Home / WordPress / Beberapa Hal Penting Ketika Melakukan Convert BlogSpot ke WordPress

Beberapa Hal Penting Ketika Melakukan Convert BlogSpot ke WordPress

Convert BlogSpot ke WordPress

Info Menarik – Convert BlogSpot ke WordPress merupakan hal yang mungkin untuk dilakukan, begitu pun sebaliknya. Beberapa orang mungkin belum mengetahui hal ini dan mengira bahwa jika ingin membuat blog di platform lain maka harus membuatnya dari awal. Padahal bisa saja mereka melakukan convert atau pemindahan data dari BlogSpot ke WordPress atau sebaliknya. Selanjutnya, simak baik-baik penjelasan di bawah ini.

Membangun Blog atau Website

Blog atau website memang sudah menjadi media penyampaian informasi yang paling tepat karena bisa diisi dengan banyak konten. Konten yang dimaksud bisa berupa tulisan/artikel, gambar, video dan lain sebagainya. Bagi pencari informasi, hal ini juga cukup mudah dilakukan dengan mengetik topik di mesin pencari maka akan muncul banyak blog/website.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis Di WordPress Terbaru Paling Lengkap

Membuat blog bisa dilakukan dengan mudah dan gratis, namun sebaiknya Anda tentukan dulu jenis blog nya. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap konsisten membuat konten yang sesuai dengan tema/konsep yang Anda bangun. Kemudian tentukan platform penyedia blog nya, BlogSpot atau WordPress. Nantinya, Anda tetap bisa memindahkan data atau convert BlogSpot ke WordPress ataupun sebaliknya.

Ada tiga macam jenis blog yang bisa Anda buat, antara lain:

  1. Blog Personal atau Jurnal, merupakan blog milik pribadi yang biasanya dimiliki oleh seseorang untuk menuliskan pengalaman pribadi dan lainnya
  2. Blog Company Profile untuk Perusahaan/Instansi, merupakan blog perusahaan/instansi untuk menginformasikan seputar tujuan perusahaan, visi & misi, kegiatan dan lainnya
  3. Blog E-Commerce untuk Toko Online, merupakan blog untuk berjualan online yang berisi informasi dan spesifikasi produk, alamat dan lainnya

Cara Convert BlogSpot ke WordPress

Jika Anda sudah memiliki blog lalu ingin pindah ke platform blog yang lainnya, Anda bisa melakukan convert atau pemindahan data. Apakah hal ini cukup aman dilakukan? Tentu saja, asalkan Anda memiliki akses menuju admin BlogSpot dan juga WordPress. Nah, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara memindahkan atau convert data dari BlogSpot ke WordPress.

1. Convert BlogSpot ke WordPress

Anda perlu masuk terlebih dahulu ke admin BlogSpot, kemudian melakukan back up data. Nah, data itulah yang nantinya akan dipindahkan ke platform WordPress. Caranya bisa Anda ikuti seperti di bawah ini, antara lain:

  • Masuk ke admin BlogSpot
  • Setelah itu, klik menu Setting lalu pilih dan klik sub menu Other
  • Kemudian di bagian daftar menu Import & Back Up, klik tombol Back Up Content untuk melakukan proses back up data
  • Selanjutnya, file yang akan di download akan muncul dalam bentuk atau format .xml

Setelah itu, barulah Anda bisa melakukan pemindahan atau convert BlogSpot ke WordPress dengan cara import data seperti di bawah ini:

  • Masuk ke admin WordPress
  • Kemudian di tampilan beranda atau dashboard, klik menu Tools lalu pilih dan klik sub menu Import
  • Lalu di bagian pilihan blogger, klik Install Now
  • Kemudian tulisan Install Now akan berubah menjadi Run Importer, lalu klik Run Importer tersebut
  • Selanjutnya, muncul kotak dialog import file, klik pada tombol Choose File lalu pilih file yang tadi tersimpan dalam format .xml
  • Lalu klik Upload File & Import

Dengan begitu, pemindahan data atau convert BlogSpot ke WordPress sudah berhasil dilakukan. Data tersebut antara lain data user, komentar, post, dan lain sebagainya. Namun, traffic pengunjung tidak bisa dipindahkan sehingga perlu dialihkan dari blog lama ke blog baru Anda.

Baca Juga : 7 Perbedaan WordPress Dan Blogspot, Sebagai Pertimbangan Memilih Platform

2. Mengalihkan Traffic Pengunjung

Pengalihan traffic bertujuan untuk mengubah haluan pencarian pengunjung dari blog lama ke blog baru Anda di WordPress. Hal ini bisa dilakukan dengan redirection sehingga jika pengunjung menuju ke blog lama Anda bisa langsung dialihkan ke blog baru.

Redirection ini dilakukan setelah proses convert BlogSpot ke WordPress berhasil. Redirection sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara dan yang paling mudah menggunakan plugin. Plugin yang bisa digunakan juga cukup banyak dan yang akan di bahas kali ini adalah plugin Blogger to WordPress. Caranya akan dijelaskan secara lengkap di bawah ini:

  • Pertama-tama, cari plugin Blogger to WordPress terlebih dahulu, caranya dengan menuju ke menu Plugin lalu klik sub menu Add New
  • Cara yang paling cepat untuk melakukan pencarian plugin adalah dengan mengetikkan nama plugin di kolom pencarian di sebelah kanan atas
  • Akan ada banyak plugin sejenis yang muncul, pilihlah plugin Blogger to WordPress dan klik tombol Install Now

Lanjutkan langkah convert BlogSpot ke WordPress dengan redirection melalui plugin tersebut. Setelah berhasil pada proses install plugin Blogger to WordPress, selanjutnya Anda perlu melakukan konfigurasi dengan langkah-langkah seperti di bawah ini:

  • Pilih menu Tools lalu pilih dan klik plugin Blogger to WordPress Redirection
  • Setelah masuk ke menu plugin, klik Start Configuration lalu Anda akan diminta untuk memilih domain blog yang akan dilakukan pemindahan
  • Selanjutnya klik tombol Get Code lalu Anda akan menerima kode untuk dipasangkan di blog atau website
  • Kemudian jika proses edit HTML nya sudah berhasil/selesai, klik Verify Configuration

3. Melakukan Editing HTML di BlogSpot

Proses editing HTML bisa Anda lakukan di blog lama atau dalam hal ini di BlogSpot, berikut ini langkah-langkahnya, antara lain:

  • Masuk ke admin BlogSpot
  • Kemudian pilih menu Theme dan scroll hingga ke bawah lalu klik Revert to Classic Theme
  • Setelah theme berubah, Anda bisa melakukan editing HTML dengan menggunakan kode yang didapatkan dari plugin Blogger to WordPress tadi
  • Cara memasukkan kodenya cukup mudah yaitu dengan copy dan paste pada kolom yang tersedia, lalu klik Save Template

Jika proses edit HTML sudah berhasil, barulah Anda bisa klik tombol Verify Configuration pada plugin Blogger to WordPress. Jika proses redirection berhasil, maka akan ada link di blog lama yang jika diklik akan langsung mengarah ke blog baru. Anda bisa mencoba link tersebut apakah sudah bekerja dengan baik atau belum.

Baca Juga : Cara Bikin Website Sendiri Gratis Tanpa Ribet Cepat Ga Pake Lama

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memindahkan data antar blog atau convert BlogSpot ke WordPress. Caranya cukup mudah dan bisa dipahami dengan baik dan bisa langsung dicoba karena tidak memerlukan waktu yang lama. Selamat mencoba dan semoga informasinya bermanfaat.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Bisa cepat ternyata ya untuk pindah dari blogger ke wordpress

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.