orang Dapat Menghasilkan Uang dari Youtube

Untuk tampil di program televisi, Kamu harus melalui audisi dan casting. Dengan Youtube Kamu dapat membuat acara sendiri tanpa harus mengikuti audisi.

Dengan channel Youtube, Kamu harus melakukan semuanya secara mandiri, dari merekam hingga mengedit. Namun, Kamu memiliki kebebasan untuk membuat konten.

Inilah 10 Cara Menghasilkan Uang Dari Channel Youtube

1. Buat Channel Youtube

Langkah ini adalah langkah pertama yang tidak boleh dilewatkan. Pertama, buat akun di Youtube jika Kamu belum punya. Coba masuk ke Youtube (Kamu dapat masuk dan mendaftar dengan akun Google dengan mengisi semua informasi formulir dari awal). Kemudian buat channel Kamu. Pikirkan nama yang menarik untuk channel Youtube Kamu dan seperti apa konsep channel Kamu? Bagaimana perilaku atau tema channel Kamu dibandingkan dengan channel lain yang serupa.

Baca Juga : Cara Membuat Channel Youtube di Laptop dan Android Agar Bisa Menghasilkan Uang

2. Monetisasi Channel Youtube

Masuk ke akun Youtube Kamu, pilih menu Informasi Akun di sudut kanan atas klik Creator Studio. Kemudian pilih Channel di menu di sebelah kiri dan klik Status dan Fungsi. Terakhir, pilih Aktifkan Monetisasi. Maka Kamu telah menyetujui perjanjian yang ada.

3. Hubungkan Channel Youtube ke AdSense

Setelah Kamu mengaktifkan monetisasi di channel Youtube Kamu, Kamu harus menautkan dan menyetujui akun AdSense Kamu dengan akun Youtube Kamu. Fitur Youtube Analytics akan tersedia nanti untuk membantu Kamu melacak penghasilan Kamu. Ini hanya dibayarkan jika Kamu memenuhi atau mematuhi ambang pembayaran Youtube yang ada.

4. Optimalkan Fungsi Monetisasi di Channel Youtube

Untuk mengoptimalkan channel Youtube Kamu, Kamu harus memenuhi atau kriteria berikut :

  • Video harus ramah pengguna;
  • Konten harus merupakan karya asli Kamu agar dapat diiklankan;
  • Video berhak cipta yang Kamu jiplak dari internet tidak akan menghasilkan apa-apa;
  • Video Kamu harus mematuhi persyaratan penggunaan dan pedoman komunitas Youtube;
  • Setelah video Kamu dimonetisasi, beberapa iklan akan muncul di video Kamu berikutnya.

5. Jalankan Tingkat Konversi ke Halaman Produk

Jika Kamu bertanggung jawab atas perusahaan atau bisnis tertentu, Kamu dapat meningkatkan tingkat konversi di channel Youtube Kamu. Buat konten yang menunjukkan seberapa bagus dan menarik produk yang ingin Kamu sorot dengan iklan yang dibuat. Lalu letakkan tautan di halaman produk Kamu di kolom deskripsi Youtube video Kamu. Ini sering dilakukan oleh vloggers yang ingin menjual barang dengan cara yang halus. Misalnya, video musik biasanya direkam dengan produk tertentu yang digunakan oleh bintang besar atau penyanyi.

6. Menjual Video di Situs Penjualan Video

Kamu juga dapat menjual video Kamu di situs web komersial tempat Kamu menjual karya Kamu sebagai pembuat video. Jadi di Youtube Kamu dapat mengunggah tayangan pemikat dan memerintahkan audiens Kamu untuk membayar.

7. Mengarahkan Penonton ke Tautan Mitra

Afiliasi pemasaran jelas merupakan cara yang sangat populer untuk menghasilkan uang secara online. Masalahnya adalah bahwa begitu banyak pemasar afiliasi ini tidak mengatakan seberapa rinci upaya ini untuk menghasilkan pendapatan yang besar. Cobalah untuk membuat channel Youtube yang keren dan gunakan itu sebagai katalis yang dapat mengarah ke tautan afiliasi dengan mengandalkan blog yang ada untuk merujuk orang ke tautan afiliasi. Dengan perkembangan audio visual seperti saat ini di mana orang bermalas-malasan membaca teks panjang. Untuk itu Kamu dapat mengembangkan bisnis Kamu lebih cepat lagi.

8. Menarik Sponsor

Jika Kamu menonton Youtuber terkenal yang sukses, Kamu pasti tahu bahwa hampir semua konten video Youtube selalu menyertakan elemen sponsor dan iklan. Kamu dapat menggunakan dua aspek ini untuk menghasilkan uang dengan channel Youtube.

9. Melakukan Percakapan Langsung untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Jika Kamu sudah memiliki cukup penggemar, Kamu dapat mengadakan pertemuan khusus dengan penggemar. Kamu dapat membuat rencana rutin untuk menumbuhkan komunitas Kamu. Aktivitas ini dilakukan untuk meningkatkan keterlibatan Kamu kepada pelanggan atau pemirsa setia Kamu. Kamu nanti dapat menjual produk atau mempromosikan konten lain selama acara dan menggunakan kesempatan ini untuk mencari tahu siapa market Kamu.

10. Selalu Berpikir di Luar Kebiasaan

Kamu harus berpikir tidak biasa jika Kamu ingin membuat video menarik yang dapat Kamu tonton dari awal hingga selesai dan kemudian ingin membagikannya lagi hingga menjadi viral. Selanjutnya, Kamu akan memberikan contoh jenis video yang paling banyak ditonton orang dan dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan Youtube.

Berikut Jenis Video yang Dapat Menghasilkan Uang di Channel Youtube

Seperti yang telah disebutkan dipenjelasan sebelumnya, cara menghasilkan uang di channel Youtube Kamu wajib membuat konten video yang menarik. Bagaimana dengan konten yang menarik itu? Tentu, apa yang menarik perhatian orang, jadi orang lain selalu berkeinginan untuk menonton video Kamu. Berikut beberapa jenis video yang dapat Kamu pertimbangkan.

1. Voice Over Impression

Rekam suara naratif Kamu melalui berbagai fakta menarik, komentar Kamu tentang berita terbaru, pendapat Kamu tentang film atau musik yang dapat menarik secara visual sehingga video Kamu menjadi menarik.

2. Membuat Tayangan List

Tayangan ini berisi daftar menarik yang dapat Kamu lihat secara visual. Daftar yang Kamu buat bisa menjadi daftar semua pertanyaan yang dapat dikelompokkan ke dalam judul yang menarik, misalnya “Daftar Orang Terkaya di Dunia” dan sebagainya. Video dapat menyertakan suara dengan gambar bergerak atau tulisan dalam kolase foto.

3. Video Tutorial

Tutorial berarti panduan untuk membuat atau menjalankan sesuatu. Saat ini ada banyak video tutorial yang bisa kita temukan di internet. Kamu yang suka melakukan makeup mungkin tertarik untuk membuat prosesi makeup yang dibagikan di channel Youtube Kamu. Atau mungkin Kamu ingin membuat video yang menyenangkan tentang cara membuat obat-obat tradisional. Cobalah menjadi orang yang kreatif untuk membuat pertunjukan yang menarik. Syukur-syukur video Kamu nantinya menjadi viral.

4. Video Unboxing

Pada dasarnya, keingintahuan psikologis seseorang terhadap sesuatu yang masih dibungkus sangat tinggi. Kesempatan ini Kamu bisa membuat video atau tayangan unboxing karena sangat dicari oleh pengguna Youtube. Mulai dengan video unboxing perabotan rumah tangga, mainan anak-anak hingga alat teknologi. Semua orang dari berbagai usia menyukai sesuatu yang tersembunyi atau yang masih terbungkus. Sama seperti ketika Kamu berbelanja kemudian membukanya di rumah.

5. Video Ilustrasi

Saat ini ada banyak pertunjukan pendidikan yang dibuat dengan ilustrasi yang sangat menarik dan kualitas yang sangat baik pula. Pernahkah Kamu mendengar tentang Youtube Vox? Atau pernahkah Kamu melihat CrashCourse jika Kamu tertarik pada teori di berbagai bidang? Kamu juga dapat membuat konten Kamu dengan ilustrasi dan gaya bercerita Kamu sendiri.

Baca Juga : Hanya Butuh Waktu 3 Hari Daftar Google AdSense Melalui Youtube

Apakah Sekarang Kamu Sudah Siap Menghasilkan Uang dari Channel Youtube?

Demikianlah tutorial cara menghasilkan uang dari channel Youtube. Sebetulnya tidak ada cara untuk menghasilkan uang dari channel Youtube dengan cara instan. Itu semua tentunya membutuhkan rencana matang dan ketekunan sehingga channel Youtube Kamu memiliki banyak tayangan dan pelanggan. Sebaiknya Kamu coba dulu jangan menyerah sebelum Kamu mencobanya sendiri.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.