Selasa, 27 Februari 2024

Cara Parking Domain (Domain Aliases) di cPanel Hosting: Panduan Lengkap untuk Pemula

Cara Parking Domain (Domain Aliases) di cPanel Hosting 01

Info Menarik – Jika Kamu memiliki lebih dari satu domain dan ingin mengarahkannya ke situs web utama Kamu, menggunakan fitur Parking Domain atau Domain Aliases pada cPanel hosting adalah solusi yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan lengkap tentang apa itu parking domain, mengapa Kamu mungkin ingin melakukannya, dan langkah-langkah praktis untuk melakukan parkir domain di cPanel hosting.

Apa itu Parking Domain?

Parking domain, yang juga terkenal sebagai domain aliases, adalah proses menghubungkan atau mengarahkan beberapa nama domain tambahan (alias) ke satu situs web utama. Dalam praktiknya, ini berarti ketika seseorang memasukkan salah satu dari domain tambahan tersebut di peramban web, mereka akan diarahkan ke situs web yang sama seperti ketika mereka memasukkan domain utama Kamu.

Sebagai contoh, bayangkan Kamu memiliki situs web utama dengan nama domain “contoh.com”. Jika Kamu juga memiliki domain tambahan seperti “contoh.net” dan “contoh.org” yang Kamu parkir, pengunjung yang memasukkan salah satu dari domain tambahan tersebut akan secara otomatis mengarah ke situs web utama Kamu di “contoh.com”.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Subdomain, Addon Domain, dan Parked Domain (Aliases)?

Manfaat Menggunakan Parking Domain (Domain Aliases)

1. Perlindungan Merek

Dengan memarkirkan variasi domain yang terkait dengan merek Kamu, Kamu dapat melindungi merek dari penyalahgunaan oleh pihak lain. Ini membantu mencegah pencatutan atau penggunaan yang merugikan reputasi bisnis Kamu.

2. Meningkatkan Kemudahan Akses

Kemudian domain tambahan yang diarahkan ke situs web utama memudahkan pengunjung dalam menemukan dan mengakses situs Kamu. Ini terutama berguna jika nama domain utama Kamu sulit diingat atau memiliki ejaan yang rumit.

3. Peningkatan Trafik

Selanjutnya dengan memiliki lebih banyak pintu masuk ke situs Kamu melalui domain tambahan, Kamu dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan mengoptimalkan potensi trafik. Ini dapat memiliki dampak positif pada konversi dan tujuan bisnis lainnya.

4. Penargetan Lebih Baik

Kemudian Kamu dapat menggunakan domain tambahan untuk mengarahkan pengunjung langsung ke halaman atau bagian spesifik dari situs web Kamu. Ini membantu dalam kampanye pemasaran atau promosi tertentu, memungkinkan Kamu untuk menyajikan informasi yang relevan dengan cepat.

5. Meningkatkan Strategi Pemasaran

Selanjutnya domain tambahan dapat Kamu arahkan ke halaman khusus yang Kamu dedikasikan untuk kampanye pemasaran. Ini memudahkan pelacakan kinerja kampanye dan memungkinkan Kamu untuk mengukur tingkat konversi dari setiap domain tambahan.

6. Fleksibilitas Bisnis

Kemudian jika bisnis Kamu berkembang atau mengubah fokus di masa depan, domain tambahan yang sudah Kamu parkir dapat Kamu arahkan ke halaman baru atau area situs yang relevan. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam mengelola online presence Kamu.

7. Meminimalkan Persaingan

Selanjutnya dengan memarkirkan berbagai variasi domain yang relevan dengan industri Kamu, Kamu dapat mengurangi risiko domain-domain tersebut dibeli oleh pesaing. Ini memberi Kamu kendali lebih besar atas ekosistem domain dalam niche Kamu.

8. Memudahkan Pengelolaan

Kemudian dengan menggunakan domain tambahan yang mengacu pada situs web utama, Kamu menghindari kebingungan di kalangan pengunjung dan mengurangi kemungkinan mereka salah mengakses situs.

9. Backlink Tambahan

Selanjutnya beberapa orang memanfaatkan domain tambahan untuk membuat backlink tambahan ke situs web utama. Meskipun ini mungkin tidak memiliki dampak besar dalam hal SEO, namun dapat membantu dalam mendiversifikasi profil backlink.

10. Melindungi dari Peniruan

Kemudian dalam beberapa kasus, penipu mungkin mencoba membuat situs web yang mirip dengan milik Kamu untuk menipu pengunjung. Dengan memarkirkan domain yang mirip, Kamu dapat mengurangi risiko ini dan memberi tahu pengunjung mana yang asli.

Baca Juga: Cara Pindah Hosting WordPress dari Web Hosting Lama ke Hosting Baru

Cara Parking Domain (Domain Aliases) di cPanel Hosting

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan parking domain di cPanel hosting:

1. Masuk ke cPanel

Pertama, masuk ke akun cPanel hosting Kamu melalui tautan atau URL yang diberikan oleh penyedia hosting Kamu.

2. Cari Opsi “Parked Domains”

Di dasbor cPanel, cari opsi yang disebut Parked Domains atau Aliases. Biasanya, Kamu dapat menemukannya di bagian Domains.

Cara Parking Domain (Domain Aliases) di cPanel Hosting 02

3. Masukkan Nama Domain

Kemudian pada halaman Parked Domains, masukkan nama domain tambahan yang ingin Kamu parkirkan.

4. Klik “Add Domain”

Selanjutnya setelah Kamu memasukkan nama domain, klik tombol Add Domain atau Park Domain (tergantung pada antarmuka cPanel Kamu).

5. Verifikasi Keberhasilan

Kemudian setelah Kamu menambahkan domain, Kamu akan melihat pesan konfirmasi yang mengindikasikan bahwa domain telah berhasil diparkir.

6. Konfigurasi Redirect (Opsional)

Selanjutnya beberapa penyedia hosting memungkinkan Kamu mengonfigurasi apakah domain tambahan hanya akan Kamu arahkan atau Kamu teruskan ke situs web utama. Kamu dapat memilih apakah pengunjung akan melihat domain utama di peramban atau tetap pada domain tambahan.

Baca Juga: Cara Pindah Domain Agar Trafik Blog Tidak Turun atau Tetap Stabil dengan Redirect 301

Kesimpulan

Dengan fitur parking domain atau domain aliases di cPanel hosting, Kamu dapat dengan mudah mengarahkan beberapa domain tambahan ke situs web utama Kamu. Ini dapat membantu dalam perlindungan merek, meningkatkan trafik, dan mengoptimalkan strategi pemasaran Kamu. Dengan panduan langkah demi langkah di atas, Kamu dapat dengan cepat dan efisien melakukan parkir domain di cPanel hosting Kamu. Ingatlah bahwa antarmuka cPanel dapat bervariasi antara penyedia hosting, jadi pastikan untuk merujuk pada panduan dari penyedia Kamu jika ada perbedaan dalam langkah-langkah yang saya jelaskan di atas.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.