Selasa, 27 Februari 2024

Panduan Lengkap: Cara Mudah Membuat Email dengan Domain Sendiri melalui cPanel Hosting

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri 0

Info Menarik – Jika blog atau website yang Kamu gunakan adalah hosting sendiri, maka dari penyedia web hosting akan memperoleh tambahan fitur email accounts. Alamat email accounts ini menggunakan domain blog kita sendiri. Jumlah email accounts yang tersedia tergantung dari web hosting yang kita sewa. Ada yang memberikan email accounts terbatas. Tetapi ada juga yang memperbolehkan member membuat email domain sendiri tidak terbatas (unlimited).

Kemudian dengan mempunyai email domain sendiri akan terlihat lebih profesional. Karena tidak semua orang yang bisa membuat alamat email seperti ini. Umumnya email akan menggunakan domain tempat membuat email. Contoh membuat alamat email di domain gmail.com, maka alamat email akan seperti ini: alamat-email@gmail.com.

Hal ini berbeda dengan alamat email yang menggunakan self hosting. Misal domain blog Kamu adalah www.blogsaya.com. Maka email jadinya akan seperti ini : alamat-email@blogsaya.com.

Nah pada artikel ini saya akan membahas bagaimana cara membuat email menggunakan domain sendiri? Syarat utama untuk mempraktikkan tutorial ini adalah Kamu sudah mempunyai blog self hosting (hosting sendiri).

Baca Juga: Cara Membuat Alamat Email Baru Yahoo, Gmail, Hotmail

Manfaat Memiliki Email Domain Sendiri

Memiliki email dengan domain sendiri memiliki sejumlah manfaat yang signifikan bagi bisnis dan individu. Berikut adalah beberapa manfaat utamanya:

1. Profesionalitas

Menggunakan email dengan domain sendiri memberikan kesan profesional dan serius dalam komunikasi bisnis. Dibandingkan dengan email gratisan seperti Gmail atau Yahoo, hal ini lebih mencerminkan identitas merek atau bisnis Kamu dengan lebih baik.

2. Meningkatkan Kepercayaan

Kemudian ketika Kamu menggunakan email dengan domain sendiri, pelanggan, mitra bisnis, dan klien potensial akan merasa lebih percaya terhadap komunikasi Kamu. Hal ini karena email Kamu menunjukkan bahwa Kamu telah berinvestasi dalam bisnis Kamu dan memiliki kontrol penuh atas komunikasi bisnis Kamu.

3. Branding yang Kuat

Selanjutnya memungkinkan Kamu untuk mempromosikan merek atau nama bisnis Kamu dalam setiap email yang Kamu kirim. Ini menciptakan kesempatan untuk membangun kesadaran merek dan memperkuat citra bisnis Kamu.

4. Fleksibilitas

Kemudian dengan email domain sendiri, Kamu memiliki fleksibilitas penuh dalam membuat dan mengelola alamat email sesuai kebutuhan. Kamu dapat membuat alamat email khusus untuk departemen atau tim tertentu (misalnya sales@domainanda.com atau support@domainanda.com), yang membantu dalam organisasi dan pemisahan tugas.

5. Kontrol Data

Selanjutnya Kamu memiliki kendali penuh atas data email Kamu. Kamu tidak perlu khawatir tentang batasan penyimpanan, kebijakan privasi, atau keamanan data yang mungkin terkait dengan layanan email gratis.

6. Skalabilitas

Kemudian email dengan domain sendiri memberikan fleksibilitas dalam mengatur dan memperluas jumlah akun email sesuai pertumbuhan bisnis Kamu. Kamu dapat dengan mudah menambahkan akun email baru saat perusahaan berkembang, tanpa keterbatasan yang mungkin ada pada layanan email gratis.

7. Pembeda dari Kompetitor

Selanjutnya dalam dunia bisnis yang kompetitif, memiliki email dengan domain sendiri dapat menjadi keunggulan tambahan yang membedakan Kamu dari pesaing Kamu. Ini mencerminkan profesionalisme dan kualitas bisnis Kamu.

8. Komunikasi Internal yang Terorganisir

Kemudian Kamu dapat dengan mudah mengatur komunikasi internal di perusahaan. Misalnya, Kamu dapat membuat alamat email khusus untuk rapat internal atau komunikasi tim, memudahkan kolaborasi dan koordinasi.

Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri melalui cPanel Hosting

1. Login di cPanel

Pertama silakan Kamu login di cPanel menggunakan username dan password akun kalian.

2. Klik Email Accounts

Selanjutnya silakan Kamu klik pilih Email Accounts pada bagian Mail. Hal ini tentu saja bisa Kamu lakukan jika login di cPanel berhasil.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri 1

Pada tahap ini Kamu tidak perlu melakukan hal banyak. Cukup mengisi kolom Email dan Password. Silakan Kamu isi sesuai dengan keinginan. Domain yang saya miliki adalah info-menarik.net, maka jika saya menginginkan alamat email “contoh” nanti hasilnya menjadi contoh@info-menarik.net.

3. Buat Password yang Kuat

Selanjutnya Saya akan membuat password (kata sandi) dengan menggunakan aplikasi Password Generator. Karena hosting pada contoh kali ini menyediakan fitur pilihan email accounts kapasitas Unlimited, maka saya memilih yang Unlimited.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri 2

Kemudian cara menggunakan Password Generator itu cukup mudah. Kita tinggal klik pilih Password Generator dan aplikasi akan menampilkan kata sandi otomatis yang mempunyai tingkat keamanan super kuat. Kata sandi yang dihasilkan dari aplikasi Password Generator terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan tanda baca.

Baca Juga: Cara Membuat Password yang Aman dan Kuat Agar Tidak Mudah Dibobol Hacker

Kita bisa bebas memilih kata sandi dengan memilih Generate Password. Dan jika kita memilih Use Password maka akan kembali ke halaman Add Email Account. Terakhir jika semua pengaturan sudah Kamu kerjakan maka klik Create Account.

Cara Mudah Membuat Email Dengan Domain Sendiri 3

Jika membuat kata sandi menggunakan aplikasi Password Generator, Kamu harus menyalin kata sandi lalu simpan. Karena kata sandi ini akan Kamu perlukan ketika login menggunakan email.

Setelah selesai membuat email seperti contoh di atas, maka di dalam daftar Email Accounts akan tampil alamat email yang baru saja kita buat.

4. Login di Email Domain

Cara login dan masuk ke alamat email domain sendiri adalah silakan akses URL domain-anda/webmail. Contoh untuk blog ini info-menarik.net/webmail.

Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah Kamu buat pada kolom yang tersedia. Contoh tadi saya membuat alamat email contoh@info-menarik.net dan klik Masuk.

Kita akan dihadapkan ke dalam tampilan untuk memilih Aplikasi Webmail (horde, roundcube, dan SquirrelMail) yang akan kita gunakan nanti. Silakan Kamu pilih salah satu dan bebas, karena aplikasi ini pada dasarnya memiliki fitur yang sama.

Saya biasanya dan lebih suka menggunakan aplikasi webmail dari roundcube.

Saya tidak perlu menjelaskan cara penggunannya. Pada dasarnya masih sama dengan email domain gratis lainnya, seperti: GMail, Yahoo, dan Hotmail.

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan ini, Kamu sekarang dapat membuat email dengan domain sendiri menggunakan cPanel hosting. Membuat email bisnis yang profesional dan andal adalah langkah penting untuk membangun kepercayaan dalam komunikasi dengan pelanggan dan mitra bisnis. Jangan ragu untuk menjelajahi fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh cPanel untuk mengoptimalkan penggunaan email Kamu.

Kemudian dengan memiliki email dengan domain sendiri merupakan investasi yang berharga untuk bisnis dan individu. Selain memberikan penampilan profesional, itu juga meningkatkan kepercayaan, branding, dan memberikan kendali penuh atas komunikasi bisnis Kamu. Dengan manfaat ini, tentunya menjadi elemen penting dalam strategi komunikasi dan pemasaran yang efektif.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

One comment

  1. Asnu

    karena belum ada keperluan untuk bisnis maka saya pun urung menggunakan email dari cpanel. semoga kedepannya bisa pakai email cpanel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.