Minggu, 25 September 2022

Cara Menyembunyikan Icon Desktop atau Icon Aplikasi (Shortcut) di Windows

Cara Menyembunyikan Icon Desktop 01

Info Menarik – Apakah saat ini Kamu ingin menyembunyikan icon aplikasi yang tampil di desktop Windows? Pada artikel ini saya akan bahas hingga tuntas. Untuk menyembunyikan icon desktop di Windows terdapat beberapa cara, dari yang termudah hingga tersulit. Saya akan kupas pada artikel ini semuanya. Silakan simak saja artikel ini hingga selesai.

Baca Juga: Cara Mudah Menghilangkan Tanda Panah Pada Shortcuts Icon Di Desktop Windows

Terkadang kita ingin menyembunyikan icon aplikasi yang berantakan di desktop. Apa itu menyembunyikan untuk sementara atau selamanya. Contoh sederhana, demi tujuan privasi saat kita ingin membagikan tampilan layar selama rapat online maka kita bisa sembunyikan icon desktop tersebut. Kadang juga kita ingin menjaga desktop agar tetap bersih saat kepentingan untuk screenshot layar. Dan contoh-contoh sebagainya.

Bagi Kamu yang penasaran atau yang belum tahu bagaimana caranya, ikuti saja tutorial ini. Untuk menyembunyikan icon desktop hanya perlu mengkonfigurasi beberapa pengaturan saja. Selain itu pada artikel ini saya buat tutorial menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Cara Menyembunyikan Icon Desktop di Komputer atau Laptop Windows

1. Menggunakan Menu Konteks Desktop

Cara termudah untuk menyembunyikan icon desktop Windows adalah dengan menggunakan menu konteks desktop. Cukup 3 langkah saja Kamu sudah berhasil menyembunyikan icon aplikasi yang tampil di desktop.

Pada tampilan desktop komputer, silakan klik kanan pada mouse kemudian klik pilih View dan terakhir hilangkan centang/checklist pada Show desktop icons.

Cara Menyembunyikan Icon Desktop 02

Otomatis jika centang pada Show desktop icons Kamu hilangkan maka semua icon aplikasi yang tampil di desktop akan hilang/sembunyi. Kamu tidak perlu khawatir langkah ini tidak akan menghapus aplikasi di komputer. Ini hanya menyembunyikan tampilan shortcut yang mewakili dari masing-masing aplikasi saja.

Untuk menampilkan kembali icon shortcut aplikasi tersebut silakan ulangi langkah tadi dan kembali centang/checklist pada Sow desktop icons.

2. Menggunakan Local Group Policy Editor

Sebetulnya dengan mengikuti cara pertama di atas, Kamu sudah bisa menyembunyikan icon desktop. Namun jika Kamu ingin mencoba bereksperimen dengan cara lain silakan lanjutkan membaca artikel ini hingga selesai.

Cara kedua Kamu bisa menggunakan local group policy editor. Perlu Kamu ketahui bahwa cara ini hanya bisa Kamu lakukan untuk OS Windows 10 Education, Pro, dan Enterprise saja. Jika Kamu saat ini menggunakan Windows 10 Home tidak silakan skip saja cara ini.

Pertama silakan aktifkan kotak dialog Run Command dengan menekan tombol Windows + R di keyboard. Kemudian Kamu ketik gpedit.msc pada kolom tersedia dan tekan Enter.

Setelah jendela Local Group Policy Editor aktif, silakan Kamu klik Administrative Templates pada User Configuration kemudian Desktop.

Perhatikan sebelah kanan pada tab Extended, Kamu klik dua kali (double klik) pada Hide and disable all items on the desktop.

Cara Menyembunyikan Icon Desktop 03

Pada top-up jendela baru, silakan Kamu klik pilih Enable lalu klik Ok. Otomatis langkah ini akan menyembunyikan semua icon desktop.

Cara Menyembunyikan Icon Desktop 04

Untuk menampilkan kembali icon desktop, silakan lakukan langkah yang sama dan klik pilih Not Configured atau Disabled.

3. Menggunakan Registry Editor

Alternatif lain untuk menyembunyikan icon aplikasi di desktop adalah dari Registry Editor. Untuk jaga-jaga jika terjadi kesalahan pengaturan di Registry Editor, silakan Kamu buat cadangan (backup) Registry terlebih dahulu.

Pertama silakan Kamu masuk ke halaman Registry Windows melalui Run Command dengan mengetik regedit kemudian Enter.

Setelah Registry Editor aktif, Kamu klik HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows > CurrentVersion > Policies > Explorer.

Langkah selanjutnya silakan klik kanan di area kosong sebelah kanan lalu pilih New kemudian klik DWORD (32-bit) Value.

Langkah selanjutnya silakan Kamu ubah nama DWORD menjadi NoDesktop dengan cara klik kanan di DWORD yang baru saja kita buat kemudian pilih Rename.

Setelah namanya Kamu ubah, sekarang nama NoDesktop tersebut Kamu klik ganda dan ubah nilai default 0 di Value data menjadi 1, terakhir klik Ok.

Untuk melihat hasil perubahan data di Registry Editor, silakan Kamu restart komputer atau laptop.

4. Menyembunyikan Icon dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Kamu lebih menyukai menggunakan aplikasi pihak ketiga dibanding pengaturan bawaan Windows, bisa ikuti cara ke-4 ini. Banyak aplikasi gratis yang khusus dapat kita gunakan untuk menyembunyikan icon desktop. Salah satu diantaranya adalah aplikasi Auto Hide Free.

Silakan Kamu download terlebih dahulu aplikasi tersebut. Kamu bisa menggunakan versi install dengan download format ZIP dan juga versi Portable atau tanpa install.

Ketika Kamu menjalankan aplikasi Auto Hide pertama kali, otomatis semua icon desktop akan hilang/sembunyi. Untuk melihat kembali icon desktop, Kamu tinggal klik dimana saja pada desktop. Secara default aplikasi ini akan menampilkan icon desktop selama setiap sekitar lima detik.

Jika Kamu ingin mengkonfigurasi aplikasi, silakan Kamu klik More options. Kemudian jika Kamu ingin memulihkan pengaturan icon desktop supaya normal seperti semua silakan centang/checklist kotak Disable pada aplikasi.

Baca Juga: Tahukah Anda, Saat Ini WordPress Telah Merilis Aplikasi Versi Desktop

Saya rasa sudah cukup artikel pembahasan tentang cara menyembunyikan icon aplikasi dari desktop (shortcut). Sekarang Kamu tinggal memilih mau langkah mana yang akan Kamu gunakan. Selamat mencoba dan semoga artikel bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.