Selasa, 7 Desember 2021

Macam-macam Mesin Pencari Web yang Populer dan Paling Banyak Digunakan di Dunia

Macam-macam Mesin Pencari Web yang Populer 1

Info Menarik – Perlu Kamu tahu bahwa mesin pencari web itu tidak hanya Google saja. Masih banyak mesin pencari lain yang mungkin selama ini tidak kita sadari keberadaannya. Lalu apa saja mesin pencari lain selain Google? Pada artikel ini saya akan membahas macam-macam mesin pencari web yang tidak kalah populer karena banyak juga dipakai oleh pengguna internet di dunia.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Browser Tercepat Saat Ini untuk Komputer dan Android

Apa itu Mesin Pencari Web?

Search Engine atau mesin pencari adalah mesin telusur berupa rancangan khusus program komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian terhadap berkas yang sudah tersimpan dalam layanan web berdasarkan kata kunci yang sudah kita tentukan. Setelah kata kunci kita tentukan maka mesin pencari akan menelusuri sejumlah informasi dari dokumen yang tersedia. Selanjutnya mesin pencari akan menampilkan data dalam bentuk daftar berdasarkan tingkat rasio pengunjung (hits) atau akurasi dari dokumen tersebut.

Tidak hanya dokumen, mesin pencari juga akan menampilkan berbagai macam jenis berkas dari halaman web seperti gambar, video, dan jenis berkas lainnya. Hal ini karena sebelumnya mesin pencari telah melakukan pengumpulan sejumlah informasi secara otomatis dari data yang sudah tersimpan dalam basis data atau direktori web.

Ketika awal perkembangan internet, telah ada situs web yang khusus berisikan daftar situs-situs web yang sudah ada di internet. Hal ini untuk memudahkan ketika akan melakukan pelacakan situs web. Namun seiring perkembangan teknologi, maka sudah tidak mungkin lagi untuk membuat daftar situs web di dunia yang dilakukan secara manual atau dikelola oleh manusia. Pasalnya jumlah situs web di dunia terus meningkat. Atas dasar itu demi keefektifan dalam pencarian situs web di internet maka muncul mesin pencari. Karena pada dasarnya mesin pencari ini bekerja secara otomatis oleh mesin yang sudah dirancang sebelumnya untuk keperluan pencarian.

Manfaat Mesin Pencari Web

Saat ini banyak orang yang mencari sesuatu baik itu informasi atau sekedar hiburan dari internet. Menurut data saat ini hampir 90% di dunia jika orang akan menggunakan mesin pencari untuk mencari sesuatu di internet. Lalu apa saja manfaat dari mesin pencari ini?

  • Akan memudahkan masyarakat dalam mencari informasi apapun di internet;
  • Informasi apapun meskipun datang dari luar negeri akan mudah ketika kita akses;
  • Bagi pemilik web akan membantu meningkatkan branding yang kita sajikan melalui konten serta kita kemas menggunakan metode Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO);
  • Pemilik situs juga bisa berbagi pengetahuan serta pengalaman yang kita tuangkan dalam artikel dan kemudian orang lain temukan yang datang dari penelusuran di mesin pencari;
  • Mesin pencari akan memberikan beragam informasi yang merupakan dokumen berharga. Informasi apapun dapat kita temukan seperti, ensiklopedi, studi universitas, info lowongan kerja, diskusi umum, tutorial komputer, blog personal, dan masih banyak lagi;
  • Di mesin pencari kita akan memperoleh informasi tepat dan akurat tanpa harus membuang-buang waktu. Mesin pencari mampu memberikan informasi berdasarkan pencarian yang spesifik dari sumber web.

Cara Kerja Mesin Pencari Web

Untuk kerja mesin pencari web adalah dengan cara menyimpan seluruh informasi yang ada dalam halaman web yang sebelumnya sudah di indeks oleh mesin pencari. Halaman web ini diambil oleh web crawler yang bekerja secara otomatis mengikuti setiap tautan (link) web. Setiap halaman akan dianalisa serta akan ditentukan bagaimana cara indeks-nya. Sebagai contoh, kata-kata akan diambil dari judul serta subjudul suatu halaman dan meta tag.

Selanjutnya data-data halaman web yang telah berhasil di indeks mesin pencari akan disimpan dalam sebuah basis data untuk penggunaan pencarian selanjutnya.

Seiring perkembangan teknologi dan informasi, saat ini tidak hanya halaman web saja yang berhasil di indeks oleh mesin pencari namun akan bekerja juga untuk menyimpan sejumlah informasi yang merujuk kepada file, seperti: file video, file audio, foto, dokumen pdf, dan sebagainya.

Ketika kita masuk ke mesin pencari lalu memasukkan kata kunci informasi apa yang akan kita cari, maka mesin pencari akan menampilkan sejumlah daftar halaman web yang paling sesuai. Biasanya mesin pencari akan menampilkan data ringkasan singkat mengenai judul atau tag heading dan sebagian teks dari isi artikel.

Macam-macam Mesin Pencari yang Populer dan Sering Digunakan

1. Google

Macam-macam Mesin Pencari Web yang Populer 2

Siapa yang tidak tahu dengan Google Search. Saat ini Google Search merupakan mesin pencari yang paling banyak pengguna internet gunakan dalam berselancar di dunia maya. Setiap hari terdapat jutaan kueri yang masuk ke mesin pencari Google.

Tampilan yang sederhana dan cepat ketika kita akses maka tak heran jika Google Search banyak yang menggunakan. Kemudian juga Google akan menampilkan informasi relevan berdasarkan kata kunci yang kita tentukan.

Selain di komputer, Google Search juga sangat ringan ketika kita gunakan di Smartphone. Google Search juga termasuk aplikasi default Android yang sudah terpasang otomatis pada sistem.

Kesuksesan Google tidak hanya pada mesin pencari saja. Banyak layanan lain dari Google yang tidak kalah populer juga, seperti: Gmail, YouTube, Drive, dan sebagainya. Untuk pengelola web, Google sangat berguna juga seperti adanya layanan Google Analytic, Google AdSense, Google Search Console, dan lain-lain.

2. Bing

Macam-macam Mesin Pencari Web yang Populer 3

Mesin pencari kedua yang tak kalah banyak penggunanya adalah Bing. Search Engine Bing di produksi oleh raja software dunia yaitu Microsoft. Sebelumnya Microsoft telah menciptakan mesin pencari MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Sayangnya tiga mesin pencari buatan Microsoft ini memiliki kinerja yang kurang begitu populer, tidak seperti Google Search.

Microsoft tidak berhenti begitu saja. Setelah mengetahui bahwa tiga mesin pencari tersebut tidak menarik pengguna internet, maka Microsoft terus mempelajari apa yang menjadi kelemahan dari mesin pencari pesaing terutama Google Search dan Yahoo Search.

Hingga pada akhirnya Microsoft menciptakan Search Engine baru yang diberi nama Bing. Untuk itu terciptanya Bing tidak akan terlepas dari sejarah tiga mesin pencari sebelumnya.

Banyak perubahan-perubahan yang telah Microsoft lakukan pada mesin pencari Bing. Penggunaan brand name merupakan suatu hal penting termasuk pada mesin pencari. Maka pada tanggal 3 Juni 2009 lalu Microsoft melahirkan Search Engine baru yang Microsoft beri nama Bing.

3. Yahoo!

Macam-macam Mesin Pencari Web yang Populer 4

Bagi pengguna email jaman dulu atau sekitar tahun 2010 mungkin sudah tidak asing lagi dengan layanan dari Yahoo!. Waktu itu memang layanan email paling populer adalah Yahoo!. Ketika itu orang-orang sangat asing mendengar layanan email dari Google yaitu Gmail.

Selain layanan email, Yahoo! juga menyediakan layanan Yahoo! Search yang sejak Desember 2009 Yahoo! Search termasuk mesin pencari populer bagi kalangan pengguna internet. Terlebih sejak 29 Juli 2009 Bing sepenuhnya telah mendukung terhadap Yahoo! Search.

Yahoo! merupakan sebuah perusahaan yang berpusat di Sunnyvale Amerika Serikat. Perusahaan Yahoo! bisa terkenal karena portal web dan juga mesin pencari. Pada awalnya Yahoo! hanya semacam bookmark atau petunjuk halaman buku. Kemudian berkembang menjadi mesin pencari layaknya Google Search seperti sekarang ini.

4. Yandex

Mesin pencari selanjutnya yang mungkin asing di pendengaran Kamu adalah Yandex. Perusahaan yang berpusat di negara Rusia ini termasuk Search Engine paling banyak digunakan pengguna internet di dunia.

Yandex merupakan aplikasi layanan yang berhubungan dengan internet, transportasi, layanan informasi seperti mesin pencari, aplikasi mobile, eCommerce, iklan online, dan navigasi.

Perusahaan Yandex memiliki 18 kantor yang tersebar di seluruh dunia dan yang terbesar terletak Rusia.

Mesin pencari Yandex pertama hadir pada tanggal 23 September 1997. Tampilan yang sederhana dan termasuk ringan juga ketika kita akses maka tak heran jika Yandex banyak pengguna internet untuk berselancar mencari informasi di dunia maya.

5. DuckDuckGo

Mesin pencari terakhir yang penggunanya tidak kalah banyak adalah DuckDuckGo. Aplikasi layanan mesin pencari DuckDuckGo bermula dari sebutan permainan anak-anak yaitu bebek, bebek, angsa atau dalam bahasa Inggris duck, duck, goose.

Pendiri aplikasi DuckDuckGo adalah Gabriel Weinberg yang merupakan seorang pengusaha dari Amerika. Aplikasi ini akan mengumpulkan informasi dari sekitar 50 sumber, yaitu: Yahoo! Search, Bing, Wikipedia, Web crawler milik DuckDuckGo, dan sebagainya.

Cara kerja aplikasi DuckDuckGo tidak menyimpan alamat IP pengguna internet dan tidak menyediakan log informasi pengguna. Aplikasi DuckDuckGo hanya menggunakan cookie dan itu juga jika kita perlukan.

Kemudian sejak Agustus 2010 DuckDuckGo menghadirkan fitur pencarian anonim. Kemudian pada tahun 2011 DuckDuckGo juga melengkapi fitur aplikasi dengan pencarian suara atau voice search.

Baca Juga: Cara Agar Search Engine Cepat Mengindeks Blog Tanpa Harus Menunggu

Penutup

Dengan hadirnya macam-macam mesin pencari pilihan selain Google Search maka bisa kita jadikan alternatif lain untuk mencari segudang informasi dari internet. Kelima aplikasi Search Engine di atas memiliki fitur hampir sama yaitu untuk menampilkan sejumlah informasi dari kata kunci yang telah kita tentukan sebelumnya. Semoga Bermanfaat …

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.