5 Faktor Utama Penyebab Komputer Atau Laptop Tidak Bisa Konek Internet

Penyebab Komputer Tidak Bisa Konek Internet – Memang menyebalkan disaat kita membutuhkan jaringan internet namun internet tidak bisa konek. Pahamilah bahwa terdapat tiga kemungkinan yang bisa menyebabkan komputer tidak bisa konek ke internet. Apa saja itu? Penyebab pertama bisa jadi jaringan lokalnya sedang bermasalah, selain itu bisa juga penyebab utamanya ada di jasa penyedia internet (ISP). Selain itu faktor ketiga sebagai pemicu internet tidak bisa konek adalah terletak di komputer atau laptop kita. Nah untuk dua penyebab masalah jaringan lokal dan ISP saya tidak akan membahasnya, karena itu adalah kebijakan provider tertentu. Disini saya akan membahas penyebab ketiga, yaitu bisa jadi komputer tidak konek internet masalahnya ada di komputer itu sendiri.

Baca Juga : Coba Praktekkan 5 Tips Berikut Agar Paket Kuota Internet Anda Tidak Cepat Habis

Dengan begitu sebaiknya Anda tidak perlu melakukan protes dulu terhadap ISP tertentu. Namun silakan Anda cek dulu komputer atau laptop yang digunakan. Percuma saja jika Anda protes terhadap suatu ISP namun nyatanya malah komputer Anda sendiri yang bermasalah.

penyebab-komputer-tidak-bisa-konek-internet

Berikut 5 Penyebab Komputer Tidak Bisa Konek Internet Yang Masalahnya Ada Di PC

1. Masalah Ada Di Koneksi LAN

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah silakan periksa koneksi LAN komputer atau laptop Anda. Anda pastikan kalau konfigurasi IP Address https://info-menarik.net/cara-merubah-ip-address-dynamic-menjadi-static/ komputer telah benar. Pastikan pada settingan Default Gateway telah benar mengaturnya. Default Gateway mempunyai peranan yang sangat penting untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet, karena fungsi Default Gateway adalah untuk menghubungkan ke luar jaringan LAN. Koneksi internet yang kita gunakan terkadang membutuhkan koneksi yang datangnya dari luar LAN. Oleh sebab itu pastikan settingan pada Default Gateway ini harus Anda setting dengan benar. Biasanya kesalahan settingan pada Default Gateway ini komputer yang suka menggunakan pengaturan jaringan internet secara manual. Sangat berbeda jika Anda suka menggunakan DHCP, karena settingan Default Gateway ini akan terisi otomatis.

2. Periksa Paket Langganan Yang Digunakan

Hal sepele yang sering terlupakan termasuk saya adalah memeriksa paket langganan. Kita masih bisa untuk melakukan dial namun ketika komputer dikoneksikan ke internet, kita sama sekali tidak bisa membuka halaman internet dari web browser. Hal ini seolah-olah internet belum dikoneksikan. Kasus ini sering terjadi pada pengguna internet USB Modem. Untuk itu pastikan kalau paket langganan internet Anda masih berlaku.

About Info Menarik

Berbagi Info & Tips Trik Menarik tentang seputar Android, EPS-Topik Korea, Kesehatan, Microsoft Office, Pendidikan, Photoshop, Software, Teknologi, WordPress Terlengkap dan Gratis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.