Cara Membuat Tanda tangan Barcode Lengkap dengan Logo Instansi Secara Online

Cara Membuat Tanda tangan Barcode 01

Info Menarik – Seiring perkembangan teknologi, dalam pembuatan tanda tangan juga saat ini sudah berkembang. Mungkin saat ini Kamu sudah pernah melihat tanda tangan dalam bentuk barcode. Memang pemberian tanda tangan menggunakan seperti itu sekarang cukup dikenal. Adapun cara membuat tanda tangan barcode ternyata tidak sesulit yang kita bayangkan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Silakan simak artikel ini sampai selesai.

Baca Juga: Cara Memasang Tanda Tangan Di Akhir Posting Blog

Saat ini banyak yang mengubah model tanda tangan manual atau digital menjadi bentuk barcode saja. Bahkan surat resmi yang dikeluarkan oleh instansi atau pemerintah juga sekarang sudah demikian. Contoh lain pada Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran yang dikeluarkan oleh Dukcapil.

Contohnya bisa Kamu lihat pada gambar berikut:

Cara Membuat Tanda tangan Barcode 02

Untuk membuatnya saat ini banyak aplikasi yang bisa Kamu temukan di internet. Mulai dari aplikasi berbayar hingga aplikasi gratis. Kamu bisa mencoba sendiri karena langkah-langkah membuat barcode tanda tangan tidak sesulit kelihatannya.

Contoh di atas dalam barcode tersebut menggunakan logo. Biasanya logo yang dicantumkan adalah logo resmi instansi atau lembaga yang mengeluarkan surat atau dokumen.

Cara Kerja Barcode Tanda tangan

Pada dasarnya barcode tanda tangan itu adalah gambar tanda tangan asli yang sudah kita scan kemudian kita simpan di hosting secara online. Selanjutnya link tempat penyimpanan scan tanda tangan tersebut kita buat dalam bentuk barcode. Oleh karena itu ketika kita scan maka otomatis akan mengarah ke link penyimpanan scan tanda tangan.

Cara Membuat Tanda tangan Barcode Lengkap dengan Logo Instansi

Adapun hal yang perlu kita siapkan sebelum dimulai tutorialnya adalah:

1. Gambar atau Scan Tanda tangan Asli

Kamu bisa membuat tanda tangan dalam kertas putih kosong kemudian Kamu scan atau foto menggunakan smartphone. Atau bisa juga Kamu membuat tanda tangan menggunakan software pengolah gambar seperti CorelDraw kemudian Kamu simpan dalam format PNG atau JPG.

2. Logo Resmi Instansi atau Perusahaan

Selanjutnya Kamu siapkan juga logo resmi yang akan Kamu tempatkan di barcode tanda tangan. Gambar harus file format PNG dan untuk membuat logo PNG Kamu bisa menggunakan software Photoshop atau CorelDraw.

3. Media Penyimpanan Online

Selanjutnya kita simpan scan tanda tangan di media penyimpanan secara online.  Saat ini banyak website media penyimpanan berbayar bahkan yang gratis.

Sebetulnya ada juga aplikasi atau tool barcode online yang sudah menyediakan fitur berikut penyimpanan gambar. Namun umumnya aplikasi ini tidak gratis. Kita meski menggunakan fitur premium atau yang berbayar.

Untuk media penyimpanan gambar online Kamu bisa menggunakan Google Drive, Dropbox, dan sebagainya. Namun pada artikel ini saya akan memberikan contoh menggunakan website Post Images.

Upload gambar di post images adalah gratis selamanya. Terlebih dahulu silakan Kamu membuat akun di post images kemudian upload gambar tanda tangan yang sudah Kamu scan sebelumnya.

Cara Membuat Tanda tangan Barcode 03

Setelah sukses upload tanda tangan di post images, silakan Kamu copy tautan gambar. Saya sarankan agar menggunakan tautan jenis Alamat langsung agar nanti ketika kita klik link tersebut akan mengarah langsung ke gambar tanda tangan.

Cara Membuat Tanda tangan Barcode 04

Jika tautan terlalu panjang, kita bisa menyingkat tautan menggunakan website url shortener seperti Bit.ly. Silakan gunakan bit.ly dan copy lagi tautan yang dihasilkan.

4. Membuat Barcode Tanda tangan

Selesai upload gambar dan kita sudah menyingkat tautannya juga sekarang saatnya mengubah tautan tersebut menjadi barcode. Di internet banyak sekali aplikasi khusus untuk membuat barcode. Namun pada artikel ini saya hanya merekomendasikan website QR-Code Monkey.

Membuat barcode di QR-Code Monkey Kamu tidak perlu membuat akun dan aplikasi ini bisa Kamu gunakan secara gratis.

Silakan Kamu pilih tab URL kemudian paste link atau tautan gambar tanda tangan tadi pada kolom Your URL.

Pada opsi Add Logo Image, silakan Kamu klik tombol Upload Image untuk menambahkan logo instansi atau lembaga yang akan Kamu pasang di barcode. Kemudian Kamu centang juga pada Remove Background Behind Logo untuk menghapus latar belakang di belakang logo.

Sekarang Kamu klik tombol Create QR Code dan lihat hasilnya. Pada tahap ini Kamu bisa mengatur kualitas barcode dari Low Quality hingga High Quality dengan cara menggeser titip point. Secara default akan ditampilkan kualitas menengah yaitu 1000 x 1000 pixel.

Jika semua pengaturan sudah selesai, Kamu bisa download barcode tersebut untuk disimpan di komputer yang selanjutnya Kamu gunakan untuk tanda tangan.

QR-Code Monkey menyediakan 4 file formats, yaitu: format SVG, PDF, EPS, dan PNG. Silakan Kamu pilih sesuai kebutuhan.

Bagaimana mudah bukan? Silakan selamat mencoba mengubah tanda tangan manual menjadi barcode. Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.