Selasa, 27 Februari 2024

Cara Mengatasi Lupa Password Email Gmail yang Berhasil Dibajak oleh Orang Lain

Info Menarik – Lupa password email adalah masalah umum yang bisa terjadi pada siapa pun, terutama jika akun email tersebut telah dibajak oleh orang lain. Ketika akun Gmail Kamu kena retas, hal itu bisa sangat mengganggu dan membahayakan privasi serta keamanan informasi pribadi Kamu. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan langkah-langkah penting yang dapat Kamu ambil untuk mengatasi lupa password email Gmail dan memulihkan akses ke akun email Gmail yang terkena dampak.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Akun Facebook dengan Mudah

Cara Mengatasi Lupa Password (Kata Sandi) Email Gmail

Sebetulnya bukan hal yang sulit untuk membuat lagi alamat email seperti di Gmail. Namun masalahnya mungkin alamat email tersebut sangat penting dan harus kita pulihkan. Kamu tidak perlu khawatir, silakan simak dulu artikel yang akan saya bahas pada kesempatan ini.

1. Lakukan Langkah Pencegahan Pertama

Sebelum membahas cara mengatasi lupa password email Gmail yang dibajak, ada beberapa langkah pencegahan yang perlu Kamu perhatikan. Pertama, pastikan Kamu menggunakan password yang kuat dan unik untuk akun email Kamu. Gunakan kombinasi karakter yang berbeda, termasuk huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Selain itu, jangan gunakan kata sandi yang sama untuk berbagai akun online Kamu. Pastikan juga untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah (two-factor authentication) pada akun Gmail Kamu. Fitur ini akan memberikan lapisan keamanan tambahan dengan meminta kode verifikasi saat Kamu login.

Baca Juga: Cara Membuat Password yang Aman dan Kuat Agar Tidak Mudah Dibobol Hacker

2. Menggunakan Opsi “Lupa Password”

Selanjutnya jika Kamu lupa password email Gmail yang dibajak oleh orang lain, langkah pertama yang harus Kamu ambil adalah menggunakan opsi Lupa Password. Kunjungi halaman login Gmail dan klik tombol Lupa Password. Setelah itu, ikuti petunjuk yang Google berikan untuk mengatur ulang kata sandi Kamu. Gmail akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email atau nomor telepon alternatif yang telah Kamu tetapkan saat membuat akun. Dengan kode ini, Kamu dapat memulihkan akses ke akun Gmail Kamu dan membuat kata sandi baru.

3. Menggunakan Alat Recovery Akun

Solusi berikutnya jika Kamu saat ini mengalami lupa password atau password berhasil dibajak orang lain, gunakan opsi recovery akun. Keperluan recovery akun menggunakan nomor ponsel yang sudah terdaftar di akun email Gmail. Nanti tim email Gmail akan mengirimkan enam kode verivikasi Google.

1. Buka Halaman Recovery

Pertama silakan Kamu kunjungi halaman account recovery untuk keperluan lupa password email Gmail. Pada tahap ini terdapat tiga pilihan dalam reset kata sandi email Gmail. Saya tidak tahu sandi saya, Saya tidak tahu nama pengguna saya, dan Saya mengalami masalah lain saat masuk. Dari ketiga pilihan ini pada dasarnya masih sama saja dan saya akan memberikan contoh opsi yang pertama. Kamu ketikkan alamat email Gmail yang akan Kamu ketahui passwordnya kemudian klik Lanjutkan.

Cara Mengatasi Lupa Password Email 01

Jika alamat email yang Kamu masukkan benar, maka akan tampil seperti contoh di bawah ini. Namun jika ternyata yang tampil bukan alamat email Gmail Kamu, klik Itu bukan akun saya.

2. Masukkan Kata Sandi Terakhir

Selanjutnya Kamu harus memasukkan sandi terakhir yang Kamu ingat. Jika Kamu ragu untuk melakukannya, klik saja Saya tidak tahu.

Cara Mengatasi Lupa Password Email 02

Nah karena sebelumnya saya sudah pernah menyimpan nomor ponsel di akun Gmail, maka untuk mengatasi lupa password email Gmail ini yang tampil verifikasi ke nomor ponsel.

3. Menerima Kode Verifikasi dari Google

Untuk mengirimkan kode verivikasi dari Google, terdapat dua pilihan, yaitu pesan teks (SMS) dan panggilan telepon otomatis. Untuk memudahkan maka saya pilih opsi pertama yaitu menggunakan trik pesan teks kemudian klik Lanjutkan.

Cara Mengatasi Lupa Password Email 03

4. Masukkan Kode Verifikasi

Silakan Kamu buka SMS dari Google yang berisi enam kode verivikasi Google. Hal ini untuk membuktikan bahwa yang melakukan reset kata sandi adalah Kamu sendiri. Masukkan enam kode verivikasi tersebut pada kolom Masukkan kode itu disini dan terakhir Kamu klik Lanjutkan.

5. Membuat Kata Sandi Baru

Jika benar maka akan tampil halaman untuk menyetel ulang sandi email Gmail Kamu. Segera buat kata sandi yang kuat terdiri dari campuran angka dan huruf. Buat kata sandi yang benar-benar sulit untuk orang lain tebak namun mudah Kamu ingat. Klik Ubah sandi jika kata sandi yang Kamu buat sudah sesuai dengan keinginan.

Selamat …. sekarang akun email GMail sudah bisa Kamu buka kembali menggunakan password baru.

4. Periksa Kegiatan Terakhir dan Penyusupan Akun

Kemudian setelah Kamu berhasil mendapatkan kembali akses ke akun Gmail Kamu, penting untuk memeriksa aktivitas terakhir dan kemungkinan adanya upaya penyusupan. Gmail menyediakan fitur yang memungkinkan Kamu melihat aktivitas login terakhir ke akun Kamu. Periksa log ini untuk memastikan tidak ada aktivitas yang mencurigakan atau login dari lokasi yang tidak Kamu kenal. Jika ada indikasi adanya penyusupan, segera perbarui kata sandi Kamu dan laporkan kejadian ini ke penyedia layanan email Kamu.

5. Periksa dan Perbarui Keamanan Akun

Selanjutnya selain mengganti kata sandi, pastikan Kamu memeriksa dan memperbarui semua pengaturan keamanan yang tersedia dalam akun Gmail Kamu. Periksa opsi verifikasi dua langkah dan pastikan itu Kamu aktifkan. Aktifkan pula notifikasi keamanan yang memberi tahu Kamu melalui email atau ponsel jika ada perubahan penting dalam akun Kamu, seperti perubahan alamat email pemulihan atau nomor telepon.

6. Berkomunikasi dengan Penyedia Layanan Email Gmail

Kemudian jika Kamu masih mengalami masalah dengan pemulihan akun email Gmail Kamu atau memiliki kekhawatiran keamanan yang serius, sebaiknya Kamu menghubungi tim dukungan Gmail. Mereka memiliki prosedur dan panduan yang lebih lanjut untuk membantu pengguna yang mengalami masalah seperti ini. Sampaikan dengan jelas bahwa akun Kamu telah dibajak dan butuh bantuan untuk memulihkannya.

Baca Juga: Cara Mudah Membuka Email Hotmail yang Lupa Password (Kata Sandi)

Kesimpulan

Menghadapi lupa password email Gmail yang dibajak oleh orang lain bisa menjadi pengalaman yang sangat mengganggu dan mengkhawatirkan. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang saya sebutkan di atas, Kamu dapat mengatasi masalah ini dan memulihkan akses ke akun Gmail Kamu. Selain itu, selalu ingat untuk mengambil langkah-langkah pencegahan yang kita perlukan untuk menjaga keamanan akun email Kamu, seperti menggunakan kata sandi yang kuat dan verifikasi dua langkah. Keamanan dan privasi akun email Kamu sangat penting, jadi jangan ragu untuk mengambil tindakan segera jika Kamu mengalami masalah seperti ini.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

30 comments

  1. nurhayati.0593

    Merubah sandi gmail karna adanya pembajakan akun sehingga saya tidak dapan masuk kembali ke akun gmail saya

    • iwayan mulu

      tolong gan Gmail saya dibajak n no hp cadangan saya juga diganti jadi saya gak bisa masuk itu akun penting saya tolong gan ,ini emailnya yang dibajak gan: iwayanmulu@gmail.com atas saya: iwayan mulu ,hubungi ke no hp saya gan:085369060207 terimakasih

    • ferry

      Tolong bantu saya akun saya di bajak nomor dan imel opsional telah di ganti bagaimana cara nya supaya bisa di bukalagi

  2. nurhayati.0593

    Cara mendapatkan kembali gmail/email saya karna di dalam gmail/email tersebuat besiri dokumen dokumen penting.. saya mohon bantuanya ke pada pihak google untuk mengembalikan gmail/email saya..

    • InfoMenarik

      Jika email lain dan nomor handphone yang terhubung dengan alamat email sudah tidak bisa diakses atau lupa memang sulit mba memecahkan masalah ini.

    • Lius julius

      tolong bantuan imel saya di bajak orang sampai kata sandi nya di ganti sya tidak bisa masuk tolong kasi petunjuk karena banyak data yg tersimpan disitu

  3. Bagaimana jika Verifikasi 2 langkah telah diaktifkan? Itu masalah yang saya alami saat ini. Mohon bantuanya bozz..

  4. yoga

    Email saya tiba tiba nggak bisa di akses. Karena pasword sudah di gantu dan yang menggantibpasword bukan saya.. entah siapa.. saya juga lupa memasukan nomor ponsel dan email cadangan.. saya lagi pusing.. banyak data data penting di akun itu. Gimana nih.. mohon bantuannya ya.. plisssss

  5. anak jalanan

    sorry gan,,maaf kok postingany ga sesuai dengan permintaan gmail y? yg dijelaskan dsni akan dminta verifikasi via sms tpi sy tdk menmukan hal itu? tolong penjelsannya

    • InfoMenarik

      Artikel ini saya tulis berdasarkan pengalaman mas. Mungkin mas dulu ketika membuat email lupa mencantumkan nomor handphone yang terhubung dengan email tersebut.

    • Kurniawan Didi

      Artikel diatas memang sangat membantu untuk masalah seperti itu.
      Tapi jika pelaku sudah mengaktifkan verifikasi 2 lagkah menurut saya itu sangatlah sulit.
      Karena sebelumnya kita mengabaikan keamanan yang yang telah disarankan oleh gmail.

      Jika memang sebelumnya kita sudah mengisi email cadangan ataupun nomer telepon. Mungkin dengan kita mengisi formulir pemulihan sandi pihak google bisa membantu kurang dari 3-5 hari.
      Karna saat ini akun gmail saya juga mengalami hal yang sama. Bahwa pelaku telah mengganti verifikasi 2 langkah yang sebelumnya saya buat.

      • rio master kalimantan

        Betul banget kata bang did… masalahnya no hp dan email pemulihnya udah di ganti tim google sangat bodoh..gK bisa liat id hp akun itu berda lama di hp yang mana ..

  6. bos aku punya akun yang sangat penting baca yang kaya gini aku gak ngerti ,di email itu ada berkas berkas saya
    mohon bantuanya ,ini email nya gunawanr612@gmail.com
    dan jika bisa aku akan transfer uang dan mnta pin bm nya

  7. rahmatonthe

    tolong di bantuu akun saaya diblokiir
    ini nama akunnya yosina81@gmail.com,tapi saya tidak hubungkan nomor handphone keakun tersebut,,,tolong bantuannya
    hubungi saya dinomor ini 085197591524

  8. sahmuddin

    gun mohon bantuannya gmail saya di bajak, di ganti pasword dan di aktifkan verifikasi 2 langkah dan nomor telp juga di ganti gan, dan alamt pemulihan email saya juga di rubah
    ini emil saya : sahmuddin.in@gmail.com,, mohon bantuannya gan : No hp : 082387588778,, sya bayar klo bisa,, isi data penting gan

  9. Akun google aku di bajak tolong bantu aku ini akun yg di bajak werabima123@gmail.com tolong yhaa bantu aku mengganti kata sandi bisa gak bantu aku..??

  10. jihan

    Sandi gmail saya di bajak trus saya nggk bisa masuk.terus saya harus ganti nomer yang aktif buat menerima kode verifikasi.ada yang tau nggk cara ganti nomer gmail?

  11. jihan j

    Akun saya di bajak orang yang bernama jihandavincka9@gmail.com.terus saya harus ganti nomer yang aktif buat verifikasi.ada yang bisa nggk? Kalau ada yang bisa ntar tak kirimin pulsa

  12. baodi

    Sandi saya ada yg membobol trus saya gak bisa masuk ke akun saya. Pas mau masuk langsung tibul. ” sandi anda di ubah 9 hari yg lalu

    Kalo ada yg bisa bantuin saya dong.

  13. wida

    minta akunku kembali plis aku ingin kembali akunku tolong kembalikan akunku tolong ya saya minta akunku kembali

  14. andi

    asemmm kurang ajar hacker akun ane di ganti sandi dan nomor telpon yg di daftarkan di ganti bantuannya balikan akun ane pak gmailll

  15. otonk uted

    sya lupa kata sndi fb..tapi no hpnya dah ga aktip gmna cranya..
    kasih tau gimana cranya ato kirim kode komfirmasinya ke alamt lilis.kurniawan79@gmail.com

  16. Novan Andi

    Akun google aku di bajak tolong bantu aku ini akun yg di bajak novanmasao@gmail.com tolong yhaa bantu aku mengganti kata sandi bisa gak bantu aku..??. Aku kesulitan. Tolong bantuan nya

  17. Adib pratama

    Tolong selamatkan email saya please akun email saya dihack dan diganti sandi orang lain
    Tolong kembalikan email saya. Soalnya saya” penting. Tolong bantuannya

  18. Asih

    Fb sy di hack org yg tdk bertanggungbjwb,paswordnya di ganti,jdi tdk bisa membuka,sy jg tdk inggat pasword email sy,bagaimana caranya mengembalikan fb yg sdh di hack org

  19. Nitha excheryl kumauang

    Akun fb sy d hack. Mohon bantuan nya

  20. ruth Ogetay

    Tolong bantu saya saya lupa kata sandi Gmail saya “ruthogetay@gmail.com
    kode di krim ke no hp hP dan saya sudah pakai email pemulihan juga ngak bisa akses . terima kasih

  21. Virginus

    Mohon bantuan kata sandi akun email google saya sudah diganti 1 minggu yang lalu, tapi karena kata sandi baru dan saya takut lupa. Saya mau kembali ke kata sandi lama yang memang saya sudah hafal banget . Bagaimana caranya agar bisa kembali ke kata sandi lama itu? terima kasih.

    • Sayangnya di Google tidak bisa membuat kata sandi yang pernah kita buat sebelumnya. Jadi mau tidak mau harus membuat kata sandi yang belum pernah kita gunakan di Google.

  22. Alam

    Email saya di heak orang jarak jauh sama sandi saya di ubah nya bagai mana saya menggubah ulang nya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.