Selasa, 27 Februari 2024

Download Soal EPS-Topik Khusus Area Pekerjaan Format PDF Lengkap Kunci Jawaban

Download Soal EPS-Topik Khusus Area Pekerjaan

Info Menarik – Bagi mantan pekerja migran (eks Korea) yang hendak kembali bekerja ke Korea Selatan maka harus mengikuti test EPS-Topik Khusus. Sebaiknya agar eks Korea memperoleh nilai yang memuaskan maka persiapkan dari sejak awal untuk latihan mengerjakan soal EPS-Topik Khusus. Karena soal-soal EPS-Topik Khusus itu berbeda dengan soal EPS-Topik Umum. Untuk membantu eks Korea agar memperoleh nilai maksimal, pada artikel ini saya akan berbagi file soal EPS-Topik Khusus area pekerjaan lengkap dengan kunci jawaban yang dapat Kamu download secara gratis.

Untuk para eks TKI Korea yang sudah selesai kontrak kerja minimal 3 tahun atau maksimal 4 tahun 10 bulan maka harus pulang ke tanah air. Selanjutnya jika ingin kembali bekerja di Korea Selatan maka eks TKI Korea ini harus mengikuti test EPS-Topik Khusus atau EPS-Topik Special. Selanjutnya ini adalah prosedur resmi Program G to G Korea yang terselenggara atas kerjasama HRD-Korea dengan BP2MI.

Kemudian secara teknis pelaksanaan ujian EPS-Topik Khusus hampir sama dengan ujian EPS-Topik Umum. Meskipun demikian terdapat sedikit perbedaan pada materi soal. Untuk EPS-Topik Khusus selain materi umum juga ada penambahan materi khusus yang berhubungan dengan bidang pekerjaan.

Baca Juga: Strategi Efektif untuk Menghafal Kosakata Bahasa Korea dan Lulus Ujian EPS-Topik

Soal EPS-Topik Khusus yang Berhubungan dengan Bidang Pekerjaan

Perlu Kamu ketahui bahwa sekarang soal yang berhubungan dengan bidang pekerjaan itu terdapat 8 jenis, yaitu:

  1. 기계 및 금형 제조업 (Machinery, Moulding)
  2. 금속 및 금속제품제조업 (Metal)
  3. 전기 및 전자제품 제조업 (Electronics, Electricity)
  4. 고무 플라스틱 (Rubber, Plastic)
  5. 섬유 및 의복 제조업 (Textile, Sewing)
  6. 종이 목재 제조업 (Pulp, Paper, Wood)
  7. 음식료품 (Food Related)
  8. 화합물 화학제품 제조업 (Chemical)

Selanjutnya HRD-Korea telah memberikan kisi-kisi soal EPS-Topik Khusus terkait dengan 8 bidang pekerjaan tersebut di atas. Dari setiap bidang pekerjaan, HRD-Korea telah mengeluarkan 200 soal yang nantinya akan diambil sebanyak 10 soal secara acak dalam setiap ujian.

Maka dari itu, agar eks TKI Korea ketika melaksanakan ujian memperoleh nilai maksimal maka wajib mengetahui kisi-kisi soal tersebut. Selanjutnya pada artikel ini saya membagikan file download kisi-kisi soal EPS-Topik Khusus semua bidang pekerjaan. Silakan Kamu pelajari semua materi yang sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing.

Download Soal EPS-Topik Khusus Area Pekerjaan Format PDF

File yang akan saya bagikan adalah format PDF dan bukan hanya bentuk soal saja, namun lengkap dengan kunci jawaban. Sehingga Kamu bisa mengukur kemampuan sendiri dalam mengerjakan soal-soal tersebut.

기계 및 금형 제조업 (Machinery, Moulding) Download
금속 및 금속제품제조업 (Metal) Download
전기 및 전자제품 제조업 (Electronics, Electricity) Download
고무 플라스틱 (Rubber, Plastic) Download
섬유 및 의복 제조업 (Textile, Sewing) Download
종이 목재 제조업 (Pulp, Paper, Wood) Download
음식료품 (Food Related) Download
화합물 화학제품 제조업 (Chemical) Download
정답 (Answer Key) Download

Tips Agar Lulus Ujian EPS-Topik Khusus

Untuk lulus ujian EPS-Topik Khusus, yang merupakan ujian keterampilan kerja di Korea Selatan, berikut beberapa tips yang bisa membantu:

1. Persiapkan Materi Ujian

Pastikan Kamu memahami materi yang akan menjadi bahan ujian nanti. Dalam hal ini HRD-Korea telah membagikan kisi-kisi soal EPS-Topik Khusus sesuai dengan bidang pekerjaan masing-masing. Kemudian Kamu bisa download file kisi-kisi tersebut pada link yang sudah saya sediakan di atas.

Selanjutnya Kamu juga bisa latihan soal EPS-Topik Umum. Karena soal ujian EPS-Topik Khusus ini terdiri dari gabungan soal umum dan khusus. Untuk latihan, Kamu bisa menggunakan Aplikasi UBT EPS-Topik.

2. Latihan Intensif

Kemudian praktik secara intensif adalah kunci untuk meningkatkan kemampuan bahasa Korea Kamu. Selanjutnya gunakan buku-buku latihan atau sumber daya online yang menyediakan contoh soal dan latihan soal yang mirip dengan ujian. Dengan latihan secara konsisten untuk meningkatkan kefasihan Kamu dalam berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam bahasa Korea.

3. Gunakan Sumber Daya Online

Selanjutnya manfaatkan sumber daya online seperti situs web, aplikasi, atau forum yang menyediakan konten pembelajaran bahasa Korea. Ada banyak sumber daya gratis yang dapat membantu meningkatkan kemampuan Kamu dalam berbagai aspek bahasa Korea.

4. Praktik Percakapan

Kemudian jika memungkinkan, temukan teman atau mitra belajar yang juga tertarik dengan bahasa Korea. Selanjutnya berlatihlah berbicara dalam bahasa Korea sebanyak mungkin. Karena hal ini akan membantu meningkatkan kefasihan Kamu dalam berkomunikasi dalam bahasa Korea.

5. Perluas Kosakata

Selanjutnya pelajari kosakata baru secara teratur dan terus perluas kosakata Kamu. Karena kosakata yang luas akan membantu Kamu dalam memahami dan mengungkapkan gagasan dengan lebih baik dalam bahasa Korea.

Baca Juga: 100 Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari Untuk Pemula

6. Pahami Struktur Tata Bahasa

Kemudian pelajari dan pahami tata bahasa Korea dengan baik. Selanjutnya selalu perhatikan aturan tata bahasa yang digunakan dalam kalimat-kalimat umum dan coba untuk menerapkannya dalam percakapan atau tulisan Kamu.

7. Gunakan Kamus

Selanjutnya selalu siapkan kamus Korea-Indonesia atau kamus digital saat Kamu sedang belajar bahasa Korea. Karena kamus dapat membantu Kamu memahami makna kata-kata yang tidak Kamu ketahui dan meningkatkan pemahaman Kamu terhadap teks-teks dalam bahasa Korea.

8. Simulasikan Ujian

Kemudian coba lakukan simulasi ujian dengan mengatur waktu seperti ujian sebenarnya. Karena hal ini akan membantu Kamu mengatasi tekanan dan meningkatkan kemampuan Kamu dalam mengerjakan soal-soal dengan cepat dan efektif.

9. Perhatikan Petunjuk Ujian

Selanjutnya saat menghadapi ujian, pastikan Kamu telah membaca dan memahami petunjuk dengan baik sebelum memulai. Kemudian perhatikan batas waktu yang tersedia untuk setiap bagian dan alokasikan waktu Kamu dengan bijak.

10. Jaga Kondisi Fisik dan Mental yang Baik

Kemudian pastikan Kamu memiliki istirahat yang cukup sebelum ujian dan jangan lupakan kebutuhan makan dan minum Kamu. Jaga kondisi fisik dan mental Kamu agar dapat berkonsentrasi dengan baik selama ujian.

Kesimpulan

Ingatlah bahwa persiapan yang baik, latihan yang konsisten, dan sikap yang positif sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam ujian EPS-Topik Khusus. Selamat belajar dan semoga berhasil!

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.