Sabtu, 21 Januari 2023

Cara Membuka File Flash di Windows 10 dan 11 Tanpa Install Software

Cara Membuka File Flash di Windows 10 01

Info Menarik – Seperti yang sudah diketahui bahwa kita tidak akan bisa membuka file yang memiliki ekstensi .swf di Windows 10 dan juga Windows 11. Kenapa? Karena Microsoft telah menghentikan update untuk membuka file flash atau swf. Namun sebetulnya kita masih bisa membuka file flash di Windows 10 dan 11. Bagaimana caranya? Ok, silakan simak artikel ini sampai selesai!

Baca Juga: Cara Menjalankan Aplikasi CBT EPS-Topik Setelah Windows 10 Update Flash Player

Tahun 2020 merupakan masa berakhirnya dukungan Windows 10 untuk penggunaan file besutan Adobe Flash Player. Melalui update seri KB4577586 maka pengguna Windows 10 akan menjadi tidak bisa membuka file yang memiliki ekstensi swf atau flash. Tidak hanya pengguna Windows 10 saja, namun pengguna Windows 8.1, Windows Server, dan juga Windows 11 akan sama merasakan dampak ini.

Lalu kenapa file flash menjadi tidak bisa kita buka atau Microsoft menghentikan dukungannya?

Pasalnya Adobe sendiri sudah mengumumkan di situs resminya bahwa sejak tanggal 31 Desember 2020 telah menghentikan pengembangan software flashnya. Jadi sudah lama juga atau sekitar 3 tahun yang lalu dari sejak artikel dibuat.

Adobe mengkalim bahwa file flash dianggap mempunyai banyak celah keamanan yang cukup fatal. Sehingga mau tidak mau perusahaan Adobe tidak akan lagi mengembangkan software flash. Untuk pengganti flash sejak saat itu pengguna bisa beralih ke HTML5 atau WebGL yang dinilai paling aman saat kita gunakan.

Cara Membuka File Flash di Windows 10 yang Aman Tanpa Install Software

Untuk Kamu yang penasaran ingin membuka file flash di Windows 10, saat ini masih bisa kita lakukan dengan menggunakan trik lagi. Hal ini sudah saya coba berulang kali dan hasilnya memang file flash bisa saya buka dengan lancar tanpa error sedikitpun.

Kamu bisa menggunakan aplikasi khusus untuk membuka file flash. Aplikasi ini resmi dikeluarkan oleh perusahaan pencipta flash yaitu Adobe System.

1. Download Aplikasi Flash Player

Sebagai langkah awal, silakan Kamu download aplikasi Flash Player pada tombol download di bawah ini:

Download Flash Player

Aplikasi di atas adalah software portable, artinya Kamu tidak perlu menginstall aplikasi di komputer atau laptop. Kapasitas file ini cukup kecil, yaitu sekitar 15,2 MB saja.

2. Buka Aplikasi Flash Player

Setelah download aplikasi sukses, silakan Kamu ekstrak filenya menggunakan aplikasi WinRAR. Dan berikut tampilannya:

Cara Membuka File Flash di Windows 10 02

3. Cara Menggunakan Aplikasi Flash Player

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah, silakan Kamu klik File kemudian Open. Pada kolom Location silakan ketik lokasi dimana tempat file flash yang akan Kamu buka. Atau dengan langkah cepatnya silakan klik tombol Browse.

Dan sekarang file swf sudah bisa kita buka. Bagaimana mudah bukan?

Ok, mungkin artikel ini saya cukupkan sekian saja. Selamat mencoba dan semoga artikel bermanfaat. Salam sukses selalu …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.