Cara Mengetahui EPP Code untuk Transfer Domain dari Registrar satu ke Registrar Lainnya

blank

Info Menarik – Dalam dunia pengelolaan domain, sering kali kita perlu mentransfer domain dari satu registrar ke registrar lainnya. Salah satu persyaratan penting dalam proses transfer domain adalah EPP code atau Authorization Code. EPP code adalah kode unik yang digunakan untuk memverifikasi kepemilikan domain dan memastikan bahwa hanya pemilik yang sah yang dapat mentransfernya. Artikel ini akan menjelaskan dengan detail tentang cara mengetahui EPP code untuk keperluan transfer domain.

Baca Juga: Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun Atau Tetap Stabil (Redirect 301)

Apa itu EPP Code Domain?

EPP (Extensible Provisioning Protocol) code domain, juga dikenal sebagai Authorization Code, adalah kode yang digunakan dalam proses transfer domain antara registrar (penyedia domain) yang berbeda. EPP code domain adalah langkah keamanan yang diterapkan untuk melindungi kepemilikan domain dan mencegah transfer yang tidak sah.

Kemudian ketika Kamu ingin mentransfer domain dari satu registrar ke registrar lainnya, registrar baru akan meminta EPP code domain untuk domain yang ingin Kamu transfer. EPP code domain hanya diketahui oleh pemilik domain yang terdaftar dan biasanya dapat kita temukan dalam akun kontrol domain Kamu dengan registrar saat ini.

Selanjutnya setelah Kamu memberikan EPP code domain kepada registrar baru, mereka akan menggunakannya untuk mengotorisasi dan memvalidasi transfer domain. Ini adalah cara untuk memastikan bahwa hanya pemilik yang sah yang dapat memindahkan domain dari satu registrar ke registrar lainnya.

Kemudian EPP code domain juga dapat kita gunakan untuk keperluan lain seperti mengganti registrar atau mengubah kepemilikan domain. Penting untuk menjaga EPP code domain dengan aman dan tidak membagikannya kepada pihak yang tidak sah, karena mereka dapat menggunakannya untuk mengambil alih kendali atas domain Kamu.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Subdomain, Addon Domain, dan Parked Domain (Aliases)?

Manfaat EPP Code Domain

EPP code domain memiliki beberapa manfaat penting, antara lain:

1. Keamanan Transfer Domain

EPP code domain kita gunakan sebagai langkah keamanan dalam transfer domain antara registrar. Kemudian hanya pemilik domain yang memiliki EPP code domain yang dapat mengotorisasi transfer domain tersebut. Ini membantu melindungi kepemilikan domain dari transfer yang tidak sah atau tidak kita inginkan.

2. Verifikasi Pepemilikan Domain

Kemudian saat Kamu memasukkan EPP code domain kepada registrar baru, itu menunjukkan bahwa Kamu adalah pemilik sah dari domain yang ingin Kamu transfer. Ini membantu dalam memastikan bahwa hanya pemilik yang sah yang dapat mengendalikan dan memindahkan domain tersebut.

3. Perlindungan dari Pencurian Domain

Selanjutnya EPP code domain mempersulit upaya pencurian domain. Tanpa memiliki EPP code domain yang benar, orang lain tidak dapat mentransfer domain Kamu ke registrar lain. Ini memberikan lapisan tambahan keamanan dan melindungi aset digital Kamu.

4. Pengendalian Penuh atas Domain

Kemudian dengan EPP code domain, Kamu dapat dengan mudah mengganti registrar atau mengubah kepemilikan domain. Ini memberi Kamu fleksibilitas dan kendali penuh atas domain Kamu. Kamu dapat mentransfer domain ke registrar yang menawarkan layanan yang lebih baik atau memindahkan kepemilikan domain jika Kamu perlukan.

5. Kepatuhan dengan Kebijakan Registrar

Selanjutnya beberapa registrar mengharuskan EPP code domain untuk melakukan tindakan tertentu pada domain, seperti mengubah kontak informasi atau memperpanjang jangka waktu registrasi. Dengan memiliki EPP code domain, Kamu dapat memenuhi persyaratan kebijakan registrar tersebut dengan mudah.

Cara Mengetahui EPP Code untuk Keperluan Transfer Domain

Jika sudah paham apa itu EPP code serta manfaatnya, sekarang waktunya untuk mengetahui EPP code domain kita sendiri.

1. Login di Registrar Saat Ini

Sebagai langkah awal silakan Kamu login di registrar saat ini atau tempat Kamu membeli domain.

2. Masuk ke Kelola Domain

Setelah berhasil login sekarang Kamu masuk ke menu pengelolaan domain. Nanti Kamu cari dan temukan pada opsi Kelola Domain.

Jika Kamu memiliki domain lebih dari satu, silakan pilih domain yang akan Kamu ketahui EPP codenya!

Cara Mengetahui EPP Code 01

3. Masuk ke Authorization Code

Pada tahap ini tergantung pada pengaturan di registrar masing-masing. Sebagai contoh saya masuk ke menu Alat Pengelolaan dan Ambil EPP Code.

Cara Mengetahui EPP Code 02

Nah sekarang kita sudah mengetahui EPP code domain.

blank

Baca Juga: Cara Mudah Untuk Mempercepat Proses Propagasi Domain Tanpa Software

Kesimpulan

Jika Kamu mengalami kesulitan dalam menemukan EPP code domain, sebaiknya hubungi dukungan pelanggan registrar Kamu untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka akan dapat memberikan panduan yang tepat dan memastikan Kamu mendapatkan EPP code yang Kamu perlukan untuk transfer domain.

About Info Menarik

blank
Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

2 comments

  1. blank

    Kalau ternyata domainnya beli di wordpress, gimana caranya? Sama aja atau gimana?
    Karena kan tipsnya berdasarkan kalau self hosted.

  2. blank

    apakah kode epp tidak bisa kelihatan di cpanel langsung?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.