Senin, 18 Oktober 2021

Cara Menjalankan Aplikasi CBT EPS-Topik Setelah Windows 10 Update Flash Player

Aplikasi CBT EPS-Topik Windows 10 1

Info Menarik – Tahun 2020 adalah masa berakhirnya Adobe Flash Player untuk Windows 10. Microsoft telah resmi mengeluarkan updatenya yaitu untuk menghentikan dukungan Adobe Flash Player di Windows 10. Melalui update seri KB4577586 maka pengguna sudah tidak bisa lagi untuk menggunakan aplikasi bahkan situs yang masih menggunakan Flash Player. Tidak hanya Windows 10 saja, bahkan pengguna Windows 8.1 dan Windows Server juga sama tidak bisa lagi menjalankan aplikasi dan situs yang dijalankan oleh Flash Player.

Baca Juga : 3 Cara Ampuh Untuk Mengatasi Error Windows Stop Code di Windows 7, 8, dan 10

Terkait dengan hal itu, Adobe sendiri telah mengumumkan secara resmi untuk mengentikan pengembangan Flashnya sejak tanggal 31 Desember 2020 lalu. Hal ini dilakukan karena Flash telah dianggap mempunyai banyak celah keamanan yang fatal. Maka dari itu Adobe sebagai pembuat Flash sudah tidak akan lagi mengembangkannya. Dan sebagai penggantinya, pengguna bisa beralih ke software yang dinilai paling aman saat ini yaitu HTML5 atau WebGL.

Atas dasar itu, karena Aplikasi CBT EPS-Topik yang saya buat masih menggunakan software Flash Player sebagai media untuk menjalankannya, maka jangan heran jika sejak 01 Januari 2021 aplikasi tidak bisa dijalankan. Pengguna yang memakai OS Windows KB4577586, Windows 8.1, dan Windows Server akan melihat tampilan berikut ketika menjalankan Aplikasi CBT EPS-Topik :

Aplikasi CBT EPS-Topik Windows 10 2

Lalu bagaimana solusinya agar Aplikasi CBT EPS-Topik bisa dijalankan? Untuk sementara waktu sebelum admin upgrade aplikasi ke HTML, silakan lakukan langkah-langkah di bawah ini :

Cara Menjalankan Aplikasi CBT EPS-Topik Setelah Windows Menghentikan Flash Player

1. Gunakan OS Windows Versi Lama

Karena upgrade penghentian dukungan Flash Player hanya di seri KB4577586, maka silakan Kamu menggunakan OS Windows sebelum seri KB4577586. Untuk Windows 10, Kamu bisa menggunakan OS Windows versi 2019 kebawah. Untuk mengetahui versi Windows 10 yang digunakan, silakan Kamu masuk ke Windows Explorer > klik kanan This PC > Properties.

Aplikasi CBT EPS-Topik Windows 10 3

Contoh disini saya menggunakan Windows 10 Pro Versi 2017.

Aplikasi CBT EPS-Topik Windows 10 4

2. Restore OS Windows Yang Digunakan

Jika sebelumnya Aplikasi CBT EPS-Topik normal, namun secara tiba-tiba mendadak tidak bisa dijalankan, maka Kamu telah melakukan update Windows. Baik itu update Windows otomatis ataupun manual. Jika pengaturan update otomatis aktif, maka ketika Komputer atau Laptop terhubung ke internet maka otomatis Windows akan melakukan update. Secara tidak disadari Windows otomatis telah menggunakan KB4577586.

Nah jika kasusnya seperti itu, silakan restore Windows ke tanggal sebelum Kamu melakukan update. Cara restore Windows silakan simak penjelasan berikut :

Silakan Kamu masuk ke Windows Explorer > klik kanan This PC > Properties > System Protection.

Aplikasi CBT EPS-Topik Windows 10 5

Setelah berada di jendela System Protection, selanjutnya klik tombol System Restore.

Aplikasi CBT EPS-Topik Windows 10 6

Disini cukup klik tombol Next.

Pilih waktu ketika Kamu sebelum melakukan update Windows, lalu Next.

Klik tombol Finish dan otomatis komputer akan melakukan restore otomatis ke tanggal sebelum Kamu melakukan update. Tunggu saja hingga proses restore otomatis selesai dengan sempurna. Komputer akan melakukan restart dan setelah komputer nyala maka OS Windows Kamu akan kembali ke sebelum update seri KB4577586.

Sekarang coba jalankan Aplikasi CBT EPS-Topik, dan jika langkahnya benar maka aplikasi sudah bisa dijalankan. Setelah aplikasi kembali normal, silakan Kamu nonaktifkan update otomatis Windows. Langkah ini agar kejadian serupa tidak terulang lagi meskipun komputer terhubung ke internet. Untuk menonaktifkan update otomatis Windows, Kamu bisa menggunakan aplikasi Win Update Stop. Selengkapnya bisa baca artikel Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10.

3. Gunakan OS Windows 7

Dan memang langkah yang paling aman adalah Kamu bisa menggunakan OS Windows 7. Karena dukungan Flash Player bukan hanya di OS Windows 10 seri terbaru saja, juga Microsoft telah melakukan hal serupa di OS Windows 8.1 dan Windows Server.

Namun jika pengguna Windows 7 mengalami hal serupa juga yakni aplikasi tidak bisa dijalankan, Kamu bisa upgrade Adobe Flash Player. Flash Player yang saya lampirkan di file aplikasi masih menggunakan versi 11. Kamu bisa coba upgrade Flash Player ke versi terakhirnya yaitu versi 32.

Download Flash Player Versi 32

Ok mungkin hanya itu solusi untuk menjalankan Aplikasi CBT EPS-Topik saat ini. Insya Allah kedepannya admin akan melakukan upgrade total aplikasi agar bisa dijalankan di semua versi OS Windows. Namun untuk hal ini akan memakan waktu lama karena prosesnya tidak mudah. Untuk sementara waktu silakan bisa melakukan langkah-langkah diatas.

Dan jika terpaksa harus install ulang OS Windows sebagai solusinya, silakan kirim kembali ke admin melalui WhatsApp foto Kode Registrasi Aplikasi untuk mendapatkan serial number. Terima kasih dan semoga bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.